Pantai Nirwana, Pantai Pasir Putih yang Indah di Kota Padang

Pantai Nirwana Padang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Nirwana salah satu wisata pantai hits di Kota Padang, Sumatera Barat yang menarik dieksplor pesona keindahannya. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih, air laut yang jernih ditambah panorama goa yang memanjakan mata siapapun yang berkunjung.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Nirwana Padang menjadi destinasi yang paling banyak disukai. Bukan hanya wisatawan lokal saja, tetapi juga turis asing. Menikmati pemandangan yang ada di pantai ini memberikan kesan seperti kembali ke alam. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan air laut yang jernih sangat cocok digunakan sebagai background dalam pemotretan.

Pantai ini juga kerap sekali dijuluki dengan pantai surga. Tentunya hal tersebut dikarenakan pemandangannya yang menarik. Nyiur hijau dari pohon kelapa memberikan kesan mendalam bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Hamparan pasir berwarna putih melengkapi keunikan dari pantai ini.

Pantai ini juga menambah daftar deretan potensi wisata yang berpengaruh di Indonesia. Padatnya pengunjung membuat daya tarik wisata di Indonesia semakin tinggi. Pantai Nirwana yang terletak di Padang nyatanya tidak menyurutkan para pelancong lokal dari seluruh penjuru untuk mengunjunginya. Tak heran jika pantai ini tidak lepas dari kepadatan pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nirwana

Daya Tarik Pantai Nirwana
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

1. Pasir Putih dan Kejernihan Air Laut

Beberapa pantai di Indonesia kebanyakan memiliki pasir yang berwarna hitam. Hanya beberapa saja berwarna putih. Pantai ini memiliki pasir putih yang memberikan kesan warna unik. Tidak hanya itu, kejernihan air juga menjadi pendukung utama dari menariknya pantai ini. Kedua hal tersebut nyatanya menimbulkan perpaduan warna yang unik dan cantik.

Tidak perlu bingung mencari lokasi yang instagramable, karena hampir seluruh tempat yang berada dalam kawasan Pantai Nirwana sangat cocok dijadikan latar belakang untuk berfoto. Ketenangan yang ada di pantai ini membuat para pelancong merasa bisa me-refresh beban pikiran mereka. Menikmati deburan ombak dengan bingkai pasir putih murni yang disajikan alam menjadi keunikan yang bernilai mahal.

2. Suasana Sunrise dan Sunset

Setiap pantai akan dikenal dengan suasana sunrise dan sunset nya. Banyak para wisatawan yang mengunjungi pantai di pagi buta untuk menikmati sunrise. Jika ingin menikmati sunset, bisa mengunjungi pantai di sore hari. Bukan hanya terletak dari keindahan pemandangan sunrise dan sunset saja. Pantai cantik di Padang ini memberikan akses kepada para pengunjung untuk bisa menyaksikan kedua momen tersebut dari tempat yang sudah disediakan.

Tempat untuk menikmati sunrise dan sunset dibuat berbeda agar bisa menikmatinya dengan maksimal. Memberikan kesan romantis, keindahan dan ketenangan. Karena hal tersebut pada pagi dan sore hari, pantai ini selalu di padati dengan wisatawan. Bahkan banyak para wisatawan yang bertahan mulai dari pagi hingga sore hari untuk menikmati momen tersebut.

3. Deburan Ombak yang Tenang

Tak cukup rasanya jika berlibur di pantai hanya untuk menikmati pemandangan saja. Melakukan aktivitas berenang, nyatanya mampu memberikan pengalaman tersendiri. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk berenang. Pasalnya, memiliki ombak yang tenang sehingga setiap wisatawan tidak perlu khawatir. Jika ingin menikmati suasana ombak yang sedikit berliku, maka bisa berenang lebih jauh.

Pantai ini juga menyediakan alat untuk berenang seperti pelampung. Sehingga para pengunjung bisa menikmati setiap aspek pantai ini tanpa perlu khawatir masalah keamanan.

Daya Tarik Nirwana
Image Credit: Twitter.com @infopadang_

4. Keanekaragaman Hayati Laut yang Memesona

Bukan hanya diatas laut saja, pantai ini juga menyajikan keindahan alam bawah laut. Para wisatawan bisa melakukan penyelaman dan diving untuk menikmatinya. Karena memiliki air yang jernih, setiap penyelam bisa melihat dengan cukup baik. Mengenai penyelaman sendiri, tentunya harus mengikuti standar atau protokol yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Mengenai peralatan diving, bisa membawa sendiri dari rumah atau melakukan penyewaan. Umumnya wilayah laut yang digunakan untuk diving telah ditentukan. Sehingga tidak bercampur dengan para pelancong lain.

5. Adanya Goa Sekitar Pantai

Bagi para pengunjung yang ingin memiliki dan menikmati pengalaman tak terlupakan, bisa mencoba untuk mengunjungi goa yang ada di pantai ini. Keberadaan goa ini nyatanya mampu menambah daya tarik para wisatawan untuk mengeksposnya. Goa ini juga bisa digunakan sebagai lokasi instagramable dan mengambil potret untuk momen yang tidak terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Nirwana

Alamat Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Budi Aslan)

Pantai Nirwana terletak di Kota Padang, tepatnya di jalan raya Padang-Painan. Apabila Anda mengunjungi Teluk Bayur, maka akses menuju lokasi pantai ini cukup dekat. Apabila dilihat dari Pantai Barat Sumatera, pantai ini berjarak 14 km. Jika diakses dari pelabuhan Teluk Bayur, jaraknya juga relatif dekat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Sedangkan rute menuju pantai ini tidaklah sulit. Terdapat banyak rute yang bisa dilalui. Akses kendaraan juga sangat mudah. Apabila melalui jalur pusat kota Padang, maka bisa langsung menuju Teluk bayur dengan arah Selatan. Jika menggunakan jalur ini, umumnya para pelancong akan membawa kendaraan pribadi.

Apabila menggunakan transportasi umum, maka bisa naik ke jalur 437. Jika ditempuh dari arah Pasar Padang. Untuk menuju jalur pantai, maka bisa melewati Jalur Sutan Syahrir. Tetapi bisa juga melalui Jalan Muko. Jalan ini juga banyak dilalui pelancong. Pasalnya, kondisi jalan yang mulus dan mudah dilalui. Meskipun baru pertama kali berkunjung ke Padang, Anda akan menemui banyak penunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Nirwana. Sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

Sebelum Anda mengunjungi pantai ini, sebaiknya mengetahui dulu jam atau waktu yang disediakan. Pantai ini buka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Sehingga sangat cocok untuk tidak melewatkan menyaksikan sunrise dan sunset.

Pantai ini dilengkapi dengan deretan wisata tambahan yang menarik. Mulai dari area, bermain, menyelam, dan sebagainya. Mengenai biaya masuk untuk pantai ini gratis. Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan wisata alam secara cuma-cuma.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nirwana

Aktivitas di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Ichaa 766HI)

1. Mengamati Kegiatan Nelayan Teluk Bayur

Karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan, para pelancong kerap sekali mengamati aktivitas para nelayan. Kegiatan mereka mencari ikan, mengoperasikan perahu dan sebagainya. Para pelancong bisa melihat banyak sekali kapal. Mulai dari kapan pencari ikan, kapal dagang, hingga kapal angkutan barang dan penumpang.

2. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

Pantai Nirwana nyatanya juga memberikan fasilitas untuk menikmati kedua momen epik tersebut. banyak para pelancong yang memilih menetap demi melihat momen tersebut. keindahan sunset didukung dengan keadaan airnya yang jernih dan deretan pepohonan yang indah.

3. Melakukan Kegiatan Menyelam dan Berenang

Pantai ini memang memiliki pemandangan laut yang tidak kalah cantik. Oleh karena itu, terdapat berbagai fasilitas dan perlengkapan yang bisa digunakan untuk menyelam. Lokasi untuk menyelam juga dibedakan dengan lokasi wisatawan berkunjung. Sehingga penyelaman bisa berjalan dengan lancar.

Sedangkan untuk berenang, lokasinya dijadikan satu dengan para wisatawan. Bisa dengan atau tanpa alat pengaman. Asalkan berenang dilakukan di tempat yang diperbolehkan dan tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

4. Mengamati Aktivitas Budidaya Rumput Laut

Tidak hanya bisa melepas penat, mengunjungi pantai ini, bisa menambah ilmu pengetahuan baru. Terdapat proses budidaya rumput laut. Lokasi budidaya terdapat di sekitar pantai. Para nelayan melakukan penanaman bibit yang letaknya dekat dengan lokasi pantai. Sehingga di saat panen, bisa langsung disaksikan oleh para pengunjung pantai.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Nirwana

Penginapan Pantai Nirwana
Image Credit: Tripadvisor.com

Tidak perlu khawatir karena di lokasi pantai ini juga disediakan banyak penginapan. Sehingga jika masih ingin menikmati keindahan pantai, bisa memilih untuk menginap.

1. Hotel Galaxy Inn

Penginapan yang satu ini memiliki jarak berkisar 1,3 kilo saja. Banyak sekali fasilitas yang bisa menunjang kualitas menginap Anda. Bahkan layanan diving dan snorkeling juga disediakan. Akan lebih baik untuk melakukan pemesanan di awal sehingga bisa langsung menikmati fasilitas yang diberikan.

2. The Galton Hotel

Meskipun penginapan ini terdiri dari 21 kamar, tetapi selalu ramai dan padat. Bahkan bila tidak segera melakukan pemesanan, biasanya akan kehabisan. Penginapan ini memberikan fasilitas untuk para wisatawan, yaitu melakukan penjemputan.

3. Nirwana Button Villa

Penginapan yang satu ini juga menyediakan pelayanan untuk melakukan antar jemput klien. Fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap. Mulai dari, ac, tv, wifi, dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat pula kamar mandi pribadi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Nirwana Padang

Fasilitas Pantai Nirwana Padang
Image Credit: Google Maps (Ryan Fadyllah Thanj)

Pantai pasir putih ini menyediakan beragam fasilitas yang dikhususkan untuk para pelancong. Mulai dari fasilitas untuk menikmati sunset, fasilitas berenang, fasilitas diving dan masih banyak lagi. Para pengunjung juga tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan juga terjangkau. Apabila ingin beristirahat, pantai ini juga menyediakan gazebo yang bisa digunakan.

Berkaitan dengan lahan untuk parkir, pihak pengelola wisata pantai ini, sudah memberikan yang terbaik. Sehingga proses keluar masuk kendaraan beserta tarifnya sangat terkondisi dan terkontrol.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pantai Nirwana di Kota Padang. Mulai dari daya tarik, akses lokasi hingga aktivitas yang bisa dilakukan. Pantai tersebut juga memiliki fasilitas lengkap. Sangat direkomendasikan bagi para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam tapi tidak menguras kantong.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending