10 Wisata Pantai di Sibolga yang Cantik & Hits

10 Wisata Pantai di Sibolga yang Cantik & Hits

Sibolga merupakan sebuah kotamadya di bilangan Provinsi Sumatra Utara. Keberadaannya cukup menarik bagi kalangan wisatawan, terutama karena memiliki pesona pantai yang indah. Kota Sibolga berada di antara lereng, gunung, dan pantai. Saat berkunjung ke sini, Anda bisa menemukan berbagai macam destinasi menawan.

Kota cantik ini menggabungkan beberapa pulau dalam satu wilayah administratif, di antaranya Pulau Sarudik, Pulau Poncang Ketek, Pulau Poncang Gadang, serta Pulau Panjang. Perlu diingat, pastikan untuk senantiasa mengenakan tabir surya saat berada di kawasan ini mengingat kondisi cuaca terbilang terik.

Biasanya, temperatur udara berkisar antara 21,6o C. sampai 32o C. Namun, itu tidak akan mengurangi keseruan jalan-jalan Anda. Apalagi, Sibolga mempunyai daftar pantai eksotis yang layak dikunjungi. Dari pepohonan hijau yang menyejukkan mata hingga hamparan pasir putih eksotis, semuanya siap menyambut kedatangan Anda.

1. Pulau Poncang Gadang

Pulau Poncang Gadang
Image Credit: Google Maps Nyana bhadra

Terletak di Kecamatan Sibolga Kota, persisnya di wilayah Pasar Belakang, tidak terlalu sulit untuk mencapai pulau menawan ini. Memiliki ukuran yang cukup besar, wisatawan akan dipuaskan dengan berbagai macam aktivitas penjelajahan.

Di sini, Anda akan mendapati aneka pohon tropis yang membuat cuaca cenderung lebih segar meski sedang terik. Banyak pohon kelapa yang tumbuh di sekitarnya. Bahkan, itu telah menjadi komoditas tersendiri di mana penduduk lokal menjualnya kepada para pengunjung.

Dengan kata lain, Anda punya kesempatan menikmati suasana khas daerah tropis ditemani buah kelapa hijau yang menyegarkan kerongkongan. Tidak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas resort bagi wisatawan yang hendak bermalam. Apalagi, pelayanannya ramah serta bermutu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ps. Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

2. Pantai Sibolga Kota Ikan

Pantai Sibolga Kota Ikan
Image Credit: Google Maps randhi prima

Sibolga Kota Ikan termasuk salah satu deretan pantai yang mempunyai banyak peminat karena dinilai menarik dan estetis. Berada di daerah Kota Beringin, kehadiran Anda akan disambut oleh hamparan laut berwarna kebiruan. Sayangnya, pemandangan itu sedikit rusak karena banyak sampah yang dibuang sebarangan.

Adapun fasilitas yang disediakan pihak pengelola meliputi warung makan di tepi laut, area parkir, kamar mandi, dan musala. Anda dapat menikmati sajian kuliner sambil menyusuri bibir pantai atau sekadar melihat-lihat keindahan laut lepas.

Sebagai informasi, jika ingin membeli makanan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kisaran harganya. Betapa tidak, sering kali ada pedagang curang yang memanfaatkan momen tersebut. Jangan sampai Anda membayar terlalu mahal untuk kuliner yang tidak seberapa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

3. Pulau Bangke

Pulau Bangke
Image Credit: Facebook Tommi El Pasisi

Tampaknya Anda akan betah berlama-lama di Pulau Bangke karena pemandangan sungguh sangat indah. Airnya jernih dan banyak terumbu karang di bawah lautan. Pulau Bangke ini merupakan bagian dari Pulau Poncang. Namun, itu hanya dapat disaksikan saat air laut sedang surut.

Inilah yang membuat banyak wisatawan berkunjung. Didasari oleh fenomena langka di mana sebuah pulau mungil akan muncul ketika sedang air pasang. Apalagi, dari segi lanskap memang tidak mengecewakan. Dari pepohonan hijau, bebatuan berwarna gelap, hingga pekarangan estetis, semuanya layak untuk diabadikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Loasi
Alamat: Pulau Bangke, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

4. Pantai Pelabuhan Lama Sibolga

Image Credit: Google Maps Iwan Rahady

Cobalah kunjungi daerah Jalan Com. Yos Sudarso di Kota Beringin dan temukan Pantai Pelabuhan Lama yang memesona. Sesuai namanya, Anda akan mendapati sebuah pelabuhan berusia tua dan tampak usang.

Meski begitu, pemerintah setempat senantiasa berusaha melakukan perawatan agar tidak tampak kumuh sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Apa yang unik dari pantai tua ini? Adalah potensi ikannya yang sudah terkenal bahkan hingga ke luar kota.

Dikenal sebagai kampung nelayan, wisatawan bisa puas menikmati sajian kuliner laut selama berlibur. Ditemani semilir angin serta lanskap yang cantik, Anda tidak akan sadar telah menghabiskan banyak waktu di Pantai Pelabuhan Lama.

Mulai dari hamparan pasir lembut berwarna putih hingga laut biru yang tampak di ujung pandangan. Apa pun itu, pastikan Anda mampir ke sini jika sedang berada di Kota Sibolga. Beberapa aktivitas yang patut dicoba seperti menyelam, bermain pasir, berburu foto, mencari kuliner, atau bahkan sekadar duduk di ujung pelabuhan sambil melihat ombak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Com.Yos Sudarso, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

5. Pulau Sarudik

Pulau Sarudik
Image Credit: Twitter ג’ון אקו

Pulau Sarudik berada di wilayah administratif Kecamatan Sibolga Sambas. Daya tarik utamanya terletak pada bebatuan bernuansa gelap yang berada di antara tumbuhan tropis.

Jika semasa kecil Anda pernah membuat lukisan pulau mungil dengan banyak pohon kelapa serta laut berwarna biru tua, kurang lebih begitulah gambaran Pulau Sarudik. Pantai cantik ini kerap kali digunakan sebagai tujuan destinasi pasangan pengantin baru. Oleh karena itu, fasilitasnya terbilang cukup lengkap.

Beberapa aktivitas yang bisa dicoba antara lain mengelilingi pulau, menunggu momen matahari terbenam atau terbit, juga bermain air. Jangan lewatkan kesempatan eksplorasi sepuas-puasnya saat Anda berlibur ke sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pancuran Pinang, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

6. Pulau Poncan Ketek

Pulau Poncan Ketek
Image Credit: Google Maps Wahyu Set1

Ketek berarti kecil dalam bahasa daerah setempat, yang merepresentasikan ukuran pulau cantik ini. Wisatawan punya kesempatan mengelilingi seluruh wilayah Pulau Poncan Ketek melewati jalur laut. Pasalnya, tersedia perahu yang disewakan oleh penduduk sekitar, jadi sayang jika dilewatkan begitu saja.

Meski ukurannya kecil, tetapi pesona pantainya mampu menarik hati. Menawarkan lanskap pasir putih bertekstur halus, sangat cocok untuk dijadikan area berjalan-jalan tanpa mengenakan alas kaki.

Belum lagi, adanya aneka tanaman tropis yang turut menghijaukan suasana. Mulai dari pohon cemara, pohon bakau, hingga pohon kelapa, itu semua dapat Anda jadikan sarana beristirahat setelah lelah beraktivitas. Cukup mudah menemukan wisatawan yang sedang menggelar tikar di bawah pohon-pohon tersebut.

Pantai eksotis ini semakin bertambah daya tariknya karena ada perbukitan yang mengelilingi lautan. Kawasan perairan tampak berwarna biru mudah seolah bersaing dengan langit pukul 9 pagi. Bagi Anda yang sangat suka berfoto di mana pun, tempat ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Beberapa aktivitas yang disarankan antara lain mengelilingi pulau, menyusuri bibir pantai, piknik, dan masih banyak lagi. Jangan sampai melewatkan kesempatan memanjakan diri, nikmati waktu liburan, dan barangkali, sedikit jeda dari padatnya aktivitas harian.

Tidak jarang, sejumlah wisatawan juga memilih untuk berbaring di atas pasir sambil memandangi langit. Tentu, aktivitas semacam itu aman dilakukan saat matahari tidak terlalu terik. Pastikan diri senantiasa memakai tabir surya dan bahkan kacamata hitam jika memungkinkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Poncan, Ps. Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

7. Pulau Putri

Pulau Putri
Image Credit: Google Maps Simon Boyke Sinaga

Berbanding terbalik dengan Pulau Poncan Ketek, wilayah cantik ini justru bisa dibilang padat penduduk. Berada di wilayah administratif Kota Sibolga, cara untuk mengaksesnya amat mudah.

Konstruksi sosial di pantai eksotis ini menjadikan nelayan sebagai sumber mata pencaharian utama. Itu artinya, Anda bisa membeli ikan dan menikmati sajian kuliner laut dengan bebas. Bahkan, bukan hanya menangkap ikan, penduduk setempat juga membudidayakan rumput laut, memproduksi garam, dan sebangsanya.

Gunakan peluang tersebut untuk lebih dekat dengan budaya masyarakat setempat. Dengan kata lain, tidak hanya mengedepankan wisata bahari, Anda pun bisa mempelajari salah satu kebiasaan komunitas kecil di Sumatera Utara.

Pemandangan seperti penduduk yang sedang menyulam jala, memperbaiki kapal, hingga menjemur rumput laut, adalah hal biasa untuk ditemukan. Umumnya, penduduk setempat juga senang berkeliling wilayah dan menyapa wisatawan.

Di sisi lain, tentu keindahan pantainya memang memesona. Apalagi, Pulau Putri memiliki garis pantai yang panjang dan hamparan pasir luas. Kegiatan sejenis voli mungkin untuk dilakukan di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

8. Pantai Indah Kalangan

Pantai Indah Kalangan
Image Credit: Google Maps Ramadan Syahrul Nasution

Letaknya terbilang jauh dari pusat Kota, tetapi pantai indah ini lumayan populer. Meski membutuhkan perjalanan panjang yang mungkin sedikit melelahkan, tetapi pemandangannya dijamin akan memberikan balasan setimpal atas usaha Anda.

Dimulai dengan perjalanan di pusat kota, di mana lanskap sisi kiri dan kanan menyajikan pesona alam memikat. Pepohonan hijau dan bukit-bukit di kejauhan, semuanya siap menyambut Anda. Terutama ketika melintasi sebuah jembatan yang menampilkan lanskap Kota Sibolga dari ketinggian.

Untuk pantainya sendiri, wisatawan akan mendapati hamparan pasir putih yang luas, bersih, dan halus ketika dipijak. Bahkan, itu akan tampak berkilau saat ditimpa oleh sinar matahari langsung. Secara umum, Anda bisa merasakan suasana syahdu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hajoran, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

9. Pulau Poncang

Pulau Poncang
Image Credit: Google Maps Nuansa Indah Tour

Keunikan utama di Pulau Poncang adalah keberadaan sejumlah gua bekas peninggalan kolonial Jepang. Ini sering kali menjadi daya tarik utama yang mengundang wisatawan dari berbagai kalangan.

Dari segi pemandangan, tentu juga tidak akan mengecewakan. Perpaduan hamparan laut biru dan pasir putih, gulungan ombak, serta hijaunya pepohonan membawa kepuasan tersendiri bagi para pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ps. Belakang, Sibolga Kota, Kec. Kota Sibolga, Sumatera Utara.

10. Pantai Pandan

Pantai Pandan
Image Credit: Google Maps Sahidin Pandapotan Lubis

Pantai Pandang terus mengalami peningkatan fasilitas dan pelayanan dari waktu ke waktu. Itu karena berhasil meraih popularitas di kalangan wisatawan dengan lanskap yang menjanjikan kenyamanan.

Anda bisa menyelam dengan senang selama berada di pantai ternama ini karena pihak pengelola menyediakan sewa peralatan snorkelling dan pelampung. Selain itu, jangan lupa pula untuk memanjakan diri melalui aneka sajian kuliner menggoda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sisimangaraja Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Deretan pantai hits di Sibolga meski memiliki kesamaan lanskap, tetapi masing-masing mampu menawarkan keunikan. Paling tidak, wilayah ini bisa menjadi rujukan liburan pada akhir pekan atau akhir tahun.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending