Pulau Rondo Sabang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Rondo Sabang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya WisataPulau Rondo salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang memukau di Sabang, Provinsi Aceh. Pulau terluar Indonesia ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dan hanyak jiwa petualang yang bisa mencapainya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Banyak orang mengira bahwa bagian terluar dari Indonesia adalah Pulau Weh pada bagian utara. Namun, ternyata ada pulau yang lebih jauh berada di luar teritori nusantara. Pulau tersebut bernama Rondo. Secara teknis ini merupakan salah satu bagian dari Kota Sabang.

Lokasi dari pulau mungil tersebut berada di Laut Andaman yang berbatasan langsung dengan negara wilayah India. Dengan begitu, tempat ini memang menjadi sebuah gerbang paling depan dari negara Indonesia pada sisi barat. Pulau yang belum terlalu berkembang ini memiliki potensi wisata tersendiri yang bisa ditingkatkan oleh otoritas setempat.

Oleh sebab itulah, mengunjungi Pulau Rondo akan memberikan kesan yang berbeda dari sebuah pulau kecil. Keadaannya masih cukup alami, sehingga pengunjung masih bisa merasakan berbagai macam vegetasi dan bentangan alam lainnya yang tidak kalah indahnya dengan destinasi serupa yang ada di sisi lain dari nusantara.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Rondo

Daya Tarik Dimiliki Pulau Rondo
Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

1. Pepohonan Hijau yang Menghiasinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya Pulau Rondo masih terbilang alami dengan berbagai vegetasi yang menghiasi penampilannya. Dengan begitu kenampakan yang bisa terlihat didominasi dengan warna hijau dari vegetasi yang ada. Berbagai jenis tumbuh-tumbuhan memang sangat lebat menutupi permukaan tanahnya.

Mulai dari pantainya yang bisa dengan mudah ditemui pohon kelapa hingga pada daerah pedalamannya yang juga banyak pepohonan seperti gelumpang, lagan, dan lain sebagainya. Tak jarang, di pulau tersebut juga tumbuhan tanaman yang menghasilkan buah-buahan yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah salak yang banyak ditemukan di hutan yang ada di sana.

BACA:  10 Pantai Terindah di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Rindangnya pulau tersebut merupakan daya tarik tersendiri selain karena memang area tersebut dikelilingi oleh lautan yang mempesona. Jika dilihat dari kejauhan, tempat ini nampak seperti sebuah pulau kecil dengan beragam jenis vegetasi yang tumbuh menutupi hampir semua tanah yang terlihat.

2. Pesona Perairan yang Begitu Menakjubkan

Pulau yang satu ini memang merupakan salah satu destinasi bahari yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, panorama lautan yang ada di sekelilingnya merupakan pemandangan yang tidak bisa ditolak untuk menjadi objek wisata ketika berada di sana. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai detail keindahan yang ada di area perbatasan ini.

Sebagai bagian dari lautan lepas yang secara langsung berada di sebuah samudera, Laut Andaman memang menyuguhkan sebuah bentukan alam yang akan membuat siapapun yang melihatnya menjadi terkesima. Tidak hanya karena jernihnya air laut yang dibuktikan dengan warna birunya, namun juga karena keadaan alamnya yang masih terjaga.

Di sana masih bisa terlihat berbagai macam terumbu karang yang menghiasi dasar lautnya. Dikarenakan air yang ada terbilang sangat bening, pada beberapa tempat terumbu terumbu itu bisa nampak langsung dari permukaan air. Varian yang mendominasinya yaitu karang keras yang sangat sulit untuk dikembangkan pada jaman seperti sekarang ini.

Sementara itu, jumlah karang yang merupakan hasil dari proses daur hidup makhluk hidup ini memiliki jumlah hampir 20% dari total terumbu karang yang ada di sana. Dengan begitu, berbagai makhluk hidup lainnya juga dapat dengan mudah melakukan asosiasi dengannya. Beberapa jenis makhluk hidup memang harus melakukan proses tersebut untuk dapat bertahan hidup.

Bentang alam bawah laut tersebut banyak menghiasi sisi dalamnya. Hal itulah yang membuat para pengunjung menjadi sangat tertarik untuk menjadikannya sebagai salah satu destinasi yang ada dalam rencana perjalanan mereka. Akan tetapi, sekarang ini karena perubahan iklim dan juga masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap hal ini.

Dengan kondisi tersebut, banyak juga ditemukan ikan-ikan yang berenang bebas di perairan di sekitarnya. Kehadiran binatang tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung di sana. Ikan-ikan tersebut akan berenang menyusuri area sekitar terumbu karang yang tumbuh subur di sana. Kedatangan ikan membuat pemandangan yang tersajikan menjadi berkali-kali lipat eloknya.

Daya Tarik Pulau Rondo
Image Credit: Google Maps (Joko Yuwono)

3. Bentuk Pulaunya yang Indah

Pulau Rondo merupakan salah satu tempat yang memiliki bentukan unik. Jika ditengok dari ketinggian, maka bentuknya bulat dengan topografi yang berbukit namun tidak terlalu menonjol. Hal ini membuatnya menjadi salah satu pulau wisata yang wajib dikunjungi. Wisatawan tidak hanya akan menikmati waktu saja, namun juga dapat melakukan beragam kegiatan yang seru lainnya.

BACA:  10 Pulau Cantik di Jawa Tengah yang Wajib Anda Jelajahi

4. Titik Nol Kilometer Indonesia

Meskipun jika mengunjungi tempat tersebut, tidak akan ditemukan papan atau informasi apapun terkait dengan hal ini. Akan tetapi, sebenarnya pulau ini memang yang merupakan titik nol kilometer dari negara ini. Dikarenakan tidak adanya penghuni, sehingga pemerintah tidak membangun monumen atau semacamnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Rondo

Alamat Pulau Rondo
Image Credit: Twitter.com @rapmafmums

Secara administratif, keberadaan pulau tersebut ada di salah satu daerah di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau tersebut masih berada di bawah kekuasaan kota Sabang yang memang cukup luas karena meliputi pulau-pulau yang diputuskan merupakan milik Indonesia. Tempat ini berada benar-benar di bagian sisi paling luar Indonesia.

Untuk mencapainya, maka pengunjung harus menempuh perjalanan menuju ke Banda Aceh. Jika sudah, maka harus memesan tiket kapal untuk segera mendapatkan akses menuju ke sana. Sebenarnya, perjalanan yang diambil sama seperti ketika hendak ke Pulau Weh. Akan tetapi, untuk mencapai ke sana membutuhkan waktu yang ekstra saja.

Dari Ibukota Provinsi Aceh, maka harus mengambil rute laut menuju ke arah barat dan sedikit ke utara. Pastikan bahwa telah melewati Pulau Weh. Hal tersebut dikarenakan Pulau Weh merupakan pulau berpenduduk yang ada di wilayah paling luar Indonesia. Setelah itu, maka lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Pulau Rondo.

Tidak ada biaya spesifik yang harus dikeluarkan ketika pergi ke sana untuk mendapatkan berbagai akses. Pengunjung dapat dengan bebas mengeksplorasi banyak hal di sana. Mulai dari karangnya yang indah hingga hutannya yang cukup lebat menghiasi pulau itu.

Untuk mencapainya, maka bisa menggunakan kapal umum. Ada rute kapal untuk menuju ke sana dari berbagai titik yang ada. Namun, tarif termurah untuk menuju ke sana yaitu sekitar Rp 100.000 saja. Dengan biaya sebesar itu, pengunjung akan mendapatkan spesial trip menuju ke pulau yang juga terkenal akan kemisteriusannya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Rondo

Aktivitas di Pulau Rondo
Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

1. Scuba Diving

Ini merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh semua manusia. Dengan kecantikan alamnya, terutama bagian bawah laut, tempat yang satu ini nampak begitu indah menyuguhkan panorama bawah airnya. Dengan scuba diving maka pengunjung yang sebelumnya tidak pernah merasakan sensasi di bawah laut, bisa dibantu bersama-sama melakukan hal tersebut.

2. Berenang-Renang di Sekitar Pulau

Agar terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan, maka pengunjung diharapkan tidak berenang terlalu jauh. Terdapat daerah maksimal yang harus dijangkau oleh pengunjung yang tidak memakai alat apapun. Air laut di sana dijamin akan membuat segar siapapun yang merasakan pengalaman liburan di Pulau Rondo tersebut.

BACA:  Pulau Tidung Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Aktivitas yang satu ini juga sebenarnya bisa saja dilakukan ketika berada di tepian pantai di pulau tersebut. Dari sana, pengunjung bisa bermain-main air dengan keluarga ataupun sanak saudara yang lain. Pasir yang ada di pantainya sendiri juga nampak indah dengan warnanya yang putih.

Aktivitas Seru di Pulau Rondo
Image Credit: Google Maps (Idrus Mahfoz)

3. Berburu Foto Keren

Berburu foto merupakan sebuah keharusan tersendiri ketika berada di sebuah tempat wisata. Hal inilah yang nantinya membuat liburan menjadi lebih indah dan tak terlupakan. Dengan berbagai tempat di semua sisi di tempat tersebut, ternyata tempat ini memang mempunyai cukup banyak titik untuk melakukan foto-foto.

4. Memancing

Bagi penikmat kegiatan memancing, Anda bisa mencoba menaklukkan ikan di perairan pulau ini. Banyak spot memancing yang dapat dicapai dengan menggunakan perahu.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Rondo

Penginapan Terdekat Lokasi Pulau Rondo
Image Credit: Booking.com

1. Pulau Weh Paradise

Ini merupakan penginapan yang berada paling dekat dengan tempat tersebut. Jaraknya sama persis seperti Pulau Rondo dengna pulau Weh ini. Dengan tarif yang berkisar pada angkat 200 ribuan saja, pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas seperti jaringan wifi dan juga restoran.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Penginapan ini ada di daerah Sabang, Provinsi Aceh. Tarif yang dibanderol untuk menginap satu malam yakni sebesar Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Pengunjung bisa merasakan beberapa fasilitas seperti akses wifi untuk mendapatkan jaringan internet dan juga restoran yang selalu siap setia buka.

3. OYO 1512 Hotel Harley

Hotel ini memang berada cukup jauh dari pulau tersebut. Namun, tempat ini menawarkan berbagai hal seperti tempat tidur yang luas hingga adanya AC. Untuk mendapatkannya, cukup membayar biaya sebesar Rp 350.000 hingga Rp 500.000 saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Rondo Sabang

Fasilitas di Pulau Rondo Sabang
Image Credit: Traveloka.com

Destinasi ini memang belum memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang mumpuni seperti halnya kebanyakan tempat wisata yang ada di nusantara. Namun, terdapat beberapa warga sekitar yang menyewakan alat-alat untuk melakukan diving, memancing ataupun kegiatan lainnya. Pulau ini memang masih alami karena berada di bagian paling luar Indonesia.

Pesona yang ada di nusantara memang akan selalu membuat takjub siapapun yang mengunjunginya. Hampir setiap tempat mempunyai keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Pulau Rondo di Sabang menjadi bukti bahwa di bagian paling luarnya sekalipun, mengandung berjuta eksotisme alam bumi Ibu Pertiwi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending