15 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya Paling Hits

15 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya Paling Hits

Apa Saja Tempat Menarik di Semarang? Periksa Daftar Wisata Pantai Terbaik di Semarang dan sekitarnya. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan.

Berlibur di pantai menjadi salah satu metode yang paling pas untuk melepas lelah. Berjalan dengan kaki telanjang di pasir putih yang lembut seakan memberikan energi yang positif ke dalam tubuh. Selain itu, mendengar suara riuhnya ombak juga akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Semarang dan ingin berlibur ke pantai, Anda dapat memilih rekomendasi terbaik Pesisir.net. Pantai di Semarang menjadi wisata yang bisa untuk Anda kunjungi di kala penat. Di kota Semarang dan sekitarnya Anda bisa menemukan pantai dengan panorama yang beragam, pastinya akan membuat liburan semakin berkesan.

1. Pantai Cipta

Pantai Cipta
Image Credit: Dolandolen.com

Terletak di belakang Terminal Peti Kemas, maka Anda bisa mengunjungi pantai yang tersembunyi ini saat berada di Semarang Utara. Meskipun jalur untuk menempuh Pantai Cipta masih belum bagus dan memadai, namun ternyata banyak pelancong yang rela untuk mengunjunginya. Hal ini tentu saja dikarenakan keindahan alam yang dihadirkannya.

Pantai yang berwarna coklat dan air lautnya yang biru akan membuat Anda betah untuk berlama lama melamun dan menikmati bentang alam yang indah ini. Suasana yang tenang dan sepi pun bisa Anda rasakan ketika berada disini. Untuk Anda yang suka berfoto, membawa kamera adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan. Pasalnya, ketika matahari tenggelam maka Anda akan bisa mendapatkan panorama oranye yang begitu luar biasa.

Lokasi: Jl. Kw. Cipta III, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

2. Pantai Baruna

Pantai Baruna
Image Credit: Instagram.com @alkimi_on

Masih berada di kawasan Semarang Utara, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menikmati indahnya Pantai Baruna. Destinasi wisata satu ini merupakan tergolong pantai baru yang bisa untuk Anda kunjungi. Berada di bekas tempat rekreasi yang sudah tidak terpakai lagi membuat pantai ini seakan bangkit kembali dengan keindahan yang ditawarkannya.

Alam yang begitu mempesona dapat Anda nikmati saat berada disini. Pasalnya, Anda akan disuguhkan pantai dengan ilalang indah yang berjejer. Tak hanya itu saja, deburan ombak akan terlihat sangat indah ketika terhempas di bebatuan yang ada di tepi pantai. Namun, akses menuju pantai masih cukup terjal dan bahkan licin ketika musim hujan tiba. Akan tetapi, tak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahan dari pantai ini.

Lokasi: Pelabuhan Emas, Desa Tanjung, Kec. Beringin, Kab. Semarang.

3. Pantai Marina

Pantai Marina
Image Credit: Initempatwisata.com

Pantai Marina digadang gadang sebagai salah satu pantai Andalan yang bisa Anda jumpai ketika berada di Semarang. Menjadi salah satu pantai yang kondang, membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Ditambah lagi dengan lokasi yang mudah dijangkau, maka tak heran pantai ini cukup populer di kalangan turis. Meskipun berada di pinggir laut yang terik, namun Pantai Marina merupakan salah satu pantai yang sejuk.

Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan banyak pohon rindang yang berjejer di lokasi pantai ini. Ada banyak kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan disini, mulai dari bermain air bersama kerabat dan keluarga hingga berolahraga. Menjadi salah satu ikon dari kota Semarang, membuat Anda wajib untuk mengunjungi pantai ini ketika sedang berlibur di ibukota Jawa Tengah.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawangsari, Kab. Semarang.

4. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Investor.id

Berada tak jauh dari kota Semarang, Anda pun juga tak boleh menyempatkan untuk singgah sejenak untuk melihat indahnya Pantai Bandengan. Anda bisa menemukannya di kota Jepara, sehingga ketika Anda ingin mengunjunginya pun tak terlalu jauh. Keunggulan yang ditawarkan dari pantai satu ini adalah kebersihannya. Sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama lama di tempat wisata ini.

Selain itu, apabila Anda kebetulan ingin mengajak keluarga untuk liburan ke tempat ini, maka Anda pun bisa untuk berenang di pantai ini. Pasalnya, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain air di pinggir pantai yang tenang ini. Dengan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan wisatawan ingin berlibur di destinasi satu ini.

Lokasi: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

5. Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan
Image Credit: Wikimapia.org

Memiliki panorama yang memukau dan air laut yang biru menjadikan pantai ini wajib masuk ke daftar untuk tempat berlibur. Memiliki laut lepas dan juga pemandangan alam yang tak bisa dilukiskan dengan kata kata saking indahnya, akan membuat Anda tertarik untuk singgah sejenak di destinasi satu ini. Disini, Anda akan menemukan banyak pohon cemara yang akan memiliki keunikan tersendiri ketika waktu surut.

Meskipun tak berlokasi tepat di kota Semarang, namun pantai yang ada di Kabupaten Kendal ini dapat menjadi destinasi bagi Anda yang bosan mengunjungi pantai yang itu itu saja. Untuk mencapai lokasi ini, memang harus sedikit ada perjuangan karena sepanjang perjalanan Anda akan menempuh perjalanan yang tidak memadai. Namun, ketika sampai di sini maka rasa lelah akan terbayarkan dengan indahnya panorama alam yang diusungnya.

Lokasi: Jl. Laut, Tegalan, Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kab. Kendal.

6. Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang
Image Credit: Ihategreenjello.com

Tak jauh dari pusat kota Semarang, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Karangmalang ketika berada disini. Pantai satu ini memang belum populer dan lokasi menuju pantai masih belum didukung dengan infrastruktur yang belum memadai. Akan tetapi, hal tersebut tak membuat pelancong abai akan wisata satu ini. Ketika sampai Anda akan disuguhkan dengan pantai yang dipenuhi dengan tanaman ketela. Sehingga keunikan dan kondisi alam yang masih asri akan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kab. Kendal.

7. Pantai Moro

Pantai Moro
Image Credit: Google Maps (bra M)

Semarang memiliki pantai lain yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja. Pantai Moro menjadi destinasi selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki akses yang sangat indah apabila dilihat dari atas. Akan tetapi, akses untuk bisa sampai ke tempat tersebut cukup menantang, ditambah dengan infrastruktur yang belum memadai akan membuat Anda harus memiliki kondisi fisik yang kuat.

Lokasi: Gubugsari, Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal.

8. Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal
Image Credit: Masyog.com

Sesuai dengan namanya, pantai satu ini memang menjadi salah satu tempat yang bercahaya di kala siang. Teriknya mentari akan membuat Anda bisa menikmati liburan di pantai yang eksotis. Ditambah dengan adanya batu batuan yang berada di pinggir pantai, membuat Anda bisa bersantai dengan cukup nyaman. Memiliki ombak yang cukup tenang, membuat Anda bisa bermain air di pinggir pantai dikala akhir pekan.

Pantai Cahaya Kendal merupakan salah satu destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Hal ini dikarenakan Anda tak hanya akan disuguhkan dengan panorama alamnya saja. Melainkan, ada pula kolam renang, kebun binatang mini hingga pertunjukkan lumba lumba yang bisa Anda nikmati saat berkunjung kesini. Bahkan Anda juga bisa untuk mencoba berbagai wisata kuliner ketika berwisata di pantai satu ini.

Lokasi: Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal.

9. Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum Kendal
Image Credit: Instagram.com @achmad_noer_cholis

Pantai Ngebum Kendal menjadi salah satu wisata pantai yang bisa untuk Anda kunjungi selanjutnya. Memiliki panorama yang memukau membuat Anda pastinya tertarik untuk berkunjung ke tempat satu ini. Memiliki ombak yang cukup tinggi dan keras membuat Anda perlu berhati hati ketika ingin bermain di pinggir pantai. Namun tak perlu khawatir tak bisa bermain.

Pasalnya, Anda bisa untuk melihat berbagai kegiatan penduduk lokal ketika berada di lokasi satu ini. Memiliki letak yang dekat dengan dermaga, maka kamu pun bisa berkunjung untuk mendapatkan pemandangan yang indah saat berada di lokasi ini. Bahkan harga tiket masuk untuk mengunjungi pantai ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga Anda akan bisa menikmati panorama yang indah ini setiap hari.

Lokasi: Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal.

10. Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak
Image Credit: Wikipedia.org

Berlanjut ke Jepara, kota yang dekat dengan Semarang ini juga memiliki wisata pantai yang tak bisa untuk Anda tolak. Salah satunya adalah Pantai Empu Rancak yang akan membuat Anda terpukau. Daya tarik utama dari pantai ini adalah kebersihannya. Selain itu, wisatawan juga akan bisa untuk menikmati hasil laut yang segar saat berada disini. Sehingga, selain disuguhi pemandangan yang apik, Anda pun akan dibuat terpukau dengan makanannya.

Lokasi: Desa Karang Gondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

11. Pantai Morosari Sayung Demak

Pantai Morosari Sayung Demak
Image Credit: Iklantravel.com

Pantai satu ini cukup mudah diakses dari Semarang karena letaknya yang berdekatan dengan jalan raya. Tak hanya memiliki panorama yang memukau, hutan mangrove yang berada di area pantai pun juga akan menjadi daya tarik tersendiri yang akan disukai oleh pengunjung. Bahkan saat berada disini Anda pun nantinya bisa menikmati restoran terapung dan berbagai fasilitas lain yang menunjang liburan Anda.

Lokasi: Morosari, Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

12. Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen
Image Credit: Wisatasenibudaya.com

Keindahan dan latar belakang bukit yang hijau menjadi daya tarik tersendiri saat Anda berwisata ke tempat satu ini. Memiliki bibir pantai dengan pasir yang berwarna kecoklatan akan membuat Anda bisa bermain bola voli maupun berlarian ketika berada disini. Menikmati pemandangan laut yang mempesona juga bisa dengan mudah untuk Anda nikmati saat berkunjung ke destinasi satu ini.

Hal menarik lainnya yang bisa untuk Anda temukan disini adalah adanya bangkai pesawat boeing 737 yang dimiliki oleh Garuda Indonesia. Pada lokasi tersebut, maka Anda akan bisa mengunjungi teater yang juga lengkap dengan Wahana Dirgantara Suwuk. Tentu saja lokasi tersebut akan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga.

Lokasi: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

13. Pantai Maron

Pantai Maron
Image Credit: Anekawisataseru.net

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Semarang adalah Pantai Maron. Bagi Anda yang berada di luar kota dan ingin berwisata pantai yang ada di ibukota Jawa Tengah, maka pantai ini dapat menjadi rujukan Anda. Memiliki akses yang mudah untuk dijangkau menjadi salah satu keunggulan dari destinasi satu ini. Ketika berkunjung di akhir pekan, maka Anda pun siap siap untuk merasakan ramainya pantai Maron yang indah ini.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang.

14. Pantai Tirang Menco Wedung

Pantai Tirang Menco Wedung
Image Credit: Anekawisataseru.net

Memiliki akses yang tidak mudah, membuat Anda akan tertantang untuk berkunjung ke pantai yang ada di Demak. Pasalnya, Anda harus menaiki perahu dan melewati pemandangan hutan bakau terlebih dahulu ketika ingin menuju ke pantai ini. Namun, Anda pun nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Air lautnya yang berwarna biru akan menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa untuk Anda hiraukan.

Lokasi: Menco, Berahan Wetan, Kec. Wedung, Kab. Demak.

15. Pantai Jodo Batang

Pantai Jodo Batang
Image Credit: Instagram @oonk_anwar

Pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri, pasalnya, Anda akan melihat rel kereta api yang berada di garis pantai. Memiliki ombak yang cukup tenang, membuat Anda bisa merasakan suasana romantis ketika mengunjunginya bersama pasangan. Tak hanya itu saja, fasilitas yang tersedia pun cukup memadai sehingga Anda akan bisa berlibur dengan sangat nyaman ketika berada disini.

Lokasi: Jl. Sidorejo, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kab. Batang.

Itulah beberapa wisata pantai terindah yang ada di Semarang dan sekitarnya. Dengan mengunjungi pantai tersebut dapat menjadi salah satu sarana yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Ditambah lagi ketika Anda berlibur bersama dengan orang yang terkasih. Tentu saja akan menghadirkan pengalaman yang sangat menggembirakan. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen yang indah di wisata bahari ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending