Pantai Sumur Tiga, Spot Favorit Para Pecinta Snorkeling & Diving di Sabang

Pantai Sumur Tiga, Spot Favorit Para Pecinta Snorkeling & Diving di Sabang
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Ingin merasakan keindahan pantai dari Pulau Weh, Coba datang ke Pantai Sumur Tiga yuk. Pantai cantik ini memiliki panorama alam yang luar biasa dengan pasir putihnya. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal sampai mancanegara. Keistimewaan dari pantai eksotis ini adalah spot diving dan juga snorklingnya.

Lokasinya ada di Provinsi Aceh dan masuk dalam deretan pantai ujung baratnya Indonesia lho. Asal mula diberi nama Pantai Sumur Tiga karena di lokasi pantai memang ada 3 sumur yang punya air tawar. Pasir pantainya yang lebih putih sebening kristal jadi ciri khas pantai indah ini.

Pantai yang punya warna air laut hijau kebiruan ini memang sangat cocok untuk didatangi. Tidak hanya panoramanya yang indah namun pantai ini menyimpan berbagai keistimewaan lainnya. Penasaran tentang daya tariknya? mari simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sumur Tiga

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Muhammad Akbar

1. Spot Snorkeling dan Diving

Daya tarik utama dari pantai hits ini dari spot snorkeling dan divingnya. Keindahan alam bawah laut bisa leluasa di eksplore oleh wisatawan yang datang baik dengan cara snorkeling maupun diving. Kondisi terumbu karang disini masih sangat terjaga dari tangan jahil manusia ditambah dengan banyaknya biota laut seperti ikan warna-warni.

Spot snorkeling dan diving di Pantai Sumur Tiga telah banyak diakui keindahannya oleh wisatawan mancanegara meskipun pantai ini punya ombak yang sedikit tinggi namun tetap nyaman digunakan sebagai tempat snorkeling.

2. Ada Benteng Sejarah Peninggalan Jepang

Keistimewaan pantai selanjutnya yaitu tidak jauh dari area pantai ada bangunan benteng tua peninggalan jaman penjajahan Jepang. Benteng ini jadi saksi sejarah pertama kali Jepang datang ke Indonesia yaitu pada tahun 1942 ketika Perang Dunia II sedang berlangsung.

Pada saat itu Jepang sengaja membuat benteng-benteng pertahanan di wilayah Indonesia untuk memperkuat pertahananya di seluruh pesisir pantai yang ada di Asia Pasifik. Wisatawan masih bisa melihat benteng peninggalan Jepang ini ketika berkunjung ke Pantai Sumur Tiga namun kondisi benteng sudah tidak terurus.

3. Ada Tiga Sumur Air Tawar

Sesuai dengan sejarah nama pantai, di lokasi dekat pantai memang ada tiga sumur air tawar. Ketiga sumur tersebut saat ini kondisinya sudah tidak terpakai dan tidak terawat.

Dahulu masyarakat sekitar menggunakan air sumur sebagai air minum dan untuk kebutuhan harian karena memang airnya yang tawar. Jarak antara sumur satu dan yang lain sejauh ratusan meter.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps agus fajri Najamuddin

4. Pesona Sunrise

Pantai Sumur Tiga posisinya berada di jalur perdagangan yang padat yaitu Selat Malaka. Pada Zaman dahulu jalur laut ini jadi akses antara negara yang paling sibuk. Sekarang pantai dijadikan sebagai destinasi wisata dengan keindahan sunrise yang elok luar biasa. Bila tidak ingin ketinggalan momen matahari terbit wisatawan bisa menginap.

5. Penginapan Keren

Di dekat pantai ada penginapan super nyaman dan keren dengan harga terjangkau. Wisatawan yang datang sudah tidak perlu mencari penginapan yang jauh-jauh dari pantai. Penginapan yang dekat dengan pantai tentu akan membawa pengalaman menarik tersendiri.

6. Ada Gazebo untuk Berfoto dan Bersantai

Pantai menawan ini punya beberapa gazebo yang ada di dekat pantai. Fungsi dari gazebo ini sebagai fasilitas untuk wisatawan yang ingin beristirahat atau mengabadikan momen dengan berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Alamat Pantai Sumur Tiga berada di Provinsi Aceh tepatnya di Desa Le Meulee, pantai cantik ini ada di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Untuk sampai ke lokasi pantai wisatawan yang berasal dari Sabang hanya membutuhkan waktu 15 menit perjalanan saja.

Rute perjalanan dari Sabang ke lokasi pantai yaitu dari Jalan Cik Ditiro lanjut ke Jalan Agus Salim setelah itu ke arah Sukajaya menuju Desa Le Mulee. Setelah sampai bundaran depan The Sago selanjutnya wisatawan bisa menjalan kendaraannya ke arah kanan. Jika naik kendaraan umum setelah sampai bundaran bisa menyewa jasa becak.

Wisatawan yang berasal dari Aceh bisa melakukan perjalan ke Subang setelah sampai Subang jarak yang harus ditempuh tidak terlalu jauh. Supaya makin nyaman di perjalanan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps David Holmes

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Sumur Tiga, wisatawan tidak perlu membayar biaya untuk tiket masuknya alias GRATIS. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir saja.

Jam operasional pantai buka selama 24 jam, pihak pengelola tidak menentukan jam untuk berkunjung. Kapan Pun pun wisatawan bisa datang ke pantai. Jika ingin bermalam wisatawan bisa langsung booking penginapan di sekitar pantai. Tarif permalamnya beragam mulai dari Rp. 100.000,- an saja pengunjung bisa menginap di penginapan dekat pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Sumur Tiga

Aktivitas Seru Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Sigit Punomo

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pengunjung yang berasal dari luar Aceh jika langsung datang ke Pantai Sumur Tiga ini tentunya masih merasakan capek perjalanan. Sembari menunggu stamina terkumpul kembali bersantai adalah kegiatan yang tepat. Untuk bersantai pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas saung kecil yang ada di sebelah utara pantai.

Supaya makin lengkap pengunjung bisa memesan es kelapa yang segera untuk mengembalikan ion tubuh. Jika lapar bisa sekalian memesan makanan yang telah tersedia di warung. Soal harga tenang tetap ramah dikantong tentunya.

2. Diving atau Snorkeling

Kegiatan selanjutnya yang wajib dicoba adalah diving atau snorkeling. Bedanya diving dan snorkeling yang paling terlihat adalah di kedalaman menyelamnya, snorkeling hanya di bagian permukaan saja sedangkan diving menyelam jauh lebih dalam. Kedua kegiatan ini memang paling cocok dilakukan di Pantai Sumur Tiga.

Keindahan pantai terletak pada warna air lautnya yang biru kehijauan ditambah dengan beragam biota dalam lautnya yang masih sangat terjaga keasliannya. Pengunjung yang menyukai hal-hal tentang keindahan tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk bisa diving dan snorkeling disini.

Jangan khawatir jika tidak membawa peralatan karena telah tersedia fasilitas penyewaan alat menyelam untuk wisatawan. Ada juga pemandu yang sedia di kawasan pantai untuk memantau dan mendampingi wisatawan dalam kegiatan diving dan snorkeling ini.

3. Main Pasir Putih

Daya tarik utama pantai indah ini adalah pasir pantai putihnya yang sejernih kristal. Kegiatan bermain pasir yang bisa dilakukan antara lain membuat istana pasir, berjemur, membuat tulisan di pasir lalu di foto dan lainnya. Berjalan kaki menyusuri pantai tanpa alas kaki bisa menjadi kegiatan olahraga ringan yang menyenangkan untuk pengunjung.

4. Mengunjungi Benteng Sejarah

Meskipun kondisinya terbengkalai namun pesona lain dari Pantai Sumur Tiga adalah adanya bangunan benteng sejarah peninggalan Jepang. Di puing-puing benteng ini wisatawan bisa menjadikannya sebagai spot foto.

Aktivitas Seru di Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Bio Global

5. Melihat Ketiga Sumur

Tiga sumur yang menjadi ikon dari pantai eksotis ini memiliki air yang tawar meskipun lokasinya berada di dekat pantai, karena keunikannya itu tiga sumur ini jadi terkenal. Selain itu kawasan pantai menjadi gerbang masuk untuk ke area pedalaman Sabang. Meskipun kondisi sumur tidak terpakai lagi namun bangunannya masih ada sampai sekarang.

6. Berfoto

Pantai jadi tempat paling tepat untuk mengumpulkan beragam foto instagramable. Foto pemandangan, landscape, foto potret orang ketika berada di pantai dan lainnya bisa jadi koleksi foto menarik untuk kemudian di upload ke sosial media.

7. Wisata Kuliner

Salah satu fasilitas yang telah tersedia di Pantai Sumur Tiga yaitu adanya banyak warung makan di pinggir pantai. Warung makan disini menyediakan aneka masakan mulai dari menu instan, snack sampai makanan khas Aceh. Jika pengunjung belum sempat merasakan berbagai kuliner dari Aceh tidak ada salahnya memesan berbagai makanan yang ada.

8. Menginap

Menginap di pinggir pantai bisa jadi kegiatan menyenangkan selanjutnya. Menikmati suara deburan ombak, angin yang berhembus sepoi ditambah dengan keindahan lautnya akan membuat pengunjung melupakan sejenak rutinitas harian yang melelahkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Pantai Sumur Tiga menyajikan keindahan alam yang alami dilengkapi dengan banyaknya pepohonan kelapa. Pantai eksotis ini juga telah mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat dalam hal pengadaan sarana dan prasarananya.

Fasilitas pendukung yang semakin membuat pengunjung nyaman diantaranya lahan parkir yang cukup luas menampung berbagai kendaraan wisatawan. Selain tempat parkir yang tidak kalah penting adalah adanya warung makan yang menyediakan aneka kuliner lezat dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada bagian ujung pantai merupakan area pantai terbuka yang oleh pemerintah dijadikan sebagai gerbang masuk. Sebagai fasilitas tambahan untuk memberikan kenyamanan pengunjung yang sedang bersantai, di bagian utara pantai ada gubuk-gubuk kecil atau saung yang bisa dipakai untuk bersantai dan meletakkan barang bawaan.

Gimana semakin tertarik mengunjungi pantai indah di ujung barat Indonesia ini? Yuk mulai persiapkan waktu untuk merencanakan perjalanan kesana. Diving dan snorkeling jadi kegiatan wajib yang harus dicoba ketika berada di Pantai Sumur Tiga, Kota Sabang. Ajak pula seluruh keluarga supaya liburan makin bermakna.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending