Pantai Air Manis Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Air Manis Padang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Air Manis salah satu objek wisata pantai favorit yang penuh legenda di Kota Padang. Pantai cantik dengan hamparan pasir cokelat keputihan, ombak yang bersahabat dan memiliki pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona yang tersaji di seluruh penjuru nusantara tidak hanya didasarkan pada keunikan tempat-tempat tertentu saja yang menampilkan alam ataupun keindahan lainnya. Banyak cerita-cerita rakyat ataupun epos yang beredar di masyarakat Indonesia tercipta karena terdapat suatu bukti fisik ataupun unsur cerita di dalamnya ada secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Salah satunya yaitu Pantai Air Manis di Padang yang merupakan latar dari cerita rakyat yang sangat populer di kalangan anak kecil, yaitu Malin Kundang. Oleh sebab itulah, pantai tersebut mempunyai daya tarik tersendiri yang menjadi alasan mengapa orang-orang berlomba-lomba untuk datang ke sana.

Selain itu, panorama alam di sana juga tersaji begitu indah membuat siapapun yang datang menjadi takjub akan keelokannya. Bentangan alam di sana terhiasi oleh hamparan pasir lembut yang berpadu dengan karang-karang di sekitarnya. Tumbuh-tumbuhan di sana juga secara elok menghiasi keadaan sekitarnya sehingga membuat pesonanya semakin kuat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Air Manis

Daya Tarik Pantai Air Manis
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

1. Kisah Fenomenal Malin Kundang

Cerita mengenai anak durhaka yang tidak menganggap ibunya tersebut memang sangat diketahui betul oleh orang-orang Indonesia. Pasalnya, cerita itu telah dikisahkan dari jaman duduk di bangku Sekolah Dasar bahkan juga pendidikan dini. Kisah itu memang memberikan sebuah pembelajaran yang begitu mendalam terutama untuk anak-anak mengenai baktinya kepada orang tua.

Mengapa cerita ini begitu terkait dengan pantai indah di Pulau Sumatra tersebut? Karena batuan karang yang konon merupakan bukti dari kebenaran kisah tersebut terdapat di sana. Pengunjung dapat dengan leluasa melihatnya secara langsung tatkala berlibur ke salah satu destinasi unggulan di daerah Padang tersebut.

Pada bagian karang-karang yang terdapat di sekitar Pantai Air Manis, terdapat salah satu batuan yang berbentuk begitu mirip seperti seorang manusia yang menyatu dengan batu. Nampak seorang lelaki seolah sedang memohon namun telah berubah mengeras menjadi batu. Spot itulah yang seringkali menjadi objek yang diserbu oleh para wisatawan yang datang.

Tidak jarang orang-orang rela untuk jauh-jauh datang dari berbagai penjuru daerah yang ada di Indonesia, hanya untuk menengok batuan karang tersebut. Selain itu, ternyata beberapa turis mancanegara juga tertarik karena sebelumnya juga telah mendengar dan mengetahui kisah tersebut. Tak dipungkiri memang keberadaannya menarik minat banyak orang untuk mengunjungi objek itu.

2. Hamparan Pasir Nan Indah

Ini merupakan salah satu pemikat pengunjung untuk datang berwisata di Pantai Air Manis. Pasir pantai yang terhampar di sana berwarna coklat muda. Pada beberapa saat, nampak pasir tersebut seolah menjadi lebih cerah sehingga hampir seperti putih yang tercampur sedikit coklat. Teksturnya lembut akan membuat kaki yang menapakinya secara langsung menjadi nyaman.

Hal tersebut membuat banyak orang betah untuk berlama-lama di sana. Tak dipungkiri memang pasir di sana mampu menghipnotis wisatawan untuk betah berekreasi di sana. Bermacam hal juga bisa dilakukan dengan bentang alam itu. Suasana bertambah seru tatkala air laut menyiram basah seluruh permukaannya.

3. Ombak yang Bersahabat

Air laut di sana menampar bibir pantai dengan cukup deras. Hal ini membuat ombak di objek wisata tersebut menjadi dapat dipakai untuk melakukan berbagai hal seperti selancar. Suara ombak yang terhembus kencang tersebut juga membuat kondisi di sana menjadi lebih asik dan seru. Tetapi, tidak perlu risau karena ombak yang ada di pantai itu tergolong aman dan tidak berbahaya bagi wisatawan.

Daya Tarik dari Pantai Air Manis
Image Credit: Instagram.com @milokimtae

4. Suasana Terbenamnya Matahari

Momen ketika sang surya sedang tergelincir memang menjadi salah satu waktu yang ditunggu-tunggu para turis yang hadir ke sana. Peristiwa alam sehari-hari tersebut akan membuat penampakan di sana menjadi luar biasa indahnya. Hal ini akan membuat takjub masyarakat yang sedang berlibur menghabiskan waktunya.

Bentuk pantainya yang landai membuat wisatawan yang hadir bisa melihat dengan jelas dan leluasa matahari. Sang surya sedang memancarkan semburat cahaya ke seluruh penjuru langit sehingga berwarna seperti kuning jingga agak kemerah-merahan.

Dengan suasana tersebut, pengunjung bisa dengan bebas hadir untuk menikmati waktu yang sedang berjalan. Terdapat banyak tempat seperti pondok untuk tempat beristirahat dan juga santai sejenak semua wisatawan yang hadir.

5. Pulau Pisang Ketek

Pada tepat bagian seberang Pantai Air Manis, ada sebuah daratan kecil yang ditumbuhi oleh berbagai vegetasi alam sehingga menjadikannya berwarna hijau. Pulau mini itu terpaut setengah kilometer dari bibir pantai.

Untuk menjangkaunya, pengunjung tidak perlu bantuan alat ataupun moda transportasi air. Wisatawan bisa secara langsung mengunjunginya dengan berjalan kaki menyusuri lautan yang dangkal. Akan tetapi, pada malam hari terjadi pasang air laut sehingga harus memakai perahu jika hendak singgah ke pulau dengan sebutan pisang kecil tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Alamat Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps (Aditya Karnawiredja)

Pantai tersebut berada di bagian barat pesisir tanah Andalas, tepatnya di Provinsi Sumatra Barat. Keberadaannya jika dari jantung Ibukota provinsi tersebut yakni berjarak kurang lebih sepuluh kilometer. Destinasi wisata tersebut ada di bagian belakang sebuah gunung yang bernama sama seperti kotanya.

Karena tempat tersebut tidak terlalu jauh dari keramaian Kota Padang, maka tidak perlu repot-repot ketika hendak menjangkaunya. Pengunjung yang hendak ke sana bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menyewa mobil ataupun bus. Selain itu, ada juga transportasi publik yang menyediakan rute menuju ke sana.

Pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan dengan jalur Lubuk Buaya hingga Pasar Raya. Setelah itu, melanjutkan hingga melewati daerah atas kota. Untuk melewatinya, maka perlu melewati salah satu jalan raya yang ada di sana, yaitu Teluk Bayur. Setibanya di persimpangan, maka tinggal lurus untuk sampai di lokasi Pantai Air Manis.

Jika ingin mengunjungi pantai yang ada di kawasan Sumatra bagian utara tersebut, maka tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Pihak pengelola ataupun otoritas setempat memang tidak mematok harga khusus untuk dapat dengan bebas menikmati waktu dan tempat di sana. Akan tetapi, hanya beberapa biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

Diantaranya yaitu tarif parkir untuk kendaraan pribadi di sana. Jika memakai motor atau kendaraan roda dua, maka biaya yang wajib untuk dibayarkan adalah sebesar Rp 2.000 saja. sedangkan jika hendak memakai kendaraan roda empat yang kecil seperti halnya mobil, maka pemerintah membayar Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Air Manis

Aktivitas di Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps (Andhorid Id)

1. Berjalan Menyusuri Pantai

Dengan bentuknya yang melandai dan mempunyai pasir pantai yang cukup lembut, destinasi wisata Pantai Air Manis cukup cocok menjadi salah satu tempat untuk menjernihkan ulang pikiran. Pengunjung bisa berjalan menelusuri setiap detail area-area di sana.

Hal ini menjadi salah satu hal yang bisa saja dilakukan oleh siapapun yang datang ke sana. Pasalnya, dengan garis pantai yang memanjang, tempat ini menjanjikan untuk dinikmati bagi mereka yang menyukai sebuah petualangan.

2. Berfoto Mengabadikan Momen

Memotret pemandangan sekitar merupakan salah satu hal yang harus dilakukan di sana. Banyak hal bisa menjadi latar belakang yang pas untuk foto yang diambil. Selain itu, beberapa diantaranya juga merupakan objek yang cocok untuk mendukung potret gambar yang hendak diambil.

Tidak hanya menampilkan panorama yang luar biasa indahnya, di sana juga terdapat sebuah batuan karang yang membentuk seperti seseorang yang sedang menyembah. Ya, itulah patung yang dipercaya merupakan bukti dari kisah Malin Kundang. Ini merupakan salah satu objek yang cocok untuk mendukung hasil jepretan kamera manakala berkunjung ke sana.

Pada sisi keindahan alamnya, pantai ini juga menawarkan pesonanya yang tak kalah apiknya dengan tempat-tempat lainnya. Pemandangan alam bisa menjadi latar belakang yang pas bagi wisatawan yang hendak berfoto mengabadikan momen di tempat tersebut.

Aktivitas Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps (Aditya Karnawiredja)

3. Bermain ATV

Terdapat penyewaan salah satu kendaraan wisata yang seru ini di Pantai Air Manis. Tarif untuk menikmati ATV di sana yaitu berkisar kurang lebih Rp 100.000 untuk setiap jamnya. Hal ini akan sangat mendukung bagi siapa saja yang hendak menjelajahi area wisata tersebut dengan sesuatu yang berbeda.

4. Menikmati Terbit dan Terbenamnya Sang Mentari

Objek wisata pantai memang selalu menampilkan keanggunan matahari saat sedang proses persiapan untuk mulai menyinari bumi, hingga akan selesai melakukannya. Tak terkecuali di pantai tersebut. Di sana pengunjung bisa menikmati fenomena ketika matahari hendak muncul untuk menyinari seluruh permukaan bumi. Fenomena alam tersebut bisa dilihat pada pagi hari.

Keadaan alamnya yang terbuka memang membuat hal ini tidaklah sesuatu yang sulit terjadi. Oleh karena itu, pengunjung perlu melakukan persiapan terlebih dahulu agar dapat menikmati kejadian ini. Namun, alternatif lain yang seringkali menjadi favorit wisatawan adalah ketika matahari tenggelam. Hal tersebut akan menampilkan semburat cahaya indah yang menghiasi cakrawala.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Air Manis

Penginapan Pantai Air Manis
Image Credit: Agoda.com

1. Air Manis Hillside Bungalow

Berada tidak jauh dari lokasi wisata tersebut, penginapan ini dapat disewa dengan biaya kurang dari Rp 400.000. Tamu yang datang pun juga mendapatkan beragam fasilitas seperti restoran, wifi, serta lahan parkir yang cukup.

2. Budget Hotel By The Harbour

Bertempat di lokasi yang cukup dekat dengan pantai, harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh dari penginapan sebelumnya. Tamu yang hendak menginap juga bisa merasakan fasilitas seperti AC, wifi, tempat parkir dan lain sebagainya.

3. Mercure Padang

Penginapan ini terpaut lebih dari lima kilometer dari lokasi wisata. Tempat kelas menengah tersebut akan memberikan berbagai sarana kepada tamu yang ingin bermalam. Diantaranya yaitu kolam renang, jaringan wifi, restoran, dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Air Manis Padang

Fasilitas Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps (Aidan Moeliono)

Melakukan kunjungan di sana untuk menghabiskan waktu liburan tidaklah sesuatu yang akan membuat rugi wisatawan. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu bilik-bilik toilet, tempat untuk beristirahat, kawasan pantai untuk bermain-main, serta lain sebagainya.

Pantai Air Manis yang sarat akan nilai budaya ini memang menjadi salah satu ikon Kota Padang. Lebih dari itu, ini juga menjadi representasi akan nilai yang dianut dalam masyarakat melayu dan meluas menjadi seluruh daerah di nusantara. Melakukan liburan di sana akan membuat suatu pengalaman tak terlupakan karena keindahan alam serta patung Malin Kundang yang berada di salah satu sisinya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending