Pulau Kapoposang, Pangkep

Pulau Kapoposang, Pangkep

Lokasi: Kapoposan Bali, Kec. Liukang Tangaya, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan.
Map: Cek Lokasi

Banyak sekali pulau yang ada di Indonesia dan sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari sabang hingga merauke Indonesia telah memiliki pulau yang sangat eksotis dan memiliki surge tersendiri. Anda bisa berkunjung ke Pulau Sulawesi Selatan yang menawarkan banyak sekali pulau yang eksotis di daerahnya. Salah satunya adalah Pulau Kapoposang Pangkep yang terkenal dengan surga bawah lautnya. Yuk intip keindahan Pulau Kapoposang Pangkep berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kapoposang

Daya Tarik Pulau Kapoposang
Image Credit: Kapoposang.id

Pulau Kapoposang Pangkep menawarkan keindahan bawah laut yang sangat indah. Airnya yang jernih akan membuat Anda dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memukau. Anda bisa melihat terumbu karang dari berbagai jenis ikan yang eksotis. Perairan pulau ini juga sangat penuh dengan beragam ikan hias yang sangat berlimpah. Salah satunya adalah ikan badut atau nemo yang memiliki warna yang rupawan.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan nama pulau Kapoposang, hal ini karena pulau ini belum terjamah dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung. Pulau Kapoposang sendiri adalah nama sebuah pulau yang berada di perairan provinsi tersebut. Pulau ini menjadi salah satu gugusan pulau spemode yang sangat indah dan menawan. Kapoposang tidak memiliki luas yang luas seperti pulau lain di Sulawesi Selatan.

Meskipun demikian pulau ini memiliki pesona yang tak kalah hebatnya dengan banyak pulau di tanah air. Jika Anda bandingkan dengan pulau Raja Ampat mungkin pulau Kapoposang masih kalah, namun pulau ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan di sekitar pulau ini akan menampilkan air laut yang bersih dan bening. Selain itu hamparan laut berwarna biru laut yang sangat indah dan bisa melihat terumbu karang di bawah lautnya.

Daya Tarik Pulau Kapoposang Pangkep
Image Credit: Instagram.com @anggadiandry

Saat Anda menuju ke pulau ini Anda akan melihat pemandangan laut yang luar biasa ditambah dengan semilir angin yang menyapa wajah. Belum lagi pemandangan yang menyejukkan mata karena putihnya pasir dan hijaunya pepohonan di pulau Kapoposang tersebut. Hal ini tentu menciptakan sensasi yang sangat berbeda dan tak akan terlupakan bagi para wisatawan.

Pohon seolah olah melambai kepada para wisatawan yang masih berada di kapal perahu. Rerimbunan pohon cemara serta berbagai tetumbuhan juga akan terlihat menyelimuti pulau dengan warna hijau dedauan yang sangat menyejukkan. Saat Anda pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, maka Anda akan merasakan pasir putih yang sangat bersih dan bersahabat dengan kulit kaki.

Di saat sore hari menjelang Anda akan di suguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan mempesona. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang tak akan terlupakan bagi para wisatawan. Tak hanya sunset, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan sunrise yang tak kalah cantik. Apalagi ditambah dengan pemandangan birunya laut dan deburan ombak yang pelan dan menenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pulau Kapoposang

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pulau Kapoposang
Image Credit: Klanews.id

Pulau Kapoposang sendiri terletak di Desa Mattiro Ujung, Kecamayan Liukang Tupabiring Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Jika Anda ingin menuju ke pulau ini maka Anda harus menggunakan beberapa jalur pelayaran. Anda bisa memilih jalur pelabuhan Poetere Makassar atau Dermaga Maccini Baji di Kecamatan Lebakkang Pangkep. Di daerah Pangkep ini Anda akan menemukan kapal jollora yang disewa dengan harga terjangkau sesuai dengan kesepakatan penyewa.

Jika Anda melewati Makassar maka Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 6 jam untuk melakukan perjalanan. Namun jika Anda memilih jalur Maccini Baji maka akan membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Setelah sampai di pelabuhan, maka Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 30 menit untuk sampai di Pulau Kapoposang. Untuk harga sewa sendiri berkisar antara Rp. 500.000.-, oleh karenanya Anda harus mengajak banyak orang agar harganya murah.

Biaya Wisata ke Pulau Kapoposang, Pangkep

Biaya Wisata ke Pulau Kapoposang
Image Credit: Basohamdani.com

Karena masih asri dan tidak banyak dikenal oleh banyak orang, pulau ini masih jarang terjamah dengan orang asing. Sehingga bisa dipastikan jika pulau ini masih bersih dan sangat alami untuk disinggahi selama beberapa menit. Harga tiket masuk untuk Pulau Kapoposang ini tidak dipungut biaya apapun. Selain itu pulau ini memiliki akses selama kurang lebih 24 jam setiap harinya.

Namun Anda harus memperhatikan jam kerja dari pemilik kapal sehingga bisa mengantarkan Anda ke pulau tersebut. Meskipun murah, namun Anda harus membayar untuk menyewa kapal boats agar bisa menyebrang pulau. Selain itu Anda juga akan membutuhkan banyak biaya untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di pulau tersebut. Ajaklah banyak orang untuk berlibur ke pulau sehingga akan lebih menghemat kantong Anda.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Kapoposang

Kegiatan di Pulau Kapoposang
Image Credit: Instagram.com @tasykur_papphotocoffee

Memiliki pesona yang sangat indah, pulau ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang sangat memukau. Bagi Anda yang sangat menyukai snorkeling, maka Anda bisa menjadikan pulau ini menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak sekali ikan ikan kecil yang sangat indah dan lucu. Selain itu ada juga terumbu karang berada di bawah laut yang menjadi tempat tinggal bagi ikan ikan yang berkeliaran di terumbu tersebut.

Tak lebih dari 100 meter saja dari garis pantai, panorama bawah laut tersebut sudah bisa dinikmati. Ikan nemo atau badut banyak sekali ditemukan di bawah perairan pulau tersebut. Apalagi seringkali para wisatawan yang melakukan snorkeling akan menemukan hewan hewan langka yang berkeliaran di sekeliling terumbu karang. Pengalaman diving dan snorkeling di Pulau Kapoposang ini tentu tidak akan mudah terlupakan bagi semua wisatawan yang datang.

Selain itu Anda juga bisa bermain pasir putih dan membangun istana pasir yang sangat indah di tepi pantai. Kegiatan ini sangat cocok untuk para wisatawan yang datang berkunjung bersama dengan anak anak. Anda bisa menyaksikan anak bermain pasir sedangkan Anda berjemur di bawah terik matahari. Tak hanya itu Anda juga bisa berteduh di bawah pohon cemara dan kelapa sambil menikmati air kepala yang sangat menyegarkan dahaga.

Bersantai di bawah rerimbunan pepohonan sambil melepas pandangan ke jauh ke tengah laut. Pasir putih yang bisa dilihat di deretan bibir pantai ini akan menambah pemandangan pulau yang sangat memukau. Apalagi jika Anda menyaksikan ombak yang berdebur di area pantai, maka akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin rileks dan bisa melepas lelah setelah penat melakukan aktivitas.

Penginapan di Sekitar Pulau Kapoposang

Penginapan di Sekitar Pulau Kapoposang
Image Credit: Detik.com

Jika Anda ingin lebih puas untuk menikmati keindahan ala di bawah laut, Anda bisa menginap di area tersebut. Ada beberapa penginapan seperti cottage, bungalow serta villa lainnya yang bisa dipilih oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Di area ini juga tersedia sebuah rumah yang berukuran besar untuk para wisatawan rombongan lebih dari 10 orang. Untuk resort kecil Anda bisa menyewa dengan harga yang berbeda beda.

Untuk satu malamnya, penginapan ini akan disewakan mulai dari harga sekitar Rp. 250.000.- hingga satu juta rupiah. Harga ini tergantung dari ukuran ruangan serta fasilitas yang diberikan oleh masing masing ruangan tersebut. Semakin lengkap fasilitas sebuah kamar maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Namun Anda tidak akan rugi jika memutuskan untuk menginap di area pulau, karena bisa menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kapoposang

Fasilitas di Pulau Kapoposang
Image Credit: Halizacha.wordpress.com

Meskipun masin jarang dikunjungi oleh para wisatawan, namun fasilitas yang ada di Pulau Kapoposang sudah cukup lengkap. Anda akan menemukan penginapan dan beberapa toilet yang sudah disediakan oleh penduduk. Selain itu Anda juga akan menemukan rumah ibadah atau mushala lengkap dengan perlengakapan shalat yang sesuai.

Bagi Anda yang suka sekali melakukan snorkeling, maka Anda tidak perlu repot untuk membawa alat alat snorkeling. Karena pulau Kapoposang Pangkep memiliki pesona utama keindahan bawah laut, maka tidak heran jika Anda akan mudah untuk menemukan beragam peralatan snorkeling. Jika Anda belum puas untuk berkeliling di area pantai, maka Anda bisa menaiki kapal dan menyebrang menuju Pulau Gondang Bali yang tak memiliki pesona yang berbeda.

Itulah beberapa pesona yang dimiliki oleh Pulau Kapoposang yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, maka Anda akan menemukan pulau yang masih bersih dan asri serta bebas dari sampah. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan penat setelah bekerja selama beberapa bulan. Keindahan alam dan bawah laut yang ada di Pulau Kapoposang ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending