Pesona Gili Kedis, Pulau Mungil Nan Romantis di Lombok

Pesona Gili Kedis, Pulau Mungil Nan Romantis di Lombok
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Gili Kedis merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di kawasan Pulau Lombok Barat. Memiliki luas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya di Lombok, wisata ini tetap memiliki ciri khasnya yang tersendiri. Pemandangan gili tersebut semakin menawan dengan adanya perpaduan putihnya pasir dan perairan berwarna kebiru-biruan.

Sudah menjadi rahasia umum jika wisata gili di Pulau Lombok mempunyai pemandangan bawah laut yang luar biasa indah dan menakjubkan. Suasana bawah laut yang belum banyak dikenal wisatawan, membuatnya terlihat begitu alami, seperti belum pernah terjamah tangan manusia. Spot satu ini, tentu menjadi kecintaan para penyuka snorkling.

Menikmati keindahan alam gili di Lombok ini, dapat membantu pengunjung untuk kembali merilekskan diri. Suasananya yang tenang dengan terpaan angin sepoi-sepoi di siang hari pasti akan menambah keindahannya. Banyak kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan gili tersebut dengan memanfaatkan sarana yang sudah disediakan.

Daya Tarik Wisata Gili Kedis

Daya Tarik Wisata Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Coral Rocks Zanzibar)

Belibur ke kawasan wisata Gili Kendis akan membuat wisatawan serasa berada di private island atau pulau pribadi. Bukan tanpa alasan, luasnya yang tidak begitu besar membuat wisatawan serasa berlibur ke private island mereka. Tidak heran jika banyak wisatawan yang mulai berlomba untuk berlibur ke mari.

1. Surganya Para Pecinta Olahraga Snorkeling

Hampir seluruh perairan yang berada di kawasan Pulau Lombok terkenal sebagai perairan yang memiliki pesona bawah laut yang sangat cantik. Banyak jenis ikan laut air asin yang akan dengan mudah dijumpai wisatawan. Selain itu, view gili tersebut makin mempesona dengan adanya terumbu karang di area dasar laut.

Bagi Anda yang ingin menikmati olahraga snorkling di Kedis, Anda bisa menyewa peralatan snorkling yang sudah disediakan pengelola. Harga yang dibandrol pun juga cukup terjangkau dan bersahabat dengan kantong. Tidak hanya menikmati pemandangan di pantainya, namun juga keindahan bawah lautnya.

2. View Wisata yang Menakjubkan

Meski pemandangan Gili Kedis sudah tidak kalah dengan indahnya wisata Bali, siapa sangka jika keberadaannya belum diketahui banyak orang. Kondisi alam yang alami dan natural, dengan banyaknya pepohonan yang berdiri menjulang di sekitar area gili, membuatnya begitu terawat dan masih sangat bersih.

Selain itu, perairan sekitar gili yang sangat jernih dan bening memungkinkan wisatawan untuk bisa menikmati indahnya dasar laut hanya dengan melihatnya dari atas permukaan. Putihnya pasir yang membentang di sepanjang area gili, menjadikan wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga Anda.

Daya Tarik Gili Kedis
Image Credit: Twitter.com @ontayu

3. Spot Foto Pre-wedding Hingga Lokasi Honeymoon

Bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan, tapi bingung mencari tempat foto pre-wedding, gili satu ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Suasananya yang tenang dan alami akan sangat cocok bagi pasangan yang menyukai konsep nature. Dijamin foto pre-wedding Anda akan terlihat kece dan cantik.

Tidak hanya sebagai spot pre-wedding, Kedis juga cocok dijadikan sebagai tempat Anda berbulan madu bersama pasangan. Terdapat berbagai pilihan penginapan hingga hotel dengan fasilitas bintang lima yang tersedia hampir di seluruh area gili. Tidak heran jika wisata Lombok ini bisa Anda masukkan dalam waiting list Anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Gili Kedis

Alamat Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Bayu Agung)

Gili Kedis menjadi salah satu wisata gili dengan view yang menakjubkan yang berada di Pulau Lombok. Berada tidak jauh dari kawasan Gili Sudak, area Kedis hampir berdekatan dengan Sekotong, wilayah barat daya Pulau Lombok. Rute umum yang biasanya dilewati oleh wisatawan adalah rute keberangkatan dari wilayah Kota Mataram.

Wisatawan akan menempuh jarak yang kurang lebih mencapai 41 kilometer panjangnya. Perjalanan ini akan menuju kawasan Pelabuhan Sekotong. Waktu perjalanan diperkirakan bisa sampai 50 sampai dengan 60 menit dengan memakai kendaraan roda dua. Rute ini cukup mudah karena simple dan tidak terlalu rumit.

Perlu diketahui jika tidak ada akses langsung untuk bisa sampai di area Kedis. Jika Anda menaiki sepeda motor, begitu sampai di Pelabuhan Sekotong satu-satunya kendaraan adalah perahu. Hanya dengan menempuh waktu paling tidak selama 10 menit, Anda akan sampai di area pintu masuk menuju wisata gili tersebut.

Jalur yang disediakan pemerintah Lombok, sudah cukup membaik dan aman untuk dilewati. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai harga sewa kendaraan lainnya, seperti perahu. Harga yang dipatok pun terjangkau, sehingga diharapkan semua kalangan bisa ikut menikmati.

Jika biasanya wisatawan diwajibkan membayar biaya masuk untuk bisa bermain di area wisata gili. Biaya masuk atau tiket masuk tidak diberlakukan di Gili Kedis alias gratis. Dengan biaya cuma-cuma, Anda bisa menikmati berapa indahnya pemandangan Kedis yang luar biasa menakjubkan.

Namun, untuk persewaan fasilitas yang disediakan tentu tidak gratis ya. Wisatawan akan tetap dikenai biaya sewa sarana dengan kisaran yang berbeda-beda. Biaya ini bergantung pada peralatan apa yang Anda sewa. Wahana yang paling sering disewa dan sekali banyak yang memakai ialah olahraga snorkling.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Gili Kedis

Aktivitas di Gili Kedis
Image Credit: Twitter.com @insidelombok_

1. Camping

Pengelola gili satu ini menyediakan lahan khusus yang dipakai sebagai area camping. Walaupun luasnya tidak begitu besar, namun lahan camping ini tetap menjadi primadona Gili Kedis. Bermalam di alam langsung tentu akan membuat wisatawan semakin betah.

Kegiatan semacam ini akan sangat cocok jika dijadikan sebagai edukasi anak-anak Anda. Tentang bagaimana cara hidup di alam dengan mengandalkan sumber daya alam yang ada. Tentu ini akan menjadi kegiatan yang sangat seru dan mengasyikkan.

2. Bermain Snorkeling

Wisata gili yang letaknya tidak jauh dari kawasan Gili Sudak, membuat airnya begitu jernih, bersih, bahkan sangat bening. Saking beningnya perairan Kedis, memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan biota bawah laut hanya dari atas permukaan.

Wisatawan yang menyukai snorkling bisa menyewa peralatan snorkling yang tersedia banyak di area wisata gili ini. Anda akan menikmati indahnya kehidupan di bawah laut. Terumbu karang di sana pun juga akan dengan mudah Anda temui.

Aktivitas Gili Kedis
Image Credit: Facebook.com @sopian.hadinata

3. Menikmati Indahnya Pemandangan Sunset

Sunset sudah menjadi kebiasaan kegiatan yang harus dan musti dilakukan ketika berada di lokasi pantai. Di sore hari, menjelang waktu senja tiba. Anda bisa menyantap santapan khas masyarakat Lombok. Angin yang menerpa pasti sangat luar biasa.

Ketika matahari akan sunset, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto. Ini akan menjadi spot foto menarik. Posting juga hasil potretanmu di aplikasi Instagram pribadi agar gili satu ini semakin menawan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan dari Pulau
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Dolphin Lodge Sekotong

Dolphin Lodge Sekotong menjadi penginapan area Kedis yang mendapat rating sempurna, yakni bintang 5. Menyuguhkan view tradisional Lombok, dengan banyaknya pepohonan membuat kawasan hotel ini semakin rindang, hijau, dan rimbun. Ada pula fasilitas akses menuju Kedis langsung. Hal tersebut semakin menambah daya tariknya.

Dengan memberikan pelayanan reservasi yang nyaman dan ramah, penginapan ini akan sangat cocok bagi wisatawan yang membawa serta buah hati mereka untuk menghabiskan waktu liburan. Penginapan ini juga memberi fasilitas lahan parkir, sampai dengan akses Wifi selama 24 jam non stop.

2. Alden Beach House

Alden Beach menjadi salah satu penginapan yang berada di sekitaran kawasan Gili Kedis. Mendapat rating yang cukup tinggi pula, membuat penginapan tersebut banyak direkomendasikan oleh banyak wisatawan. Berlokasi di Dusun Baru Leong, Alden Beach menyediakan berbagai fasilitas mewah.

Ada akses langsung menuju pantai, membuat penginapan ini memiliki daya tariknya tersendiri. Pelayanan dari resepsionis pun diberikan selama 24 penuh. Kamar penginapan pun diberi fasilitas AC yang bisa kapan saja dinikmati wisatawan. Tidak hanya di situ, pihak Alden Beach juga memberi sarapan gratis di pagi hari.

3. Nirvana Gili Sudak

Penginapan selanjutnya yang bisa juga dijadikan pilihan, yakni Nirvana Gili Sudak. Penginapan ini berada tepat di tepi pantai, sehingga view dari penginapan terlihat begitu jelas dan cantik. Menariknya lagi Nirvana Gili Sudah menyediakan fasilitas snorkling, sehingga wisatawan tidak perlu lagi menyewa alat snorkling.

Pelayanan room service yang diberikan juga begitu ramah dan sopan. Di pagi hari para penginap juga diberi sarapan gratis. Penginapan ini juga aman untuk anak-anak. Nirvana Gili Sudak sangat cocok Anda jadikan waiting list penginapan yang ada di Kedis. Dijamin Anda akan betah selama berada di Nirvana Gili Sudak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Kedis

Fasilitas Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Kunal Menon)

Fasilitas utama hingga fasilitas pendukung yang ada di Gili Kedis ini sudah cukup memadai dan memuaskan. Terdapat beberapa persewaan game yang bisa dicoba. Fasilitas pendukung, seperti kamar mandi sampai dengan tempat ibadah juga sudah tersedia dan bisa dipakai kapan saja.

Beberapa informasi di atas mengenai Gili Kedis bisa dijadikan sebagai referensi sebelum berlibur ke pulau eksotis ini. Letaknya yang berada di Pulau Lombok bisa dipastikan akan macet di musim liburan. Sebagai antisipasi, Anda bisa berangkat lebih awal dan tetap menjaga diri.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending