Pulau Weh Sabang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Weh Sabang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Weh merupakan pulau kecil yang memesona di Laut Andaman, Sabang. Pulau yang menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan dan deretan pantai yang eksotis.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pulau Weh adalah sebuah pulau yang letaknya paling luar di ujung sebelah barat Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu pulau utama dan terbesar yang ada di Sabang, terpisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggala. Karena berbatasan langsung dengan negara Malaysia, India, dan Thailand, pulau ini dianggap unik bagi masyarakat Indonesia.

Di pulau ini Anda akan menemukan tugu Nol Kilometer yang merupakan salah satu titik yang berharga bagi Indonesia karena kilometer Indonesia mulai diukur dari tempat ini. Pulau ini memiliki warna air laut yang kebiruan dan jernih, pemandangan yang masih asri, dan pepohonan yang rindang. Sehingga pulau ini menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan.

Meskipun Pulau Weh belum begitu terkenal seperti pulau-pulau yang lain, namun keindahan alam yang disajikan tidak kalah mempesona dengan pulau yang lain. Konon kabarnya, dahulu pulau ini berada di satu daratan yang sama dengan dengan Pulau Sumatera. Akan tetapi pulau ini terpisah oleh laut dan terbentuk pulau sendiri akibat letusan gunung berapi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Weh Sabang

Daya Tarik Pulau Weh Sabang
Image Credit: Twitter.com @XploreIndoKita

Hal yang pertama kali terlintas di pikiran para wisatawan mengenai pulau ini adalah letaknya yang berada di ujung barat Indonesia dengan tugu nol kilometernya yang terkenal. Pulau ini berbatasan langsung dengan 3 negara tetangga dan memiliki surga bawah laut serta pantai yang indah.

1. Memiliki Tugu yang Bernilai Sejarah

Pulau Weh memiliki sebuah tugu bernama Tugu Nol Kilometer yang bernilai sejarah. Tugu ini adalah tugu bersejarah dan menjadi ikon kota Sabang. Ketika berkunjung kesini, Anda akan mendapatkan selembar sertifikat yang menerangkan bahwa Anda sudah sampai di ujung barat Indonesia. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Kota Sabang.

2. Pulau yang Bersejarah

Pulau ini dianggap bersejarah karena terbentuk akibat letusan gunung berapi. Awalnya pulau ini menjadi satu dengan daratan Pulau Sumatera. Luas pulau ini hanya 120,7 kilometer persegi dan terbentang sepanjang 15 kilometer (10 mil) di ujung paling utara Pulau Sumatera. Walaupun luasnya tidak terlalu besar, akan tetapi pulau ini memiliki banyak pegunungan.

3. Dihuni oleh Beragam Suku Indonesia

Sensus yang pernah dilakukan pada tahun 1993 menunjukkan bahwa terdapat 24.700 penduduk yang menghuni pulau ini. Penduduk pulau tersebut mayoritas adalah suku Aceh, sisanya adalah Tionghoa, Batak, Minangkabau, dan Jawa. Dengan variasi suku yang ada di pulau tersebut, maka beragam adat dan budaya juga dapat Anda temukan dari penduduk disini.

4. Memiliki Banyak Pantai yang Indah

Pulau Weh dikenal memiliki banyak pantai eksotis yang dapat memanjakan pengunjung, seperti Pantai Iboih, Pantai Kasih, Tapak Gajah, Sumur Tiga, Anai Itam, Pantai Pasir Putih dan Pantai Ujung Kareung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pulau Weh

Alamat Wisata Pulau Weh
Image Credit: Twitter.com @BikinLaparMata

Akses menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur udara, air, dan darat. Untuk akses melalui jalur udara, Anda dapat berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dengan tujuan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) Banda Aceh. Perjalanan yang akan Anda tempuh melalui jalur udara ini adalah kurang lebih 2 jam.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), Anda dapat menyewa mobil dengan tarif sewa sekitar Rp 100.000 untuk menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Perjalanan darat ini akan mengajak Anda untuk melewati bangunan Museum Tsunami Aceh yang besar dan unik berwarna keabuan.

Setelah Anda sampai di Pelabuhan Ulee Lheue yang tidak begitu besar namun ramai penumpang, Anda dapat memilih salah satu di antara dua jenis transportasi kapal feri yang dapat Anda tumpangi untuk menyeberang menuju ke lokasi yaitu kapal cepat express bahari maupun kapal lambat ASDP dengan tujuan Pelabuhan Balohan Sabang.

Penyeberangan menggunakan kapal cepat express bahari membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit, sedangkan penyeberangan menggunakan kapal lambat ASDP memakan waktu tempuh lebih lama yakni sekitar 1 jam 45 menit perjalanan. Anda yang memilih menggunakan kapal cepat sebaiknya dalam kondisi badan yang fit karena kapal akan bergoyang hebat selama perjalanan.

Biaya Wisata ke Pulau Weh Sabang

Biaya Wisata Pulau Weh Sabang
Image Credit: Instagram.com @naslan_fauril

Pulau ini terletak di Sabang, Banda Aceh. Pulau ini dibuka untuk umum selama 24 jam dengan harga tiket masuk maksimal Rp 100.000 per orang. Sebelum berwisata ke pulau ini, sebaiknya Anda memperhatikan jadwal keberangkatan transportasi dan juga harga tiketnya.

Harga tiket pesawat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) Banda Aceh adalah sekitar Rp 600.000, namun biasanya pada musim liburan harga tiket pesawat naik sampai dua kali lipat.

Untuk jadwal kapal cepat express bahari, dari Banda Aceh ke Sabang adalah pukul 10.00 dan 16.00 WIB. Sebaliknya, dari Sabang menuju ke Banda Aceh adalah pukul 08.00 dan 14.30 WIB. Harga tiket kapal cepat express bahari kelas executive adalah Rp 80.000 sekali jalan sedangkan harga tiket kelas VIP adalah Rp 115.000 sekali jalan.

Untuk jadwal keberangkatan kapal lambat ASDP dari Sabang ke Banda Aceh adalah pukul 07.30, 10.30, dan 14.30. Sebaliknya, dari Banda Aceh ke Sabang adalah pukul 07.30, 10.30, dan 14.30. Harga tiket kapal lambat ASDP adalah Rp 25.000 per orang belum termasuk asuransi. Jadwal keberangkatan kapal dapat berubah karena faktor cuaca dan faktor lainnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Weh

Aktivitas di Pulau Weh
Image Credit: Instagram.com @yuliani_teukulhutfi

1. Berkunjung ke Tugu Nol Kilometer

Perhitungan jarak dan lintas negara dimulai dari pulau ini. Tujuan dibangunnya tugu ini adalah sebagai simbol persatuan yang menjadi bukti bahwa Indonesia bersatu mulai dari Sabang sampai Merauke. Tugu ini menjadi tujuan wajib yang dikunjungi oleh para wisatawan. Spot ini sangat sempurna untuk menikmati sunset karena letaknya di kawasan dataran tinggi.

2. Menjelajah Pantai di Area Pulau

Meskipun pulau ini hanya memiliki luas 120,7 kilometer persegi, namun Pulau Weh dikelilingi oleh beberapa pantai yang cantik dengan keunikannya masing-masing. Beberapa pantai yang dimaksud adalah Pantai Iboih, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Pasir Hitam. Seluruh pantai di pulau ini mempunyai pasir yang bersih, air laut yang biru dan jernih, serta pesona alam bawah laut yang mempesona

Pantai-pantai tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti contohnya, Pantai Iboih memiliki gugusan karang dan biota laut yang beraneka ragam sehingga menjadi destinasi snorkeling dan menyelam para wisatawan. Pantai Pasir Hitam memiliki pasir pantai yang berwarna hitam dan berkilau saat terkena sinar matahari.

3. Aktivitas Snorkeling Maupun Diving

Pulau ini mempunyai banyak spot menyelam yang tersebar di berbagai titik. Salah satu spot tersebut adalah Taman Laut Pulau Rubiah. Luas taman laut ini lebih dari 2500 hektar dan menjadi habitat beranekaragam biota laut seperti ikan-ikan tropis beraneka warna, terumbu karang, maupun spesies yang jarang ditemukan.

4. Menaiki Perahu Berkeliling Pulau

Apabila Anda belum memiliki pengalaman snorkeling maupun diving, Anda tetap dapat menikmati pesona bawah laut dengan alternatif lain yaitu dengan menaiki perahu berkeliling pulau. Di pulau ini disediakan fasilitas perahu dengan permukaan kaca yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan bawah laut.

5. Menikmati Sajian Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba mencicipi kuliner khas di Pulau Weh. Anda dapat bersantai di pinggir pantai dengan memesan es kelapa muda yang segar dan jangan lupa juga untuk memesan kuliner rujak khas Sabang.

6. Berkeliling Pulau Dengan Menyewa Motor

Anda juga bisa mengeksplorasi pulau ini tidak hanya dari perahu saja, namun Anda juga bisa menyewa motor untuk Anda gunakan berkeliling pulau. Namun Anda perlu berhati-hati karena banyak satwa yang berkeliaran di pulau ini seperti kera dan babi hutan.

7. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Pulau ini dulunya dijadikan sebagai tempat berlabuh pihak Jepang saat melakukan penyerangan terhadap pihak Belanda. Kemudian dibangunlah benteng sebagai bentuk pertahanan masing-masing kubu. Hingga saat ini puing-puing utuh benteng-benteng yang mayoritas peninggalan pihak Jepang tersebut masih bisa Anda amati secara langsung.

Benteng Anoi Itam merupakan salah satu benteng yang masih kokoh berdiri di Pulau Weh. Benteng tersebut dulu digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata pasukan dari Jepang. Anda dapat menemukan meriam bekas hingga terowongan bawah tanah di kawasan ini. Anda juga dapat melihat pemandangan laut dan hutan dari area benteng ini.

8. Menginap di Kawasan Pulau

Pulau ini sudah termasuk maju dalam hal pengelolaan penginapan dan resort. Ada banyak penginapan dan resort yang dapat Anda pilih ketika menginap di pulau ini. Berbagai penginapan dan resort dari yang ekslusif dengan harga relatif tinggi hingga penginapan sederhana dengan harga yang terjangkau tersedia di pulau ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Weh

Penginapan Pulau Weh
Image Credit: Booking.com

1. Pulau Weh Paradise

Penginapan ini terletak tepat di pinggir pantai. Anda akan disambut langsung dengan pemandangan pantai dan semilir angin sepoi-sepoi ketika Anda membuka jendela kamar Anda. Fasilitas wifi gratis tersedia di penginapan ini. Bahkan ada juga fasilitas taman dan barbeque disini. Terdapat pula fasilitas berupa antar-jemput bandara berbiaya.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Hotel bintang tiga ini menawarkan panorama eksotisme laut dari balkon kamar. Hanya berjarak sekitar 248 meter saja dengan Pantai Sumur Tiga. Fasilitas dan servis hotel disini sangat lengkap. Tersedia wifi gratis, taman dan perpustakaan. Tersedia juga antar-jemput bandara berbiaya dan juga transportasi di area hotel berbiaya.

3. Olala Bungalows & Restaurant

Penginapan satu ini akan menyuguhkan pemandangan laut lepas dari atas. Bagian bawah penginapan ini hanya berisi penyangga bangunan, sedangkan kamarnya ada di atas. Dengan harga penginapan per malam mulai Rp 240.000, Anda mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dengan menginap disini. Fasilitas restoran dan wifi gratis tersedia di penginapan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Weh Sabang

Fasilitas di Pulau Weh Sabang
Image Credit: Twitter.com @cahaya_tastura

Fasilitas yang terdapat di pulau ini cukup lengkap, seperti penyewaan transportasi laut berupa kapal cepat express bahari dan kapal lambat ASDP. Kemudian tersedia juga fasilitas berupa kendaraan dari pelabuhan menuju ke lokasi seperti tuk-tuk (delman) hingga taksi. Terdapat juga jasa pemandu wisata atau instruktur menyelam yang disertai dengan penyewaan perlengkapan menyelam yang komplit.

Pulau Weh di Sabang mampu membuat Anda sekejap melupakan beban pekerjaan atau rutinitas Anda sehari-hari oleh segala keindahan yang dimilikinya. Supaya lebih puas untuk menjelajahi pulau ini, Anda juga bisa menginap di penginapan atau resort yang tersedia di area pulau.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending