6 Wisata Pantai di Kendal yang Paling Hits

6 Wisata Pantai di Kendal yang Paling Hits

Ingin Liburan di Kendal? Periksa List Wisata Pantai Populer di Kendal, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Menarik Dijelajahi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Kendal merupakan kota di Jawa Tengah yang letaknya berdekatan dengan ibukota provinsi yaitu Semarang. Meskipun tidak sepopuler Semarang nyatanya Kendal memiliki sejuta tempat wisata penuh pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi jika berkunjung ke Kendal. Keindahan alam yang masih asri merupakan daya tarik setiap objek wisata di kawasan ini. Selain itu, tempatnya yang tak seramai kota tetangga membuat Kendal menjadi tujuan yang tepat untuk berlibur.

Berlibur ke Kendal tak lengkap jika tidak berpelesir ke pantainya. Bagian utara Kendal yang berbatasan langsung dengan laut Jawa, membuat Kendal dikenal dengan wisata pantainya yang bervariasi. Pantai-pantai indah di Kendal tersebut patut dikunjungi apabila Anda berkesempatan singgah ke kawasan ini, karena pesona yang ditawarkan akan membuat siapa saja ingin kembali menikmatinya.

1. Pantai Moro

Pantai Moro
Image Credit: Google Maps (Isbah Ruddin)

Pantai Moro merupakan salah satu wisata pantai hits yang terdapat di Kendal. Daya tarik pantai ini terletak pada Mercusuar yang menjulang tinggi di kawasan pantai. Mercusuar inilah yang menjadi buruan para pengunjung untuk datang ke pantai.

Pengunjung yang datang di Pantai Moro biasanya sengaja naik ke Mercusuar untuk menikmati pemandangan laut lepas. Dan salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu berfoto dari atas ketinggian dengan latar belakang pantai dan langit yang indah. Dengan ketinggian sekitar 40 meter,setiap pengunjung harus berhati-hati saat melangkah karena di sini belum dilengkapi keamanan yang memadai.

Pantai ini yang terletak di Gempolsewu, Rowosari ini menjadi destinasi wajib dikunjungi saat liburan baik itu saat akhir pekan atau libur panjang. Selain Mercusuar yang tegak berdiri di pesisir pantai, udara sejuk dan pasir hitamnya yang eksotis menjadi pemandangan yang tidak boleh terlewatkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

2. Pantai Cahaya

Pantai Cahaya
Image Credit: Twitter.com @pesonakendal

Salah satu pantai populer di Kendal lainnya yaitu Pantai Cahaya. Meskipun masih tergolong baru, pantai ini telah memikat banyak pengunjung. Selain itu, pantai ini menawarkan banyak fasilitas memadai baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bentangan luas pasir dan pepohonan hijau di pinggir pantai akan menyambut Anda saat memasuki kawasan pantai cahaya ini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Anyer yang Paling Hits

Lokasi pantai ini terletak di Sendang Sikucing, Rowosari. Terdapat banyak fasilitas yang disediakan pengelola untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya kebun binatang mini, kolam apung, waterking, mandi bola, kano, kereta mini, gazebo, panggung hiburan hingga balkon. Terdapat pula kamar mandi, loker dan kamar bilas yang dilengkapi dengan shower yang bersih.

Uniknya di pantai ini pengunjung bisa melihat secara langsung aksi lumba-lumba yang lucu. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan treatment dan berenang bersama lumba-lumba. Kegiatan tersebut patut dicoba saat berlibur ke Pantai Moro karena Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang mengesankan.

Puas bermain dengan lumba-lumba dan berbagai aktivitas lainnya pengunjung bisa bersantai menikmati sepoi-sepoi angin laut sambil menikmati sunset. Pengelola juga menyediakan balkon yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati sunset dari atas ketinggian agar lebih puas menikmati suasana senja dengan latar pantai Cahaya.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

3. Pantai Karang Malang

Pantai Karang Malang
Image Credit: Instagram.com @achmad_noer_cholis

Wisata pantai yang cukup terkenal berikutnya yaitu Pantai Karang Malang. Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat gugusan karang yang memperindah kawasan pantai. Hamparan luas perairan laut Jawa akan membuat pengunjung terpukau sebab pasir putih dan birunya air laut memunculkan gradasi warna yang eksotis.

Pantai ini terletak di Karangmalang Wetan, kecamatan Kangkung. Memiliki suasana asri dan alami membuat pantai ini sering dijadikan tujuan piknik keluarga. Pantai ini memiliki pemandangan yang menawan dan menenangkan karena masih cukup sepi oleh karena itu, tempat ini juga cocok untuk menenangkan pikiran dari penatnya kesibukan.

Menariknya, di Pantai Karang Malang ini Anda bisa menemukan ketela Kisik. Bagi yang belum tahu, ketela Kisik merupakan ketela atau singkong yang tumbuh di pasir. Oleh karena itu, rasa ketela kisik ini memiliki ciri khas yang berbeda dibanding dengan ketela yang lainnya. Ketela Kisik terdapat di sepanjang pantai indah ini.

Tidak hanya itu, ombak yang tenang di tempat ini sangat mendukung untuk menikmati sunset. Panorama senja dengan deburan ombak pantai karang Malang akan semakin pas jika ditemani olahan ketela Kasik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

4. Pantai Ngebum

Pantai Ngebum
Image Credit: Twitter.com @pesonakendal

Pantai Ngebum merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Pantai ini merupakan titik paling menarik untuk menikmati sunset disaat senja menjelang. Dari pantai ini sunset bisa terlihat dengan jelas apalagi ketika kondisi langit sedang berawan. Maka tidak heran jika pantai ini menjadi spot favorit bagi pengunjung.

BACA:  Pantai Tanjung Aan Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas. Pasir coklat yang cukup bersih menjadi daya tarik pengunjung untuk bersantai sambil bermain pasir. Ombak yang cukup tenang dan air laut yang jernih sehingga aman untuk anak-anak bermain di pesisir pantai.

Terdapat fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola untuk menunjang aktivitas pengunjung yang datang. Beberapa diantaranya yaitu payung yang terdapat di pesisir pantai, gazebo, musholla, toilet dan tempat parkir yang cukup luas.

Fasilitas menarik lainnya yaitu, terdapat penyewaan ban yang banyak ditawarkan di pantai ini. Pengunjung bisa menyewa ban tersebut dan berenang di pinggiran pantai. Meskipun begitu tidak dianjurkan berenang ke tengah pantai karena khawatir terbawa arus ombak.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, pantai yang terletak di Mororejo kecamatan Kaliwungu ini mematok harga tiket yang merakyat yaitu hanya Rp 5.000 saja. Maka tidak salah jika menjadikan Pantai Ngebum sebagai tujuan liburan saat datang ke Kendal.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Ngebum, Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

5. Pantai Indah Kemangi

Pantai Indah Kemangi
Image Credit: Facebook.com @explorekendal.id

Pernah mengunjungi pantai dengan pohon cemara yang mengiasi pesisir pantainya? Jika belum, maka coba datang ke Pantai Indah Kemangi ini. Pantai yang terletak di Jungsemi kecamatan Kangkung ini memiliki konsep unik dan berbeda dengan pantai lainnya.

Objek wisata ini mengusung konsep pantai dengan pohon cemara dan pohon ketapang yang ditanami di pesisir pantai. Hadirnya pepohonan di bibir pantai menjadikan suasana makin sejuk dan adem sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama singgah di tempat ini.

Alasan dibalik adanya pohon cemara dan ketapang di pantai ini yaitu untuk menghalau abrasi yang sering kali menimpa lahan pertanian milik warga sekitar. Oleh sebab itu, pemerintah dan warga bekerjasama untuk menanami pepohonan dan kolam ikan di sekitar pantai untuk menarik minat pengunjung. Di tempat ini pengunjung juga bisa memancing dan menikmati ikan hasil tangkapannya.

Pantai ini merupakan pantai yang tak sepi pengunjung, pasalnya ia berada di kawasan yang strategis yaitu di kawasan Pantura (Pantai Utara) yang kerap dilewati pengendara bermotor. Selain itu, pantai ini memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti kolam renang, gazebo serta tempat parkir yang cukup luas.

BACA:  Pantai Santolo Garut - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Menyaksikan sunset di pantai ini sangat direkomendasikan. Pengunjung bisa menikmati perairan Pantai Indah Kemangi yang tenang dengan menyaksikan jingga di langit Kendal. Dan kegiatan lain yang tak boleh terlewatkan ketika ke pantai yaitu berfoto di spot-spot yang menarik untuk dijadikan kenang-kenangan atau diunggah ke sosial media.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jungsemi, Kec. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

6. Pantai Tiban Kartika Jaya

Pantai Tiban Kartika Jaya
Image Credit: Instagram.com @kibriyan_dawud

Satu lagi pantai di Kendal yang patut dikunjungi yaitu Pantai Tiban. Pantai Tiban lebih dikenal dengan sebutan Pulau Tiban. Awalnya pantai ini sama seperti pantai yang lainnya, namun karena abrasi yang terus menerus hingga muncul daratan. Daratan pantai yang memanjang ini menyatu dengan dermaga yang membuatnya nampak seperti semenanjung.

Pesona Pantai Tiban ini adalah hutan mangrove yang terdapat di bibir pantai. Tidak sampai situ, pohon cemara yang memenuhi sisi kanan dan kiri pantai serta bakau yang ditanami di tepian semakin menambah nuansa sejuk tempat ini. Maka tidak heran jika pantai ini dijadikan primadona warga Kendal.

Pantai yang terdapat di Patebon kabupaten Kendal ini memiliki yang cukup panjang dan luas sehingga bentangan indah pantai ini bisa terlihat secara jelas. Selain itu, terdapat spot-spot menarik untuk berfoto yang disediakan di tempat ini.

Meskipun tergolong baru, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Adapun fasilitas yang tersedia seperti speed boat yang digunakan menuju Pulau Tiban, gazebo, musholla, toilet dan beberapa tempat duduk yang tersebar di pesisir pantai. Selain itu, tersedia pula lahan untuk camping yang bisa digunakan jika pengunjung ingin bermalam dan menikmati pantai Tiban lebih lama.

Lelah bermain dan berfoto-foto, pengunjung bisa mengisi perut di warung yang berada di pesisir Pantai Tiban ini. Kondisi pantai yang tak terlalu ramai dan masih alami ini sangat cocok menjadi tujuan destinasi wisata untuk menghilangkan penat dan berkumpul bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kartika Jaya, Kec. Patebon, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai yang populer di Kendal, Jawa Tengah. Objek wisata tersebut dapat Anda jadikan rekomendasi saat bertandang ke Kendal baik saat bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending