Pulau Bokori Konawe, Pulau Eksotis & Pesona Keindahan Bawah Lautnya

Pulau Bokori Konawe, Pulau Eksotis & Pesona Keindahan Bawah Lautnya
Biaya Wisata: Mulai Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pulau Bokori merupakan pulau kecil di Sulawesi Tenggara yang menawarkan keindahan alam yang memukau mata. Tempatnya yang masih asri dan alami juga didukung dengan lingkungannya yang bersih dan terjaga. Tidak hanya menjadi destinasi wisata kecintaan wisatawan lokal, namun juga turis asing yang ingin mencari pengalaman liburan yang mengesankan.

Sebenarnya pulau ini merupakan wilayah perkampungan dari warga nelayan Suku Bajo. Mereka mulai menetap di pesisir pulau di pertengahan tahun 80an. Kemudian dengan adanya potensi, wisatawan mulai banyak datang untuk menikmati suasana pantai yang khas. Saat ini, tempat wisatawan di pulau ini mulai dikelola agar menambah daya tarik bagi pengunjung.

Memang sejak lama Pulau Bokori ini sudah terlihat memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata yang dapat diandalkan. Karenanya, pembangunan mulai digalakkan. Tidak seperti pulau-pulau lainnya, pulau ini didesain dengan pohon-pohon kecil dan dirawat oleh pemerintah Sulawesi Tenggara. Adanya pepohonan ini membuatnya tampak seperti pulau di tengah samudra yang tampak teduh.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bokori

Daya Tarik Dimiliki Pulau Bokori
Image Credit: Facebook.com @suaradotcom

1. Pulau yang Eksotis

Pulau ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Dengan air laut yang terus berhembus, membuat udara menjadi segar khas suasana pantai. Pulau Bokori juga dikelilingi dengan pasir putih, sedangkan air laut yang mengelilinginya berwarna biru jernih berada di bibir Teluk Kendari. Dengan upaya pemerintah, keindahan pulau ini semakin tampak menawan.

Pepohonan-pepohonan yang berjajar di sekitar pulau, karenanya pulau ini tampak teduh. Memang pepohonan ini sudah didesain sedemikian rupa, karena membuatnya tampak lebih indah. Pulau dengan pasir putih dan air laut biru ini tampak lebih indah dan terasa pantai tropisnya karena pepohonan-pepohonan ini.

2. Pemandangan Bawah Laut

Di perairan pulau ini hidup berbagai terumbu karang dan juga kehidupan lainnya, seperti ikan-ikan berwarna-warni yang menjadi daya tarik bagi pulau ini. Dengan berbagai macam spesies laut yang hidup di sekitar perairan ini, banyak wisatawan yang datang dan menyelam untuk melihat sendiri pemandangan laut yang indah.

3. Spot Menarik

Daya tarik yang paling populer di Pulau Bokori adalah wilayah sabana. Banyak pengunjung yang datang untuk bereksplorasi atau sebagai spot fotografi. Sabana tampak sangat indah dan unik, karenanya sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan. Selain itu, ada juga spot-spot menarik lain seperti bukit yang dapat didaki.

Sampai di puncak bukit, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah indah. Air laut yang biru jernih dan Desa Bajo akan terhampar di depan mata. Bungalow dan pepohonan yang banyak tersebar juga membuat pemandangan tampak lebih cantik. Ditambah lagi dengan pasir putihnya yang terhampar di sekitar pantai membuatnya lebih sempurna.

Daya Tarik Pulau Bokori
Image Credit: Google Maps (Bobby Kuen)

4. Hutan Mangrove

Di sekitar bibir pantai terdapat hutan mangrove. Wisatawan dapat menikmati kesegaran dari hutan mangrove ini dengan melewati jembatan yang menghubungkan ke sebuah gazebo di antara pepohonan mangrove. Menjadi daya tarik karena tempat ini dapat menjadi spot foto atau sekedar menikmati udara segar sambil melihat pemandangan.

5. Sunset

Tips terbaik untuk datang ke Pulau Bokori adalah saat siang hari dan cuaca sedang cerah sehingga wisatawan akan mendapatkan sunset yang keren. Tempat ini memang sangat strategis untuk melihat matahari terbenam. Keindahan sunset menjadi daya tarik tersendiri karena pemandangan pantai dan laut yang berpadu dengan langit sore memang sangat mengesankan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Bokori
Image Credit: Google Maps (RM Heriyatno)

Pulau Bokori terpisah dari daratan utama namun masih masuk wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Jika Anda dari Kota Kendari, maka Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau dengan menggunakan taksi.

Jaraknya kurang lebih 30 kilometer dengan waktu perjalanan 1 jam lamanya dengan mengambil Jl. R.E Martadinata. Sampai di Soropia, Anda dapat menggunakan perahu lokal untuk menyebrang.

Untuk menyebrang ke Bokori, perjalanan yang ditawarkan membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit saja. Akan banyak warga dari desa di sekitar Bokori yang akan menawarkan jasa penyebrangan sehingga Anda tidak akan kesulitan. Sampai di pulau, Anda sudah memasuki kawasan wisata dan dapat berkeliling dan menyusuri pulau.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Bokori

Biaya Wisata ke Pulau Bokori
Image Credit: Google Maps (Melan Rasalemon)

Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Bokori, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Buka setiap hari selama 24 jam, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya perjalanan saja. Perahu lokal yang akan mengantar ke pulau hanya perlu membayar tarif Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Jika membawa rombongan, Anda dapat menyewa kapal dengan tarif Rp 100.000.

Di kawasan pulau ini juga disediakan resort dan penginapan. Jika Anda ingin bermalam, Anda dapat menyewa kamar. Biaya sewa sendiri bervariasi. Anda dapat menyewa 1 rumah yang berisi banyak kamar dengan tarif Rp 1.500.000 dan jika menyewa resort bisa sampai Rp 2.000.000 per malam, namun tentu saja didukung dengan fasilitas dan sarana yang akan memanjakan Anda.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Bokori

Aktivitas di Pulau Bokori
Image Credit: Facebook.com @Determini07

Berada di Pulau Bokori, Anda tidak akan merasa bosan. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan. Tidak heran juga jika banyak wisatawan yang menginap di pulau ini berhari-hari karena memang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Karena itu, jika ingin melakukan banyak kegiatan di pulau ini, pastikan bahwa Anda memiliki waktu liburan yang cukup panjang.

1. Snorkeling

Snorkeling menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengunjung. Dengan air lautnya yang jernih, juga pemandangan bawah lautnya yang indah membuat tempat ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk kegiatan satu ini. Anda juga dapat mencobanya jika berada di pulau ini untuk mendapatkan liburan yang lebih seru.

2. Berburu Sunset

Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung adalah berburu sunset. kegiatan murah meriah, namun akan sangat berkesan. Pemandangan sunset yang indah akan membuat Anda betah duduk berlama-lama melihat pemandangan ditemani matahari terbenam. Jika Anda menyukai kegiatan fotografi, latar sunset akan menghasilkan gambar siluet yang indah.

3. Hammocking Bertingkat

Kegiatan ini akan lebih seru jika Anda datang bersama rombongan. Anda dapat menyusun hammock bersama teman atau keluarga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda lebih seru dan membuat suasana bersama rombongan menjadi lebih hangat.

Image Credit: Google Maps (Dian Irma Pratiwi)

4. Mencoba Berbagai Wahana

Di pulau ini telah tersedia berbagai wahana yang seru untuk dicoba. Jika Anda menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, Anda dapat mencoba banana boat atau jet ski. Ada pula kano jika Anda ingin merasakan menaiki perahu dan menikmati laut lebih dekat.

5. Berkeliling Pulau

Pulau Bokori memiliki beberapa spot yang dapat Anda kunjungi. Anda dapat berkeliling sekitar dan menemukan tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang berbeda. Sabana menjadi salah satu tempat favorit yang harus Anda datangi. Anda juga dapat menaiki bukit untuk melihat pemandangan desa dan lautan dari ketinggian.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Bokori
Image Credit: Traveloka.com

1. Zahra Syariah Hotel Kendari

Hotel ini menjadi penginapan dengan kamar yang nyaman dan menawarkan fasilitas yang memadai. Setiap kamar akan dilengkapi dnegan AC, minibar, serta kulkas. Tersedia juga WiFi gratis. Resepsionis juga tersedia selama 24 jam dan juga ada layanan kamar. Hotel ini juga menyediakan pusat kebugaran dan juga sarapan untuk Anda.

2. Claro Kendari

Hotel ini memberikan kenyamanan untuk Anda dengan fasilitas yang diberikan. Setiap kamar tersedia TV, minibar, dan Ac. Selain itu juga tersedia WiFi gratis untuk Anda. Selain menawarkan layanan resepsionis 24 jam, layanan kamar dan concierge, di hotel ini juga tersedia kolam renang dan sarapan untuk pengunjung.

3. Hotel Athaya

Hotel ini menyajikan pelayanan seperti rumah. Dengan fasilitas yang memadai sehingga membuat Anda menjadi lebih nyaman. Setiap kamar tersedia minibar, AC, WiFi gratis, dan meja. Selain itu juga terdapat pusat kebugaran serta sarapan gratis. Hotel ini juga strategis karena dekat dengan tempat-tempat umum.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Bokori

Fasilitas di Pulau Bokori
Image Credit: Google Maps (Utama Nur Ariputra)

Pulau Bokori sudah memiliki fasilitas yang memadai. Tersedia MCK yang bersih, juga kamar mandi untuk membersihkan diri. Tersedia juga gazebo-gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Terdapat juga café-café dan restoran serta toko suvenir di kawasan ini.

Selain spot foto alami, di kawasan ini juga sudah disediakan spot foto buatan. Dibangun oleh Dinas Cipta Karya, spot-spot dibuat sangat unik dan menarik perhatian. Tidak heran jika banyak pengunjung yang mengantri mengambil gambar.

Berbagai wahana juga disiapkan untuk membuat liburan Anda lebih seru. Jika Anda ingin bermalam, telah tersedia juga villa dan cottage. Anda dapat memilih penginapan dengan tarif yang beragam.

Pulau Bokori memang tidak luas namun sangat cantik. Pemandangan alam yang tersaji akan membuat Anda betah berada di sana. Tidak hanya itu, ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan. Dengan fasilitas dan wahana yang disediakan, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang seru. Anda akan mendapatkan liburan yang seru dan mengesankan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending