Pulau Labengki Konawe, Surga Bahari Tersembunyi yang Kaya Pesona

Pulau Labengki Konawe, Surga Bahari Tersembunyi yang Kaya Pesona
Biaya Wisata: Mulai Rp 1.000.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Labengi, Kec. Lasolo Kepulauan, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pulau Labengki adalah gugusan pulau yang secara geografis masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara. Kumpulan pulau-pulau dengan pemandangan hutan alam di sekitarnya serta perairan biru nan indah membuatnya mirip dengan wisata Raja Ampat di Papua sana.

Alhasil, banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini karena terbilang lebih dekat jika dari Pulau Jawa atau kota-kota besar lainnya dan biaya untuk berwisata di sana juga lebih murah. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang pulau yang satu ini, berikut adalah beberapa informasinya.

Akan ada informasi tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan selama berada di Pulau Labengki, rute menuju ke pulau dan juga daya tarik apa saja yang membuat pulau ini begitu diminati sebagai salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Sebelum berpetualang ke sana, sebaiknya baca dulu informasinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Labengki

Daya Tarik Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps PODCAST TV Official

Ada banyak daya tarik yang bisa ditemukan di Pulau Labengki. Inilah mengapa pulau ini digadang-gadang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia di tahun-tahun yang akan dating. Jika penasaran tentang apa saja yang menarik di pulau ini, simak daftarnya di sini.

1. Mirip Raja Ampat

Hal yang paling menarik dari pulau ini adalah kemiripannya dengan Raja Ampat, Papua. Ya, dilihat sekilas, gugusan pulau di sini memang mirip dengan Raja Ampat. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Papua sana, wisatawan bisa lebih hemat secara akomodasi dan biaya di sini.

2. Biota Lautnya Beragam

Snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut adalah hal wajib di sini. Mengapa? Karena tempat ini memang biota lautnya luar biasa. Selain jenis ikan-ikan eksotis dan terumbu karang, kita juga bisa melihat aneka makhluk laut lainnya saat snorkeling.

3. Masih Tergolong Sepi dan Asri

Pulau ini tidak terlalu padat wisatawan dan masih terbilang asri. Jika kita mengunjungi pulau ini tidak saat high season atau pada musim liburan, maka kita akan serasa berada di pulau pribadi. Tempatnya masih sepi, tenang, dan tentu saja asri pemandangannya.

4. Dihuni Suku Bajo

Suku Bajo adalah penduduk lokal di pulau ini. Kehidupan Suku Bajo sangat menarik dan unik untuk ditelusuri. Mereka juga sangat senang terhadap wisatawan sehingga mereka suka jika wisatawan mengajak mereka berinteraksi atau mengunjungi rumah mereka.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps Mochammad Nur Hadi

5. Teluk Cinta Pulau Labengki

Salah satu hal paling menarik adalah adanya teluk berbentuk hati. Ya, teluk ini kerap disebut dengan “teluk cinta” karena bentuknya yang unik ini. Teluk cinta sangat cantik jika dinikmati dari ketinggian dan wisatawan biasanya harus naik ke bukit (trekking) untuk melihatnya.

Wisatawan juga bisa menggunakan drone untuk melihat teluk cinta dengan jelas. Teluk dengan bentuk nan unik ini menjadi salah satu spot yang dianggap wajib dilihat dan dikunjungi di saat berada di kawasan mini Raja Ampat ini.

6. Pantai Pasir Merah

Di Pulau Labengki terdapat beberapa pantai, salah satunya adalah pantai Pasir Merah. Pantainya diberi nama seperti ini karena jika dilihat sekilas atau dari kejauhan, pasir di pantai ini memang terlihat kemerahan dan seperti warna-warna oranye. Tentu saja hal ini sangat indah dan menarik dipandang mata.

7. Banyak Gua dengan Stalagmit

Bagi yang tertarik pada kegiatan menyusuri gua, ada banyak gua dengan stalagmit yang indah di berbagai sudut pulau ini. Gua-gua ini memiliki bentuk yang unik dan eksotis untuk dipandang. Sangat wajib dikunjungi setiap kita datang ke pulau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Lokasi Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps PODCAST TV Official

Untuk rute menuju pulau eksotis ini, kita bisa berangkat dari Kota Kendari. Dari Kota Kendari, kita akan menuju ke Kabupaten Konawe dengan menempuh perjalanan darat. Jika lancar, perjalanan bisa ditempuh dalam kurun waktu satu jam.

Dari Kabupaten Konawe ke Pulau Labengki, perjalanan harus dilanjutkan dengan kapal. Biasanya, perjalanan laut ini akan memakan waktu kurang lebih tiga sampai empat jam. Tapi tenang saja, pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah dan tidak akan membosankan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps PODCAST TV Official

Biaya wisata ke pulau ini terbilang beragam, tergantung dengan jenis wisata apa yang kita ambil. Jika kita berwisata ala backpacker, maka kita bisa menekan biaya wisata seminim mungkin. Namun, jika kita mengambil paket-paket wisata, biasanya untuk tour 2 hari 3 malam, tentu harganya lain.

Rata-rata biaya yang dipatok adalah sekitar 1-2 juta rupiah. Harga ini biasanya adalah harga untuk open trip atau wisata ramai-ramai dalam rombongan. Jika untuk private trip atau wisata intim sekeluarga atau dengan pasangan saja, harganya menjadi jauh lebih mahal, sekitar 5 jutaan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Labengki

Aktivitas di Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps Djai Yen

Bagi wisatawan yang ingin merencanakan trip atau wisata ke Pulau Labengki, jangan lupa masukkan daftar kegiatan di bawah ini. Semua hal-hal menarik ini bisa dilakukan di pulau ini dan tentunya akan membuat liburan di pulau ini semakin tidak terlupakan. Ini dia daftarnya:

1. Snorkeling

Snorkeling bisa dibilang salah satu hal paling wajib bagi wisatawan yang datang ke pulau ini. Kapan lagi kita bisa menikmati pemandangan bawah laut jika tidak sedang snorkeling di sini. Biota lautnya lengkap dan arus ombaknya juga tidak begitu kencang sehingga aman untuk yang masih amatir.

2. Berenang Bersama Lumba-Lumba

Jika beruntung, ketika kita menjelajah perairan di pulau ini, kita bisa bertemu dengan kawanan lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Ya, perairan pulau ini memang kerap dilewati oleh kawanan lumba-lumba yang tentunya akan menjadikannya salah satu pemandangan paling menarik dan tak terlupakan.

Aktivitas Seru di Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps Jelajah Sultra

3. Trekking

Suka kegiatan outdoor? Jika iya, kitab isa melakukan banyak hal di pulau ini, salah satunya adalah trekking. Mendaki perbukitan yang ada di sini memang harus dilakukan karena pemandangan sekitarnya sangat indah dan kita akan dihadiahi dengan pemandangan luar biasa ketika sudah sampai di atas bukit.

4. Wisata Sejarah

Di Pulau Labengki ada mercusuar yang sangat terkenal dan menjadi titik di mana banyak wisatawan ingin mengunjunginya. Mercu suar ini sudah ada sejak jaman Belanda dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Lokasinya juga cukup menarik untuk difoto.

5. Mengunjungi Konservasi Kerang Kima

Di pulau ini terdapat konservasi untuk aneka jenis kerang, termasuk kerang kima yang terbilang langka. Inilah mengapa wisata konservasi juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan di tempat ini. Bagi yang memang tertarik pada konservasi hewan langka dan ingin mendalami tentang Kerang Kima banyak sekali fasilitas yang bisa memenuhi keinginan tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps Irene Kuntjoro

Akomodasi merupakan salah satu hal penting yang tentunya harus dipikirkan ketika kita akan mengunjungi pulau eksotis ini. Untungnya ada banyak resort, cottage, hotel, homestay dan segala macam bentuk akomodasi lainnya di sini. Beberapa yang terdekat adalah:

1. Labengki Beach Hut

Bagi para backpackers atau mereka yang mengunjungi pulau ini dengan dana sedikit, pilihlah penginapan kecil-kecil dan eksotis, salah satunya adalah Labengki Beach Hut. Penginapan pinggir pantai ini sangat unik dan harganya juga murah, kurang lebih 400-500 ribu saja per malamnya.

2. Kimaboe Lagoon Cottage & Villa

Salah satu penginapan paling terkenal di kawasan pulau adalah Kimaboe Lagoon Cottage and Villa. Lokasinya cukup strategis dan fasilitasnya komplit. Dari penginapan ini, kita bisa melihat pemandangan yang indah langsung dari kamar masing-masing.

3. Labengki Nirwana Resort

Bagi yang ingin santai dan relaksasi di pulau ini, tenang saja, ada banyak sekali resort yang terdapat di kawasan ini, termasuk Labengki Nirwana Resort salah satunya. Fasilitasnya terbilang komplit dan mewah. Cocok sekali untuk pasangan yang tengah berbulan madu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pulau Labengki
Image Credit: Google Maps Thomas Tjhong

Pulau Labengki memang sudah diproyeksi menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, terutama di Indonesia bagian Timur. Inilah mengapa sudah banyak juga fasilitas yang terdapat di pulau ini, termasuk aneka jenis penginapan dan juga fasilitas publik seperti toilet umum.

Suku Bajo sebagai penduduk lokal dari pulau ini juga sudah berorientasi ke wisatawan. Mereka membuka rumah mereka untuk kunjungan wisatawan dan membuat aneka ragam souvenir dan oleh-oleh yang dijual di berbagai sudut pulau ini.

Jadi, pada intinya, tak perlu takut akan kurangnya fasilitas karena di pulau ini fasilitas untuk menopang kebutuhan wisatawan sudah cukup banyak dan memenuhi. Hal ini tentu menjadi poin plus untuk membuat pulau eksotis ini semakin populer di kancah pariwisata Indonesia.

Itu dia tadi beberapa hal yang wajib diketahui oleh para wisatawan yang akan melakukan trip ke pulau nan indah ini. Pulau ini terbilang unik dan menarik, sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata saat hari libur Panjang atau saat ingin melepas penat. Keindahan Pulau Labengki memang tiada tanding.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending