Pantai Olele, Pantai dengan Pesona Bawah Lautnya yang Eksotis di Bone Bolango

Pantai Olele, Pantai dengan Pesona Bawah Lautnya yang Eksotis di Bone Bolango
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Poduoma, Kec. Suwawa Timur, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Berlibur tentunya merupakan sebuah kegiatan yang perlu untuk dilakukan sesekali untuk menyegarkan pikiran dari penat aktivitas sehari-hari. Banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda datangi. Karena memang seperti kita ketahui Negara Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang beragam. Seperti wisata pantai, gunung, danau dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling direkomendasikan bagi Anda yaitu berada di Gorontalo. Wisata pantai di Gorontalo ini termasuk salah satu yang cukup terkenal dan populer. Wisata pantai tersebut bernama Pantai Olele. Pantai tersebut memang menyuguhkan pemandangan yang begitu memukau. Seperti pasir laut yang lembut serta pohon kelapa yang rindang.

Dikalangan masyarakat sekitar, Pantai Olele termasuk wisata yang cukup hits dan populer. Kepopulerannya tidak terlepas dari keindahan bawah laut yang ditawarkan oleh pantai ini. Bagi Anda yang tertarik mengetahui informasi tentang pantai tersebut, maka berikut akan diulas daya tarik, fasilitas, harga tiket dan info-info lainnya seputar tempat wisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Olele

Daya Tarik Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Handri

1. Panorama Memukau

Jika dibandingkan dengan wisata pantai lainnya, maka Pantai Olele ini memang sedikit unik dan berbeda. Daya tarik yang ditawarkan pantai tersebut memang tidak bisa ditolak. Pantai cantik ini memiliki laut dengan warna yang biru dan airnya tampak begitu jernih. Selain itu juga kawasan pantai dihiasi dengan pemandangan berupa pegunungan.

Pegunungan tersebut seolah mengepung dan mengelilingi pantai. Pemandangan lain yang juga bisa Anda temukan, yaitu perahu milik nelayan yang sandar di pinggiran pantai. Pemandangan tersebut juga sesuatu yang indah untuk dipandang.

2. Taman Laut

Daya tarik berikutnya yaitu Pantai Olele ini juga terkenal oleh karena mempunyai batuan karang dengan aneka warna. Karang-karang tersebut memiliki bentuk yang cukup beragam. Hal itu membuat banyak pengunjung tergoda untuk bermain air di Taman Laut. Anda juga akan menemukan adanya koral endemik ketika berada di Taman Laut Olele.

Pemandangan koral endemik tak akan Anda temukan di tempat lainnya. Maka dari itulah, kenapa pantai tersebut dikatakan menawarkan pemandangan yang unik dan berbeda. Karena keberadaan dari koral itu juga yang membuat banyak wisatawan asing tergoda untuk menyelam di tempat ini.

Lebih jauh lagi, Anda bisa menemukan adanya koral yang memiliki motif seni rupa layaknya lukisan seniman dari Spanyol. Bagi Anda para penikmat seni maka tentu tidak asing lagi dengan nama Salvador Dali. Karena itu, untuk melihat keindahan alam lukisan tersebut, maka Anda perlu menyelam di perairan ini.

Daya Tarik di Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Aipie

3. Perahu Kaca

Untuk Anda yang juga ingin menikmati keindahan Pantai Olele tapi enggan untuk berbasah-basahan, maka Anda bisa menyewa perahu kaca. Perahu kaca tersebut disebut juga dengan Glass Bottom Boat. Perahu ini dilengkapi dengan kaca yang ada di dasar perahu.

Dengan begitu nantinya para pengunjung yang menaiki perahu akan bisa menikmati pemandangan bawah laut tanpa harus berbasah-basahan. Dengan melihat indahnya wisata dari perahu, tentu merupakan hiburan yang luar biasa.

4. Foto Underwater

Terumbu karang yang terdapat di Taman Laut Olele memang menjadi salah satu daya tarik tak terbantahkan dari tempat ini. Anda bisa menemukan terumbu karang dengan bentuk sarang tawon ataupun bentuk menyerupai dinding. Keindahan dari terumbu karang makin tampak istimewa saat Anda melihat ikan yang warna-warni.

Tentunya hal tersebut sangat sayang jika tidak Anda abadikan dalam sebuah jepretan kamera. Anda perlu memanfaatkan suasana yang begitu indah tersebut untuk dijadikan objek foto underwater. Karena itulah, Anda perlu menyiapkan kamera waterproof.

Dengan melakukan pengambilan sudut yang benar-benar itulah dan pas, tentu hasil foto underwater yang bisa Anda dapatkan nantinya akan begitu menawan dan membuat siapa saja takjub.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Adam Hermawan

Pantai Olele itu sendiri adalah nama dari sebuah desa yang ada di wilayah pesisir sebelah selatan Teluk Tomini. Maka dari itu, pantai ini dinamakan dengan Pantai Olele. Pantai tersebut merupakan pintu masuk yang bisa membawa Anda menuju ke taman bahari yang sudah sangat populer dan terkenal.

Lokasi dari pantai tersebut berada di Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo. Supaya Anda dapat mencapai lokasi wisata ini, maka Anda akan memerlukan waktu kurang lebih 55 menit Jika berangkat dari pusat Kota Gorontalo. Sedangkan Jarak yang harus ditempuh sendiri kurang lebih 28 km.

Nantinya dari pusat Kota Gorontalo Anda bisa langsung meluncur ke jalan Prof. Dr. H.B. Jassin. Lalu Anda akan menemukan sebuah bundaran. Ketika sampai di bundaran ini, Anda bisa mengambil jalan Ahmad Yani. Dari sini Anda hanya tinggal mengikuti jalan saja.

Selanjutnya Ketika Anda sudah berada di Jalan Trans Sulawesi, maka Anda harus belok ke kanan. Lanjutkan perjalanan kurang lebih sejauh 2,2 km. Maka nantinya Anda pun sudah akan sampai di lokasi pantai yang dituju di Desa Olele ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Khaira Gd

Objek wisata yang umumnya dikelola dengan profesional dan sangat baik pasti akan menarik retribusi atau harga tiket bagi para pengunjung yang ingin masuk. Tapi tidak demikian dengan Pantai Olele ini. Karena memang bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan pantai tersebut, maka tidak akan dikenakan biaya tiket sama sekali.

Namun, nantinya Anda akan dikenakan biaya ketika hendak menikmati wahana ataupun melakukan aktivitas seru lainnya yang menuntut Anda untuk menyewa perlengkapan lebih dahulu. Harga sewa sendiri cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir menguras kantong saat berlibur ke pantai ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Olele

Aktivitas Seru di Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Dunggio Hendra

1. Menyaksikan Matahari Tenggelam

Pemandangan saat menjelang sore hari merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan ketika berada di Pantai Olele. Hal itu wajar saja, karena ketika sore hari, Anda akan disuguhkan pemandangan matahari tenggelam yang begitu apik. Anda bisa melihat dengan jelas langit yang berwarna kuning keemasan bertabur Jingga.

Pemandangan matahari tenggelam akan menciptakan suasana yang begitu tenang, nyaman dan juga romantis. Karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, maka sangat disarankan datang bersama dengan keluarga atau pasangan.

2. Snorkeling

Aktivitas yang berikutnya yaitu snorkling. Seperti yang telah di singgung di atas, bahwasanya di pantai ini Anda akan menemukan taman laut. Dengan adanya taman laut tersebut, maka Anda pun dapat melakukan kegiatan snorkeling.

Melakukan snorkeling merupakan sesuatu yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Pemandangan bawah laut dari Pantai Olele yang begitu mengagumkan sangat sayang jika tidak Anda saksikan secara langsung.

Untuk melakukan aktivitas tersebut, maka Anda perlu menyewa peralatan. Besar biaya sewanya sendiri yaitu Rp 50.000. Dengan harga tersebut, maka Anda pun sudah dapat mengobati rasa penasaran ketika ingin melihat pemandangan di bawah laut.

3. Diving

Diving sangat cocok bagi Anda yang masih penasaran apakah Anda bisa menyelam jauh lebih dalam lagi. Sensasi diving yang bisa diperoleh ketika berada di tempat ini tidak akan bisa Anda lupakan. Sama seperti Ketika Anda hendak melakukan kegiatan snorkeling, maka saat ingin melakukan diving pun Anda bisa menyewa peralatan yang sudah disediakan.

Besar biaya sewanya sendiri yaitu Rp 250.000. Peralatan tersebut mencakup antara lain baju selam, tabung oksigen, kaki katak serta perlengkapan-perlengkapan lain yang mendukung aktivitas Anda selama melakukan penyelaman. Namun sebelum nantinya Anda menyelam, Anda perlu terlebih dahulu menaiki perahu.

Dengan menaiki perahu itulah Anda akan dibawa ke titik spot terumbu karang yang memang memiliki keelokan luar biasa. Di Pantai Olele setidaknya tersedia 9 titik penyelaman. Anda bisa melakukan kegiatan diving enam hingga delapan jam. Untuk spot diving yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Gua Jin.

Nantinya ketika Anda melakukan aktivitas disini, Anda pun akan dipandu oleh para petugas yang memang sangat berpengalaman. Jadi kegiatan driving di pantai akan terasa sangat aman sekalipun di sini Anda baru pertama kali melakukannya. Selain Goa jin, spot terbaik lainnya yang bisa Anda pilih yaitu Tiang Karang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Olele
Image Credit: Google Maps Prihastiana Absoro

Pantai Olele merupakan salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan sangat profesional. Karena itulah, di tempat ini Anda akan menemukan fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas tersebut seperti contohnya kamar mandi umum dan juga toilet umum. Dengan adanya fasilitas ini, tentunya Anda tidak perlu bingung saat ingin bilas.

Selain itu, di kawasan pantai ini Anda juga akan menemukan tempat penyewaan alat-alat snorkeling dan Diving. Peralatan snorkeling dan diving yang disediakan sudah sangat lengkap dan harga yang ditetapkan pun terbilang cukup terjangkau.

Di pantai ini Anda akan menemukan beberapa warung yang menawarkan aneka kuliner lezat. Anda bisa mencicipi berbagai macam seafood yang mampu menggugah selera dan membuat lidah bergoyang. Harga kuliner yang ditawarkan relatif cukup terjangkau. Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan mencicipi makanan di sana.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Olele di Bone Bolango yang perlu untuk Anda ketahui. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang tengah mencari lokasi wisata pantai di daerah Gorontalo. Dijamin Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut, Anda tidak akan dibuat menyesal.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending