Pantai Florida Anyer, Pantai Indah dengan Panorama Sunset yang Memesona

Pantai Florida Anyer, Pantai Indah dengan Panorama Sunset yang Memesona
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Daerah Banten memang dikenal dengan kawasan yang memiliki wisata alam berupa pantai. Kawasan pantai yang ada di daerah Banten bukan hanya satu saja, namun ada beberapa. Tidak jarang masyarakat ibu kota mendatangi kawasan pantai disana untuk menghilangkan penat maupun beban pikiran yang dirasakan karena aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.

Pantai Florida termasuk salah satu wisata pantai di daerah Banten yang menyimpan daya tarik tersendiri dibandingkan dengan wisata pantai lainnya. Pantai tersebut kerap dikunjungi oleh wisatawan baik dari masyarakat ibu kota maupun masyarakat luar daerah. Tidak kalah indahnya dengan pantai yang lain, sehingga pantai cantik ini selalu padat pengunjung.

Tidak bisa dipungkiri bahwa suasana disana memang sangat tenang dan damai. Bahkan, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi terkenal dengan keramahannya. Tidak heran jika wisata pantai tersebut menjadi destinasi favorit para wisatawan. Fasilitasnya cukup lengkap, aksesnya mudah, lokasinya strategis, masyarakat setempat ramah, dan panoramanya indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Florida

Daya Tarik Pantai Florida
Image Credit: Google Maps saefullah _14

Beberapa kawasan wisata pantai di daerah Banten memiliki daya tariknya masing-masing. Wisatawan yang hobi jelajah pantai disana pasti mengetahui apa saja daya tarik yang disuguhkan oleh masing-masing pantainya. Pantai bernuansa romantis ini mempunyai beberapa daya tarik yang mampu memikat hati para wisatawan antara lain.

1. Memiliki Nama yang Mirip dengan Ibukota Miami, Amerika Serikat

Salah satu pantai yang berada di daerah Banten ini terdengar menarik karena memiliki nama Pantai Florida. Florida sendiri merupakan ibukota Miami, salah satu pulau yang ada di Amerika Serikat. Sebagian wisatawan yang mendengar nama pantai ini namun belum pernah mengunjunginya secara langsung pasti merasa penasaran.

Memang benar bahwa nama ‘Florida’ yang disematkan di pantai tersebut bukan hanya sembarang nama saja. Dinamakan ‘Florida’ karena panorama yang disuguhkan mirip dengan pantai yang ada di Amerika. Pasir pantainya putih dan bersih. Bahkan, saat musim panas, air pantai disana tampak begitu jernih dan bersih.

2. Memiliki Fasilitas Beberapa Wahana Air

Daya tarik selanjutnya adalah dari segi fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Saat berkunjung ke pantai yang mirip dengan pantai di daerah Florida, AS tersebut para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik. Selain berenang, para wisatawan juga difasilitasi dengan beberapa wahana air.

Adapun beberapa wahana air yang dimaksud adalah Banana Boat, selancar, hingga snorkeling. Area Pantai Florida begitu luas sehingga para wisatawan bisa bebas beraktivitas dengan memanfaatkan fasilitas beberapa wahana air yang disediakan ole pihak pengelola pantai. Untuk anak-anak tetap harus di bawah pengawasan orang tua.

3. Menyajikan Pemandangan Sunset yang Berbeda dengan Pantai Lainnya

Pantai Florida terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang sangat indah. Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi pantai cantik ini ketika sore hari. Suasana romantis akan menyapa setiap wisatawan yang berkunjung saat hari sudah menjelang sore. Yang menarik adalah letak matahari yang tenggelam di pantai tersebut.

Mayoritas deretan pantai di daerah Banten menyuguhkan pemandangan sunset atau matahari tenggelam dengan posisi matahari yang berada di sebelah kiri. Berbeda dengan pantai romantis ini yang menyuguhkan pemandangan unik berupa matahari tenggelam dengan posisi matahari berada tepat di tengah-tengah pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Florida
Image Credit: Google Maps Lucas Steffen

Pantai terindah di daerah Banten ini berlokasi di Kota Serang, tepatnya di Kecamatan Sindanglaya. Letaknya adadi Desa Ciparay, tepat di tengah-tengah antara Pantai Pasir Putih Sirih dan Pantai Karang Bolong. Pantai nan cantik ini sangat dekat dengan Hotel The Acacia Anyer sehingga para wisatawan bisa menjadikan hotel ini sebagai patokan jalan ke lokasi.

Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jaraknya hanya sekitar 130 kilometer saja dari Jakarta dengan watu tempuh perjalanan kurang lebih 2,5-3 jam. Sementara itu, jarak dari pusat Kota Serang, Banten adalah sekitar 47 km dengan waktu tempuh perjalanan hampir 2 jam.

Para wisatawan yang berangkat dari Jakarta menuju ke Pantai Florida bisa melalui dua rute. Rute pertama adalah dari Jakarta menuju ke Serang dengan melewati Tol Jakarta-Merak. Selanjutnya mengambil jalur yang mengarah ke Kota Palima. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Batukuwung. Lokasi pantai tidak jauh dari Batukuwung.

Sementara itu, rute kedua yang bisa ditempuh dari Jakarta adalah melalui Tol Jakarta-Merak dan menuju ke Kota Serang. Selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kota Pandeglang hingga sampai ke Labuan. Ikuti petunjuk arah karena lokasi pantai tidak jauh dari Labuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Florida
Image Credit: Google Maps Anissa Abdurahman

Untuk harga tiketnya termasuk terjangkau sehingga tidak memberatkan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai tersebut. Setiap pengunjung pantai akan diminta tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang. Selain itu, jika para wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir Rp 10ribu untuk motor dan Rp 30ribu untuk mobil.

Namun, jika para wisatawan datang bersama rombongan menggunakan bus, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 500ribu hingga Rp 1 juta yang sudah termasuk dengan tiket masuk ke kawasan pantai. Apabila para wisatawan ingin menikmati suasana di pinggir Pantai Florida, bisa menyewa tikar dengan membayar biaya sewa kurang lebih Rp 25 ribu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Florida

Aktivitas di Pantai Florida
Image Credit: Facebook BPBD Kabupaten Serang

1. Duduk-duduk Menikmati Suasana di Pinggir Pantai

Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi pantai cantik ini hanya untuk melepaskan penat. Di sekitar pantai terdapat beberapa tempat penyewaan alas tikar dengan biaya sewanya sekitar Rp 25 ribu. Para wisatawan yang ingin menikmati semilir angin sepoi-sepoi dan mendengarkan suara ombak di tepi pantai bisa menyewa alas tikar disana.

2. Bermain Banana Boat

Sementara itu, para wisatawan yang ingin beraktivitas dengan bermain berbagai wahana air disana juga akan terfasilitasi dengan baik. Keseruan akan didapatkan dengan bermain banana boat. Balon berbentuk pisang tersebut dapat dinaiki oleh 4-5 orang dan ditarik dengan menggunakan perahu cepat sehingga menguji adrenalin.

3. Bermain Selancar

Selain banana boat, para wisatawan juga bisa menggunakan fasilitas wahana air berupa selancar. Di kawasan pantai disediakan penyewaan papan selancar. Ombak Pantai Florida memang tidak begitu besar, akan tetapi para peselancar cukup puas berselancar disana. Pantai ini termasuk aman untuk belajar selancar bagi para pemula.

4. Berenang

Pihak pengelola pantai menyediakan peralatan renang yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk berenang. Air lautnya cukup tenang sehingga tergolong aman untuk digunakan berenang. Menariknya, para wisatawan juga bisa menyelam ke dasar laut dengan menggunakan alat penyelaman supaya aman.

Aktivitas Dilakukan Pantai Florida
Image Credit: Google Maps Nyai Nurjanah

5. Bermain ATV

Jika para wisatawan tidak ingin bermain air, di kawasan pantai terdapat fasilitas penyewaan ATV yang bisa dimanfaatkan. ATV bisa dikendarai dengan menyusuri sepanjang tepi pantai. Tentu saja aktivitas ini tidak kalah serunya dengan bermain wahana air sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba ATV ini.

6. Berolahraga dan Bermain di Tepi Pantai

Para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas olahraga seperti voli pantai, sepak bola, hingga bermain membangun kastil menggunakan pasir pantai. Pantainya termasuk luas membentang sehingga banyak digunakan oleh para wisatawan untuk berolahraga maupun bermain pasir di tepi Pantai Florida.

7. Hunting Foto

Karena pantainya cantik, maka banyak wisatawan yang hobi fotografi mengunjungi pantai ini untuk hunting foto. Di setiap sudut pantai menyajikan panorama yang estetik. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang melakukan sesi foto prewedding disana. Lautan biru berpadu dengan pasir putih menjadi latar belakang foto yang indah.

8. Menikmati Keindahan Matahari Tenggelam

Semburat langit senja yang berwarna kuning dan oranye menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan penikmat senja. Matahari tenggelam disana cukup unik karena posisi matahari ada di tengah-tengah pantai. Sementara itu sunset di pantai lainnya biasanya posisi matahari berada di sebelah kiri pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Florida
Image Credit: Google Maps Idham Dahlan

Kawasan Pantai Florida tidak hanya dikenal dengan panorama pantainya yang mirip dengan pantai di wilayah Florida, AS saja. Namun fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap sehingga para wisatawan merasa terfasilitasi dengan baik.

Para wisatawan yang ingin mencoba bermain wahana air bisa memanfaatkan fasilitas wahana air seperti banana boat, papan selancar untuk bermain selancar, hingga perlengkapan penyelaman untuk menyelam.

Selain itu, ada juga penyewaan tikar, area parkir yang luas, warung makan, toilet, tempat ibadah, hingga kamar mandi. Para wisatawan juga bisa menikmati keseruan dengan bermain ATV maupun berolahraga seperti voli pantai atau sepak bola.

Berwisata ke Banten tidak perlu memusingkan perkara destinasi wisatanya. Dengan mengunjungi Pantai Florida ini, para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik hingga duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan menenangkan pikiran dengan mendengarkan deru ombak.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending