10 Pantai Terindah di Padang yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Pantai Padang

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Padang, Sumatera Barat. Objek Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Eksotis dan Paling Hits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Ketika musim liburan tiba, memang paling mengasyikkan merencanakan bepergian ke berbagai destinasi wisata pantai di Indonesia. Meski Pulau Dewata seringkali dijadikan sebagai tujuan utama banyak wisatawan, namun sebenarnya pemandangan alam yang disuguhkan di berbagai pantai di kota lain juga tak kalah menarik untuk dikunjungi salah satunya di Padang.

Selain terkenal dengan kekayaan kuliner khasnya yang menggugah selera, siapa sangka di Padang tersimpan sejuta pesona alam menakjubkan yang patut untuk dikunjungi. Berikut daftar wisata pantai cantik di Padang yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pantai Padang

Pantai Padang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sesuai dengan namanya, wisata bahari ini memang terletak tepat di kawasan perkotaan. Pantai Padang mengusung konsep wisata modern dengan berbagai fasilitas untuk bermain anak, serta terdapat pula sentral kuliner. Pemandangannya yang sungguh indah berasal dari hamparan pasir putihnya serta birunya air laut. Pantai yang terkenal dengan sebutan Taplau atau Tapi Lauik yang artinya tepi laut ini, memiliki garis pantai yang panjang.

Pada salah satu sisinya terdapat tulisan ikonik yaitu “Padang Kota Tercinta” yang digunakan sebagai daya tarik tersendiri dari pantai ini. Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan melihat secara langsung keindahan dari Gunung Padang yang merupakan area perbukitan di sekeliling pantai. Tak hanya itu saja, pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah sehingga sangat cocok digunakan untuk pengunjung yang ingin menghilangkan penat.

Lokasi: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

2. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Paketwisatapadang.com

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, maka Pantai Nirwana bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Pemandangan matahari terbenam yang disuguhkan oleh pantai ini menjadi objek bidikan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Perpaduan yang sempurna antara ombak pantai yang begitu tenang dengan pasir putihnya, mampu membuat siapa saja yang datang kesini merasakan ketenangan serta kesegaran yang ditimbulkan.

Apabila Anda tertarik datang ke tempat ini, maka disarankan untuk berkunjung pada bulan Juni hingga Agustus. Karena pada bulan tersebut, Anda akan mendapatkan panorama pantai terbaik. Menariknya lagi, di pantai ini pula terdapat beragam kapal yang masih beroperasi seperti biasanya. Keberadaan kapal yang berlabuh di Pelabuhan Teluk Bayur menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimunculkan pada pantai ini.

Lokasi: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Indonesiawow.com

Dikenal pula dengan nama Pantai Teluk Bungus, pantai ini memiliki pesona keindahan yang tak tertandingi dibandingkan dengan pantai lainnya. Dulunya destinasi wisata pantai ini masih belum terkenal seperti sekarang, karena lokasinya yang tersembunyi. Namun kini, Pantai Caroline telah menjelma menjadi primadona objek wisata di Padang khususnya wisata pantai yang menyuguhkan keindahan alam bawah lautnya.

Keindahannya tersebut mampu menghipnotis siapa saja yang datang, terutama pemandangan saat menjelang matahari terbenam. Pantai ini pula dikelilingi oleh perbukitan sehingga mampu membuat suasana pantai menjadi semakin nyaman. Uniknya, destinasi wisata ini memiliki garis pantai yang menyerupai bentuk sabit yang indah apabila dilihat dari atas. Para pengunjung bisa mencoba paragliding yang disewakan oleh masyarakat setempat untuk melihat pemandangan pantai dari atas.

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

4. Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan
Image Credit: Piknikasik.com

Pantai Carocok Painan menyuguhkan pesona pantai yang sangat cocok digunakan untuk berjemur atau sekedar berburu berbagai makanan khas di Padang. Tak hanya itu, dengan adanya perbukitan yang mengelilingi pantai ini mampu menampilkan pemandangan yang apik. Bahkan banyak orang yang sering membandingkan keindahan dari Pantai Carocok Painan ini, dengan Pantai Sanur yang ada di Bali.

Destinasi wisata yang berada di bagian selatan Pulau Sumatera Barat ini, menawarkan pemandangan pantai biru melalui berbagai dermaga yang ada di sekitarnya. Pemandangannya yang begitu indah ini, membuat para pengunjung tergiur untuk mengabadikan momen berlibur tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun. Para pelancong pun bisa menikmati beragam sajian kuliner khasnya yang super lezat dan siap memanjakan perut yang keroncongan.

Lokasi: Painan, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan.

5. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan yang mampu menyuguhkan keindahan. Terdapat pula pepohonan kelapa di tepian pantai membuat suasana pantai menjadi lebih asri dan sejuk. Tak hanya terdapat pepohonan kelapa, Pantai Pasir Jambak pula memiliki pepohonan rindang lainnya. Segala keindahan serta pesona yang disuguhkan tersebut, mampu membuat para pengunjung nyaman dan betah untuk berlama lama disini.

Kerennya lagi, para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Di destinasi wisata ini pula, para pengunjung bisa melihat berbagai kapal nelayan yang bersandar di sekitar bibir pantai. Puas menelusuri keindahan pantai, para pelancong yang merasa lapar bisa menikmati beragam olahan kuliner khasnya yang dijajakan oleh para penjual di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

6. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Kidalnarsis.com

Wisata pantai selanjutnya ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai pada umumnya di Padang. Keunikannya tersebut terletak pada bebatuan warna warni yang menghiasi tepi pantai. Keberadaan bebatuan yang dicat menyerupai pelangi tersebut pula sering digunakan sebagai spot foto yang instagenik oleh pengunjung. Pantai Kata Pariaman ini sangat cocok dikunjungi bersama orang orang tersayang.

Apalagi dengan adanya pemandangannya yang sangat indah, sehingga sangat menyejukkan mata. Dengan ombaknya yang tidak terlalu deras, para pengunjung diperbolehkan untuk bermain air ataupun berenang di pantai ini. Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh pantai di Padang ini ialah panorama matahari terbenam yang dimunculkan sangatlah indah, sehingga mampu menghipnotis siapa saja yang datang.

Lokasi: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

7. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Pantai Air Manis telah terkenal di kalangan para wisatawan lokal. Namun kini tak hanya di kalangan lokal saja, melainkan digunakan sebagai destinasi favorit para wisatawan mancanegara. Dengan latar belakangnya Gunung Padang, pantai ini mampu menciptakan keindahan yang menakjubkan. Bahkan dengan adanya gelombang ombak yang cukup rendah, sehingga sangat cocok digunakan bermain air ataupun berselancar.

Di sekitar pantai terdapat pula pulau kecil yang bernama Pulau Pisang Kecil dengan luasnya sekitar satu hektar yang bisa ditelusuri dengan berjalan kaki. Objek lainnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ialah adanya patung batu Malin Kundang yang bersejarah. Tak jauh dari patung tersebut, para pengunjung pun bisa menjumpai bebatuan berserakan yang diyakini sebagai pecahan kapal Malin Kundang.

Lokasi: Jl. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

8. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Image Credit: Detik.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini terletak di Pulau Pasumpahan, Padang. Pantai ini memiliki panorama yang sungguh menakjubkan dan mampu memanjakan mata. Hamparan pasir putih nan bersih serta birunya air laut mampu menghipnotis bagi siapa saja yang datang berkunjung. Hal menarik yang bisa dilakukan para pengunjung disini ialah menaiki speedboat dari Teluk Bungus hingga ke Pantai Pasumpahan atau sebaliknya.

Tak jauh dari Pulau Pasumpahan ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Sikuai. Pulau Sikuai ini bisa dijelajahi oleh para pengunjung setelah puas menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Pasumpahan. Para wisatawan pula bisa melihat keindahan bebatuan karang yang masih terjaga dengan baik di sekitar Pantai Pasumpahan. Keindahan yang ditawarkan pantai ini mampu dijadikan sebagai spot foto yang menarik serta instagenik.

Lokasi: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

9. Pantai Sako

Pantai Sako
Image Credit: Detik.com

Apabila Anda menyukai kegiatan berkemah ataupun fotografi hutan, maka spot Pantai Sako ini bisa digunakan sebagai pilihan tepat. Pantai yang berlokasi dekat dengan beberapa bukit dan area hutan ini memang sangat cocok digunakan untuk berpetualang. Biasanya para pengunjung yang datang akan surfing, berkemah, berfoto, ataupun sekedar menghabiskan waktu liburannya dengan menikmati keindahan yang disuguhkan oleh pantai.

Saat ini Pantai Sako ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga ketika berada di pantai ini Anda akan merasakan suasana private beach yang nyaman. Namun disaat musim liburan tiba, Pantai Sako akan dipenuhi dengan beragam tenda perkemahan yang didirikan oleh murid sekolahan. Karena memang destinasi wisata ini merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan alam bawah laut serta hutan.

Lokasi: Bungus Barat, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

10. Pantai Gajah

Pantai Gajah
Image Credit: Piknikasik.com

Destinasi wisata yang terakhir ini sangat cocok dikunjungi saat musim liburan telah tiba. Ombaknya yang tidak terlalu besar serta adanya semilir angin laut yang menyejukkan dapat menghipnotis bagi pengunjung yang datang. Keindahan matahari terbenam atau sunset yang disuguhkan oleh Pantai Gajah di Padang ini, tentunya tidak akan dilewatkan begitu saja oleh para pengunjung.

Dikarenakan lokasi Pantai Gajah sangat strategis, sehingga tidak heran jika saat musim liburan tiba selalu ramai akan pengunjung. Apalagi kini keindahan yang dimiliki oleh pantai ini telah tersohor hingga ke mancanegara. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih seru lagi di pantai ini, maka Anda bisa camping di tepi pantai sambil menikmati suasana yang ditawarkan oleh Pantai Gajah.

Lokasi: Jl. Gajah III No.14, Air Tawar Barat, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

Beragam destinasi wisata pantai di Padang tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk musim liburan Anda. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata alam lainnya dengan pemandangan menakjubkan yang ditawarkan di Padang. Tak hanya wisata alam saja, melainkan terdapat wisata sejarah serta moden lainnya yang siap memanjakan Anda saat liburan tiba. Jangan lupa pula ketika berkunjung ke Padang untuk mencicipi beragam kuliner khasnya yang sangat menggugah selera.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending