Pantai Baruna Semarang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Baruna Semarang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Maron Semarang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Baruna salah satu wisata pantai yang unik di Semarang yang layak dijelajahi. Pantai ini menyuguhkan pemandangan padang rumput di tepi pantai dan tugu bersejarah.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06:00-19:00, Alamat: Pantai Baruna, Kec. Tanjung Bringin, Kab. Semarang Utara, Jawa tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Baruna Semarang adalah pantai yang viewnya dihiasi dengan padang ilalang dan batu-batuan kecil. Pantai ibi mirip sekali dengan suasana pantai di Eropa. Tempat yang memiliki tanjakan curam tersebut sangat romantis. Pantai yang dipenuhi padang ilalang hijau itu menjadi lokasi favorit setiap pasangan.

Udara pantai yang sepoi-sepoi ditambah dengan angin segar dari padang ilalang hijau menjadi suasana menjadi segar dan sejuk. Di Pantai Baruna ini, Anda tidak akan menemukan hamparan pasir pantai. Namun dari garis pantai air laut langsung berdempetan dengan lokasi perbukitan tempat tumbuh padang ilalang.

Pantai yang dipenuhi ilalang dan menghadap ke laut Jawa ini memiliki bebatuan unik berbentuk segitiga di bibir pantai. Bebatuan ini menjadi perbatasan antara air laut dengan darat. Selain bebatuan cantik tersebut, di Baruna Anda akan menemukan banyak spot foto. Persiapkan kamera dan memori hp Anda untuk menampung foto nantinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baruna

Daya Tarik Pantai Baruna
Image Credit: Google Maps (al aziz photography)

1. Keindahan Pantai

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya secara umum. Pantainya yang indah dengan semilir angin yang membuat pikiran jernih. Jika tidak ingin bermain air dan jalan-jalan, Anda bisa menikmati keindahan pantai. Air ombak yang tenang dengan semilir angin yang sejuk membuat Anda nyaman berada di pantai ini.

Kawasan Baruna cukup sepi dengan view yang mempesona. Sesekali Anda akan menemukan hewan-hewan liar berkeliaran di sekitar pantai indah ini. Sehingga Baruna semakin hari semakin menarik bagi wisatawan. Daya tarik yang ada di pantai ini sukses menarik pengunjung untuk datang berduyun-duyun ke Pantai Baruna Semarang.

BACA:  Pantai Sembukan Wonogiri - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Di bibir pantai tidak ada pasir lembut yang dapat memanjakan kaki Anda. Namun keindahan pantai dengan batu pemecah ombak yang berderet membuat lokasi ini semakin menakjubkan. Tempat ini juga dijadikan lokasi berfoto yang banyak beredar di sosial media.

2. Pemandangan Bak Skotlandia

Hamparan ilalang dan padang bunga di lokasi Baruna menjadi daya tarik unik. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Skotlandia untuk pemandangan indah yang sama di Semarang.

Padang ilalang yang dihiasi dengan keberadaan beberapa bunga liar dapat menjadi lokasi yang romantis. Bagi Anda yang mencari lokasi untuk menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi untuk menulis, tempat ini adalah tujuannya.

Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan melihat bentangan ilalang dengan beberapa pohon yang menyelangi. Baruna dipenuhi dengan vegetasi berupa pohon kecil maupun pohon tinggi.

Di hamparan padang ruput ilalang, banyak pengunjung yang duduk di pinggiran sampai sore menjelang. Keindahan pantai yang dihiasi padang ilalang ini menjadi lokasi menunggu sunset yang perfect. Sunset yang terlihat dengan view laut dan padang ilalang akan terlihat sangat keren. Gunakan kamera yang bagus untuk mendapatkan foto yang bagus pula.

Daya Tarik Pantai Baruna Semarang
Image Credit: Google Maps (Kharis Rosyiddin)

3. Tugu Peringatan Jepang

Pantai Baruna Semarang ternyata memiliki lokasi bersejarah. Di tengah padang ilalang terdapat sebuah tugu yang diberikan nama monumen ketenangan jiwa. Tugu tersebut dibuat oleh pemerintah Jepang pada zaman penjajahan.

Dimana adanya monumen ini merupakan sebuah peringatan. Peringatan ini ditujukan kepada tentara Jepang yang sudah meninggal di pertempuran. Pemerintah Jepang kemudian membangun tugu peringatan tersebut di lokasi Pantai Baruna. Keberadaan Monumen ini menjadi salah satu pemikat pengunjung ke lokasi pantai.

Menurut beberapa cerita dari masyarakat, pembuatan tugu ini memiliki arah yang keberadaannya dibuat sengaja berjajaran dengan letak Tokyo Jepang. Garis lurus tersebut dapat terbaca dari arti tulisan Kanji yang ada di Tugu. Dimana tulisan kanji tersebut memiliki arti mengarah ke Utara.

Menurut banyak pendapat, pembuatan tugu itu memiliki makna yang tersirat. Pembuatan Tugu monumen disejajarkan satu garis dengan lokasi Tokyo Jepang. Hal ini supaya para tentara yang mati di lokasi ini dapat kembali dengan tenang ke Jepang.

Tugu bersejarah yang dibuat 14 Oktober 1945 tersebut semakin hari semakin tergerus waktu. Selain itu, tugu ini juga pernah direndam banjir dan adanya rob air laut. Pemerintah setempat kemudian memperbaiki keadaan tugu peringatan itu dan diresmikan kembali oleh Wali Kota Semarang pada tahun 14 Oktober 1998.

BACA:  Pantai Watu Karung Pacitan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

4. Objek Wisata Lain

Pantai Baruna memiliki tempat yang strategis. Dimana keberadaan pantai ini berdekatan dengan keberadaan Pantai Marina. Anda hanya perlu berjalan beberapa meter untuk sampai ke objek wisata lainnya.

Adanya lokasi ini menjadi daya tarik bagi traveler yang suka menjelajahi banyak tempat wisata. Selain keindahannya, Anda juga dapat menikmati Pantai Marina dalam satu perjalanan.

Selain pantai marina, di sekitar objek wisata ini juga terdapat Pantai Cipta. Untuk sampai ke lokasi Pantai Cipta ini Anda hanya perlu berjalan beberapa meter saja dari lokasi pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Baruna

Alamat Lokasi Pantai Baruna
Image Credit: Google Maps (alin)

Pantai Baruna Semarang terletak di Jawa tengah, Semarang, Semarang Utara. Lokasi tepatnya yaitu di Pelabuhan Mas, Tanjung Beringin, Tanjung Mas. Letak pantai indah ini yaitu di Baruna, Semarang di dekat Pantai Marina di sisi bagian Timur.

Jika ingin berkunjung ke pantai unik di Semarang ini, Anda bisa mengendarai mobil, sepeda motor maupun kendaraan publik. Perjalanan dari Semarang atau bisa juga dari Simpang Lima. Anda bisa mengambil jalur Mt Haryono, ikuti jalur lurus sampai ke lokasi Bundaran Babakan.

Arahkan kendaraan Anda menuju jalan Ronggo Warsito. Ketika menemukan perempatan dengan lampu merah, ikuti jalan lurus sampai membawa Anda ke area pelabuhan Semarang.

Jalan masuk menuju Pantai Baruna itu adalah sebuah jalan yang cukup susah dilalui pada musim-musim tertentu. Saat musim panas, jalan ini akan kering dan berdebu. Saat musim hujan jalan ini akan becek seperti melalui jalan berlumpur.

Pantai ini dapat Anda kunjungi kapanpun. Lokasi tempat wisata ini tidak memiliki jam buka. Bisa Anda akses sesuka hati. Pengunjung yang masuk ke lokasi wisata umumnya memberikan tarif masuk seikhlasnya. Dimana ada pengunjung yang memberikan bayaran Rp 3.000 atau Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Baruna

Aktivitas di Pantai Baruna
Image Credit: Google Maps (Badroe Zaman)

1. Hunting Foto

Pecinta selfi saat tiba di lokasi Baruna akan langsung mencari spot foto yang unik. Padang ilalang yang luas ini dapat menjadi lokasi berfoto ria. Jika ingin melakukan sesi foto preweding juga sangat cocok di lokasi pantai Baruna.

Selain view hamparan padang ilalang di lokasi ini juga memberikan pemandangan laut biru yang indah dan cantik.

Terdapat bebatuan kecil di pinggir pantai yang menjadi salah satu tempat berfoto cantik. Si sekitar padang ilalang juga terdapat beberapa pohon yang dijadikan lokasi berfoto yang keren. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk mengabadikan foto bersama pasangan.

BACA:  Pantai Tirang Semarang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Memancing

Para pengunjung yang hobi memancing juga turut ramai meramaikan Pantai Baruna. Ikan-ikan yang berkeliaran di perairan Baruna tidak hanya mengundang pemancing, namun memanggil para nelayan untuk turun menangkap ikan. Kegiatan ini menjadikan lokasi wisata ini selalu tampak ramai.

Perahu-perahu kecil para nelayan di pinggir pantai berjejer dengan rapi. Para pemancing juga banyak yang ikut menumpang di kapal nelayan. Para pemancing turut memancing bersama nelayan di tengah laut.

Penginapan Murah Terdekat dengan Lokasi Pantai

Penginapan Pantai Baruna
Image Credit: Agoda.com

1. Narra Hotel Semarang

Jarak Pantai Baruna dengan hotel Narra adalah 1.5 km. Anda bisa menghabiskan malam di penginapan ini dengan Rp 143.000 saja. Selain dekat dengan pantai, penginapan Narra Hotel Semarang juga dekat dengan Bandara.

Fasilitas yang utama yaitu adanya sarapan yang disediakan. Selain itu lokasi Narra hotel juga dekat dengan tempa wisata lainnya di Semarang.

2. Hotel Marina Air Port Semarang

Lokasi penginapan Marina berjarak sekitar 2,1 km dari Pantai Baruna. Anda bisa bermalam dengan tarif Rp 121.000 di hotel cantik Marina. Hotel murah meriah ini memberikan banyak fasilitas untuk Anda.

Hotel Marina memberikan banyak fasilitas umum dan fasilitas kamar yang lengkap. Layanan untuk Anda juga tersedia 24 jam saat Anda membutuhkan.

3. Smart Budget Hotel

Penginapan ini berjarak 1,6 km dari Baruna. Hanya butuh Rp 140.000 saja untuk bisa beristirahat di hotel tersebut. Penginapan Smart sangat nyaman untuk menghilangkan lelah dan penat.

Fasilitas berupa antar jemput di lokasi titik Anda berada. Ada free wifi dan fasilitas umum, fasilitas untuk pribadi yang lengkap. Selain itu ada layanan yang siap melayani Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Baruna Semarang

Fasilitas di Pantai Baruna Semarang
Image Credit: Google Maps (Yanuar Ary Wibowo)

Baruna belum dikelola dengan sempurna oleh pemerintah setempat. Sehingga lokasi wisata ini belum memiliki fasilitas yang banyak dan tidak memadai. Di Pantai ini hanya ada tempat parkir, sementara sarana umum yang lain belum tersedia. Meski begitu, Anda tetap patut mengekplor keindahan pantai ini.

Itulah sekilas cerita tentang Pantai Baruna yang selalu menjadi buruan para pelancong. Selain indah, keberadaannya yang sangat strategis. Pantai Baruna merupakan tempat wisata yang sangat digemari dan memiliki banyak lokasi wisata lain di sekitarnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending