10 Air Terjun di Padang yang Populer & Terindah

10 Air Terjun di Padang yang Populer & Terindah

Salah satu kota yang berada pantai barat pulau Sumatera yaitu kota Padang. Kota ini termasuk salah satu ibukota provinsi yang terdapat di daerah Sumatera Barat. Kota tersebut memang terkenal dengan banyak sekali tempat wisata yang begitu menarik dan layak untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun asing.

Selain itu, kota tersebut memang terkenal dengan makanannya yang begitu lezat serta mempunyai potensi wisata yang amat beraneka ragam. Terdapat banyak sekali area wisata menarik yang patut dan layak untuk Anda datangi sebagai area untuk menghabiskan hari liburan Anda bersama dengan keluarga, teman maupun pasangan.

Wisata alam yang terdapat di kota ini memang recommended untuk dikunjungi, terutama wisata berupa air terjunnya. Beragam pekerjaan serta bentuk dari air terjun mampu untuk menyajikan keindahan tersendiri. Dari sekian banyak wisata yang begitu menawan, berikut ini adalah rekomendasi air terjun tercantik di Padang yang menarik Anda kunjungi.

1. Air Terjun Pincuran Tujuah

Air Terjun Pincuran Tujuah
Image Credit: Google Maps erwin erizza

Air terjun ini memiliki 7 tingkat persis seperti namanya, yaitu Air Terjun Pincuran Tujuah. Air terjun ini berada di area yang cukup tinggi, sehingga Anda memungkinkan untuk melihat dan menyaksikan Kota Padang yang begitu menawan dan indah. Wisata ini dikelilingi oleh beragam pohon tropis, sehingga akan membuat suasana sekitar asri dan sejuk.

Anda pun nantinya akan menemukan aneka hewan pengerat, kupu-kupu, capung serta monyet hutan. Areanya terletak kurang lebih sejauh 25 km dari area pusat kota atau setidaknya 1 jam perjalanan. Untuk besaran biaya retribusi sendiri memang terbilang ramah di kantong. Nantinya pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 8.000 saja.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Air Dingin, Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image Credit: Google Maps Joko Supriyanto

Berbeda seperti air terjun pada umumnya, tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Air terjun yang bernama Air Terjun Lembah Anai ini terletak di area pinggir jalan raya. Namun Anda jangan salah, sekalipun terdapat di area pinggiran jalan, tempat wisata yang disini merupakan sebuah aliran dari Gunung Singgalang tersebut mempunyai panorama yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

3. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang
Image Credit: Google Maps Jhonni DiJe

Air Terjun Lubuak Tampuruang merupakan area wisata yang begitu elok dan mempesona. Nama dari Lubuak Tampuruang sendiri diambil dari sebuah kolam yang memang tampak mirip dan serupa tempurung. Kedalaman tempat tersebut mencapai 2 meter hingga 3 meter serta memiliki warna hijau.

Karya wisata tersebut dikelilingi oleh pepohonan, sehingga akan membuat panorama sekitar jadi tampak asri, teduh dan indah. Jika berangkat dari pusat kota sendiri, Anda perlu menempuh jarak setidaknya 20 km. Besaran tiketnya yaitu hanya Rp 3.000 saja. Dengan besar uang tersebut Anda sudah dapat menikmati area wisata ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.Pasar Ambacang, Kuranji, Padang City, West Sumatra.

4. Air Terjun Sarasah Bunta

Air Terjun Sarasah Bunta
Image Credit: Google Maps Wulandari Citra Laksita

Untuk area wisata selanjutnya ini termasuk air terjun yang terletak di Lembah Harau. Oleh karena bentuknya yang bertingkat atau berunta, maka wajar saja jika destinasi tersebut disebut juga dengan Sarasah Bunta. Air yang mengalir di Air Terjun Lubuak Tampuruang ini begitu jernih dan juga terasa sangat segar.

Tidak hanya itu saja, air terjun Sarasah Bunta mempunyai nilai sejarah oleh karena nantinya dapat melihat adanya sebuah prasasti sebagai tanda dibukanya area wisata tersebut di tahun 1926. Tempat ini berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Perjalanan dari kota tersebut menempuh jarak selama kurang lebih 3 jam.

Untuk besaran harga tiket sendiri ketika ingin memasuki area Sarasah Bunta yaitu sebesar Rp 10.000 saja. Selain air terjun ini, di kawasan tersebut pun Anda bisa mengunjungi air terjun lainnya seperti contohnya Sarasah Murai, Sarasah Donat dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

5. Air Terjun Lubuak Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang
Image Credit: Google Maps Tangan Terampil

Air terjun yang menarik dan indah berikutnya di Padang yaitu Lubuak Rantiang. Tempat wisata tersebut memang begitu menarik perhatian para penikmat wisata oleh karena pemandangan yang ditawarkan begitu memikat siapa saja. Selain itu, terdapat beragam aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut.

Anda bisa melakukan aktivitas berupa mandi, berenang, bermain motor trail ataupun mobil offroad. Lokasi dari Air Terjun Lubuak Rantiang berada di wilayah Tangan. Jika Anda berangkat dari pusat kota, maka setidaknya harus menempuh jarak 25 km agar tiba di Air Terjun Lubuak Rantiang.

Untuk besaran harga tiketnya sendiri nanti Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap pengunjung. Harga ini memang sangatlah terjangkau dan dengan biaya tersebut Anda. telah bisa menikmati liburan yang begitu seru bersama dengan sanak famili Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut
Image Credit: Google Maps Ferdian octa dinata

Bentuk yang unik menyerupai bentuk piramid bisa ditemukan ketika mengunjungi Air Terjun Sarasah Ulu Gadut. Panorama alam yang sangat eksotis dan terletak di antara hutan memang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Untuk Anda yang tengah mencari rekomendasi tempat menenangkan diri, maka air terjun tersebut merupakan jawabannya.

Air ini memang terasa begitu dingin, segar dengan airnya yang sangatlah jernih, sehingga tentu akan membuat penat siapapun hilang seketika ketika berendam di dalamnya. Jarak dari Kota Padang sendiri sekitar 17 km untuk menempuh Air Terjun Sarasah Ulu Gadut. Kurang lebih perjalanan yang harus Anda lakukan yaitu selama 30 menit.

Selain disini Anda bisa memakai kendaraan berupa angkutan umum, Anda pun bisa membawa kendaraan pribadi, baik itu roda dua ataupun roda empat. Harga tiket masuk relatif terjangkau, Anda hanya perlu untuk membayar uang tiket sebesar Rp 5.000 saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Image Credit: Facebook Pecinta Air Terjun Indonesia

Lokasinya berada di Lubuk Alung dan termasuk destinasi wisata yang begitu populer serta menjadi area yang favorit di kota tersebut. Tempat wisata yang satu ini dikelilingi dengan pepohonan yang begitu tinggi menjulang. Terdapat batu-batu besar yang membuat nuansa Air Terjun Nyarai jadi tampak lebih natural.

Daya tarik utama yang ditawarkan Air Terjun Nyarai yaitu airnya yang sangat jernih, segar dan cocok untuk Anda yang ingin bermain air maupun berenang. Berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Padang. Untuk harga tiketnya relatif cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat.

8. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai
Image Credit: Google Maps Yss Cyclops

Air terjun Baburai adalah destinasi wisata yang mempunyai fasilitas sangatlah memadai. Area ini telah dilengkapi dengan tangga yang akan membuat pengunjung jadi lebih mudah ketika ingin mendekat ke lokasi.

Lokasinya sendiri berada di Baburai, dan jika berangkat dari pusat Kota Padang memang cukup jauh, yaitu sekitar 78 km. Sepanjang perjalanan ketika hendak meluncur ke tempat ini, maka Anda akan disuguhkan pemandangan sawah berbidang-bidang yang tentunya akan membuat mata siapa saja merasa dimanjakan.

Tidak hanya itu saja, setibanya di tempat wisata fasilitas yang lengkap dan memadai membuat Anda merasa betah dan tidak ingin beranjak pergi. Itulah kenapa Air Terjun Baburai menjadi salah satu wisata yang direkomendasikan untuk Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikucur, Kec. V Koto Kp. Dalam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

9. Air Terjun Ngungun Saok

Air Terjun Ngungun Saok
Image Credit: Google Maps MI Arifin

Air Terjun Ngungun Saok terdapat di Bukit Lubuak. Tempat wisata ini memang tampak begitu elok oleh karena tebing batu yang menjulang ke angkasa. Aliran air terjun memang terlihat begitu bening, sehingga Anda akan dapat menyaksikan bebatuan yang terdapat di dasar tempat tersebut dari 1 hingga 2 meter.

Untuk biaya retribusinya sendiri memang terbilang cukup terjangkau, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 saja, sedangkan untuk area parkir yaitu Rp 3.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Bendungan Niagara Koto Pulai

Bendungan Niagara Koto Pulai
Image Credit: Google Maps Hicler Sihombing

Bendungan Niagara Koto Pulai sering kali dijuluki sebagai Air Terjun Niagara Mini yang terdapat di wilayah Kota Padang. Mulanya tempat wisata ini memang berguna untuk menahan arus deras yang mengalir ke daerah muara. Namun oleh karena bendungan tersebut membentuk air terjun yang bertingkat, maka dijadikan sebagai lokasi wisata.

Panorama dari bendungan ditambah dengan landsekap alam sekitar yang begitu memukau membuat tempat tersebut cukup populer di Kota Padang. Menjelang matahari tenggelam, tidak sedikit muda-mudi yang berada di area sekitar. Karena itu, ketika berada di kota ini jangan pernah melewatkan waktu Anda untuk mengunjungi bendungan Niagara Koto Pulai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Panjang Ikua Koto, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Itulah daftar rekomendasi air terjun yang terdapat di Kota Padang. Mengunjungi kota tersebut tanpa Anda singgah di salah satu pariwisata yang sudah disebutkan di atas, dirasa kurang sah.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending