10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Jakarta yang Wajib Anda Jelajahi

Pulau Terindah Kepulauan Seribu

Temukan Pilihan Wisata Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Jakarta. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Musim Liburan.

Kepulauan seribu merupakan salah satu Taman Nasional yang terdiri dari beberapa gugusan pulau. Berjarak sekitar 45 kilometer dari Ibukota Jakarta, Kepulauan Seribu menawarkan wisata pulau dengan pemandangan yang sangat menawan. Hamparan pantai yang landai berpadu dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan menjadi salah satu daya tariknya.

Kejernihan air laut dan kontur pasir putih yang landai menambah kenyamanan ketika menikmati pemandangan di pulau ini. Jika Anda penasaran tentang informasi lebih lanjutnya, berikut deretan pulau cantik di Kepulauan Seribu yang menarik dikunjungi.

1. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka
Image Credit: Paradisotraveling.com

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang menjadi pusat administrasi dari Kepulauan Seribu, karena letaknya tepat di tengah gugusan pulau ini. Maka dari itu, pulau ini menjadi daerah yang paling banyak dihuni warga lokal. Di pulau Pramuka juga terdapat sekolah, rumah ibadah, fasilitas komunikasi dan perbankan yang tidak akan ditemukan di pulau lainnya. Selain itu, pulau utama ini juga merupakan cagar alam untuk konservasi bawah laut.

Penyu hijau bernama latin Eretmochelys imbricata adalah binatang konservasi di pulau ini. Bayi penyu dengan umur tertentu akan dikirim ke habitat asal. Hal tersebut menjadikan pulau ini sebagai tempat favorit wisatawan. Pasalnya, pengunjung diundang untuk membantu memulai langkah awal pengembalian penyu ke laut. Selain itu, hamparan pasir putih dan air laut yang kaya akan biota laut, menjadikan pulau ini sebagai surganya penyelam.

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

2. Pulau Sepa

Pulau Sepa
Image Credit: Wikipedia.org

Pulau Sepa adalah pulau yang memiliki luas sekitar tujuh hektar dengan garis pantai yang menawan. Jika ditempuh dari Dermaga 19 di Marina Ancol, waktu perjalanan hanya setengah jam. Biasanya, kapal berangkat ke pulau tersebut mulai jam delapan dan dijadwalkan kembali pada pukul dua siang. Banyak keindahan yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke pulau yang indah satu ini .

Kecantikan alami yang disuguhkan di pulau ini sangat menakjubkan. Pantai berpasir putih yang landai, air lautnya bening, dan juga pepohonan di sekitar yang rindang, membuat Anda nyaman jika berlibur di sini. Selain itu ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke Pulau Sepa, yaitu mulai dari berjemur santai di atas pasir putih yang menawan, hingga olahraga air yang lebih seru seperti snorkeling, jetski dan diving.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

3. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Image Credit: Makassarinside.com

Pulau yang satu ini sangat layak untuk Anda kunjungi karena hanya berjarak 15 kilometer dari Marina Ancol Jakarta. Jika ditempuh dengan perjalanan kapal, hanya memakan waktu 30 menit, dimana Anda akan langsung menemui situs menarik Fort Martello yang ada di pinggiran pantai. Selain itu, pulau ini memiliki koleksi pohon langka yang tumbuh subur, seperti pohon perdamaian, pohon kayu hitam dan pohon Santigi.

Tidak hanya itu saja, pemandangan Pulau Bidadari yang sangat nyaman asri dan nyaman akan membuat Anda merasa betah ketika bertandang ke pulau ini. Ada juga cottage terapung yang menjadi tempat paling digemari oleh wisatawan lokal atau luar daerah. Sambil melakukan aktivitas menyenangkan di dalam air, jangan lupa juga untuk mencicipi hidangan seafood yang segar dan tentunya memiliki cita rasa khas lokal.

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

4. Pulau Tidung

Pulau Tidung
Image Credit: Onlineshop0603.blogspot.com

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau terindah yang berada di Kepulauan Seribu. Anda bisa menghabiskan waktu akhir pekan seru dengan mengunjungi jembatan cina sepanjang 800 meter, dimana menghubungkan Tidung kecil dengan Tidung besar. Menariknya lagi, ada legenda yang menceritakan nama dari Jembatan Cina merupakan simbol harapan abadi untuk menemukan cinta sejati.

Jembatan ini bisa menjadi lokasi menarik untuk Anda yang ingin mengabadikan momen liburan seru. Jika tidak ingin basah, Anda dapat melihat pemandangan keindahan bawah laut dari atas jembatan cina. Selain itu, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di pulau ini adalah berenang, memancing, snorkeling, water sport, dan wisata sejarah. Hal tersebut akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

Lokasi: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

5. Pulau Pari

Pulau Pari
Image Credit: Traveloka.com

Pulau terindah yang ada di Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Pari. Pulau ini menjadi tujuan baru yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Berjarak satu jam dari Marina Ancol, di pulau ini Anda dapat menikmati liburan seru dengan suasana yang indah didukung dengan pesona dan pepohonan yang rindang. Pantai putih yang masih sepi dengan ombak kecil lembut akan menenangkan pikiran Anda.

Di Pulau Pari terdapat 3 objek tempat wisata yang tidak bisa begitu saja Anda lewatkan, yakni Pantai LIPI, Pantai Perawan, dan Dermaga Bukit Matahari. Semua lokasi wisata tersebut memiliki pemandangan yang membuat berdecap kagum. Selain dapat menikmati keindahan pantai yang menawan, di Pulau Pari Anda juga dapat mencoba berbagai kegiatan mengasyikkan seperti menyelam, menjelajah pantai dengan sampan dan bermain lainnya.

Lokasi: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

6. Pulau Ayer

Pulau Ayer
Image Credit: Instagram.com @seribuislandofficial

Di pulau ini Anda akan disuguhkan dengan fasilitas yang berbeda. Salah satunya adalah resor Pulau Ayer. Tempat ini menawarkan kepada para pengunjung pilihan untuk tinggal di cottage terapung atau di daratan dengan villa dengan konsep bangunan tradisional Papua. Menariknya, resor ini sudah dikembangkan mulai tahun 1950 dan pernah melayani presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Villa ini dilengkapi dengan semua jenis fasilitas hiburan seperti karaoke, zona arcade, taman bermain, lapangan olahraga, kolam renang dan restoran yang mampu memanjakan lidah ketika berlibur ke sini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kegiatan olahraga air yang menyenangkan seperti snorkeling, banana boat, diving dan jetski. Letaknya yang hanya menempuh waktu sekitar 25 menit dari Marina Ancol, menjadikan pulau ini tujuan favorit wisatawan.

Lokasi: Jl. K.H. Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

7. Pulau Onrust

Pulau Onrust
Image Credit: Instagram.com @jakarta_tourism

Pulau selanjutnya yang menawarkan keindahan menawan adalah Pulau Onrust. Dikenal sebagai pulau kecil namun menyembunyikan sebuah peninggalan sejarah Belanda berupa benteng. Situs ini kemudian telah berganti fungsi sebagai museum. Nama unik dari Onrust sendiri diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti kerusuhan. Meskipun demikian, penyebutan ini berasal dari seorang aristokrat bernama Onrust Cornelis Van Der Walck.

Karena hal tersebut, pulau ini sangat melekat dengan wisata bersejarah yang berasal dari tahun 1800 an. Pasalnya, pada waktu itu diyakini benteng tersebut dijadikan sebagai stasiun cuaca, sanatorium, dan bahkan penjara penjahat yang terkenal. Oleh karena itu, pulau ini disinyalir menyimpan jejak sejarah yang melimpah. Sehingga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke pulau Onrust.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

8. Pulau Putri

Pulau Putri
Image Credit: Heikaku.com

Jika pulau lainnya berjarak hanya sekitar 30 hingga 45 menit dari Marina Ancol, Pulau putri merupakan pulau yang paling jauh dari Jakarta. Perairan yang bening akan memanjakan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga air. Namun jika Anda tidak ingin menyentuh kesegaran airnya, Anda bisa naik kapal yang dilengkapi lantai kaca. Sehingga Anda bisa mengintip keindahan biota bawah lautnya.

Tidak hanya itu saja, ada petualangan menarik yang bisa Anda rasakan ketika berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah terowongan kaca dimana wisatawan dapat dengan leluasa menyaksikan kehidupan bawah laut. Tampilan akuarium dan seluncuran air berukuran besar juga menjadi daya tarik tambahan untuk dinikmati ketika berlibur ke pulau ini. Jika ingin berlama lama di pulau ini, Anda juga bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan pengelola.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

9. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi
Image Credit: Traveloka.com

Pulau Pelangi adalah tempat wisata yang memiliki vegetasi alami dan rimbun dengan kombinasi pasir putih serta air jernih kebiruan. Air yang bening ini menjadi surga bagi para pecinta olahraga air, khususnya snorkeling. Tidak usah khawatir tidak punya alat untuk kegiatan di dalam air, pasalnya terdapat toko selam yang menyediakan berbagai peralatan untuk mendukung aktivitas seru.

Setelah lelah melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan, Anda bisa beristirahat dan bersantai di bungalow dengan atap jerami yang indah. Tersedia beberapa tipe bungalow mulai dari tulip, bougenville dan juga jasmine. Fasilitas tersebut sudah dilengkapi oleh penyejuk udara, tempat pemandian yang dilengkapi dengan air panas, dua tempat tidur dan juga desain yang menarik.

Lokasi: Pulau Pelangi, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

10. Pulau Macan

Pulau Macan
Image Credit: Piknikdong.com

Pulau Macan mengusung konsep Eco Resort Village yang sangat menarik untuk dikunjungi. Atmosfer natural di tempat ini membuat Anda merasa berada di lingkungan yang alami dengan udara sejuk dan tentunya nyaman. Pulau Macan terdiri dari dua pulau yang diklasifikasikan sebagai besar dan kecil. Letaknya berdekatan dan bisa Anda tempuh hanya dengan berjalan kaki saja jika air laut sedang surut.

Tak hanya itu saja, pulau yang satu ini juga terkenal dengan pondoknya yang bergaya romantis. Meskipun begitu, desain dari gubuk dibuat dengan gaya sealami mungkin untuk menonjolkan konsep dari pulau terpencil. Beberapa gubuk diposisikan sengaja menghadap ke hamparan pantai untuk memungkinkan wisatawan menikmati pemandangan dari sunset yang terbaik.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

Itulah beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu yang Wajib Anda kunjungi saat sedang berlibur. Keindahan dari alamnya yang masih sangat alami membuat deretan pulau tersebut sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hamparan pasir yang landai, berpadu dengan beningnya air laut, menambah suasana di sekitar pulau – pulau tersebut menjadi lebih nyaman dan berkesan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending