Pulau Ayer, Jakarta

Pulau Ayer, Jakarta

Lokasi: Jl. K.H. Samanhudi No. 47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
Map: Cek Lokasi

Pulau Ayer adalah salah satu pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Terdapat banyak cerita sejaha yang berkaitan dengan pulau tersebut. Anda dapat menjadikan pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata di kala musim liburan tiba. Lalu apa saja daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Ayer ini? Mari simak ulasan mengenai daya tarik, fasilitas, dan juga beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pulau tersebut disini.

Daya Tarik Pulau Ayer

Daya Tarik Pulau Ayer
Image Credit: Traveloka.com

Daya tarik utama dari Pulau Ayer ini adalah konsep floating cottage yang dimilikinya. Hal inilah yang juga menjadikan Pulau Ayer banyak menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Dengan berada di floating cottage tersebut Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dari atas air laut. Luas dari pulau ini sendiri kurang lebih adalah 10 hektar dengan beragam hal menarik yang ada di dalamnya.

Floating cottage sendiri bukan lagi sebuah hal baru di negara Indonesia. Hal tersebut juga erat kaitannya dengan budaya yang ada di negara ini. Terdapat banyak daerah di Indonesia yang masih memiliki konsep serupa dalam masalah bentuk dan letak bangunan ini. Sementara jika berkunjung ke Pulau Ayer, Anda akan disuguhi dengan floating cottage yang disulap dalam bentuk modern namun tetap mempertahankan budaya yang ada.

Daya Tarik Pulau Ayer Jakarta
Image Credit: Pulauayer.com

Saat berada di pulau ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona. Beragam kegiatan seperti memancing pun dapat Anda lakukan saat berwisata ke pulau tersebut. Juga terdapat sumber air tawar yang terdapat di pulau ini. Diketahui pula bahwa Pulau Ayer ini disebut dengan mutiara kepulauan dengan alasan tersendiri yang ada di baliknya.

Rute Menuju Lokasi Pulau Ayer

Rute Menuju Lokasi Pulau Ayer
Image Credit: Nusatour.co.id

Dapat diketahui pula bahwa Pulau Ayer ini sedikit berbeda dengan pulau lain yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Jika dikategorikan, maka Pulau Ayer lebih cocok jika disebut dengan pulau resort. Salah satu alasannya karena di pulau tersebut hanya terdapat para staf dan juga karyawan yang melakukan beragam bidang pekerjaan di pulau nan indah tersebut.

Untuk sampai ke Pulau Ayer sendiri dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih selama setengah jam saja jika berangkat dari kawasan Pantai Marina Ancol. Jarak dari pulau tersebut dengan Kota Jakarta kurang lebih adalah 15 km. Dari hal ini dapat digambarkan bahwa Pulau Ayer adalah salah satu pulau terdekat dari Kota Jakarta jika dibandingkan dengan pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Agar lebih mudah sampai ke tempat tujuan, Anda juga bisa menggunakan agen wisata untuk sampai di pulau dengan konsep memukau ini. Konsep yang diusung oleh destinasi wisata berupa pulau ini sendiri adalah modern dengan sentuhan kebudayaan khas dari Papua Barat. Hal ini dapat terlihat dengan jelas dari nama pantai yang ada di sekeliling pulau dan juga bentuk bangunan yang terdapat di pulau tersebut.

Biaya Wisata ke Pulau Ayer

Biaya Wisata ke Pulau Ayer
Image Credit: Dinotraveling.com

Harga tiket masuk dari Pulau Ayer ini biasanya sudah diakumulasikan dengan kebutuhan lainnya dalam sebuah paket wisata. Biasanya harga tersebut juga telah digabungkan dengan tiket kapal yang Anda gunakan untuk mengunjungi salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Dengan menggunakan agen wisata tentu juga akan memberikan banyak kemudahan bagi Anda karena sudah tidak perlu lagi mencari penginapan dan konsumsi yang dibutuhkan.

Biasanya harga yang ada juga akan berbanding lurus dengan waktu yang Anda habiskan di pulau tersebut. Karena terdapat jenis paket wisata yang menyediakan one day tour dan jenis tour lainnya. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Beragam promo pun dapat Anda cari untuk memperoleh harga terbaik untuk mengunjungi pulau dengan sejuta pesona ini. Anda berminat berkunjung ke pulau ini di musim liburan mendatang?

Kegiatan Menarik di Pulau Ayer

Kegiatan Menarik di Pulau Ayer
Image Credit: Pulauayer.com

Sama seperti di tempat wisata lainnya, di Pulau Ayer sendiri terdapat beragam jenis aktivitas yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengitari pulau dengan beragam cara. Anda bisa menggunakan sepeda dan juga jogging santai sembari menikmati pemandangan di pulau tersebut. Dengan hal ini juga dapat menjadikan aktivitas liburan Anda menjadi sebuah momen untuk berolahraga.

Selain itu, hal lain yang dapat Anda lakukan ialah berburu hidangan kuliner. Di Pulau Ayer sendiri terdapat floating restaurant yang menyediakan aneka olahan sedap bagi Anda. Bersama dengan sanak keluarga maupun teman yang ikut berlibur, Anda dapat mencicipi aneka olahan dari restaurant tersebut. Sensasi lain pun dapat Anda rasakan saat menikmati makanan di atas perairan ini.

Tidak hanya itu, karena di pulau ini tersedia banyak area khusus bagi para pengunjung, menjadikan Pulau Ayer sangat cocok sebagai tempat wisata anak anak. Seperti misalnya area berupa playground bagi si kecil untuk bermain di dalamnya. Juga terdapat area untuk kegaitan outbound yang dapat menampung pengunjung yang datang dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun di Pulau Anyer ini Anda tidak dapat melakukan kegiatan snorkeling atau diving.

Bagi para penggemar kegiatan memancing, Pulau Ayer juga merupakan sebuah tujuan wisata yang tepat untuk dikunjungi. Karena disana, Anda dapat merasakan sensasi memancing dari atas floating cottage yang ada. Saat malam hari Anda pun juga bisa memperoleh pengalaman memancing ikan di tempat tersebut. Tentu pengalaman ini diharapkan dapat menjadikan liburan Anda agar lebih menyengkan.

Penginapan di Pulau Ayer

Penginapan di Pulau Ayer
Image Credit: Pulauseribu.co.id

Sudah diketahui sebelumnya bahwa terdapat banyak floating cottage yang ada di Pulau Ayer ini. Cottage tersebutlah yang dapat Anda jadikan sebagia opsi untuk tempat menginap. Meskipun berada di atas laut, namun fasilitas yang ada di dalamnya sudah layaknya seperti hotel berbintang. Seperti misalnya fasilitas berupa mini bar, televise, AC, lemari es, dan juga shower air dingin dan hangat.

Pmandangan indah pun akan Anda peroleh saat berada di floating cottage tersebut. Di area penginapan yang sama juga dapat ditemui floating restaurant bagi Anda yang hendak berburu sajian kuliner. Keunikan dari floating cottage ini juga dapat terlihat dari bahan bangunan yang digunakan. Karena floating cottage tersebut dibuat dari bahan kayu sehingga memiliki ciri yang terlihat begitu artistik.

Setidaknya terdapat puluhan floating cottage yang dapat Anda pilih. Pada setiap floating cottage tersebut juga terdapat balkon atau teras di bagian belakangnya. Dengan berada di balkon tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mengelilinginya. Spot foto yang manrik pun dapat Anda peroleh saat berkunjung dan menginap di floating cottage tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ayer

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ayer
Image Credit: Nusatour.co.id

Tersedia beragam fasilitas yang dapat Anda temui di Pulau Ayer. Mulai dari fasilitas berupa tempat untuk outbound dan juga tempat yang didesain khusus bagi anak anak bermain. Disana jugaa dapoat ditemui beragam tempat yang menyewakan wahana watersport. Seperti misalnya wahana berupa banana boat, jet ski, dan juga surf bike. Tak hanya itu, terdapat bnanyak fasilitas modern lain yang bisa Anda temui di Pulau Ayer ini.

Fasilitas modern yang dimaksud disini adalah kolam renang, area untuk volley pantai, lapangan basket, toko souvenir, dan juga dermaga yang didesain khusus untuk kegiatan memancing. Sementara untuk fasilitas berupa penginapan, maka dapat dikatakan bahwa di Pulau Ayer terdapat beragam pilihan dalam hal ini. Seperti misalnya penginapan dengan konsep floating cottage yang juga merupakan daya tarik tersendiri dari pulau tersebut.

Di area pulau tersebut juga telah disediakan taman yang diatur sedemikian rupa bagi pengunjung yang datang. Terdapat ukiran patung dengan cirikhas dari budaya Suku Asmat di taman tersebut. Dengan banyaknya fasilitas yang diberikan di salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini diharapkan dapat menunjang waktu liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Terdapat beragam hal yang dapat Anda lakukan saat berwisata ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Mulai dari mengunjungi floating cottage yang kental akan budaya dari nusantara, hingga berburu sajian sedap di floating restaurant yang terdapat disana. Fasilitas yang modern di pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini. Dari ulasan ini tentu dapat dikatakan bahwa Pulau Ayer layak dijadikan sebagai destinasi wisata andalan di Jakarta.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending