Pantai Cahaya Kendal – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Cahaya Kendal - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Cahaya salah satu wisata bahari populer di Kendal yang menarik untuk dikunjungi. Pantai berpasir yang menawarkan beragam aktivitas menarik, seperti pertunjukan lumba-lumba, kebun binatang mini dan kolam renang.

Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jawa Tengah dengan kearifan lokal budaya mistis dan alam yang asri menjadi satu perpaduan daya tarik wisata yang tiada duanya. Daerah sekitarnya terkenal dengan keberadaan bagian laut dari pantai selatan. Salah satu dari beberapa lokasi yang dimaksud adalah Pantai Cahaya Kendal.

Bagi Anda yang berasal dari Semarang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama wisata ini. Pantai yang cantik dan mempesona ini memang sayang untuk Anda lewatkan ketika berada di sekitar kabupaten Kendal.

Keberadaannya yang menawarkan beberapa fasilitas dan juga daya tarik berbeda dengan wilayah perairan lainnya, tentu menjadi satu keunggulannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa ulasan Pantai Cahaya yang bisa dijadikan referensi sebelum berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cahaya Kendal

Image Credit: Twitter.com @elshinta_smg

1. Memiliki Mini Zoo

Pernah lihat mini zoo di kawasan pantai? jika tidak ini akan menjadi pengalaman pertama Anda menyaksikan wahana tersebut. Unik sekali bukan? mungkin malah tidak terfikirkan sama sekali di benak Anda. Inilah daya tarik utama yang dimiliki pantai yang berlokasi di Kabupaten Kendal ini. keberadaannya menjadi satu konsep wisata bahari yang berbeda dari lainnya.

Di sana Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam keberadaan fauna alam liar seperti burung kakak tua jambul, rusa, merak, dan masih banyak lagi jenis hewan langka lainnya. Selain itu Anda juga bisa melihat beberapa atraksi yang dilakukan oleh lumba-lumba saat melakukan kunjungan di sana. Menarik bukan, kapan lagi mendapatkan pengalaman unik seperti ini, jika bukan di Pantai Cahaya.

BACA:  Pantai Reviola Batam - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Spot Menarik yang Foto Genic

Namanya juga pantai, tentu banyak sekali spot foto bagus untuk diabadikan. Tentu ini adalah bagian daya tari yang dimilikinya, karena bisa tergambarkan betapa indah dan menawannya pesona alam sekitar sehingga layak untuk menjadi objek swafoto Anda. Mulai dari pepohonan, pasir pantainya, hingga birunya hamparan air laut sangat sayang untuk dilewatkan.

Beberapa spot lain yang ada di mini zoo, dan juga wahana air terjun Niagara juga tidak kalah menariknya untuk diabadikan dalam satu jepretan foto. Bagi Anda yang hobi upload di sosial media ataupun fotografi, ini adalah surganya. jembatan dan gazebo yang dibangun di bagian pantai juga cocok foto genic untuk diambil gambarnya. masih banyak lagi tempat-tempat cantik lainnya yang bisa dipilih.

3. Ramah untuk Anak-anak

Mengapa Pantai Cahaya dikatakan ramah anak? karena sarana prasarana dibangun dengan baik dan aman untuk anak-anak. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa di sana terdapat sebuah mini zoo sebagai lokasi yang menyajikan berbagai jenis fauna langka untuk tambahan wisata edukasi yang termasuk dalam pembayaran biaya tiket masuk. Tentu ini adalah satu dari sekian banyak gambaran yang bisa di sampaikan.

Dengan berbagai fasilitas pendukung yang ada di Pantai Cahaya menjadikan Anda dan keluarga tidak khawatir untuk membawa anak-anak. Karena Anda tidak harus menghabiskan seluruh waktu di sekitaran pantai dengan intensitas ombak yang tidak menentu. Inilah mengapa tempat wisata ini menjadi andalan liburan keluarga.

Daya Tarik Pantai Cahaya Kendal
Image Credit: Google Maps (Nugroho Eko)

4. Pusat Pertunjukan

Selain memiliki wahana alam yang lengkap, di sana juga bisa dikatakan sebagai pusat kegiatan masyarakat atau alun-alunya masyarakat Kendal. Setiap hari-hari besar diselenggarakan sebuah event yang bisa Anda nikmati secara gratis.

Jenis-jenis pementasannya juga bermacam-macam dan sangat menarik. Menarik sekali tentunya, jika Anda berkunjung pada waktu yang tepat. Selain bisa menikmati keindahan pantainya juga bisa menyaksikan pagelaran budaya secara gratis.

5. Wahana Air Terjun Niagara

Air terjun Niagara? ini bukan berarti pihak pengelola mengimpor wisata luar negeri ini untuk dijadikan salah satu wahana di sana, melainkan hanya sebuah replika saja. keberadaannya dibuat untuk memfasilitasi keluarga atau pengunjung yang datang berlibur bersama anak-anaknya untuk bisa berenang bersama menikmati wisata air yang lebih aman dan nyaman tentunya.

Mengapa tidak berenang di pantainya saja? Mungkin sebagian besar akan berkata seperti ini. Namun pada beberapa kondisi ini adalah pilihan yang lebih disarankan karena lebih aman untuk anak-anak.

BACA:  5 Wisata Pantai di Pekalongan yang Paling Hits

Sedangkan air laut memiliki intensitas gelombang dari ombak yang tidak menentu, jadi hanya disarankan untuk orang dewasa saja. Untuk anak kecil bisa memilih wahana ini sebagian alternatif pilihan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Cahaya

Lokasi Pantai Cahaya
Image Credit: Google Maps (Sugeng 94)

Ingin melakukan kunjungan tapi tidak lokasi pastinya, jangan khawatir ini adalah informasinya. Seperti yang diketahui bersama bahwa alamat dari wisata pantai ini ada di kabupaten Kendal, Jawa Tegah. Bisa dikatakan lokasi tepatnya berada di daerah perbatasan wilayah administratif Kabupaten Batang dan juga Kendal. Tempatnya juga tidak jauh dari daerah pusat kotanya sendiri, sekitar 90 km atau 1,5 perjalanan.

Rute yang bisa digunakan untuk menuju lokasi yaitu bisa melalui daerah Jogja atau juga dari kabupaten Kudus. Bisa memilih jarak yang paling dekat dengan lokasi asal Anda. Jika dimulai dari kota Jogja maka perjalanan diteruskan menuju arah jalan Magelang. Setelah itu arahkan menuju area Purworejo. Lokasi masih belum terlihat sampai tiba di jalan Semarang, dan dilanjutkan menuju wilayah motong sari.

Jika berada di titik tersebut, akan ditemukan peta yang tersedia di sepanjang jalan menuju Pantai Cahaya Kendal. Rute ke dua jika di mulai dari area Kudus, akan ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Akses yang dilalui yaitu dari pusat kota Kudus menuju jalan sudirman kemudian ikut petunjuk arah yang terpampang di bahu jalan. Jika ragu gunakan map pada android Anda sebagai alat bantu tambahan.

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa harga tiket masuk di Pantai Cahaya Kendal lumayan mahal. Jadi sistem yang diterapkan di sini adalah model paket wisata, Anda harus membayar biaya sebanyak Rp 40.000/orang.

Pembayaran ini sudah termasuk pemanfaatan fasilitas penunjang yang tersedia. Sedangkan parkir kendaraan tarif disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku pada saat itu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cahaya

Aktivitas di Pantai Cahaya
Image Credit: Google Maps (pantai cahaya)

1. Bermain di Pantai

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berada di lokasi salah satunya yaitu bermain di area pantai. Apalagi yang dicari jika bukan pasir lembut dan nyaman, serta pemandangan birunya air laut yang ada. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar bibir pantai, ataupun hanya duduk santai sembari menikmati setiap sudut pemandangan alam yang cantik.

2. Berenang

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu berenang. Tidak perlu khawatirkan ombak yang tidak menentu dan air laut yang dalam, karena di sana terdapat sebuah fasilitas tambahan untuk memfasilitasi kegiatan ini yaitu air terjun Niagara. Lokasi ini lebih aman dan nyaman untuk Anda dan juga anak-anak yang ikut bersama. Tidak perlu membayar lagi untuk menggunakannya karena sudah termasuk biaya masuk.

BACA:  10 Pulau Cantik di Jawa Tengah yang Wajib Anda Jelajahi

3. Menyaksikan Pertunjukan Atraksi Lumba-Lumba

Biasanya Anda akan menyaksikan pertunjukkan dari atraksi yang dilakukan oleh lumba-lumba saat berkunjung ke wilayah kebun binatang ataupun taman safari. Kali ini, semua bisa didapatkan dan disaksikan juga di tempat ini, karena di sana tersedia sebuah mini zoo yang dibangun untuk menjadi satu wahana pilihan bagi pengunjung. Untuk itu tidak mustahil menyaksikan atraksi lumba-lumba juga.

Penginapan Terdekat dari Lokasi Pantai Cahaya

Penginapan Pantai Cahaya
Image Credit: Grandanugrah.com

1. Hotel Anugrah Kendal 2

Penginapan pertama dengan lokasi terdekat dengan lokasi wisata pantai Kendal ini berjarak sekitar 8,1 km. Biasa dipesan secara online melalui aplikasi penyedia jasa terkait atau juga langsung datang ke lokasi. Harga menginap per malamnya yaitu sekitar Rp 132.000,-.

2. RedDoorz

Tentunya di setiap wilayah yang ada di hampir seluruh Indonesia tersedia penginapan RedDoorz, termasuk daerah kendal. Jarak tempuh dengan lokasi pantai sekitar 12,2 Km saja, cukup dekat. harga menginap yang diberikan sekitar Rp 108.000,-.

3. Hotel Marina Airport

Hotel ini berada tidak jauh dari lokasi pantai yang akan anda tuju yaitu Pantai Cahaya Kendal, yaitu sekitar 13,9 km saja. Tersedia di layanan aplikasi online yang menawarkan jasa informasi penginapan atau sejenisnya. Biaya menginap yang harus dikeluarkan untuk satu malam yaitu dimulai dari harga Rp 152.000,- saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cahaya Kendal

Fasilitas Pantai Cahaya
Image Credit: Google Maps (Dwi Restuseta)

Fasilitas yang ada dan disediakan di wilayah Pantai Cahaya Kendal termasuk sangat lengkap. Sarana prasarana banyak memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung yang datang seperti mini zoo, dan beberapa lokasi tambahan lainnya.

Sedangkan untuk toilet dan juga area parkir juga tersedia dengan baik dan juga terawat dengan baik oleh pihak pengelola. Sehingga liburan Anda dan keluarga akan semakin nyaman untuk dinikmati.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai lokasi Pantai Cahaya Kendal yang unik dan juga menarik. Tentunya akan ditemukan banyak sekali hal-hal yang berbeda yang bisa ditemukan di sana. Tunggu apalagi, rencanakan liburan terbaik dengan kunjungan mengesankan bersama keluarga dan atau rekan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending