Pulau Onrust Jakarta – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Onrust Jakarta – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Onrust salah satu pulau eksotis di Kepulauan Seribu, Jakarta yang sarat dengan misteri. Pulau bersejarah dengan beragam peninggalan arkeologi masa colonial Belanda.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Onrust, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Jakarta tidak hanya dikenal dengan kotanya yang ramai dan padat. Ternyata kota ini juga memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yakni Pulau Onrust. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Pemerintah Belanda pada saat itu VOC menamai pulau ini dengan nama Pulau Onrust.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti ‘Tidak Pernah Istirahat’ atau dalam bahasa inggris ‘unrest’. Di era kolonial pulau ini dijadikan tempat lalu lalang kapal angkatan laut Belanda. Selain itu, oleh VOC pulau ini dijadikan sebagai galangan kapal dan pergudangan dilengkapi benteng sebagai pertahanan awal Batavia.

Di pulau ini, wisatawan akan menemukan warisan dan bangunan arkeologi dari era kolonial. Pulau ini menawarkan sensasi wisata yang berbeda, wisatawan yang datang bagai dibawa kembali ke masa era kolonial. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Pulau Onrust untuk berwisata sembari mengenal rekam jejak sejarah pulau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Onrust

Daya Tarik Pulau Onrust
Image Credit: Instagram.com @nuraini_ziz

Pulau bersejarah ini merupakan salah satu ojek wisata sejarah yang eksotis. Pada tahun 1972 Pulau ini telah disahkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Ali Sadikin selaku Gubernur DKI Jakarta. Pulau ini memiliki area seluas 7,5 hektar. Sebelumnya pulau ini memiliki area seluas 12 hektar namun, karena abrasi luas area pulau ini semakin kecil.

Lokasi pulau Onrust berdekatan dengan pulau lain seperti Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir. Di pulau ini, wisatawan dapat menemukan banyak peninggalan arkeologi dari era kolonial Belanda, dan terdapat sebuah rumah yang masih utuh dijadikan sebagai Museum Taman Arkeologi Onrust.

1. Warisan dan Bangunan Sejarah Era Kolonial

Di pulau ini wisatawan akan disuguhkan banyak warisan dan Bangunan Sejarah dari era kolonial seperti pelabuhan kuno dan benteng. Wisatawan dapat menyaksikan secara langsung di pulau ini terdapat sumur bekas penduduk, kerangka bangunan tua, banyak bata, cor-coran semen, dan bebatuan yang bertebaran.

Pulau yang pernah digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kesultanan Banten pada abad ke-16 menyimpan banyak sejarah. Pulau ini merangkum bagian warisan sejarah yang berkaitan dengan rumah sakit karantina haji di Pulau Cipir dan benteng Martello.

Pada tahun 1618 pulau ini dijadikan sebagai pertahanan terdepan akibat memuncaknya ancaman dari Banten oleh Jan Pieterszoon Coen. Pada tahun 1656 sebuah benteng kecil berbentuk persegi empat dengan dua bastion dibangun. Kemudian benteng diperluas menjadi benteng berbentuk persegi lima dengan bastion di setiap sudutnya pada tahun 1671.

Sebuah kincir angin dan gudang-gudang untuk menyimpan barang-barang dibangun pada tahun 1674. Pada tahun 1691 dibangun kembali sebuah kincir angin. Ketika wisatawan pertama kali menginjakan kaki di dermaga pulau ini akan disambut oleh replika kincir angin. Replika Kincir angin tersebut dibuat oleh VOC.

Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai Sanatorium TBC sekaligus sebagai pusat karantina jemaah haji yang baru pulang dari Mekah pada tahun 1911 hingga tahun 1933. Selain sebagai tempat lalu lalang kapal, pulau ini dijadikan rumah sakit karantina pada masa kemerdekaan.

Pulau ini juga digunakan sebagai tempat latihan militer, tempat penampungan pengemis, dan tempat penampungan gelandangan pada tahun 1960 hingga 1965.

Pada tahun 2002 pulau ini dijadikan UPT Taman Arkeologi Onrust bersama dengan pulau kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Bidadari. Kemudian masuk dalam Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta pada tahun 2015 bersama dengan Situs Marunda dan Museum Bahari.

2. Menara Keker

Wisatawan yang datang ke pulau ini wajib berkunjung ke menara yang dahulu dijadikan pos jaga yang bernama Menara Keker. Menara ini terletak di depan sangat dekat dengan dermaga dan tidak terlalu tinggi.

Menara yang dibangun pada abad ke-20 dapat digunakan wisatawan untuk melihat panorama laut disertai kapal-kapal yang berada di kawasan wisata ini. Lokasi ini juga menjadi spot utama untuk berswafoto ketika berkunjung ke Onrust.

3. Museum Plaza

Museum yang sudah ada sejak tahun 1939 berbentuk seperti rumah dan masih dipakai untuk menyimpan barang-barang bersejarah yang telah dibingkai. Tempat ini menjadi rumah dokter yang digunakan untuk mengecek kesehatan para calon haji.

Tidak jauh dari Museum Plaza dengan jarak kurang lebih 30 meter hingga 50 meter terdapat puing puing bangunan bekas rumah sakit.

Daya Tarik Pulau Onrust Jakarta
Image Credit: Google Maps (Redny Dwi Widyaswoko)

4. Museum Taman Arkeologi Onrust

Wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam mengenai sejarah pulau Onrust dapat berkunjung Museum Taman Arkeologi Onrust. Di tempat itu, tersimpan banyak rekam jejak sejarah pada masa kolonial Belanda. Selain itu, disini juga terdapat miniatur Pulau Onrust.

5. Pemakaman Bersejarah

Bagi yang suka wisata horor, pulau ini bisa jadi destinasi yang tepat. Pasalnya disini terdapat kompleks pemakaman bersejarah yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Terdapat tembok hitam yang tidak terpelihara mengelilingi kawasan pemakaman ini dengan ketinggian kurang lebih 1 hingga 2 meter.

Di pemakaman tersebut terdapat makam yang terkenal, yaitu makam Maria van de Velde dan makam penguasa Onrust, yaitu Cornellis Vogel yang dimakamkan pada tahun 1738. Selain itu terdapat makam Kartosuwiryo yang telah dieksekusi pada masa Soekarno. Di setiap nisan di pemakaman Belanda ini sering ditemukan puisi dalam bahasa Belanda.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Onrust

Lokasi Pulau Onrust
Image Credit: Google Maps (Alfalegro Jalan jalan)

Pulau eksotis ini terletak di DKI Jakarta, lebih tepatnya berada di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Wisata pulau ini dibuka setiap hari. Objek wisata sejarah ini mulai beroperasi sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Ketika berkunjung ke pulau ini, waktu kunjungan sudah terjadwal sehingga wisatawan tidak dapat datang dan pergi sebebasnya. Jadwal keberangkatan sudah diatur pukul 8 pagi sedangkan, untuk jadwal pulang pukul 3 sore. Hal tersebut dilakukan agar wisatawan aman dari ombak.

Akses perjalanan menuju objek wisata ini cukup mudah. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua.

Wisatawan dapat menggunakan aplikasi petunjuk arah yang terdapat di ponsel pintar untuk menuju objek wisata ini. Sedangkan, wisatawan yang menggunakan transportasi umum dapat menggunakan angkutan kota atau bis dengan tujuan ke Muara Angke.

Setibanya di muara angke wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke objek wisata tersebut menggunakan perahu motor. Adapun rute lain yang dapat ditempuh oleh wisatawan dengan menggunakan speedboat. Berangkat dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Onrust dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.

Selain itu, jika berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pasir atau Pelabuhan muara kamal menaiki perahu kayu dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Biaya Wisata di Pulau Onrust Jakarta

Biaya Wisata Pulau Onrust Jakarta
Image Credit: Instagram.com @rudy_wijaya75

Untuk bisa berkunjung ke Taman Arkeologi Onrust wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk. Harga tiket masuk area wisata ini terbagi menjadi beberapa kategori. Bagi mahasiswa akan dikenai biaya sebesar Rp 3.000,- Sedangkan, untuk anak-anak atau pelajar akan dikenai biaya sebesar Rp 2.000,-.

Untuk wisatawan yang datang rombongan minimal 30 orang. Untuk rombongan dewasa akan dikenai biaya sebesar Rp 3.750,-. Bagi rombongan mahasiswa akan dikenai biaya sebesar Rp 2.250,-. Untuk rombongan anak-anak atau pelajar akan dikenai biaya sebesar Rp 1.500,-.

Taman wisata sejarah ini juga terbuka untuk pemakaian plaza, ruangan, dan taman dengan biaya yang dikenai sebesar Rp 1.000.000 per hari. Dan untuk pemakaian lokasi untuk shooting film, rekaman, dan sejenisnya dengan biaya yang dikenai sebesar Rp 1.500.000 per hari.

Untuk biaya transportasi dari Dermaga Marina, Ancol menuju ke Objek wisata sejarah ini wisatawan akan dikenai biaya sebesar dan perkiraan harga Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,-.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Onrust

Aktivitas di Pulau Onrust
Image Credit: Instagram.com @riography_

1. Menjelajah dan Berkunjung ke Tempat Bersejarah

Kawasan dengan panorama indah dan air laut yang bersih ini, menyimpan histori. Pulau Onrust menawarkan sensasi perjalanan wisata yang berbeda. Wisatawan bagai menaiki mesin waktu dan pergi ke masa lalu. Selain sebagai tempat rekreasi objek wisata ini juga dapat dijadikan sarana edukasi.

Wisatawan dapat berekreasi sambil mempelajari sejarah. Di pulau ini wisatawan dapat menjelajah ke setiap sisi bersejarah. Wisatawan dapat berkunjung ke Menara keker, Pemakaman Belanda yang bersejarah, Museum Plaza, dan Museum Arkeologi Pulau Onrust. Wisatawan dapat menemukan bangunan kuno dan puing-puing sisa dari suatu bangunan.

2. Bersantai dan Menikmati Kuliner

Wisatawan yang telah menghabiskan waktu dengan menjelajah objek wisata ini dapat beristirahat dan bersantai di warung yang disediakan penduduk lokal. Sembari bersantai wisatawan dapat menghilangkan dahaga dengan kelapa segar yang dijual di warung dengan harga Rp 20.000,-.

Selain itu, wisatawan dapat menyantap aneka jenis makanan sederhana dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000,- hingga Rp 30.000,-. Cukup murah meriah bukan?

3. Fotografi

Objek wisata ini memiliki banyak spot yang unik dan bersejarah sehingga sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto maupun video. Bangunan-bangunan tua yang ada di sekitar pulau merupakan spot yang sangat dicari oleh banyak pecinta fotografi.

Wisatawan dapat berfoto dengan latar bangunan tua, museum taman arkeologi Onrust, dan tempat-tempat lain yang bersejarah di objek wisata ini. Panorama eksotis dari peninggalan era kolonial dan puing-puing yang masih tersisa di pulau ini akan

4. Mengelilingi Area Pulau Onrust

Wisatawan dapat mengelilingi area pulau ini menggunakan kapal motor. Hanya dengan membayar biaya sebesar Rp 500.000, – untuk 20 penumpang, Anda sudah bisa mengelilingi area pulau ini.

Sedangkan, jika menggunakan kapal nelayan biaya akan lebih murah sehingga wisatawan dapat lebih menghemat pengeluaran selama berwisata. Hal tersebut merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Onrust

Fasilitas di Pulau Onrust
Image Credit: Google Maps (Yudianto Joe)

Sebagai pulau wisata, tentunya sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk menarik pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata pulau ini diantaranya fasilitas penginapan berupa Resort, Kamar mandi (MCK), Penyewaan perahu, area penyimpanan kendaraan dan sebagainya.

Itulah informasi tentang keindahan dan keeksotisan Pulau Onrust yang ada di provinsi DKI Jakarta. Letaknya yang berada di tengah laut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending