Pulau Rubiah Sabang, Pulau Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya

Pulau Rubiah Sabang, Pulau Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya
Biaya Wisata: Mulai Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Sabang, Aceh. Memiliki keindahan biota bawah laut yang menakjubkan, menjadikannya sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Kabarnya pulau satu ini hanya difokuskan sebagai tempat wisata saja, sehingga pulau ini hanya dihuni beberapa kepala keluarga.

Sudah sejak lama Pulau Sabang menjadi pulau yang terkenal akan wisata bawah lainnya. Hal ini seolah menjadi sasaran empuk para wisatawan mancanegara. Ini sudah cukup membuktikan bahwa keindahan laut Rubiah sangat terkenal. Sudah tentu ini akan menjadi surga bagi para pecinta diving dan snorkling.

Banyak penyedia jasa persewaan peralatan yang biasa digunakan untuk diving dan snorkling. Harga yang dipatok masih dalam batas wajar dan cukup terjangkau. Pemandangan Pulau Rubiah yang cantik dengan adanya pantai di sekitar, tentu akan membuat Anda nyaman dan terpukau akan keindahannya.

Daya Tarik Wisata Pulau Rubiah

Daya Tarik Wisata Pulau Rubiah
Image Credit: Twitter.com @wisataacehid

1. Sejarah Rubiah

Menurut cerita yang berkembang dari masa ke masa, pemberian nama Rubiah ini bukan sembarang nama. Hal ini dikarenakan di masa dahulu ada seorang yang cukup terkenal di pulau ini, yang bernama Siti Rubiah. Kabarnya makam dari almarhumah Siti Rubiah berada di sekitaran area Rubiah itu sendiri.

Siti Rubiah sendiri merupakan salah seorang dari banyak tokoh yang dipercaya sebagai pembawa ajaran Islam ke Aceh. Untuk itu, sebagai bentuk rasa hormat terhadap jasa beliau, leluhur setempat memberi nama pulau ini Rubiah. Pemberian nama ini dimaksudkan untuk mengenang nada yang telah dilakukan oleh Siti Rubiah.

2. Spot Snorkling dan Diving

Berkat keindahan kehidupan bawah laut, Pulau Rubiah dianggap sebagai spot snorkling dan diving yang paling diburu saat berlibur ke Provinsi Aceh. Bersihnya perairan Rubiah sangat membuat pengunjung nyaman selama berada di sana. Tidak heran, pulau di Aceh ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Berbagai jenis ikan air asin, akan dengan mudah Anda temui selama berlibur ke Rubiah. Pemandangan semacam tentu sangat disukai bagi Anda pecinta diving dan snorkling. Anda bisa menyewa peralatan diving dan snorkling yang sudah disediakan pihak pengelola Rubiah. Ini pasti akan menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Rubiah.

Daya Tarik Pulau Rubiah
Image Credit: Twitter.com @ngindonesia

3. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Bagi Anda yang ingin berlibur ke wisata Rubiah, Anda akan disambut oleh hamparan pantai-pantai sekitar yang luas dengan jernihnya perairan area pantai. Semilir angin yang menerpa, dijamin akan membuat Anda terpukau dan nyaman. Pemandangan seperti ini tentu tidak akan Anda jumpai di kawasan perkotaan, seperti Jakarta.

Itulah sebabnya pulau yang berada di Kota Sabang ini akan sangat cocok Anda jadikan sebagai tempat berlibur sekeluarga. Tempatnya yang berada jauh dari perkotaan dan sangat menyatu dengan alam dapat membantu Anda me-refresh kembali pikiran Anda. Pergi berlibur bersama juga akan menambah rasa kekeluargaan.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Rubiah

Alamat Pulau Rubiah
Image Credit: Google Maps (Irwan MDj)

Berdasarkan pembagian wilayah, wisata Pulau Rubiah masuk di kawasan Pulau Weh, yang notabenenya merupakan pulau terbesar di wilayah Kota Sabang, Aceh. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi pulau ini. Dan rute keberangkatan yang banyak dipilih oleh wisatawan adalah rute Banda Aceh.

Untuk bisa sampai di Pulau Weh, Anda bisa melewati dari Pelabuhan Ulee Lheue. Keberangkatan ini tentu dilakukan dari kawasan Kota Banda Aceh. Karena berada di area laut, hanya ada dua pilihan transportasi yang bisa Anda pilih, yakni kapal feri dan speedboat. Tarifnya sendiri sekitar Rp 20.000,00 – Rp 50.000,00 per satu keberangkatan.

Sesampainya di Pulau Weh, Anda akan menuju kawasan Pantai Iboih. Dari kawasan Pantai ini, Anda bisa perahu motor, speedboat, atau angkutan umum. Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp 20.000,00-an saja per orang. Setelah menaiki kendaraan tadi, Anda akan bisa sampai di area wisata Rubiah.

Karena kawasan pulau ini hampir seluruh areanya merupakan air, maka tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, seperti mobil. Perjalanan Anda tentu akan lebih banyak menyebrangi kawasan laut. Itulah sebabnya banyak disediakan jasa persewaan kendaraan air, seperti speedboat, perahu motor, hingga kapal feri.

Tidak berbeda jauh dengan tempat wisata pada umumnya, Pulau Rubiah pun juga memberlakukan biaya tiket masuk pada setiap pengunjung. Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan Rubiah, Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000,00 per orang. Cukup murah dan terjangkau, bukan?

Untuk jam operasional pulau satu ini, yakni dibuka selama 24 jam penuh bagi siapa pun. Kapan pun Anda ingin menikmati keindahan Rubiah, Anda bisa melakukannya di kapan saja. Harga tiket masuk di atas pun tidak ada beda di hari biasa atau pun saat weekend tiba. Hanya saja biasanya di hari libur, wisatawan yang berkunjung akan membludak.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Rubiah

Aktivitas di Pulau Rubiah
Image Credit: Instagram.com @gadengwisatasabang

1. Menikmati Keindahan Rubiah

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Rubiah, Anda bisa berkeliling di sekitaran area pulau. Anda bisa menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pengelola Rubiah. Anda akan ditunjukkan spot-spot terbaik dari pulau wisata di Kota Sabang ini.

Selain itu, indahnya view sekitar, seperti pemandangan bukit, gunung, atau pun pantai di sekitarnya akan memanjakan mata Anda. Angin yang berhembus dengan kencang akan menambah suasana alam yang sesungguhnya. Dijamin Anda akan menyukai suasananya.

2. Melalukan Olahraga Diving dan Snorkling

Diving dan snorkling sudah menjadi olahraga yang wajib dan musti dilakukan saat mengunjungi pulau Kota Sabang, Rubiah. Menyuguhkan indahnya kehidupan bawah laut yang luar biasa, akan menjadi surganya para pecinta diving maupun snorkling.

Anda bisa merasakan sensasi berenang dan menyelam dengan ikan-ikan yang hidup hampir di seluruh perairan Rubiah. Arus perairan di Pulau Rubiah ini dikenal tenang dan aman. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai diving dan snorkling, namun masih pemula.

Aktivitas Pulau Rubiah
Image Credit: Instagram.com @fadlirentalmobil_sabang

3. Berfoto di Spot-spot yang Menarik

Bagi pengunjung yang merupakan penyuka dunia fotografi dan menyukai tema foto nature, tentu Rubiah dapat menjadi pilihan. Banyak sekali spot pengambilan gambar yang indah dan cantik. Pasti akan terlihat alami jika diambil dari angle yang paling tepat.

Atau jika Anda menginginkan foto yang benar-benar real, Anda bisa memotret bawah laut pantai di Rubiah secara langsung. Jika Anda tidak memiliki kamera khusus yang digunakan di dalam air, Anda bisa menyewanya terlebih dahulu.

4. Menikmati Sunset

Kegiatan lain yang tentunya sayang jika dilewatkan, yakni menikmati panorama sunset menjelang malam hari di waktu sore. Melihat sunset sudah biasa dilakukan di wisata air, utamanya pantai. Namun, jangan salah, menikmati sunset di sore hari juga bisa dilakukan.

Menjelang sore, banyak wisatawan yang mulai berkumpul di area sekitaran Rubiah untuk melihat indahnya sunset. Semilir angin akan menambah suasana sejuk yang menakjubkan. Anda bisa mengambil beberapa video unuk background di acara kelulusan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan Murah di Sekitar Pulau
Image Credit: Booking.com

1. Freddies Santai Sumurtiga

Freddies Santai Sumurtiga menjadi penginapan di sekitar area Pulau Rubiah. Banyak dijadikan rekomendasi wisatawan, utamanya wisatawan mancanegara, membuat penginapan ini cocok dijadikan referensi. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dengan view penginapan yang langsung menghadap ke pantai menjadi nilai lebihnya.

2. Rubiah Resort

Penginapan selanjutnya ialah Rubiah Resort. Yang menarik dari penginapan ini adalah adanya persewaan alat snorkling hanya dengan budget Rp 40.000,00. Ada juga fasilitas akses langsung ke pantai yang bisa Anda coba. Bermalam di penginapan ini, Anda akan merogoh kocek sekitar Rp 200.000,00 hingga Rp 400.000,00 an per malamnya.

3. Iboih Inn Aceh

Penginapan santai yang berada di area pinggir pantai ini, memiliki kamar tidur yang nyaman dan dilengkapi teras. Ada pula fasilitas kamar tidur gantung yang memang disediakan pengelola Iboih Inn Aceh. Tak hanya itu, penginapan satu ini juga memberi fasilitas cafe. Pasti Anda akan dibuat nyaman selama bermalam di Iboih Inn Aceh.

Fasilitas Wisata yang Tersedia Pulau Rubiah Sabang

Fasilitas Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Wahidi)

Terdapat fasilitas yang disediakan pengelola Pulau Rubiah demi kenyamanan pengunjung yang datang ke wisata ini. Fasilitas tersebut antara lain, adanya tempat ibadah, toliet, hingga berbagai persewaan alat-alat diving atau pun snorkling. Menariknya beberapa pihak juga menyediakan jasa foto underwater dan jasa persewaan kamera under water.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti tempat makan, tentu sudah disediakan secara khusus oleh pihak pengelola pulau. Fasilitas tersebut tentu bisa dinikmati oleh semua pengunjung tanpa pengecualian. Diharapkan dengan cukup memadainya fasilitas, membuat siapa pun yang datang ke pulau ini semakin nyaman dan betah.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa sedikit dijadikan referensi sebelum berkunjung ke Pulau Rubiah. Sarana, prasarana objek wisata Rubiah tentu mulai cukup memadai, sehingga pengunjung dapat menikmati waktu liburan selama berada di sini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending