Pulau Panambungan Pangkep, Pesona Pulau Mungil Eksotis Nan Cantik

Pulau Panambungan Pangkep, Pesona Pulau Mungil Eksotis Nan Cantik
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mattiro, Kec. Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Gugusan kepulauan yang terletak di Sulawesi Selatan memiliki jumlah yang sangat banyak, jika dihitung jumlahnya bisa mencapai 121 pulau. Sehingga merupakan suatu hal yang mustahil jika menjelajah luasnya Sulawesi Selatan hanya dalam waktu satu hari. Seperti Pulau Panambungan, wisatawan yang telah menginjakkan kakinya disini akan merasakan liburan ke 121 pulau tersebut dalam satu kunjungan.

Keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Panambungan memang tidak bisa ditakar. Perpaduan dari semua hal yang terdapat di pulau ini sangatlah imbang untuk menghasilkan panorama alam menakjubkan. Mulai dari pasir putihnya yang terhampar luas dan warna air lautnya yang memanjakan mata sangat nyaman untuk dipandang. Dengan berlibur disini, wisatawan akan mendapatkan liburan yang mengesankan.

Selain pasir dan air lautnya pulau ini pun memiliki jejeran pepohonan yang akan menambah sejuk suasana. Jadi, wisatawan bisa menghabiskan waktu liburannya dibawah rimbun pepohonan yang sejuk. Oleh karena itu, pulau ini sangat cocok jika dijadikan sebagai area rekreasi bagi keluarga. Untuk Anda yang berada di Sulawesi Selatan, menyambangi pulau ini merupakan suatu hal yang harus Anda lakukan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Panambungan

Daya Tarik Pulau Panambungan
Image Credit: Google Maps Resty Tiny

Objek wisata ini merupakan sebuah pulau kecil eksotis yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya Kabupaten Pangkep. Walaupun ukuran pulau ini kecil, keindahan alam yang ditawarkannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya bukan mengherankan lagi kalau Pulau Panambungan ini selalu diberi julukan yang cantik. Hingga pantas saja kalau pulau kecil ini selalu dilirik oleh wisatawan.

1. Pemandangan Alamnya yang Memikat

Pulau yang terletak di Pangkep ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang tepiannya. Pasir putih ini semakin terlihat cantik dengan warna dari air lautnya yang memiliki perpaduan antara hijau dan biru. Tak sampai itu saja, deretan pepohonan pinus yang berdiri kokoh diatas pulau kecil ini juga menjadi daya tariknya tersendiri. Semua perpaduan ini mampu memikat wisatawan untuk datang.

2. Kekayaan Biota Lautnya yang Cantik

Keberagaman biota laut yang hidup dibawah pulau ini tidak kalah cantiknya dari panorama pulau itu sendiri. Dengan gugusan terumbu karang yang terlihat cantik di air jernihnya mampu menghipnotis siapapun saat menyelam disini. Wisatawan tidak akan menemukan sampah yang menyangkut diantara terumbu karang disini, karena kebersihan merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan oleh pengelola.

3. Tersedia Lokasi untuk Camping

Selain memiliki pemandangan alam yang memikat dan kekayaan biota lautnya yang cantik, Pulau Panambungan yang berlokasi di Pangkep ini juga memiliki lokasi camping. Sehingga sangat cocok untuk Anda pecinta camping yang mendambakan bermalam diatas pasir putih dengan semilir angin dan suara deburan ombak. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menginjakkan kaki di pulau kecil yang eksotis satu ini?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Panambungan
Image Credit: Google Maps david hae

Pulau Panambungan merupakan salah satu destinasi wisata alam pulau eksotis yang terletak di Kabupaten Pangkajene tepatnya Kecamatan Liukang Tupabiring. Pulau ini hanya berjarak 158 km dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan. Walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh, wisatawan tidak akan merasa kecewa ketika menginjakkan kakinya disini. Sebab, panorama alamnya begitu memikat mata.

Sebelum mempersiapkan semuanya untuk menyambangi pulau ini, wisatawan terlebih dahulu menghubungi pihak pengelola yang akan menawarkan beragam paket akomodasi yang bisa disesuaikan dengan budget. Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika wisatawan telah memesan saat hari sibuk, karena obyek wisata pulau kecil ini buka setiap hari dari hari Senin sampai hari Minggu selama 24 jam.

Ada dua akses jalan yang bisa dipilih oleh wisatawan untuk sampai ke pulau ini. Untuk wisatawan yang berasal dari Makassar bisa melewati jalur udara dimulai dari Bandara Paotere. Sedangkan untuk Anda para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda, bisa mencoba akses jalur laut yang dimulai dari Pelabuhan Paotere atau Pelabuhan Rakyat di Pangkep dan Maros. Jadi, wisatawan tinggal memilih.

Walaupun jalur yang dilalui tidak seperti biasanya dan jarak pulau dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan tergolong jauh, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Karena di sepanjang perjalanan, tepatnya perjalanan laut, wisatawan akan ditemani oleh pemandangan luasnya air laut yang jernih. Tak hanya jernih saja tetapi juga berwarna cantik, sehingga wisatawan tidak merasa bosan selama perjalanan menuju pulau.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Google Maps Susan Cintiani

Pulau Panambungan terletak lumayan jauh dari Kota Makssar. Walaupun jauh dan jalur yang ditempuh juga tidak biasa, keindahan yang pulau ini suguhkan seakan dapat membayar lelah dan waktu untuk menuju lokasi. Mulai dari pemandangan alam eksotis hingga keberagaman biota lautnya. Jadi jika membahas mengenai nominal harga tentu bukan merupakan hal yang perlu dipermasalahkan.

Tempatnya yang eksotis dengan perpaduan memikat mampu membuat siapa saja tertarik untuk menyambanginya. Dengan mempersiapkan dana sebesar Rp 300.000 wisatawan sudah bisa merasakan berlibur di pantai kecil dengan pemandangan eksotis. Nominal ini sudah termasuk transportasi dan biaya penginapan. Jadi, wisatawan yang tertarik tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya yang lainnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Panambungan

Aktivitas Seru Pulau Panambungan
Image Credit: Google Maps Susan Cintiani

1. Bersantai dengan Suasana Tenang

Satu hal yang sangat disayangkan dari Pulau Panambungan adalah tempatnya yang sepi, hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak terbuka untuk umum. Namun, lokasinya tidak ramai inilah yang menjadi kelebihan dari pulau ini dalam menciptakan suasana tenang. Wisatawan bisa bersantai diatas pasir putih sembari ditemani semilir angin yang dibawa dari pepohonan rindang lengkap dengan suasana tenang.

2. Snorkeling Diantara Kekayaan Biota Laut

Kekayaan biota laut yang hidup dibawah perairan laut dari pulau ini sangatlah memikat siapa saja untuk menyelam. Tempat yang paling sering digunakan sebagai area snorkeling para wisatawan ialah area di sekitar dermaga karena air lautnya sangat jernih dengan terumbu karangnya yang indah. Disini pun terdapat beragam jenis ikan-ikan cantik yang berenang diantara terumbu karangnya.

3. Camping Diatas Pasir Putih

Bagi wisatawan pecinta kegiatan camping, pulau ini merupakan tempat yang paling cocok. Sebab, wisatawan yang hendak merasakan camping disini telah disediakan area khusus untuk membangun tenda. Wisatawan bisa merasakan camping diatas pasir putih dengan semilir angin serta suara deburan ombak. Wisatawan pun bisa sembari melihat sunrise ataupun sunset saat bermalam di pulau kecil ini.

Penginapan Terdekat dari Lokasi Pulau

Penginapan Terdekat dari Lokasi Pulau
Image Credit: Google Maps Juan Karoma

1. Homestay Pak Mansyur

Penginapan ini berada di seberang dari Pulau Panambungan. Banyak wisatawan dari pulau ini yang menghabiskan waktu malamnya disini. Kegiatan bakar ikan merupakan suatu hal yang sering dilakukan dikala menginap disini. Penginapan ini memiliki desain bangunan sederhana dengan fasilitas yang cukup memadai. Bagaimana, tertarik untuk melepas lelah setelah berlibur disini?

2. Sederhana Penginapan

Penginapan ini berada di pinggir jalan Kabupaten Pangkajene. Lokasinya yang berada di pinggir jalan memudahkan pengunjungnya untuk mengakses beragam ruang publik. Selain itu harga yang dipatok permalam untuk menginap disini juga dinilai murah oleh pengunjungnya. Pemandangan yang disajikan tidak akan membuat kecewa pengunjungnya, karena menyuguhkan pemandangan persawahan.

3. Santri Guest House

Harga yang tergolong murah merupakan suatu hal yang bisa Anda temukan saat menginap di Santri Guest House. Lokasinya yang strategis tepatnya di tepi jalan Kabupaten Pangkep akan memudahkan pengunjungnya dalam berpergian. Dengan desain bangunan luarnya yang terlihat minimalis mampu memikat pengunjung untuk bermalam disini, apalagi ditambah dengan lokasinya yang ada di tepi jalan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Panambungan

Fasilitas Pulau Panambungan
Image Credit: Google Maps Susan Cintiani

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Pulau Panambungan sudah tergolong lengkap dan memadai. Mengingat beragam daya tarik yang dimiliki juga berdampak pada fasilitasnya yang semakin memadai seiring berjalannya waktu. Meskipun lokasi pulau ini berjarak cukup jauh dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan, pulau ini tidak mau ketinggalan dalam menyajikan fasilitas bagi para pengunjungnya.

Keberadaan area camping disini bisa digunakan oleh para pengunjungnya untuk melakukan kegiatan camping tanpa harus pusing memilih spot untuk mendirikan tenda, tentu dengan adanya fasilitas ini sangatlah memudahkan wisatawan. Beragam wahana permainan yang memacu adrenalin juga menjadi fasilitas dari pulau ini, seperti halnya flying fox dan jet ski yang bisa dicoba untuk yang bernyali besar.

Selain fasilitas area camping dan wahana yang memacu adrenalin, pulau kecil ini juga menyediakan akomodasi untuk menuju destinasi tujuan. Beragam jenis paket akomodasi disini bisa disesuaikan oleh budget para wisatawan. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki budget berlebih. Akomodasi yang disediakan sudah lengkap dengan biaya transportasi, tiket masuk, dan penginapan.

Demikianlah beberapa hal terkait Pulau Panambungan. Pesona eksotis yang disuguhkan disertai dengan kecantikan bawah lautnya menjadikan pantai ini selalu dilirik wisatawan pecinta wisata. Selain itu, keberadaan area camping yang memudahkan wisatawan dalam mendirikan tenda serta beragam wahana permainan yang memacu adrenalin dapat wisatawan temukan disini. Bagaimana tertarik kesini?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending