Pulau Pari, Jakarta

Pulau Pari, Jakarta

Lokasi: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
Map: Cek Lokasi

Berlibur ke tempat tempat yang memiliki pemandangan indah tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Rasa lelah setelah bekerja dapat diatasi dengan cara tersebut. Maka sudah menjadi rahasia umum bahwa waktu akhir pekan atau musim liburan adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang. Destinasi wisata yang dapat Anda pilih juga sangat wilayah di wilayah Indonesia. Seperti contohnya berlibur ke Pulau Pari yang ada di kawasan Jakarta.

Daya Tarik Pulau Pari

Daya Tarik Pulau Pari
Image Credit: Traveloka.com

Pulau Pari adalah salah satu pulau yang dapat Anda jumpai di Kepulauan Seribu. Setiap pulau di kepulauan tersebut juga diketahui memiliki daya tariknya masing masing. Seperti misalnya daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini. Pulau yang memiliki bentuk seperti ikan pari tersebut menawarkan banyak pantai untuk wisatawan yang datang dan berlibur ke kawasan tersebut.

Pantai yang dimaksud disini ialah Pantai Pasir Perawan dan juga Pantai LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Nama dari Pantai Pasir Perawan sendiri dapat dikaitkan dengan legenda yang menyelimuti tempat wisata tersebut. Sementara untuk pantai yang satunya diberi nama tersebut karena pantai yang ada digunakan oleh pihak LIPI guna melakukan penangkaran dan penelitian pada satwa dan juga tumbuhan yang ada.

Daya Tarik Pulau Pari Jakarta
Image Credit: Mdlinkcard.id

Selain kedua pantai tersebut, masih terdapat pantai lain yang dapat Anda kunjungi saat berada di Pulau Pari ini. Pantai yang lainnya ialah Pantai Pasir Kresek. Kresek yang dimaksud bukanlah nama kantong plastik untuk membungkus makanan, melainkan singkatan dari keren dan seksi. Di pantai tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan dibawah naungan pohon pinus dan pohon kelapa di sekitarnya.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Pulau Pari ini ialah sebuah bukit yang ada di kawasan tersebut. Bukit ini diberi nama Bukit Matahari dan menjadi salah satu objek wisata favorit yang dikunjungi oleh banyak orang. Salah satu alasan dari hal tersebut karena di bukit ini Anda dapat menikmati momen sunrise dan sunset di pagi dan sore hari. Di pulau tersebut juga terdapat kawasan hutan mangrove yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Pari

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Pari
Image Credit: Pulau-seribu.com

Bagi seseorang yang tinggal di daerah Jakarta, maka Pulau Pari merupakan salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu alasan di baliknya ialah jarak Pulau pari yang terbilang tidak terlalu jauh dari kota metropolitan tersebut. Jarak antara Pulau Pari dengan Kota Jakarta kurang lebih adalah 45 kilometer. Dengan jarak tersebut, Anda dapat sampai ke pulau dengan sejuta pesona ini dalam waktu kurang lebih 2 jam saja.

Anda dapat mencapai pulau tersebut dari beragam rute yang tersedia. Seperti misalnya dari Tanah Abang, Bekasi, Bogor, Depok, dan daerah yang lainnya. Dari dermaga yang ada, Anda akan menggunakan transportasi berupa kapal untuk sampai ke Pulau Pari tersebut. Jadwal kapal untuk menuju ke pulau tersebut juga layak untuk Anda cermati sebelumnya. Hal ini guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan sewaktu liburan, seperti ketinggalan kapal.

Harga dari tiket kapal tersebut juga terbilang masih ramah di kantong. Dengan nominal yang akan Anda keluarkan pun akan terbayar lunas dengan keindahan dan pengalaman liburan yang menyenangkan di salah satu pulau di Kepulauan Seribu tersebut. Jenis kapal yang ada juga beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga waktu keberangkatan yang diinginkan.

Biaya Wisata ke Pulau Pari

Biaya Wisata ke Pulau Pari
Image Credit: Dinotraveling.com

Harga tiket masuk ke pulau ini sendiri akan sesuai dengan objek wisata yang hendak dikunjungi. Seperti misalnya harga tiket di kisaran 5.000 rupiah untuk menuju ke Pantai Pasir Perawan. Sudah digambarkan sbelumnya bahwa terdapat banyak objek wisata yang terdapat di Pulau Pari. Harga tiket yang ada juga dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola.

Jika Anda hendak berkunjung ke ohjek wisata lain, maka Anda juga diharuskan membayar tiket masuk kembali dengan nominal yang tertera. Sementara bagi Anda yang berminat untuk menyewa sepeda, speedboat, dan yang lainnya, maka tarif tersebut biasanya akan lebih tinggi dari harga tiket masuk ke kawasan tersebut. Dengan sepeda yang disewa itu dapat Anda gunakan untuk berkeliling pulau.

Kegiatan Menarik di Pulau Pari

Kegiatan Menarik di Pulau Pari
Image Credit: Eljohnnews.com

Terdapat banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Pulau Pari ini. Contohnya adalah menikmati pemandangan surga bawah laut di perairan sekitar pulau tersebut. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling dan juga scuba diving dalam melakukan aktivitas ini. Bagi para pemula juga dianjurkan untuk melakukan kegiatan snorkeling terlebih dahulu.

Hamparan terumbu karang yang indah dan ikan di dalamnya tentu akan membuat liburan Anda menjadi berkesan. Anda juga dapat menikmati pengalaman liburan yang berbeda dengan menjelajahi hutan mangrove di pulau tersebut. Kendaraan yang digunakan ialah perahu dayung yang banyak disewakan di sekitar kawasan tersebut. Saat mengunjungi hutan mangrove, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Bagi Anda yang menyukai pantai, maka kegiatan lain yang bisa Anda lajukan adalah dengan bermain air di Pantai Pasir Perawan di pulau tersebut. Pantai ini sendiri adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Pari. Anda bisa mencoba menggunakan jetsky, donat boat, kano, sofa boat, dan beragam watersport lainnya di perairan Pantai Pasir Perawan ini.

Hal lain yang tidak kalah menarik untuk dilakukan di pulau ini adalah dengan bersepeda mengelilingi pulau. Dengan menggunakan sepeda, Anda dapat menikmati keindahan pulau ini dengan lebih mendalam. Anda juga bisa menlihat aktivitas warga sembari berburu kuliner di kawasan tersebut. Mencari spot foto yang menarik pun bisa Anda lakukan saat berada di pulau ini.

Penginapan di Pulau Pari

Penginapan di Pulau Pari
Image Credit: Missnidy.com

Meskipun tidak sebanyak di Pulau Tidung, penginapan di Pulau pari juga memiliki kualitas unggulan bagi para wisatawan yang datang. Biasanya bentuk penginapan tersebut ialah berupa homestay. Juga terdapat penginapan lain yang berupa rumah warga yang disulap menjadi sebuah tempat untuk menginap para pengunjung di Pulau Pari. Harga yang ditawarkan oleh pihak penginapan juga beragam

Biasanya harga tersebut akan bergantung dari fasilitas yang disediakan di dalamnya. Agar tidak kesulitan mencari tempat menginap, Anda dapat melakukan booking penginapan jauh jauh hari sebelumnya. Hal ini demi menunjang kegiatan liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan sesuai dengan rencana. Asrama dari LIPI di kawasan tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menginap.

Sementara bagi Anda yang menginginkan pengalaman berbeda, Anda dapat menginap di Pantai pasir Perawan. Untuk camping di pantai tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan selain biaya tiket masuk. Dengan pemandangan pantai yang indah sembari camping bersama keluarga di pantai tersebut tentu akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi momen liburan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pari

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pari
Image Credit: Panoramapulautidung.com

Sama halnya dengan kawasan wisata yang lainnya, di Pulau Pari ini sendiri juga telah tersedia beragam fasilitas yang menunjang kenyamanan orang orang yang datang. Seperti fasilitas berupa toilet umum, saung, mushola dan juga masjid. Dengen fasilitas tersebut tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke Pulau Pari ini.

Di Pulau Pari ini juga tersedia banyak warung makanan yang dapat Anda temui. Sembari menikmati pemandangan alam yang indah, Anda dapat berburu sajian lezat di pulau tersebut. Tanpa perlu khawatir, karena di pulau ini juga telah dialiri listri selama 24 jam penuh. Sinyal internet di Pulau Pari pun terbilang bagus dengan melihat letaknya yang berada di tengah lautan.

Anda juga bisa menikmati fasilitas untuk menyewa beragam peralatan yang diperlukan. Contohnya adalah tempat untuk menyewa donut boat, kano, banana boat, dan juga sepeda. Tentu harga dari peralatan yang disewakan tersebut juga akan berbeda beda. Dengan fasilitas ini diharapkan akan membantu Anda untuk menikmati liburan agar lebih berkesan.

Daya tarik dari pulau ini dapat dikatakan sebagai magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang. Mulai dari daya tarik berupa Pantai Pasir Perawan yang memiliki pemandangan indah, hingga kawasan hutan yang dipenuhi mangrove yang kaya akan nilai edukasi di dalamnya. Penginapan dan fasilitas umum di pulau tersebut juga sangat mendukung bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending