Pantai Tirang Semarang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tirang Semarang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tirang salah satu wisata bahari favorit di Semarang, tepatnya berada di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani. Spot terbaik untuk kagiatan mancing dan menyaksikan sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kota Semarang adalah salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Tengah yang tidak bisa dilewatkan. Beragam destinasi wisata dengan panorama mempesona di Kota Semarang yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu Destinasi wisata yang kamu bisa jumpai di Semarang adalah wisata Pantai Tirang.

Pantai ini letaknya cukup strategis karena berada diantara ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani dan perumahan Graha Padma. Letaknya juga cukup dekat dengan Pantai Maron. Disamping itu, dulunya pantai ini adalah sebuah pulau yang bernama Pulau Tirang, yakni sebuah pulau yang kaya akan flora dan fauna.

Pantai Tirang memiliki beragam daya tarik tersendiri yang dapat memikat pengunjung. Beberapa diantaranya adalah Sunset yang indah dan banyaknya ikan di sana dengan harga tiket masuk yang murah. Meskipun akses ke tempat ini lumayan sulit, tetapi masih bisa di jangkau oleh roda empat. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel ini sampai habis ya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tirang

Daya Tarik Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps (Maykel Roy)

1. Sunset yang Cantik dan Panorama Pesawat Lepas Landas

Pantai Tirang memberikan keindahan yang sangat cantik layaknya pantai-pantai lainnya. Apalagi penampakan keindahan sunsetnya yang membuat pengunjung terkesan dan terpukau saat menikmati senjanya. Di pantai ini, para wisatawan juga bisa melihat pesawat yang mau lepas landas yang membuat pemandangannya tampak lebih indah.

2. Pemancingan yang Menyenangkan

Pantai ini juga menjadi tempat wisata memancing yang sangat seru. Area pantai tersebut menghasilkan banyak sekali ikan, terutama pada garis pantainya. Wisatawan juga bisa melihat tambak milik warga yang berderet-deret. Sehingga cocok untuk kamu yang hobi memancing.

BACA:  Pantai Randusanga Indah Brebes - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai yang juga populer sebagai pantai yang mempunyai tempat memancing yang strategis untuk pengunjung sendiri. Beberapa jenis ikan dapat di jumpai di pantai tersebut, misalnya adalah ikan putih atau di sebut juga ikan Baramundi, dan juga ikan dokan yang digemari oleh warga setempat.

3. Berbagai Spot Foto yang Menarik

Ada banyak sekali spot foto yang menarik di pantai Tirang ini. Sehingga banyak gambar yang bagus untuk menghiasi galeri ponselmu. Atau bahkan sosial mediamu.

Jika kamu datang pada sore hari, maka kamu akan melihat sunset yang sangat indah. Fenomena matahari tenggelam tersebut akan sangat cantik jika dibarengi pemandangan pesawat lepas landas. Pada saat itulah sangat tepat untuk mengambil potret diri dengan latar belakang sunset dan pesawat tersebut.

Daya Tarik Pantai Tirang Semarang
Image Credit: Google Maps (Zaien Aji Trahutomo)

4. Pasir Pantai yang Lembut

Pantai satu ini memiliki pasir pantai yang lembut dan tak ada bebatuan. Sehingga pengunjung dapat berjalan di sepanjang garis pantai menikmati ombak yang tenang. Saat berjalan menyusuri pantai pengunjung ditampakkan dengan aktivitas penduduk setempat yang sedang mengurus tambak miliknya.

Sangat disayangkan sekali pantai ini masih kurang terawat. Hal ini bisa jadi aksesnya yang masih sulit dan juga ada banyak sisa sampah mangrove di sepanjang pantai.

5. Mangrove

Pantai ini memiliki berbagai jenis keindahan yang dapat kamu nikmati. Ke eksotisan dari pantai yang paling indah di Semarang tersebut, membuat para pengunjung sangat terpukau akan kecantiknya. Salah satunya adalah pohon mangrove yang tumbuh di sekitar area Pantai Tirang.

6. Trumbu Karang yang Indah dan Ombak yang Menggulung

Para wisatawan juga bisa menikmati bervariasi keindahan dari banyaknya jenis terumbu karang yang hidup di sekitar wilayah pantai.

Selain hal di atas luas pantai yang mencapai 240,70 hektar ini populer dengan keindahan pantainya yang membuat wisatawan terpukau saat memandang ombak yang menggulung. Ombak di pantai tersebut tidak terlalu besar dan sangat cocok untuk kamu yang suka bermain air dan berenang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tirang

Lokasi Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps (Wahyu Asyari Muntoha)

Pantai menawan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di desa Tugurejo, kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tempat ini nampak indah dan dapat memberikan suasana yang berbeda dengan kegiatan kita setiap harinya.

BACA:  6 Wisata Pantai di Kendal yang Paling Hits

Untuk menuju ke lokasi Pantai Tirang, pengunjung dapat memulainya dari bandara udara Ahmad Yani. Kemudian, melewati jalan Pantura yang setelahnya terus menuju ke arah Jalan Pantura Semarang-Kendal. selanjutnya pergi ke arah Jalan Siliwangi yang akan melalui Jalan Hanuman Raya, terakhir langsung pergi ke Kecamatan Tugurejo yaitu lokasi wisata pantai ini berada.

Rute lainnya, apabila kamu dari Bundaran Kalibanteng, terus saja ambil jalan lurus sampai menemui Kantor Samsat Online. Kemudian, terus mengambil jalan lurus hingga menjumpai sebuah perumahan bernama Graha Padma. Setelah melewati area perumahan itu, maka selanjutnya kamu akan menjumpai sungai dan tambak ikan milik penduduk.

Pantai tersebut hanya bisa dimasuki oleh roda dua sehingga untuk pengunjung yang mengendarai mobil, kendaraan roda empat tersebut bisa diparkirkan di area parkir yang berada di dekat pintu masuk, kemudian untuk pergi ke pantainya, maka pengunjung harus jalan kaki kira-kira 200 meter. Hal tersebut disebabkan aksesnya sangat sulit.

Harga tiket masuk tempat ini cukup terjangkau oleh semua kalangan. Untuk masuk ke area pantai dengan banyaknya ikan di garis pantai Tirang, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk biaya parkirnya juga membayar sebesar Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik yang Dilakukan di Pantai Tirang

Aktivitas di Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps (Dae Syifanna Agashi)

1. Memancing

Pantai Tirang mempunyai beberapa area wisata yang bisa kamu nikmati. Nah, salah satunya adalah memancing. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing tempat ini sangat cocok. Selain memancing, ada pula hal lainnya yang bisa dilakukan. Berbagai macam ikan yang ada di garis pantai menjadikan para pemancing tidak sulit dalam mendapatkan ikan.

Adapula aneka jenis ikan yang bisa kamu pancing di tempat tersebut. Misalnya ikan ikedokan, blanak, rusah-rusah, sembilan, ikan kakap putih dan mujahir. Namun, di tempat ini pula pengunjung dilarang memancing udang dan ikan bandeng, sebab kedua jenis binatang laut itu sudah ditanam pembibitan.

2. Menikmati Indahnya Sunset dari Tepi Pantai

Pengunjung juga dapat menikmati pesona sunset dari pantai yang populer akan keindahannya ini. Sangat tepat sekali bila kamu datang saat cuacanya sedang cerah-cerahnya supaya bisa melihat pesona matahari terbenam dari bibir pantai.

Panorama matahari terbenam pun akan terlihat lebih sempurna sebab adanya landasan pacu pesawat yang ada di dekat pantai. Sehingga, pengunjung dapat melihat pesawat yang lewat di atas pantai.

BACA:  Pantai Pink Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Menikmati Indahnya Pemandangan Laut

Air laut yang relatif jernih juga merupakan kelebihan dari pantai Tirang. Selain itu, banyak hal yang dapat kamu lakukan jika berada di pantai ini. Sebab akses jalannya yang relatif sulit, membuat pantai tersebut pengunjungnya relatif sepi.

4. Menikmati Pemandangan Deretan Tambak

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk dibuat area pertambakan. Memang benar, warga setempat juga memiliki tambak yang berderet-deret di sana. Indah sekali saat wisatawan jalan-jalan sore sambil melihat indahnya tambak.

Tidak hanya itu, ombak yang tenang juga bisa dibuat untuk bermain air dan berenang di sekitaran pantai. Pastinya akan membuatmu ketagihan untuk kembali berlibur ke pantai ini lagi.

5. Berfoto Ria

Banyak tempat foto yang bagus di pantai tirang ini. Seperti sunset dilengkapi pesawat lepas landas, pohon mangrove, dan pantai yang tenang. Sehingga kamu bisa puas berfoto di sana. Apalagi tempat ini relatif sepi pengunjung, sebab akses jalannya yang sulit.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tirang Semarang

Fasilitas Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps (Wahyu Asyari Muntoha)

Pantai Tirang memiliki banyak sekali fasilitas yang menunjang kebutuhan para wisatawan. Mulai dari area parkir yang luas, mushola, toilet umum, hingga penginapan. Selain itu adapun berbagai spot foto yang menarik dan bakal menghiasi sosial mediamu.

Jika kamu hobi memancing, maka pantai ini lokasi yang cocok untuk menghabiskan waktumu dengan memancing. Sehingga jangan sampai tertinggal ya, alat memancing dan umpannya.

Tersedia banyak penginapan di dekat pantai ini. Tiga diantaranya adalah Front one in hotel, Tugu Indah Hotel, dan Redoorz dekat bandara Ahmad Yani. Meskipun relatif mahal ketiga hotel tersebut memiliki fasilitas yang memadai seperti wifi, AC, TV, restoran, dan layanan kebersihan. Untuk jaraknya ke Pantai Tirang sendiri sekitar 3 km saja.

Selain itu, fasilitas yang paling penting adalah ke ramahan penduduk asli daerah Tugurejo. Sebab keramahan tersebutlah yang membuat berlibur menjadi lebih nyaman dan aman. Para penduduk tersebut tidak hanya ramah kepada wisatawan lokal tetapi juga kepada wisatawan asing.

Berlibur ke Pantai Tirang, sangat seru sekali. Pemandangan yang indah penuh menghiasi pantai berombak tenang itu. Jika ke Jawa Tengah, khususnya kota Semarang Pantai ini sangat cocok untuk kamu berlibur, terutama saat libur panjang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending