Pantai Watu Karung Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Watu Karung Pacitan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Watu Karung, wisata bahari terkenal di Pacitan disebut mirip Raja Ampat Papua. Pantai eksotis dengan hamparan pasir putih, air jernih dan spot sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pada akhir tahun biasanya menjadi waktu yang paling tepat untuk berlibur. Baik itu bersama keluarga, pasangan, dan sahabat. Pesona alam yang ada di Indonesia seolah tidak ada habisnya jika terus dibahas. Salah satu yang menjadi sorotan publik karena estetika kecantikannya adalah Pantai Watu Karung Pacitan.

Bahkan sangking tenarnya untuk saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini semakin banyak saja dan tidak hanya orang asli pribumi saja melainkan turis asing. Pantai satu ini juga dikenal dengan nama Raja Ampatnya Jawa Timur. Tentu bisa dibayangkan keseruan Anda jika menjadikannya sebagai lokasi berlibur.

Pantai Watu Karung Pacitan memang destinasi wisata yang sangat ramai akan keindahan panoramanya. Oleh karenanya Anda tidak boleh ketinggalan dengan yang lain untuk segera berlibur kesana. Namun sebelum kegiatan tersebut terlaksana alangkah baiknya jika Anda membaca beberapa ulasan yang ada di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Karung

Daya Tarik Pantai Watu Karung
Image Credit: Twitter.com @gathaconchita

1. Perbukitan Karang

Di Pantai Watu Karung Pacitan mempunyai daya tarik tersendiri yang akan membuat mata Anda tersihir dan tidak akan berpaling. Perbukitan karang di sekeliling laut atau kurang lebih berjarak kisaran 150-300 meter dari garis bibir pantai merupakan fenomena alam yang menjadi primadona dari tempat ini.

Meskipun tidak bisa mendekatinya namun pancaran keindahan yang bisa dinikmati dari kejauhan akan memberikan kesan berbeda untuk semua pengunjungnya. Oleh karena tak sedikit dari wisatawan yang datang jauh-jauh ke Pacitan hanya untuk melihat bentuk dari bukit ini.

Selain itu tepat di sisi kanan dan kiri pantai juga terdapat perbukitan batu yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk menyaksikan pesona sekitar destinasi wisata ini dari atas ketinggian. Meskipun aksesnya cukup terjal namun hamparan khas pantai yang luas akan tampak secara keseluruhan dan itu merupakan momen yang langka.

BACA:  Pantai Gemah Tulungagung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Panorama Alam yang Menakjubkan

Seperti yang dimiliki oleh tempat lain dimana Pantai Watu Karung juga tak kalah cantik karena mempunyai panorama alam yang menakjubkan. Adanya pepohonan rindang dengan lingkungan yang masih asri akan membuat Anda semakin menikmati waktu liburan tersebut.

Ditambah lagi jika Anda berada disana tepat ketika menjelang malam hari, maka sunrise akan terlihat jelas dari bibir pantai. Tentu kesempatan ini tidak boleh sampai terlewatkan mengingat tak semua orang bisa merasakan bagaimana menyaksikan secara langsung tenggelamnya matahari dengan suasana romantis di pantai.

3. Ombak yang Cukup Besar

Pantai cantik di Pacitan juga terkenal memiliki ombak yang cukup besar, namun tidak membahayakan karena potensi menyeret orang sangat kecil. Oleh karena itulah gelombang ini bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain surfing. Namun bagi Anda yang tak bernyali besar silahkan coba permainan lain.

Seperti halnya diving atau menyelam. Selain memperoleh kepuasan dan keseruan, Anda juga dapat belajar tentang kehidupan bawah laut yang sangat indah itu. Terlebih Anda pun akan berinteraksi dengan anemone-anemon laut, ikan, terumbu karang, dan lain sebagainya.

Daya Tarik dari Pantai Watu Karung
Image Credit: Instagram.com @watukarung_guesthouse

4. Jernihnya Air Laut Nan Biru

Kejernihan air laut nan biru juga menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Pantai Watu Karung. Kapan lagi bisa merasakan sentuhan air laut yang seperti ini jika tidak berkunjung ke lokasinya secara langsung. Dengan adanya kelebihan inilah yang membuat tempat satu ini banyak digilai oleh masyarakat.

Rasanya sekali Anda menyentuh air lautnya maka perasaan tenang pasti akan sangat terasa. Apalagi ketika air surut maka akan banyak hewan dan tumbuhan berukuran mini yang tampak hidup di tengah-tengah bebatuan. Sungguh Anda harus mengabadikannya supaya menjadi kenangan yang tetap tersimpan.

5. Hamparan Pasir Putih yang Lembut

Hamparan pasir putih yang lembut dan luas juga seringkali menyita perhatian para pengunjung. Bagaimana tidak dengan leluasa wisatawan bisa bermain-main di permukaannya tanpa harus merasa kurang nyaman karena ada bebatuan kecil yang menusuk kaki.

Bahkan sekalipun Anda mau rebahan sambil berjemur ala bule juga tidak apa-apa. Biasanya para pengunjung akan bersantai dengan alas pasir sambil bernyanyi-nyanyi, mengubur diri, ataupun hal lainnya yang tentunya sangat menyenangkan. Ditambah semilir angin seolah menjadi pelengkap suasana yang syahdu.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Watu Karung

Harga Tiket Pantai Watu Karung
Image Credit: Google Maps (Alwan Muhtarom)

Wisata bahari ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat kota jaraknya sekitar 27 km dan tentunya bisa diakses dengan mudah memakai kendaraan pribadi baik yang beroda dua maupun empat.

Bagi para pengunjung yang datang dari wilayah Jawa Barat maka dapat melewati jalur Gunung Kidul kemudian masuk ke jalan pintas ke daerah Sedeng agar tidak terlalu memakan waktu untuk sampai ke Kota Pacitan. Kemudian dari sana Anda dapat mengikuti semua petunjuk yang ada karena di setiap titik jalan sudah ada papan-papannya.

BACA:  Pulau Bawean Gresik - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Akan tetapi setelah sampai di kawasan Pringkuku Anda harus berhati-hati karena tanjakannya cukup ekstrem. Setelah sampai di jalan ini kurang sedikit lagi Anda akan sampai di lokasinya. Bisa dikatakan untuk tingkat kemacetan menyesuaikan dengan hari dan kondisi sekitar.

Pantai Watu Karung termasuk ke dalam golongan tempat wisata yang terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Oleh karenanya agar bisa masuk dan menikmati suguhan pemandangan alamnya Anda harus mempersiapkan uang untuk membayar biaya tiket masuknya.

Dimana setiap orangnya hanya dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja dan tiket motor Rp 2.000 sedangkan mobil atau bus Rp 5.000. Jika dibandingkan dengan kelengkapan yang ada maka harga ini tidaklah seberapa bagi para pengunjungnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Karung

Aktivitas di Pantai Watu Karung
Image Credit: Okezone.com

1. Memancing

Memancing merupakan kegiatan berburu ikan menggunakan kail dan umpan yang dilakukan di tengah laut. Tingkat ketegangan akan sangat Anda rasakan mengingat tarikan ikan yang tersangkut pastinya sangat kuat karena ukurannya besar.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencobanya maka ada perahu-perahu nelayan yang siap mengantarkan dan menemani perburuan di tengah samudera. Biasanya nelayan juga akan memberitahukan spot yang banyak ikannya, sehingga Anda pun pasti tidak akan pulang dengan tangan kosong.

2. Berselancar

Ombak di Pantai Karung Pacitan memang terkenal besar dan menantang untuk ditaklukan. Oleh karenanya banyak dari wisatawan asing maupun lokal yang berselancar di tengah gulungan air yang tingginya bisa mencapai 5 meter. Akan tetapi perlunya modal mental yang kuat harus Anda kantongi sebelum mencobanya.

3. Menyelam

Menyelam juga menjadi aktivitas menarik yang wajib untuk Anda jajal. Tak hanya kesegaran air laut saja yang akan merasuk dalam tubuh, namun biota laut yang seolah mengajak interaksi Anda juga dapat memberikan pengalaman berharga tak terlupakan.

4. Berkemah

Biasanya wisatawan tidak hanya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air lautnya saja. Melainkan juga berkemah yang tentunya akan memperoleh sensasi berbeda karena suasana lingkungannya di pinggir laut. Di saat malam hari Anda bisa menyalakan api unggun guna meramaikan suasana.

5. Berjemur

Pasir putih yang sangat luas dan tekstur lembut membuat wisatawan tidak tahan untuk menjadikannya sebagai kasur di siang hari. Teriknya matahari yang dilengkapi dengan udara sejuk dapat membuat proses berjemur Anda berjalan dengan lancar. Namun, jangan lupa pakai kacamata hitam supaya tidak silau di indra penglihatan.

6. Berfoto

Beberapa tempat yang memiliki pemandangan indah jangan sampai lupa untuk di potret. Anda dapat menggunakan kamera supaya memperoleh hasil jepretan yang memuaskan. Selain itu Anda pun harus mengabadikan momen diri sendiri supaya mendapatkan oleh-oleh gambar dengan background yang menarik.

BACA:  Pantai Pondok Bali Subang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Watu Karung

Penginapan di Pantai Watu Karung
Image Credit: Google Maps (Candra Rosaputra)

1. Pasir Putih Homestay

Tak ingin berkemah namun mencari penginapan yang murah, maka cobalah untuk mendatangi Pasir Putih Homestay. Lokasinya ada di Watukarung dan hanya butuh waktu 1 menit saja untuk sampai di destinasi wisatanya. Sedangkan persoalan harga satu malamnya yakni Rp 300.000 dengan fasilitas yang terbilang lengkap.

2. Sack Stone Homestay

Dengan harga per malamnya kisaran Rp 125.000-Rp 250.000 membuat Sack Stone Homestay menjadi tempat bermalam yang cocok untuk Anda. Terasnya yang luas berhadapan langsung dengan luasnya lautan. Sehingga sekali Anda keluar kamar maka pemandangan pantai akan memanjakan mata.

3. Santoso Homestay

Santoso Homestay merupakan penginapan yang juga sangat dekat dengan pantai. Tarif per malamnya cukup mahal yakni Rp 440.000 ke atas. Akan tetapi perihal fasilitasnya memang sangat memadai sehingga membuat Anda dan pengunjung lainnya nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Karung

Fasilitas di Pantai Watu Karung
Image Credit: Google Maps (Alwi Rizal)

1. Spot Camping

Menjadi salah satu pantai yang sering digunakan wisatawan untuk berkemah maka pihak pengelola sudah menyiapkan spot camping yang sangat luas. Dengan begitu Anda pun dengan tenang bisa mendirikan tenda tanpa harus takut air laut membawa peralatan kemah.

2. Peralatan Surving dan Diving

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan menantang surving dan diving bisa dicoba saat berada di Pantai Karung Pacitan. Meskipun tidak memiliki perlengkapannya secara pribadi namun tenang karena di lokasi sudah disediakan oleh pihak pengelolanya. Jadi Anda cukup menyewanya.

3. Gazebo atau Saung

Gazebo atau Saung menjadi tempat ternyaman ketika Anda ingin bersantai. Apalagi sambil ngemil dan menikmati suasana pantai yang menyejukkan hati. Pastinya hati akan bahagia dan fikiran kembali segar. Di beberapa titik pantai telah dibangun tempat-tempat tersebut sehingga Anda dapat memilih salah satunya untuk ditempati.

4. Tempat Makan

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke pantai namun tidak menikmati hidangannya. Apalagi kesegaran buah kelapa yang baru saja di petik dari pohonnya. Pantai Karung Pacitan memiliki spot penyedia makanan yang bisa Anda jelajahi dan rasakan kenikmatan rasanya.

Bahkan Anda tidak perlu takut kantong bolong karena setiap kuliner yang ada disana dijual dengan harga yang murah meriah. Dengan begitu Anda pun dapat mencicipi semua olahannya.

Demikianlah ulasang dari Pantai Watu Karung di Pacitan yang akan memberikan referensi bagi Anda. Setidaknya meskipun rencana berlibur masih ada di jauh hari namun persiapan dapat dimulai dari sekarang. Dengan begitu ketika hari H Anda sudah siap dan tidak kekurangan apapun untuk pergi berlibur ke pantai cantik dan eksotis hasil kekayaan alam tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending