Pantai Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Padang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Padang atau juga dikenal dengan sebutan Taplau adalah objek wisata bahari yang populer di Kota Padang. Pantai cantik ini memiliki pemandangan yang indah, ombak yang cocok untuk berselancar dan berbagai spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Padang memiliki budaya Minang dan masakan kuliner yang populer. Selain destinasi tersebut tersebut, Padang juga memiliki beberapa pantai yang indah dan cukup terkenal. Salah satu pantainya yaitu Pantai Padang.

Panti Padang semakin cantik dan indah saat ini. Dimana pemerintah sekitar mulai menata dan membersihkan lokasi pantai. Pedagang-pedagang pun dibuatkan tempat khusus supaya terlihat bersih dan rapi. Para pedagang diberikan tempat sampah. Selain itu fasilitas umum mulai dibuat dan diperbaiki.

Pantai Padang didesain dengan konsep yang modern. Nuansa wisata pantai sangat indah dan memanjakan mata. Kawasan pantai dipenuhi dengan banyak wahana bermain untuk anak-anak. Pantai ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga dan sangat aman untuk anak-anak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Padang

Daya Tarik Pantai Padang
Image Credit: Instagram.com @icamandagallery

1. Sunset Cantik di Ufuk Barat Pantai Padang

Selain keindahan pantai, lokasi ini sangat strategis untuk menyaksikan matahari terbenam. Saat cuaca cerah, Anda akan menyaksikan gradasi warna dari langit jingga yang kemerahan serta paduan dari warna air laut biru yang indah.

Masyarakat sekitar selalu berdatangan ke pantai saat senja menjemput. Keindahan sunset yang menawarkan keindahan itu selalu menjadi saat-saat yang paling mengesankan. Selain itu sunset di Padang ini juga menjadi kebanggaan bagi pemuda dan pemudi di Kota Padang.

2. Pantai yang Mempesona

Lokasi pantai yang berada tepat di pinggir pantai menjadi daya tarik utama keberadaan pantai tersebut. Area pantai yang bersih, tertata rapi dan indah. Pantai ini sangat dirawat dengan baik. Beberapa wisatawan terlihat ada yang berjemur, berenang dan berselancar di area Pantai.

Deburan ombak yang menghantam kaki-kaki saat berjalan di pinggir pantai menjadi momen yang asik. Pasir pantai yang lembut dan air pantai jernih menjadikan Pantai Padang juga selalu diserbu saat waktu liburan. Dimana para pengunjung melakukan banyak kegiatan seru di lokasi yang mempesona tersebut.

BACA:  Pantai Carolina Padang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Banyak Spot Foto

Di sekitar pantai terdapat banyak spot foto yang menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke lokasi. Ada monumen IORA dan monumen Patung Merpati. Monumen-monumen ini dijadikan sebagai spot berfoto yang ramai.

Spot berfoto yang paling populer adalah monumen yang ada di pinggir pantai dan bertuliskan Kota Padang. Tempat ini selalu menjadi buruan lokasi berfoto bersama atau berselfie bagi para wisatawan yang datang.

Selain itu, di dekat monumen disediakan taman bermain untuk anak-anak. Ada wahana bermain untuk melengkapi kebahagiaan anak-anak.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Padang

Harga Tiket Pantai Padang
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai pasir putih ini terletak tepat di pusat kota Padang. Dimana lokasi tepatnya berada di Kota Padang, kecamatan Padang Barat, di Jalan Muara, Berok Nipah. Untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Padang ini cukup mudah.

Anda hanya perlu 30 menit saja untuk sampai ke lokasi wisata ini dari bandara Internasional. Dengan jarak 23 km Anda bisa mengikuti jalan raya dan petunjuk arah menuju ke kota. Setelah sampai di pusat kota, Ada akan lebih mudah untuk sampai.

Jika tidak ingin tersesat, Anda bisa berangkat dengan menggunakan transportasi umum. Karena akses menuju pantai sangat mudah, maka transportasi umum sudah bisa digunakan untuk pergi menuju Pantai itu.

Harga tiket masuk ke Pantai Padang tidak akan membuat Anda rugi. Dengan harga tiket yang murah tersebut Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan tenang.

Setiap orang hanya dikenakan tarif Rp 5.000 saja untuk dapat menikmati fasilitas dan pesona keindahan alam yang tersaji di pantai ini. Untuk tiket parkir hanya Rp 2.000 saja jika menggunakan sepeda motor. Untuk parkir mobil dan roda empat hanya Rp 3.000. Sedangkan untuk parkir Bus hanya dikenakan tarif Rp 5.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Padang

Aktivitas di Pantai Padang
Image Credit: Google Maps (Aji Sukmo)

1. Berkeliling Pantai

Berkeliling di sekitar pantai atau jogging saat sore hari adalah kegiatan favorit masyarakat sekitar pantai. Masyarakat atau pemuda di sekitar pantai akan meramaikan lokasi wisata ini saat sore hari. Selain untuk menikmati sunset, menghirup udara segar di pinggir pantai juga dapat menjadi penenang pikiran untuk sejenak.

Trotoar yang telah diperbaiki oleh pemerintah dapat dimanfaatkan sebagai tempat jogging atau bersepeda sore sambil menikmati angin pantai. Trotoar ini kini telah rapi, bersih, lebar dan sangat bagus untuk berjalan-jalan di pinggir pantai.

Menurut beberapa ahli berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menghirup udara yang segar dan sejuk dapat membantu merileksasikan pikiran yang sempat kusut. Selain itu jalan-jalan dan berkeliling di sekitar pantai juga dapat membantu menenangkan hati.

2. Wisata Kuliner

Padang memang terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menjadi nomor satu. Di setiap tempat wisata, kuliner padang tidak pernah ketinggalan untuk disajikan, begitu pula di Pantai Padang ini.

BACA:  Pantai Boom Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Di pinggir pantai ada beberapa warung berjejer yang menyediakan makanan khas Padang. Anda bisa menikmati dua kenikmatan dalam satu waktu, menyaksikan keindahan alam pantai dan merasakan lezatnya makanan khas Padang.

Menu makanan yang disediakan di warung ini yaitu beberapa makanan khas Padang, ada jagung bakar, sate, ikan, seafood dan makanan lainnya. Selain itu Anda bisa meminta untuk diolahkan ikan segar hasil tangkapan dari nelayan saat para nelayan naik ke darat.

Ikan segar yang baru saja ditangkap memiliki aroma yang lezat dan harum. Ikan-ikan laut tersebut tidak perlu diolah dengan bumbu yang banyak, cukup dibakar maka akan menghasilkan rasa yang sangat gurih dan nikmat.

3. Menyaksikan Festival Siti Nurbaya

Bibir Pantai Padang yang luas, bersih dan lembut sering dijadikan sebagai tempat melaksanakan acara festival Siti Nurbaya. Festival ini diadakan setiap tahun oleh pemerintah setempat.

Pelestarian seni dan budaya daerah dari melaksanakan festival ini menjadi salah satu daya tarik untuk kedatangan wisatawan. Acara festival tersebut dilaksanakan salah satunya di kawasan pantai pasir putih ini.

Dimana areanya yang luas dan pas untuk bisa melaksanakan dan menyaksikan festival. Event ini dilaksanakan supaya para pemuda dan pemudai mengetahui kisah dari Siti Nurbaya. Selain itu, acara ini juga bermanfaat untuk melestarikan tradisi dan budaya Minang.

Aktivitas Seru di Pantai Padang
Image Credit: Facebook.com @humaskotapadang

4. Tour de Singkarak

Di pinggir pantai terdapat jalan beraspal panjang yang sering digunakan untuk balap sepeda oleh wisatawan dan peserta dari berbagai asal. Jalan mulus itu membuat para pesepeda nyaman dan aman saat bersepeda.

Jalan-jalan atau jogging di pinggir pantai adalah satu dari sekian banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai tersebut. Selain itu Anda dapat bersepeda dengan menikmati suasana yang sejuk dan adem dan membuat Anda betah bersama keluarga.

5. Bermain Layang-Layang

Anak-anak di sekitar kawasan pantai banyak yang datang untuk bermain layang-layang di pinggir pantai. Bermain layang-layang ini dilakukan saat siang hari, dimana saat angin pantai berhembus dengan kencang.

Usai bermain layang-layang, anak-anak tersebut akan bermain bola atau bermain air. Mandi dan berendam di pantai setelah bermain akan terasa sangat sejuk dan segar.

Saat ahir pekan banyak anak-anak yang datang untuk menghabiskan waktunya bermain di sekitar pantai ini. Adanya penduduk sekitar kawasan menambah ramai pantai saat hari libur tiba.

6. Bermain Air

Dengan keindahan pantai dan pasir yang lembut, Pantai Padang sering dijadikan tempat berselancar bagi para perenang. Ombak pantai yang cukup besar menjadi lokasi terfavorit bagi pecinta selancar.

Anda juga bisa mandi dan berenang di bagian pinggir pantai. Anda harus berhati-hati saat berenang karena ada beberapa waktu dimana ombak akan menghantam dengan keras ke pinggir.

BACA:  Pulau Mandeh Pesisir Selatan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Namun Anda tidak perlu khawatir, lokasi Pantai Padang telah dipersiapkan dengan petugas keamanan dan petugas kesehatan. Petugas-petugas tersebut akan selalu sigap membantu kapan pun dibutuhkan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Padang

Penginapan Murah Pantai Padang
Image Credit: Traveloka.com

1. Mercure Padang

Jarak penginapan dengan lokasi wisata Pantai Padang hanya 479 meter. Anda bisa pergi ke panti dengan menggunakan sepeda atau sambil jogging saat pagi hari. Anda juga bisa sambil berjalan-jalan santai saat pagi atau malam hari menuju Kawasan pantai.

Penginapan mewah ini membutuhkan budget sekitar Rp 658.000 per malam. Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas dan bermalam di kamar hotel indah itu. Fasilitas hotel yang diberikan cukup lengkap, termasuk spa, ada tempat fitness, ada sauna, ada Bar, ada restaurant dan aula khusus untuk meeting bersama rekan kerja.

2. Asokatama Residence Syariah

Hotel Syariah tersebut berada di Padang Barat. Jarak antara penginapan tersebut dan kawasan pantai yaitu 934 meter saja. Cukup dekat untuk dapat didatangi dengan bersepeda. Anda juga bisa berjalan kaki atau lari sambil orah raga pagi menuju ke lokasi pantai.

Anda hanya perlu menghabiskan budget sejumlah Rp 122.000 saja untuk bisa berlindung dari dinginnya malam di penginapan tersebut. Fasilitas di penginapan ini memberikan Anda kolam renang outdoor, area parkir, restaurant dan fasilitas lainnya.

3. Kyriad Hotel Bumi Minang

Hotel ini hanya berjarak 1.79 km dari lokasi wisata Pantai Padang. Hanya dengan Rp 425.000 Anda bisa beristirahat dengan tenang di hotel cantik itu. Anda dapat menikmati banyak fasilitas lengkap di hotel tersebut.

Fasilitas yang selalu menjadi pertimbangan seseorang memilih penginapan yaitu adanya sarapan. Di hotel ini menyediakan sarapan enak dan lezat untuk Anda.

Meski cukup dekat dari pantai, Anda bisa menikmati fasilitas antar dan jemput menuju tempat wisata di hotel tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Padang

Fasilitas di Pantai Padang
Image Credit: Google Maps (Viknesh Victor)

Fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah di sekitar kawasan wisata Pantai Padang tersebut adalah area parkir yang luas, jalan aspal untuk bersepeda dan jogging. Ada toilet, tempat istirahat dan warung-warung yang menyediakan banyak makanan khas Padang.

Beberapa fasilitas yang ada tersebut kini sudah mulai diperbaiki. Seperti contoh, area parkir kini semakin diperlebar dan diperluas. Selain itu banyak fasilitas yang kini semakin indah dan bagus.

Ulasan Pantai Padang tidak akan selesai sampai Anda datang langsung ke lokasi wisata yang menakjubkan itu. Pantai pasir putih ini menjadi lokasi berlibur yang selalu ramai didatangi pengunjung sampai saat ini. Jangan sampai nama pantai ini terlewatkan dari daftar liburan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending