Pantai Karang Bolong, Serang

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Wisata bahari ke Banten, tak lengkap jika tak mengunjungi Pantai Karang Bolong di Serang. Pantai ini memiliki keunikan pada tebing karangnya yang berlubang cukup besar dan membentuk seperti goa.

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang.
Map: Cek Lokasi

Berlibur menjadi kegiatan yang harus diagendakan dan memang menjadi kebutuhan. Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu tujuan wisata yang tak pernah sepi adalah pantai. Di Serang, terdapat pantai eksotis yang dikenal dengan Pantai Karang Bolong. Jika Anda sedang singgah di kota Serang, tak ada salahnya untuk singgah dan menikmati keindahannya. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karang Bolong

Daya Tarik Pantai Karang Bolong
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Karang Bolong bagaikan magnet yang menarik perhatian banyak wisatawan, terutama pecinta bahari. Dan yang menjadi magnetnya adalah tebing yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Inilah yang menjadi daya tarik pantai Karang Bolong begitu kuat dan membuat siapapun penasaran. Lubang yang berada di karang ini memiliki diameter sekitar 50 meter. Jika dilihat lihat karang yang berlubang seperti membingkai pemandangan lautannya.

Menjadikan pantai satu ini memiliki pemandangan yang begitu menawan dan membuat siapapun terpesona. Apalagi jika cuaca sedang bagus serta tidak ada kabut, Anda bisa melihat Anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Bagian karang yang berlubang ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menaiki lubang menggunakan tangga yang diletakkan di bagian kanan lubang tersebut.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong Serang
Image Credit: Travelblog.id

Dari atas karang tersebut, Anda bisa menyaksikan panorama laut lepas serta Pantai Carita yang juga turut terlihat. Selain karang yang berlubang, Anda juga bisa menyaksikan debur ombak yang akan menghantam batu karang. Hal ini menjadi atraksi sendiri yang begitu menarik untuk disaksikan. Hanya saja jika ingin menyaksikannya, Anda harus memperhatikan cuaca. Sebab, hempasan ombak ini akan membesar ketika sore hari.

Dan puncak keindahan ombak tersebut semakin terlihat ketika sedang membesar. Pantai satu ini juga memiliki pepohonan yang rimbun. Sehingga memberikan kesan sejuk yang akan membuat Anda betah berlama lama menghabiskan waktu di pantai ini. Daya tarik yang dimiliki Pantai Karang Bolong memang cukup melimpah. Wajar ketika musim liburan atau akhir pekan pantai satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Bolong

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Bolong
Image Credit: Pantainesia.com

Dekat dengan Ibukota, Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang. Jika dari pusat kota Serang jaraknya sekitar 50 km dan sekitar 140 km dari Kota Jakarta. Lokasi pantai yang menawan ini dekat dengan jalan raya sehingga akan mudah untuk menemukan pantai ini. Tepatnya berada di Jl. Raya Karang Bolong, dimana jalan ini menghubungkan antara Anyer serta Pantai Carita.

Untuk menuju pantai yang dahulunya bernama Pantai Karang Suraga, ada beberapa rute perjalanan yang bisa dipilih. Rute yang paling populer diawali dari Kota Jakarta. Dari Jakarta akan dilanjutkan menuju Cilegon Barat dengan menggunakan jalan tol Jakarta Merak. Setelah selesai menempuh jalur tol, perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke Anyer. Begitu di Anyer, Anda sudah bisa sedikit lega karena perjalanan Anda tinggal sedikit lagi.

Selain itu, petunjuk jalan di daerah tersebut ke Pantai Karang Bolong juga sangat jelas. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat satu ini. Ada beberapa pilihan kendaraan umum mulai dari bus maupun angkutan umum lainnya. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Kondisi medannya cukup baik yang akan membuat perjalanan Anda nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong
Image Credit: Pesona.travel

Meskipun pantai satu ini begitu indah, namun harga tiketnya tidaklah mahal. Anda hanya perlu menyiapkan budget untuk membayar tiket mulai dari Rp. 15 ribuan saja setiap orangnya. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Jika Anda menggunakan mobil, baiya parkirnya sekitar Rp. 30 ribuan. Untuk kendaraan roda dua tentunya akan lebih terjangkau. Harga tiket tersebut tentunya sudah terjangkau, jika mengingat keindahan yang dimiliki pantai ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Karang Bolong

Kegiatan di Pantai Karang Bolong
Image Credit: Kompasiana.com

Berkunjung ke pantai tidak hanya identik dengan bermain air maupun bermain pasir. Karena setiap pantai selalu menawarkan atraksi yang berbeda beda. Jika Anda berkunjung ke Pantai Karang Bolong, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Meskipun di pantai ini tak dianjurkan berenang sebab, arusnya cukup kuat. Sehingga jika bermain di tepian harus tetap hati hati dan mematuhi segala peraturan yang ada.

Anda bisa bersantai di gazebo maupun memasang hammock di antara pepohonannya sambil menikmati angin pantai yang sepoi sepoi. Bercengkrama dengan keluarga maupun teman sambil menikmati jajanan tentunya juga sangat menyenangkan. Memang wisata satu ini banyak dikunjungi oleh keluarga, sehingga Anda bisa melihat anak anak yang bermain pasir dengan orang tau yang mengamatinya dari kejauhan atau ikut bermain.

Pantai satu ini memiliki banyak spot foto yang menarik, sehingga Anda bisa sekalian berburu foto instagenic maupun hunting foto. Salah satu spot yang menjadi favorit adalah karang berlubangnya. Di sela sela tebing juga terbentuk goa karang bolong yang juga bisa Anda jelajahi. Terutama bagi Anda yang gemar berpetualang, trekking untuk mendaki ke dalam goa. Jalurnya yang unik serta menantang sangat menarik untuk ditaklukkan.

Selain memiliki goa karang bolong, Anda juga bisa memandang pemandangan dari atas ketinggian. Tersedia gardu pandang yang bisa dijadikan tempat Anda melihat keindahan pantai ini dari ketinggian. Pengelola memang sengaja membangun anjungan di atas batu karang yang cukup besar. Untuk menaiki karang ini, Anda bisa menaiki tangga yang memang sudah disediakan. Pemandangan dari gardu pandang ini akan memanjakan mata Anda.

Bagi Anda yang gemar memancing, juga bisa melakukan kegiatan satu ini. Karena Pantai menawan ini juga termasuk dalam pantai yang merupakan spot favorit untuk memancing. Ada banyak batu karang yang membuatnya dijadikan tempat sembunyinya ikan ikan. Tak hanya ikan, udang, siput dan lainnya juga bisa diburu. Spot memancingnya juga banyak terutama yang dekat dengan batu garang yang bertebaran di sepanjang pantai ini.

Kegiatan di pantai ini memang begitu banyak, terutama bagi Anda yang gemar menikmati pemandangan matahari tenggelam. Cahaya kekuningan yang berpendar di langit begitu mempesona dan luar biasa. Apalagi jika dilihat dari lubang karangnya, seperti lukisan dengan karang berlubang sebagai bingkainya. Selain bisa menikmatinya di permukaan, pengunjung juga bisa menaiki tangga untuk bisa menyaksikan sunset di puncak karang bolongnya.

Penginapan di Sekitar Pantai Karang Bolong

Penginapan di Sekitar Pantai Karang Bolong
Image Credit: Traveloka.com

Untuk masalah penginapan Anda tak perlu khawatir, karena ada banyak penginapan di sekitar pantai ini. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari harga yang paling rendah hingga yang paling mahal. Tidak hanya hotel, Anda juga bisa menginap di villa, yang rata rata dibandrol mulai Rp. 400 ribu hingga Rp. 800 ribu per malamnya. Mencari penginapan di kawasan ini tidaklah sulit, namun sebaiknya booking jauh hari ketika musim liburan.

Pemandangannya yang indah lengkap dengan sunset yang menawan, sangat sayang jika dilewatkan dari bidikan kamera Anda. Selain dijadikan lokasi wisatawan untuk berswafoto ataupun berburu foto instagenic, pantai satu ini juga terbilang populer dijadikan lokasi foto prewedding. Di sepanjang pantai ada banyak titik dengan pemandangan yang cantik. Jadi, jangan lupa sediakan kamera terbaik Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Bolong

Fasilitas di Pantai Karang Bolong
Image Credit: Indonesiakaya.com

Selain indah, pantai Karang Bolong juga menawarkan fasilitas yang akan membuat pengunjungnya betah dan nyaman. Anda bisa menemukan kamar mandi selepas Anda bermain air. Tidak hanya itu, terdapat juga mushola untuk Anda yang akan beribadah. Membawa anak anak juga bukanlah masalah besar, karena tersedia taman bermain anak yang bisa digunakan pengunjung tanpa harus membayar biaya masuk.

Deretan gazebo berjajar yang bisa digunakan untuk bersantai maupun beristirahat bagi para pengunjung. Bagi Anda yang tak sempat membawa bekal, di Pantai yang karangnya berlubang ini juga tersedia beberapa warung makan yang menyediakan berbagai menu dan jajanan. Fasilitas yang disediakan memang terbilang lengkap, Anda yang ingin mengadakan acara di tempat ini, bisa menyewa tenda, sound system hingga penyanyi dangdutnya sekalian.

Wisata bahari di Pantai Karang Bolong, Serang akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda. Keindahan yang ditawarkan akan membuat Anda tak menyesal sudah menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Tak hanya itu, fasilitas hingga berbagai kegiatan yang bisa dilakukan juga melimpah. Wajar jika pantai satu ini menjadi primadona dan banyak direkomendasikan untuk dikunjungi.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending