Pantai Cinta Takalar, Wisata Pantai Cantik untuk Bersantai Menikmati Sunset

Pantai Cinta Takalar, Wisata Pantai Cantik untuk Bersantai Menikmati Sunset
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Topejawa, Kec. Mangara Bombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Cinta memang menjadi destinasi wisata bahari di Takalar yang dapat menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Dengan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang, pengunjung dapat leluasa bermain air. Meski terkadang tiba-tiba air laut pasang, namun garis pantai sejauh 800 meter cukup luas sebagai tempat bermain dan meluangkan waktu di sekitar kawasan pantai.

Pantai ini memang mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar yang bergabung dengan kelompok sadar wisata. Dinas Pariwisata juga ikut membantu memberikan pembinaan. Pengembangan destinasi wisata ini bertujuan untuk menambah perekonomian bagi masyarakat di Topejawa, Takalar. Apalagi wisata pantai ini memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan.

Pengembangan kawasan pantai ini salah satunya dengan melengkapi berbagai sarana dan juga fasilitas-fasilitas untuk pengunjung. Adanya berbagai fasilitas akan membuat pengunjung lebih nyaman berada di kawasan pantai ini. Tidak heran, semakin berkembangnya fasilitas dan sarana membuat Pantai Cinta kini banyak didatangi pengunjung untuk berlibur bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cinta

Daya Tarik Dimiliki Pantai Cinta
Image Credit: Instagram.com @irpan_hasbikhatami

Pantai menawan ini memiliki daya tarik yang membuatnya menjadi wisata favorit pengunjung. Semakin dikembangkan oleh masyarakat sekitar, fasilitas dan sarana yang ada menjadi salah satu faktor banyaknya pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, pemandangan alaminya juga patut untuk dikunjungi. Berikut ini adalah daya tarik di Pantai Cinta ini.

1. Ombak Pantai

Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga dapat digunakan untuk berenang dan bermain air di perairan dangkal tanpa perlu khawatir akan terseret ombak. Anak-anak juga dapat berenang dan bermain air di sekitar pantai. Karena ombak dan lautnya yang cukup aman ini menjadi daya tarik pengunjung sebagai pilihan liburan keluarga.

Meski ombak cenderung tenang, namun terkadang air laut bisa tiba-tiba pasang sehingga perairan menjadi cukup dalam. Saat pasang, pengunjung harus lebih berhati-hati dan waspada. Sebaiknya pengunjung tidak terlalu bermain terlalu tengah, cukup di bibir pantai saja. Meski tidak berendam, air laut di bibir pantai dan pasir yang halus tetap menjadi daya tarik tersendiri.

2. Spot Menarik

Pantai Cinta memiliki banyak spot-spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu spot adalah payung berwarna-warni yang digantung dengan estetis sehingga tampak cantik dan menarik. Spot ini sekilas tampak seperti Pantai Kuta yang berada di Pulau Dewata. Karena itu, pantai ini bisa menjadi alternatif liburan tanpa harus jauh-jauh ke Bali.

Spot menarik lainnya adalah ayunan yang sangat cantik sebagai tempat mengambil foto. Ayunan yang berada di dekat bibir pantai ini memiliki bentuk yang khas pantai. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk merasakan duduk di ayunan ini dan berfoto. Jika tidak duduk di ayunan, pengunjung juga dapat duduk di kursi pantai dan bean bag yang tersedia.

Memang banyak juga kursi-kursi pantai dan bean bag di area pantai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Dengan warna-warna yang mencolok dan berwarna-warni, membuat pengunjung tertarik datang ke kawasan ini. Karena banyaknya spot-spot menarik inilah, Pantai Cinta memiliki daya tariknya tersendiri.

Daya Tarik Pantai Cinta
Image Credit: Instagram.com @rahayunaasrn_

3. Sunset

Daya tarik alami juga dimiliki selain spot buatannya. Sunset adalah keindahan alami yang banyak ditunggu oleh para pengunjung. Dari pantai ini, matahari dapat terlihat sangat jelas di antara lautan. Tampak sangat cantik dengan langit jingga kemerahan. Pengunjung biasanya datang pada sore hari untuk duduk bersantai sambil menunggu matahari terbenam.

Setelah matahari terbenam dan hari mulai gelap, kawasan pantai akan mulai dihiasi dengan lampu-lampu yang membuat suasana menjadi romantis. Pengunjung tidak perlu terburu-buru untuk pulang karena pemandangan pada malam hari tidak kalah indah. Ditambah pula dengan lampu-lampu dan suara deburan ombak yang membuat keindahan pada malam hari jadi sempurna.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Cinta

Alamat Pantai Cinta
Image Credit: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta tidak terlalu jauh dari Kabupaten Takalar. Jaraknya kurang lebih sejauh 15 kilometer saja. Anda hanya butuh waktu 30 menit perjalanan. Akses menuju ke lokasi pantai juga cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat untuk menuju ke pantai.

Anda dapat mengambil rute Jl. Poros Takalar – Jeneponto yang merupakan rute tercepat. Untuk perjalanan awal Anda mengambil arah barat laut ke Jl. Nuruddin Bontocinde. Kemudian Anda belok ke arah kanan menuju Jl. Poros Takalar – Jeneponto selanjutnya belok ke kiri di jalan yang sama. Lalu belok ke kanan sepanjang 2,9 kilometer sebelum belok ke kanan sedikit sampai ke lokasi.

Pantai ini dapat menjadi destinasi wisata bahari untuk berlibur bersama keluarga. Untuk masuk ke destinasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket Rp 5.000 saja per orang.

Dengan biaya masuk yang sangat murah meriah, Anda sudah dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan berfoto di spot menarik yang tersedia di Kawasan pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Cinta

Aktivitas di Pantai Cinta
Image Credit: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta menjadi destinasi wisata dengan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Berbagai sarana dan fasilitas yang memadai akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dengan aktivitas-aktivitas yang seru. Beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini seperti berikut.

1. Bermain Air

Ombak yang bersahabat membuat pengunjung dapat dengan leluasa bermain air. Aktivitas ini tentu menyenangkan dilakukan saat berlibur ke Pantai Cinta. Selain bermain air, Anda dan keluarga juga dapat berenang di air dangkal tidak jauh dari bibir pantai. Banyak sekali pengunjung yang membawa keluarga dan anak-anak untuk bermain dan berenang di pantai ini.

2. Menikmati Sunset

Menunggu sunset memang menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh pengunjung. Anda juga dapat datang ke pantai ini saat sore hari dan duduk untuk menikmati matahari yang terbenam. Cuaca yang cerah sehingga matahari yang tampak jelas di langit jingga tidak akan membuat Anda menyesal menunggu dan menikmati sunset di pantai ini.

3. Bersantai

Wisata ini sudah menyediakan kursi pantai dan bean bag untuk Anda bersantai menikmati pemandangan. Selain itu, sudah tersedia pula gazebo-gazebo sehingga Anda dan keluarga dapat duduk berkumpul sambil menikmati suasana pantai. Ada banyak pepohonan di sekitar gazebo, karenanya suasana menjadi terasa sejuk dan teduh.

4. Berburu Foto

Kegiatan satu ini tidak dapat dilewatkan begitu saja karena adanya spot-spot yang telah disediakan. Spot foto yang menjadi favorit pengunjung adalah cafe The Old Sunset. Di cafe ini tersedia berbagai spot foto seperti jembatan gantung, ranting-ranting yang ditata cantik, dan sebagainya. Jika Anda berkunjung ke Pantai Cinta, maka jangan lewatkan untuk mampir di cafe ini.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Murah di Pantai Cinta
Image Credit: Booking.com

1. Resort Wisata Pantai Topejawa

Penginapan ini merupakan yang paling dekat dari pantai. Kamar yang disediakan di resort ini sangat nyaman. Anda juga dapat melihat pemandangan pantai dan gunung. Fasilitas yang disediakan oleh resort ini juga tergolong lengkap. Anda akan pendapat fasilitas lahan parkir, kolam renang, dan juga akses ke pantai.

2. BATIKITE Resort

Penginapan ini berjarak kurang lebih 32 kilometer dari lokasi pantai, sekitar 42 menit perjalanan. Kamar penginapan sangat nyaman dan tersedia juga kamar mandi dengan shower dan air yang bersih. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, seperti parkir, kolam renang, dan juga sangat dekat dengan pantai.

3. Punagaya Guest House

Penginapan ini berada di Jeneponto, cukup dekat dengan lokasi pantai. Jaraknya hanya sekitar 22 kilometer atau 28 menit perjalanan saja. Dengan suasana yang nyaman, penginapan ini juga dekat dengan tempat-tempat umum seperti masjid, warung makan, dan minimarket. Fasilitas juga memadai, termasuk dengan AC di setiap kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cinta Takalar

Fasilitas Pantai Cinta
Image Credit: Google Maps (Muh Ritwan)

Pantai Cinta memiliki fasilitas yang akan memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Dengan ditunjang fasilitas dan sarana yang memadai, pantai ini menjadi tempat favorit untuk didatangi untuk berlibur. Salah satu fasilitas berupa gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersantai.

Tersedia juga spot-spot foto yang menarik. Payung yang digantung estetis membuat tempat ini banyak dilirik pengunjung. Ada banyak pula bean bag dan kursi-kursi pantai, serta lampu-lampu hias bagi pengunjung yang ingin menikmati pantai pada malam hari.

Pemerintah dari Kabupaten Takalar sendiri berencana membangun stan-stan untuk menjual makanan khas Takalar dan juga cinderamata. Stan-stan ini nantinya akan dikelola oleh kelompok sadar wisata. Pengembangan fasilitas seperti stan cideramata memungkinkan pengunjung untuk berburu oleh-oleh khas saat berkunjung.

Pantai Cinta di Takalar yang memiliki ikon payung-payung yang cantik semakin banyak pengunjung. Karena itu pengembangan fasilitas juga diperlukan agar pengunjung semakin nyaman berada di kawasan pantai. Spot yang tersedia sangat cocok untuk spot foto, ombak yang tenang juga menjadi wisata ideal keluarga untuk dapat bermain air dan berenang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending