Pantai Carita, Pandeglang

Pantai Carita, Pandeglang

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk – Pantai Carita di Pandeglang tidak hanya menyuguhkan panorama gunung Anak Krakatau di kejauhan, pantai ini juga menawarkan pemandangan hamparan pasir putih yang membentang.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.
Map: Cek Lokasi

Tidak jauh dari ibu kota, Pandeglang menyimpan pantai yang indah nan menawan bernama Pantai Carita. Dimana keelokan pantai satu ini, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Menghadap ke arah selat Sunda, ada banyak pesona yang ditawarkan oleh pantai seluas 2,5 hektar ini. Menawarkan berbagai wisata bahari, pantai satu ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Agar tidak semakin penasaran, yuk intip keelokan pantai Carita disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carita

Daya Tarik Pantai Carita
Image Credit: Tanjunglesung.id

Pantai yang terletak di pesisir utara bagian barat provinsi Banten ini, memiliki kontur lahan landai yang ditutupi dengan pasir putih. Dengan ombak yang cenderung tenang, membuat pantai satu ini memiliki laut aman untuk dijadikan arena rekreasi. Kekayaan biota laut dan juga terumbu karang yang dimiliki oleh pantai Carita, tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Tidak hanya itu, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari perkotaan membuat pantai satu ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Pantai yang menghadap ke selat Sunda ini memang memiliki pemandangan yang memesona, dimana hal tersebut yang menjadikan alasan dari banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk berkunjung bahkan lebih dari satu kali. Dimana pengunjung yang datang ke pantai akan dimanjakan oleh panorama hamparan pasir putih, yang dipadukan dengan indahnya laut yang berwarna kebiruan.

Daya Tarik Pantai Carita Pandeglang
Image Credit: Ksmtour.com

Keberadaan angin yang berembus tidak terlalu kencang, menyebabkan ombak yang menyapu bibir pantai tidak terlalu tinggi. Kemudian semilir angin tersebut akan menyentuh dedaunan pohon kelapa yang berjajar di tepi pantai, dan menimbulkan desir yang membuat hati menjadi tenang. Ketika hari tengah cerah, maka di kejauhan pengunjung bisa melihat panorama gunung Anak Krakatau yang gagah menakjubkan.

Berada di dekat selat, tidak membuat pantai Carita kekurangan wisata bawah laut. Meskipun memiliki kawasan laut yang sempit, namun pantai satu ini mempunyai kekayaan biota laut dan juga terumbu karang yang menawan. Dengan adanya keindahan bawah laut ini, wisatawan bisa melakukan kegiatan berkenalan dengan biota laut dan terumbu karang yang seru dengan cara snorkeling ataupun diving.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Carita

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Carita
Image Credit: Google Maps (Alan Tuhuteru)

Berlokasi di kecamatan Carita Pandeglang, pantai elok satu ini tidak begitu jauh dari pantai Tanjung Lesung dan pantai Anyer. Hal tersebut berarti akses menuju pantai, mudah untuk ditemukan. Wisatawan pun tidak perlu khawatir dengan akses jalan, meskipun terbilang jauh dari kota namun kondisi jalan menuju pantai satu ini sudah terbilang bagus. Jadi tidak perlu lagi merisaukan adanya jalan berlubang ataupun jalan yang tidak diaspal.

Wisatawan yang datang dari Jakarta, maka bisa mengambil rute yang melewati tol Jakarta Merak. Setelah itu, wisatawan hanya tinggal mengikuti papan petunjuk menuju pantai Anyer. Sebab lokasi pantai Carita satu jalur dengan pantai Anyer. Melewati rute satu ini, wisatawan hanya perlu melakukan 3 jam perjalanan. Sementara pengunjung yang datang dari arah Bogor, maka bisa mengambil rute yang menuju arah Pandeglang atau melewati jalur Serang.

Harga Tiket Masuk Pantai Carita Pandeglang

Harga Tiket Masuk Pantai Carita Pandeglang
Image Credit: Redaksi24.com

Bisa dikatakan tiket masuk di pantai ini sangat terjangkau, sehingga wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk pengunjung perorangan, hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15 ribu. Namun harga tiket ini belum termasuk dalam biaya parkir. Biaya parkir sendiri dikenakan Rp. 10 ribu untuk kendaraan pribadi sejenis sepeda motor, sedangkan untuk mobil dikenai biaya sebesar Rp. 30 ribu.

Untuk jam buka atau jam operasional, pantai satu ini bisa dikatakan buka 24 jam. Wisatawan bisa dengan bebas berlibur di kawasan pantai hingga malam hari. Akan tetapi, tiket masuk pantai hanya dijual dari pagi hingga menjelang sore hari. Sehingga jika wisatawan ingin berkunjung di malam hari, ada baiknya datang ketika sore hari. Sebab di saat malam hari, petugas pos masuk wisata sudah tidak lagi menjual tiket.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Carita

Kegiatan di Pantai Carita
Image Credit: Bantenwisataku.wordpress.com

Dengan keindahan bawah laut yang dimiliki, kegiatan snorkeling dan diving adalah dua kegiatan yang populer di pantai Carita. Namun tidak hanya itu, di pantai satu ini juga ada beberapa aktivitas yang beragam seperti banana boat dan jetski. Dengan mengeluarkan uang sesuai biaya yang ditentukan, wisatawan akan diajak berkeliling dengan menaiki perahu berbentuk pisang yang ditarik oleh jetski.

Dimana ketika gelombang laut datang, maka perahu berbentuk pisang ini akan dijungkirbalikkan hingga para penumpang terlempar ke laut. Sementara itu, kegiatan jetski cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati laut Carita dengan lebih menantang namun tetap private. Dimana kegiatan ini bisa membuat wisatawan mengendarai jetski sambil merasakan terpaan angin di tengah laut.

Tidak hanya itu, di pantai ini juga memiliki kegiatan menantang lainnya seperti berseluncur di atas ombak atau istilah kerennya surfing. Meskipun bukan pantai pesisir selatan, namun gelombang yang dimiliki pantai ini cukup tinggi dan cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing ataupun surfer tingkat lanjut. Kawasan pantai satu ini juga terkenal sebagai tempat memancing, dimana biasanya akan memancing dari teluk atau dari atas bukit karang yang tersebar tak jauh dari bibir pantai.

Selain bermain jetski, wisatawan juga bisa berlayar mengarungi selat Sunda dan menikmati suasana laut yang aman dan nyaman lho. Selain itu, ketika berlayar pengunjung juga bisa menikmati keelokan panorama pegunungan Carita hingga Anyer dari tengah lautan. Salah satu tujuan pelayaran adalah menuju taman laut Kabua (lost island), yang konon katanya di zaman dulu adalah gugusan perbukitan Kadipaten Caringin yang hancur ketika terjadi tsunami Krakatau tahun 1883 lalu.

Pelayaran ini juga akan menuju destinasi lain, yakni menyaksikan keunikan pulau burung yang berjarak hanya satu kilometer dari taman laut Kabua. Jika wisatawan belum puas ketika hanya berlayar sekitar kawasan selat Sunda dan pantai Carita, maka bisa berlayar menuju kawasan gunung Anak Krakatau. Dimana di tempat ini wisatawan akan melihat gunung berapi yang masih aktif dan terletak di tengah tengah lautan.

Di sekitar kawasan pantai, juga terdapat banyak pulau pulau kecil, dimana pulau pulau tersebut ada yang nampak ke permukaan dan ada juga yang tidak nampak. Biasanya pulau yang tidak nampak ini akan berada di bawah laut, namun dengan perairan dangkal. Yang mana spot satu ini merupakan tempat favorit tujuan dari para pemancing ikan laut. Selain itu, di pantai satu ini wisatawan juga akan disuguhkan panorama sunset, dengan backsound deburan ombak.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carita

Fasilitas di Pantai Carita
Image Credit: Indonesiakaya.com

Menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan oleh Pandeglang, bisa dikatakan bahwa fasilitas yang dimiliki pantai satu ini sudah lengkap. Dimana hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hotel hotel kecil yang bisa dijumpai oleh wisatawan di sekitar pantai. Yang tentu saja hotel atau penginapan ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin berkunjung dan menginap di pantai bersama dengan teman atau keluarga.

Tidak hanya itu, fasilitas penting lainnya juga sudah disediakan oleh pengelola pantai Carita. Salah satunya adalah life guard yang senantiasa menjaga dan mengawasi keselamatan pengunjung pantai. Tidak hanya itu, fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi bilas, hingga musholla untuk beribadah pun juga ada. Selain itu, sejenis wisata kuliner pun juga ada. Sehingga wisatawan yang perlu khawatir ketika berkunjung ke pantai di Pandeglang ini.

Penginapan di Sekitar Pantai Carita

Penginapan di Sekitar Pantai Carita
Image Credit: Booking.com

Menghabiskan waktu untuk menjelajahi pantai Carita, akan terlihat buru buru jika hanya sehari saja. Sebagai tempat menginap, maka ada berbagai jenis penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Untuk masalah tarif pun beranekaragam, berkisar mulai Rp. 150 ribu hingga Rp. 1,3 juta. Dimana perbedaan harga ini tergantung dengan kualitas penginapan yang akan wisatawan pilih.

Jika ingin yang murah, maka wisatawan bisa memilih menginap di hotel hotel atau penginapan standar saja. Namun jika ingin menikmati fasilitas mewah, maka bisa memilih menginap di resort atau villa. Dimana hotel, villa, hingga resort ini bisa dijumpai oleh wisatawan di sepanjang jalan dan area pantai Carita. Lokasinya yang tidak jauh dari bibir pantai , membuat beberapa hotel memiliki panorama pantai.

Demikian ulasan mengenai pantai Carita yang ada di Pandeglang, Banten. Pantai dengan panorama gunung Anak Krakatau ini, menyuguhkan keindahan pantai dan juga dunia bawah laut yang begitu memukau. Selain itu, banyak kegiatan menarik yang dikombinasikan dengan fasilitas yang lengkap membuat disapa saja ingin berkunjung ke pantai satu ini. Jadi, apakah Anda tertarik berkunjung?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending