Pantai Carolina Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Carolina Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Carolina salah satu objek wisata pantai di Bungus, Kota Padang. Pantai cantik yang menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan dihiasi banyak pepohonan, bebatuan dan mercusuar peninggalan Belanda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Carolina telah dikenal sejak dahulu, kisaran tahun 1880-an. Ukurannya secara umum terbilang luas, namun garis pantai cenderung pendek. Seiring meningkatnya jumlah wisatawan di Padang, pemerintah dan masyarakat setempat melakukan sejumlah pembenahan.

Suasananya lumayan sejuk, aneka pepohonan serupa pinus dan kelapa tumbuh di pinggir pantai. Pasirnya tidak begitu putih dan halus. Banyak batu kerikil tersebar di dekat hamparan pasir. Namun, masih aman untuk dijadikan arena bermain terutama bagi anak kecil.

Pengunjung akan menyaksikan deretan bukit di kejauhan. Gemuruh suara ombak terdengar amat jelas, diikuti oleh intensitas yang tinggi. Airnya tidak terlalu jernih, sebagaimana layaknya kondisi laut di area pemukiman. Meski demikian, beragam aktivitas seru dapat Anda lakukan setiba di Pantai Caroline.

Daya Tarik yang Dimiliki di Pantai Carolina

Daya Tarik Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Rose Hasliza)

1. Ombak yang Menantang

Intensitas ombak di sini cukup tinggi, namun tidak terlalu berbahaya seperti di laut lepas. Cocok untuk dimanfaatkan sebagai lokasi berselancar bahkan oleh pemula sekalipun. Sebelum itu, tentunya Anda harus memiliki kemampuan berenang yang mumpuni terlebih dahulu.

2. Banyak Pepohonan

Pohon pinus dan kelapa tersebar di seluruh kawasan pinggir pantai. Ditata sedemikian rupa hingga menciptakan kenyamanan. Tingginya diperkirakan mencapai 1,5 meter. Walau udara di dekat laut terkenal panas menyengat, namun kehadiran pepohonan mampu memberi keteduhan. Meski demikian, Anda harus tetap memakai sunblock.

3. Bebatuan yang Terlihat Estetis

Banyak batu-batu tersebar di kawasan pesisir. Bentuknya beraneka ragam dengan tekstur yang bisa dikatakan halus. Pengunjung kerap duduk santai di atas bebatuan sambil menatap bentangan laut. Salah satu spot yang estetis untuk berfoto ria.

4. Area Daratan Landai dan Luas

Inilah yang paling menarik dari Pantai Carolina. Sebelum menginjak hamparan pasir, Anda akan melewati daratan landai yang terlihat bagai hutan pinus. Tanah lapang yang juga difungsikan sebagai area parkir. Biasa digunakan menjadi arena outbond dan piknik oleh rombongan pengunjung.

5. Sebuah Mercusuar Peninggalan Belanda

Memang benar, mercusuar merupakan sesuatu yang lumrah di kawasan pantai. Namun, Pantai Carolina memiliki pemancar yang telah ada sejak masa kolonial. Alat peninggalan Belanda ini menyimpan nilai klasik dan bersejarah. Anda pun akan disuguhkan lanskap menawan ketika berada di puncaknya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Caroline

Alamat Pantai Caroline
Image Credit: Google Maps (Sutan Syahrul Ramadhan)

Banyak alternatif sarana transportasi jika Anda berencana ke Pantai Carolina, baik memberdayakan kendaraan pribadi maupun umum. Berlokasi di Jalan Padang Painan, Kelurahan Bungus Selatan, terpaut sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Setidaknya butuh 50 menit perjalanan untuk sampai di sini.

Apabila ingin menumpang kendaraan umum, Anda bisa mengambil bus yang bertrayek Kota Padang-Bungus. Anda akan disuguhkan beragam panorama memesona di antara jalanan berliku. Tidak sulit untuk menemukan pantai ini karena telah dilengkapi petunjuk yang memadai.

Ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ikuti setiap arahan Google Map. Pastikan Anda berkendara dengan hati-hati. Medan menuju pantai termasuk berbahaya, banyak tebing dan jurang. Jam operasional biasanya berlangsung dari pukul 08.00 hingga 19.00 WIB, namun bisa berubah menyesuaikan kepadatan pengunjung.

Setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai biaya tambahan Rp 10.000. Tarif yang relatif murah mengingat banyak keistimewaan yang menanti Anda di sini.

Jika Anda sewaktu-waktu kehabisan uang, tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai sudah disediakan sejumlah mesin ATM. Intinya, seluruh kebutuhan pengunjung mampu diakomodir. Bahkan, persoalan alas duduk seperti tikar bisa Anda sewa seharga Rp 15.000 – Rp 20.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Carolina

Aktivitas di Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Ariz Wokey)

1. Piknik dan Berkemah

Melihat kondisi lingkungan dan tanah di Pantai Carolina, tidak ada ruginya Anda mencoba untuk piknik. Pepohonan yang tumbuh di area lapang menciptakan kesan teduh. Telah disediakan penyewaan tikar oleh masyarakat setempat.

Hanya saja, apabila ingin berhemat, alangkah baiknya Anda menyiapkan segala kebutuhan sejak dari rumah. Kegiatan semacam ini lebih cocok dilakukan bersama keluarga. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk menambah quality time.

Selain itu, bagi Anda yang punya waktu luang, direkomendasikan agar sekalian menjalani perkemahan. Tidak sulit membangun tenda di sini karena tanahnya rata. Ketika malam tiba, lakukan kegiatan seru lainnya seperti bakar-bakar ikan dan jagung.

Anda pun berkesempatan menyaksikan sunrise dan sunset selagi menginap di Pantai Carolina. Matahari akan muncul perlahan dari balik perbukitan, lantas tenggelam di antara kepungan laut. Semilir angin turut serta memanjakan Anda.

2. Mengunjungi Pulau-Pulau Kecil di Sekitar Pantai

Sejumlah pulau kecil nan eksotis berada tidak jauh dari pantai. Anda bisa mengunjungi spot-spot tersebut dengan menumpang boat yang disewakan penduduk. Referensi aktivitas yang menarik untuk dilakukan berupa snorkeling. Keunggulan yang dimiliki pulau-pulau ini adalah panorama bawah lautnya.

Selain itu, diving pun patut Anda jajal. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menikmati keindahan Pantai Carolina dan sekitarnya. Hanya saja, belum ada fasilitas umum untuk penyewaan alat-alat yang relevan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkannya sendiri.

3. Bermain Ayunan

Ayunannya berupa potongan kayu yang digantungkan pada ranting pohon menggunakan tali tambang. Tidak perlu khawatir, sudah banyak orang yang mencobanya. Dengan kata lain, cukup aman untuk digunakan khususnya oleh anak kecil.

Jangan lupa siapkan camilan agar semakin nikmat. Sembari berayun, Anda bisa menatap lalu-lalang pengunjung lain. Posisi ayunan tersebut cukup jauh dari bibir pantai. Anda tidak akan terkena cipratan air. Kegiatan demikian direkomendasikan bagi Anda yang enggan basah-basahan.

Aktivitas Pantai Carolina
Image Credit: Facebook.com @ferryzeinku

4. Membuat Video Dokumenter

Video dokumenter sebaiknya dimulai sejak Anda berangkat dari tempat menginap. Pasalnya, pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Pantai Carolina layak untuk diabadikan. Meski medannya berliku dan sedikit ekstrem, namun Anda akan aman selama berhati-hati.

Pastikan Anda sudah menentukan konsep video sebelum mulai merekam. Hasil karya tersebut bisa dibagikan melalui kanal media sosial. Selain membantu promosi pariwisata, juga sebagai bahan untuk mempercantik tampilan akun Anda.

5. Memancing

Satu lagi aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan, yaitu memancing. Anda bisa memancing di tengah laut dengan menumpang boat. Jika khawatir dihantam ombak, sebaiknya menepi ke pulau sekitar yang lebih sunyi. Tentu, itu akan menjadi kepuasan tersendiri apabila Anda berhasil menangkap ikan.

Setelahnya, Anda bisa mengolah hasil pancingan di lokasi destinasi. Namun, Anda pun boleh membawanya pulang. Sebaliknya, apabila gagal, tidak perlu terlalu kecewa. Minimal Anda tahu bagaimana keseruan memancing.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Caroline

Penginapan Pantai Caroline
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Downtown Homestay

Tarif per malam dipatok seharga Rp240.000. Fasilitasnya berupa ranjang berukuran king, akses WiFi sepuasnya, AC, kulkas, kamar mandi, teh atau kopi gratis di lobi, dan masih banyak lagi. Suasana di sini juga aman dengan nuansa klasik.

Alamat penginapan ada di Jalan Kampung Nias II No. 23D, Kelurahan Belakang Pondok. Terpaut sejauh 6,15 kilometer dari Pantai Carolina, penginapan ini juga dekat dengan tempat wisata lain seperti Pantai Nirwana.

2. Cavery Beach Hotel

Pihak pengelola menawarkan 34 unit kamar dengan pembagian 5 deluxe double room, 6 twin double superior room, 3 double cottage room, serta 10 standart room. Tarif per malam cukup variatif pada kisaran Rp 375.000 – Rp 475.000. Setiap kamar memiliki brankas, televisi, AC, dan kamar mandi lengkap dengan shower.

Tidak hanya itu, Anda pun dapat memilih ruangan conecting door. Disediakan smoking area, ruang keluarga, parkiran luas, WiFi, layanan kamar dan resepsionis stand by 24 jam, restoran, serta parkiran luas. Fasilitas di sini bisa dikatakan sangat lengkap dengan harga yang terjangkau.

3. Losmen Carlos Beach Homestay

Berlokasi di Bungus Selatan, Jalan Padang Painan km 20, penginapan ini terpaut sejauh 800 meter dengan Pantai Caroline. Tarif per malam berkisar Rp 200.000 – Rp 450.000 menyesuaikan tipe kamar. Ada ekonomi, standar, hingga deluxe.

Halaman depannya cukup luas walau terlihat tandus, nyaman diberdayakan sebagai area parkir. Fasilitas dan layanan yang disediakan berupa kipas angin, AC, hingga jasa pemandu wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carolina Padang

Fasilitas Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Pantai Carolina Padang)

Fasilitas di sini standar saja, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan dasar pengunjung. Sejumlah tempat sampah di titik-titik tertentu, gazebo, ruang ganti, parkiran, kamar mandi, musala, dan warung makan milik masyarakat setempat. Tentu, ini tidak terlepas dari tiket masuk yang terbilang murah.

Tidak hanya itu, ada sewa boat jika Anda tertarik menyambangi pulau di sekitar Pantai Carolina. Disarankan untuk datang bersama rombongan agar mendapatkan penawaran terbaik. Persoalan harga dapat Anda diskusikan dengan pemilik speed boat dengan patokan Rp 600.000 – Rp 800.000.

Pantai Carolina memiliki sejarah yang panjang. Hingga kini, keberadaannya telah menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Padang. Apabila Anda berkunjung ke sini, pastikan untuk turut serta menjaga lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah sesuka hati.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending