Pulau Oar, Serang

Pulau Oar, Serang

Lokasi: Kertajaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.
Map: Cek Lokasi

Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga terdiri atas banyak pulau dan perairan. Oleh sebab itu, tidak heran jika memiliki banyak keindahan alam yang patut dicoba dan dikunjungi saat berlibur bersama orang tersayang. Terletak di ujung pulau Jawa, Banten ternyata memiliki berbagai kekayaan alam seperti di Ujung Kulon yang memiliki hewan langka. Tidak hanya itu, di sana juga ada pulau tak berpenghuni yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mari simak di sini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Oar

Daya Tarik Pulau Oar
Image Credit: Watahilaharis.wordpress.com

Setiap tempat tentu memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dan mampu menarik hati pengunjung untuk menikmati suasananya. Keunikan dari pulau di Ujung Kulon ini adalah tidak ada penduduk yang menempati, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat menyepi dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Jika kamu orang yang terbiasa tinggal di kota yang padat tentu akan sangat mengasyikkan jika mengunjungi pulau tidak berpenghuni satu ini.

Selain menghibur diri dan mencari energi baru, kamu dapat beristirahat dari padatnya orang ataupun suasana yang ramai. Menikmati kesunyian memang paling tepat ditemani dengan debur ombak yang merdu serta menenangkan hati. Ombak pantai ini tidak hanya merdu, tetapi juga tenang sehingga sangat aman untuk bermain anak anak. Ombak seperti ini yang menjadi incaran banyak orang karena mampu memberikan ketenangan bagi para pengunjung pantai.

Daya Tarik Pulau Oar Serang
Image Credit: Arterinews.com

Setiap tempat memerlukan keindahan visual karena masyarakat zaman sekarang tidak lengkap jika tidak berfoto foto. Kamu dapat memperolehnya dari keindahan alam Pulau Oar karena lanskap pantai yang indah dengan garis berwarna biru di batas cakrawala. Pantai yang tenang dan indah, siapa yang dapat melewatkan pemandangan indah satu ini? Terutama jika ditambah dengan pasir putihnya yang lembut, tidak akan mampu menolak tawaran wisata ke tempat satu ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Oar

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Oar
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pulau Oar mungkin belum cukup familiar di telinga beberapa masyarakat Indonesia karena belum banyak yang mengetahui keberadaan lokasinya. Padahal di tempat tersebut ada dua pulau yang menawarkan berbagai keindahan alam serta fasilitas yang memadai. Kamu dapat mengajak orang orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama di tempat indah ini. Lokasinya berada di Banten tepatnya Ujung Kulon di kabupaten Pandeglang.

Dari pusat kota Serang membutuhkan perjalanan sekitar 5 jam dengan kendaraan darat. Kamu dapat mengendarai mobil, jika berlibur dengan anggota keluarga yang cukup banyak. Akan tetapi, bagi para pecinta touring akan lebih menyenangkan jika memakai sepeda motor dengan orang tersayangnya. Setelah itu, perjalanan arahkah ke Labuan dengan tujuan desa Sumur lalu parkirlah kendaraanmu di area parkir pelelangan ikan atau di halaman rumah rumah warga.

Dari desa Sumur, kamu harus melakukan penyeberangan agar sampai di tujuan akhir dengan cara menaiki perahu. Terdapat dua pilihan perahu, yaitu pertama menyewa perahu nelayan untuk pulang pergi dan kedua menumpang di perahu nelayan untuk kapasitas 10 orang. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk menyerang ke pulau Oar Serang. Setelah itu, kamu akan sampai di pulau yang sangat cantik dengan lanskap indah di pantainya.

Biaya Wisata ke Pulau Oar, Serang

Biaya Wisata ke Pulau Oar
Image Credit: Fatahilaharis.wordpress.com

Beberapa destinasi wisata yang belum banyak dikunjungi orang memang belum dikelola dengan baik. begitu pula dengan pulau yang berada di Ujung Kulon satu ini, tetapi tidak perlu khawatir mengenai kebersihannya karena dipastikan bersih. Yang harus ditingkatkan adalah kesadaran pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan karena telah tersedia tempat sampah di setiap sudut wisata. Kamu dapat turut menjaga wisata ini meskipun belum ada pengelolaan.

Wisata yang belum dikelola ini tampak dari tidak adanya tarif tiket masuk yang dikenakan pada pengunjung. Para wisatawan hanya diharuskan membayar biaya penyeberangan kepada para nelayan yang menyewakan perahunya. Kamu dapat menyewa perahu untuk pulang pergi dan izin camping seharga 500 ribu rupiah dengan kapasitas 9 orang. Sedangkan jika hanya menyewa perahu untuk pulang pergi, kamu hanya dikenakan biaya 250 ribu rupiah dengan kapasitas 10 orang.

Kegiatan Menarik di Pulau Oar

Kegiatan Menarik di Pulau Oar
Image Credit: Dispar.bantenprov.go.id

Sebelum memasuki pulau Oar, kamu akan dapat pengalaman menarik dengan menaiki perahu yang berkapasitas 9 sampai 10 orang. Jika kamu berlibur dengan orang yang sedikit tentu akan bergabung dengan wisatawan lainnya, sehingga memungkinkan untuk kenal dengan orang lain. Selain itu, kamu dapat berbincang bincang dengan nelayan atau orang lokal dan mendapat berbagai informasi. Akan menjadi pengalaman pertama menaiki perahu nelayan selama 20 menit.

Trekking menjadi kegiatan yang dapat kamu lakukan di sekitar lokasi pantai karena pulau ini seluas 5.2 meter persegi. Tidak terlalu luas, tetapi cukup menyenangkan jika kamu menjelajah sekitar dengan berjalan kaki. Kamu dapat menemukan semak belukar, hutan, bahkan hutan bakau yang sangat terjaga ekosistemnya. Banyak pantai di Banten yang telah tercemar, tetapi Pulau Oar ini menjadi destinasi yang cukup asri dan terjaga, sehingga air pantainya pun masih jernih.

Lelah berjalan jalan, kamu dapat duduk di bawah sinar matahari yang hangat atau bahkan tidur di atas pantai yang halus. Menikmati pemandangan gradasi warna biru di laut lepas tentu tidak dapat kamu peroleh setiap saat, sehingga memiliki waktu emas ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Pastikan meluangkan waktu untuk duduk di atas pasir halus sambil menikmati pantai dan sinar matahari yang hangat. Sebelumnya tentu harus memakai sun block agar tidak terbakar.

Air laut yang jernih membuat salah satu pantai di Ujung Kulon ini menjadi daya tarik yang cukup unik dan menarik. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain air di pantainya seperti berenang atau sekadar berjalan jalan di bibir pantai. Ombak pantai indah ini juga tidak terlalu besar, bahkan cenderung tenang sehingga sangat aman untuk kamu yang ingin berenang. Gunakan pelampung dan pengamanan agar tidak tenggelam saat bermain air.

Kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan lainnya adalah snorkeling di pantai indah berwarna biru cerah ini. Pastikan meluangkan waktu untuk menikmati keindahan terumbu karang, ikan, dan berbagai kekayaan bawah laut dari Pantai Oar di Banten ini. Snorkeling ini dapat dilakukan dengan membawa peralatan sendiri, tetapi kamu juga dapat menyewa alat snorkel, pelampung, dan fins dengan membayar 45 ribu rupiah. Kegiatan ini dibandrol dengan harga terjangkau.

Penginapan di Pulau Oar

Penginapan di Pulau Oar
Image Credit: Indonesiakaya.com

Beberapa orang yang menyukai camping dapat mendirikan tenda dan menikmati malam hari di pulau Oar bersama rombongan. Perizinan untuk mendirikan tenda tersebut dapat digabung dengan menyewa perahu untuk pulang pergi. Selain itu, tersedia pula saung saung kecil untuk menginap dengan harga sekitar 100 ribu rupiah tiap malam. Saung tersebut dapat memuat beberapa orang, sehingga kamu pun lebih hemat untuk biaya penginapan.

Selain dua fasilitas tersebut, pulau tidak berpenghuni ini tidak menyediakan penginapan tetapi di sekitarnya terdapat pulau Umang. Pulau ini menyediakan Umang Resort yang memberikan harga 1,2 juta rupiah per malam untuk kategori suite room. Pemesanan dapat dilakukan sejak kamu merencanakan berlibur karena dikhawatirkan tidak ada kamar kosong. Terutama jika berlibur di akhir pekan atau peak season yang menyebabkan pengunjung meningkat.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Oar

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Oar
Image Credit: Dispar.bantenprov.go.id

Pulau yang menawarkan keindahan alam luar biasa ini memberikan kemudahan kepada para wisatawan karena dapat memilih parkir di area rumah warga. Harga yang dipatok tidak mahal bahkan kamu dapat memberikan biaya parkir seikhlasnya. Tersedia penyewaan peralatan untuk snorkeling dengan harga yang terjangkau, sehingga tidak merogoh kocek yang terlalu dalam. Selain itu, tersedia saung untuk beristirahat sejenak ataupun bermalam.

Setiap wisata tentu harus menyediakan wc yang memadai karena dapat dipakai untuk mandi atau membersihkan diri, setelah bermain air di pantai. Yang paling menakjubkan tentu keindahan alam, sehingga manusia dapat mendekatkan dengan alam. Salah satu contohnya dengan bermalam di saung atau tenda. Kedua dapat membawa bekal makan siang dan makan bersama di area wisata agar lebih dekat dengan orang tersayang.

Berlibur bersama keluarga memang sangat menyenangkan, terutama jika mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi. Pulau di Ujung Kulon ini menjadi salah satu destinasi yang patut dikunjungi karena masih asri dan tak berpenghuni. Fasilitas yang tersedia, saung untuk tempat menginap pengunjung dan penyewaan snorkeling. Yang paling penting dan harus diingat adalah setiap wisatawan harus menjaga kebersihan agar destinasi wisata ini tetap asri.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending