Pulau Sembilan Langkat, Pulau Eksotis dengan Pasir Putihnya yang Menawan

Pulau Sembilan Langkat, Pulau Eksotis dengan Pasir Putihnya yang Menawan
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Meskipun sering dianggap sebagai sebuah daerah yang tidak memiliki tempat wisata ngehits, ternyata Sumatera Utara membuktikan bahwa hal itu bukanlah hal yang benar. Akhir-akhir ini, tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan rekreasi adalah Pulau Sembilan di Langkat.

Pulau yang memikat ini memiliki berbagai macam hal yang pastinya mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan meskipun tidak sepopuler tempat wisata pulau yang lain, keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Akhir-akhir ini, tingkat popularitas Pulau Sembilan semakin meningkat. Berikut adalah beberapa hal mengenai pulau memikat ini yang wajib untuk diketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sembilan

Daya Tarik Pulau Sembilan
Image Credit: Instagram Tebing Tinggi Traveler

Pulau ini perlahan-lahan berkembang menjadi tempat wisata yang ramai oleh kunjungan wisatawan. Hal itu wajar sekali sebab panitia memang menjaga kebersihan pulau dengan begitu ketat. Inilah daya tarik yang dimiliki oleh pulau yang ada di Kabupaten Langkat ini.

1. Pemandangan Matahari yang Memukau

Daya tarik pertama yang dimiliki Pulau Sembilan adalah pemandangannya yang sangat memikat hati, terlebih pada saat sore dan pagi hari. Ketika Anda datang pada dini hari sebelum fajar muncul, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan matahari terbit yang begitu indah dan mempesona.

Begitu juga ketika Anda datang pada saat sore hari atau senja, Anda bisa melihat matahari yang sedang tenggelam dengan mudah tanpa terkena halangan bangunan apapun. Karena itulah, waktu yang paling tepat untuk berkunjung tempat pantai yang mempesona ini adalah pada saat dini hari atau senja sebelum malam datang.

2. Sejarah Pulau yang Unik

Salah satu hal yang membuat pulau di daerah Langkat ini begitu berbeda dari tempat wisata pantai yang lain adalah sejarahnya yang cukup unik. Sebab, pada mulanya pulau ini dijadikan sebagai sebuah lokasi untuk pertambangan minyak oleh perusahaan dalam negeri.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, pulau yang indah ini juga dibuka sebagai sebuah tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh siapapun dengan bebas. Karena hal itu, pada saat malam hari Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan karena lampu yang berjejeran di sekitar pertambangan.

3. Terdiri Atas Kumpulan Pulau

Sama seperti namanya, pulau yang unik ini memang terdiri atas beberapa kumpulan pulau kecil berjumlah sembilan yang berjejer-jejer dengan cukup rapi. Karena itu maka sangat wajar apabila nama pulaunya diambil dari huruf yang berhubungan erat dengan angka.

Pulau yang berderet itu memiliki ukuran yang mini dan tidak terlalu besar seperti pulau pada umumnya, akan tetapi keindahan yang disajikan tidak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan pulau mini itu tetap bisa menampung wisatawan dalam jumlah banyak ketika mereka ingin bersinggah sebentar di sana.

4. Aneka Ragam Ikan Hias yang Indah

Beberapa waktu ini, banyak pihak yang mengusulkan untuk membuat Pulau Sembilan sebagai tempat wisata bahari. Hal tersebut dikarenakan adanya biota laut yang berkeliaran dengan bebas dan nyaman di bawah laut pulau yang indah ini.

Ada begitu banyak ikan hias menarik yang memiliki ciri khas tersendiri, namun mereka tetap menganggap pulau ini sebagai tempat berkembang biak yang paling tepat. Anda dapat melihat ikan hias yang sedang berenang di laut dengan bebas ketika ingin menyelam atau melakukan diving.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Sembilan
Image Credit: Instagram Wan Vicky R.I

5. Hamparan Pasir Putih yang Mempesona

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Pulau Sembilan adalah hamparan pasir putihnya yang begitu indah dan halus. Pasir tersebut memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar, sehingga apabila pengunjung ingin mengitari area pantai tanpa memakai alas mereka tidak akan merasa kesakitan.

Pada saat siang hari, hamparan pasir putih itu akan tampak mengkilap karena terkena pancaran sinar matahari. Anda bisa mencoba untuk menulis di atas pasir putih tersebut memakai jari dan mengabadikannya menggunakan kamera.

6. Dikelilingi Pepohonan Rindang

Tidak hanya indah saja, namun pulau yang terdiri atas sembilan pulau mini ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang begitu sejuk. Pohon tersebut terdiri atas beberapa jenis tertentu, namun yang paling sering ditemukan adalah pohon kelapa.

Pohon yang bentuknya tinggi menjulang itu melindungi pantai dari terpaan sinar matahari yang begitu menyengat ketika hari masih siang. Pengunjung yang sedang beraktivitas di pantai pun tidak perlu khawatir akan terkena sunburn karena pepohonan itu akan membantu kulit dari radiasi sinar matahari.

7. Air Laut yang Jernih

Jika membahas mengenai Pulau Sembilan, maka yang paling terkenal adalah air lautnya yang begitu jernih. Air laut tersebut memiliki warna yang begitu memikat, yakni biru dan hijau yang tampak sangat terang dan memukau. Ombaknya yang tenang juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh pulau di Pangkalan Susu ini.

Pada saat siang hari, Anda bisa menyaksikan secara langsung ikan-ikan berenang di bawah air tanpa harus menyelam terlebih dahulu. Air laut yang begitu dijaga kebersihannya ini akan membuat siapapun merasa terpesona dan memiliki niat tinggi untuk mandi menggunakan air tersebut.

8. Banyak Hutan Bakau

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Pulau Sembilan adalah keberadaan hutan bakau yang begitu menarik untuk dilihat. Hutan bakau tersebut berada di sekitar pantai, dan mampu melindungi pantai dari ancaman abrasi yang bisa membahayakan pantai dan penduduk sekitarnya.

Hutan bakau tersebut juga menambah keindahan yang ada di sekitar pantai, sebab mereka tumbuh dengan rapi dan dijaga dengan sempurna oleh pengelola pantai. Keberadaan hutan bakau bisa menjadi habitat baru bagi biota yang ada di sekitar pantai, sehingga kehidupan mereka tetap terasa terlindungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook Mhd Wira Sumanda

Pulau Sembilan berada di Kecamatan Pangkalan Susu, dan lokasinya pun cukup mudah untuk dijangkau. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari tempat wisata lain yang populer yakni Pulau Kampai. Jika memulai perjalanan dari Kota Medan akan membutuhkan waktu selama 5 jam hingga sampai di tujuan.

Apabila ingin menuju ke pulau ini, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan keberadaan transportasi darat seperti kereta dan bus. Jika naik kereta, setibanya di tujuan Anda masih harus menaiki transportasi lokal lagi. Sedangkan jika memilih memakai bus, Anda bisa berangkat dari daerah Amplas dan Pinang Baris.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Sembilan
Image Credit: Instagram Hendra Kusuma Wahyu Hardani

Berbeda dengan tempat wisata pulau yang lain, Pulau Sembilan Langkat tidak memungut biaya apapun ketika Anda ingin mengunjunginya. Meskipun begitu, Anda masih harus mengeluarkan biaya tertentu untuk mencapai tempat ini.

Salah satu contoh konkritnya adalah Anda harus membayar biaya sebesar lebih dari 100 ribu rupiah untuk menaiki kapal laut yang bisa membantu untuk mencapai ke lokasi. Perlu kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi agar bisa segera datang ke pantai, namun keindahan yang ada pasti membuat lelah Anda menghilang.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Sembilan

Aktifitas di Pulau sembilan
Image Credit: Twitter Travellink Indonesia

1. Memperhatikan Nelayan

Ada begitu banyak nelayan yang berkegiatan di sekitar pulau, sehingga Anda bisa mencoba untuk memperhatikan aktivitas yang sedang mereka lakukan. Saksikan sendiri bagaimana nelayan itu mempersiapkan hari-hari mereka untuk meluncur ke laut. Anda pun bisa mencoba ikut memancing bersama mereka.

2. Bersepeda

Bagi Anda yang memang memiliki hobi bersepeda, maka jangan lewatkan kesempatan untuk bersepeda di Pulau Sembilan. Anda bisa menyewa sepeda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dalam jumlah tertentu, lalu saksikan sendiri keindahan yang ada di sekitar pulau.

3. Fotografi

Kegiatan yang bisa Anda lakukan selanjutnya tentu saja adalah fotografi. Tidak lengkap rasanya apabila Anda tidak turut serta mencoba untuk mengabadikan seluruh momen yang sedang dirasakan ketika menyusuri pulau. Pemandangan yang indah juga sangat tepat untuk dijadikan sebagai background foto Anda.

Bahkan, saking indahnya Pulau Sembilan ini, banyak sekali pasangan yang ingin menikah memilih menjadikannya sebagai tempat untuk latar belakang pemotretan pre-wedding. Biasanya mereka akan menyewa beberapa spot yang ada di pantai dalam biaya yang sesuai dengan seberapa banyak foto yang ingin diambil.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook Amrin Salim

Sama halnya dengan tempat wisata lain, Pulau Sembilan juga menyediakan beberapa fasilitas yang lengkap. Pengunjung akan dimanjakan oleh berbagai kemudahan yang membuat mereka tidak pusing harus mencari tempat lain untuk melakukan sesuatu.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah penyewaan sepeda, kamar mandi umum, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Pengunjung yang ingin beristirahat juga dapat memanfaatkan keberadaan area istirahat untuk melakukan hal itu.

Di sekitar pantai pun telah tersedia berbagai macam kedai makanan yang mampu memanjakan lidah pengunjung. Karena itu, ketika merasa lapar setelah beraktivitas di pantai, sebaiknya segera penuhi perut Anda dengan restoran yang ada di pantai.

Begitulah informasi yang dapat Anda perhatikan mengenai Pulau Sembilan di Langkat. Meskipun belum terlalu dikenal oleh pihak awam, namun keindahan dan kenikmatan yang ada di pulau ini patut diacungi jempol.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending