Pulau Sangiang, Serang

Pulau Sangiang, Serang

Lokasi: Desa Cikoneng, Kec. Anyer, Kab. Serang.
Map: Cek Lokasi

Tidak hanya pulau dewata saja, di Indonesia sendiri terdapat beragam destinasi wisata yang memiliki pemandangan indah nan eksotis. Seperti misalnya pulau yang ada di daerah Serang bernama Pulau Sangiang. Pemandangan yang memanjakan mata dapat Anda temui saat berkunjung ke pulau tersebut. Lalu apa saja daya tarik dan juga kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau tersebut? Simak ulasannya secara lebih lengkap disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sangiang

Daya Tarik Pulau Sangiang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Dapat diketahui sebelumnya bahwa setiap destinasi wisata tentu memiliki keindahan dan daya tariknya tersendiri. Hal tersebut juga dapat ditemui pada pulau nan eksotis di daerah Serang, Banten. Saat mengunjungi pulau dengan sejuta pesona ini, Anda dapat menemui pantai dengan pasir putih yang menawan. Tidak hanya itu, juga terdapat hutan di kawasan yang sama yang menyejukkan mata siapa saja yang memandangnya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Pulau Sangiang adalah alamnya yang masih lestari dan terjaga. Hal ini dapat dilihat dari rimbunnya vegetasi pada hutan di pulau tersebut. Dari keadaan ini pula yang menjadikan Pulau Sangiang disebut sebagai The Seven Wonders of Banten. Dengan banyaknya daya tarik tersebut juga menjadikan pulau ini mampu menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Daya Tarik Pulau Sangiang Serang
Image Credit: Padmagz.com

Tidak hanya terdapat beragam pantai saja, di pulau ini juga terdapat beragam tanaman khas yang dapat Anda temui. Seperti misalnya adalah waru laut, api api, cemara laut, dadap laut, ketapang bayur, nyamplung, dan juga walikukum. Pulau Sangiang sendiri juga merupakan sebuah taman wisata laut dengan beragam daya tarik di dalamnya. Hal inilah yang juga menjadikan pulau di Provinsi Banten ini menjadi sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Sangiang

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Sangiang
Image Credit: Penawisata.com

Dapat diketahui sebelumnya bahwa alamat dari Pulau Sangiang ini ialah terletak di Serang, Banten. Dengan sebutannya sebagai The Seven Wonders of Banten juga menjadikan pulau ini menjadi terkenal di kawasan tersebut. Untuk sampai ke pulau ini juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum jika berangkat dari Jakarta. Barulah kemudian saat tiba di pelabuhan, para pengunjung akan berganti kendaraan dalam menuju ke lokasi pulau tersebut.

Waktu yang diperlukan untuk menyeberang ke pulau nan indah ini kurang lebih adalah 1 jam. Biasanya kapal yang digunakan untuk menuju ke Pulau Sangiang ini hanya akan memuat 15 orang saja. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan perairan di Selat Sunda. Namun tentu saja laut di selat tersebut juga memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga beberapa antisipasi layak untuk Anda lakukan sebelumnya.

Antisipasi yang dimaksud ialah dengan meminum obat anti mabuk yang banyak ditemui saat ini. Dengan cara ini diharapkan mampu membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan. Setelah sampai ke Pulau Sangiang ini, rasa lelah di perjalanan juga dapat terbayar dengan luas. Beragam kegiatan menarik dapat Anda lakukan saat berada di salah satu pulau yang indah di Indonesia ini.

Biaya Wisata ke Pulau Sangiang

Biaya Wisata ke Pulau Sangiang
Image Credit: Ksmtour.com

Pada umumnya, harga tiket untuk masuk ke tempat wisata akan berbeda dengan hari biasa dan juga akhir pekan. Namun hal tersebut akan berbeda dengan harga tiket di pulau yang berada di Serang ini. Di hari biasa dan juga akhir pekan akan diterapkan harga tiket yang serupa. Harga tiket untuk masuk ke pulau ini sendiri adalah 100 ribu rupiah baik untuk hari kerja dan juga hari libur.

Namun sebaiknya sebelum mengunjungi pulau ini, Anda menghubungi call center dari pihak pengelola pulau. Hal ini demi mengetahui informasi selengkapnya terkait harga tiket yang ada. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa harga tiket masuk yang ada juga dapat megalami perubahan dengan beragam faktor yang ada. Jam buka dari Pulau Sangiang adalah 24 jam dihitung dari zona waktu yang ada di kawasan tersebut.

Kegiatan Menarik di Pulau Sangiang

Kegiatan Menarik di Pulau Sangiang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Trekking adalah salah satu kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke pulau ini. Disana Anda dapat melakukan kegiatan trekking tersebut di atas bukit yang ada di sekitar pantai. Setalah sampai di atas bukit, pemandangan indah dari perairan di sekitar pulau pun siap untuk menyambut Anda. Tentu saja jalur yang harus Anda lalui juga telah diatur sedemikian rupa agar dapat dilalui oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Kegiatan lain yang tidak kalah menarik untuk Anda lakukan di pulau nan indah ini adalah snorkeling. Dapat diketahui bahwa Pulau Sangiang adalah sebuah destinasi wisata bahari yang memiliki segudang surga dunia di dalamnya. Dengan melakukan kegiatan snorkeling tersebut, Anda dapat melihat beragam terumbu karang yang cantik di dasar laut. Tidak hanya itu, beragam jenis ikan pun juga bisa Anda temui disana.

Hal lain yang tudak kalah menarik untuk Anda lakukan saat berwisata ke pulau cantik di Serang ini adalah free diving. Banyak spot menaarik yang bisa Anda kunjungi saat melakukan free diving tersebut. Seperti misalnya container dan juga kapal yang telah karam di perairan yang ada. Namun untuk menjaga ekosistem di kawasan tersebut, sebaiknya upayakan untuk tidak menggunakan sunblock atau sunscreen pada saat melakukan kegiatan tersebut.

Tidak hanya berwisata bahari, di pulau yang memiliki pemandangan eksotis tersebut Anda juga dapat berwisata sejarah. Di pulau ini sendiri terdapat sisa penginggalan zaman dulu berupa benteng pertahanan prajurit Jepang. Benteng itu sendiri juga merupakan saksi bisu dari Perang Dunia ke 2. Namun untuk dapat mengunjungi bekas penginggalan penuh sejarah ini diperlukan izin khusus dari POS TNI Angkatan Laut yang bersangkutan.

Penginapan di Pulau Sangiang

Penginapan di Pulau Sangiang
Image Credit: Pulausangiang.com

Dengan daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Sangiang tentu membaut banyak wisatawan merasa tertarik untuk datang berkunjung. Namun sebelum sampai ke lokasi dari pulau tersebut ada baiknya untuk mengetahui masalah penginapan yang ada di dalamnya. Jika dibandingkan dengan pulau wisata yang lain, penginapan di Pulau Sangiang terbilang masih sangat mimim.

Dari keadaan tersebut memabut banyak pengunjung yang datang lebih memilih untuk menginap di kawasan Anyer. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di Pulau Sangiang ini. Anda dapat menyewa rumah penduduk untuk digunakan sebagia homestay. Pengalaman liburan yang berbeda tentu akan Anda peroleh dengan cara ini. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjadi lebih dekat dengan masyarakat setempat.

Namun Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan mengenai masalah fasilitas yang ada di tempat bermalam tersebut. Biasanya dari setiap homestay tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas tambahan berupa AC. Dalam satu buah homestay biasnaya akan memiliki 2 buah kamar dengan ukuran yang besar. Dari setiap kamar yang ada akan memiliki daya tampung sebanyak 15 orang.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sangiang

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sangiang
Image Credit: Anyerpedia.com

Tidak hanya tergolong ke pulau yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit, Pulau Sangiang sendiri masih kental akan adat yang dipegang teguh oleh masyarakatnya. Dengan jumlah penduduk yang minim juga membuat rumah penduduk di pulau tersebut juga terbilang tidak terlalu banyak. Leatak dari rumah yang ada juga akan saling berjauhan antara satu dengan yang lainnya.

Biasanya setiap rumah penduduk tersebut akan dipisahkan dengan rerimbunan semak semak dan juga pepohonan hutan. Jika Anda hendak menginap di homestay berupa rumah penduduk tersebut, dapat diketahui pula bahwa biasanya kamar mandi yang ada akan terletak di bagian luar. Anda dapat menggunakan kamar mandi tersebut secara bergantian dengan pengunjung atau wisatawan yang lainnya.

Meskipun berada di luar ruangan, kebersihan dari fasilitas berupa kamar mandi tersebut juga terbilang cukup bersih. Air yang digunakan untuk kebutuhan kamar mandi juga tersedia secara melimpah di pulau tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai masalah fasilitas berupa listrik disana. Pulau Sangiang sudah teraliri oelh listrik meskipun hanya pada sore dan malam hari saja.

Selain memiliki pemandangan alam yang mempesona, di Pulau Sangiang juga menawarkan pesona bawah laut bak surga dunia. Karena masih terjaga dengan baik, Anda dapat menikmati pemandangan berupa terumbu karang dan juga ikan di dalamnya. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau ini, mulai dari trekking di bukit pinggir pantai hingga mengunjungi bekas benteng pertahanan dari Perang Dunia ke 2 yang lalu.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending