Pulau Semak Daun Jakarta – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Semak Daun Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Semak Daun salah satu pulau cantik dalam gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau tak berpenghuni yang kaya pesona layaknya berada di pulau pribadi.

Biaya Wisata: Mulai Rp 635.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Semak Daun merupakan destinasi wisata yang memiliki pesona yang begitu memikat. Meskipun pulau ini tidak begitu besar, keindahannya menjadi primadona di deretan Kepulauan Seribu. Sebutan pulau ini terinspirasi dari lingkungan di sekitar wilayah tersebut, yakni adanya semak berupa dedaunan yang cukup banyak dijumpai.

Keadaan di sekitar lokasi wisata ini sangat unik dan tampak begitu indah. Hal itulah yang menyebabkan destinasi ini diminati oleh banyak wisatawan, terutama mereka yang ingin menikmati wisata alam. Bahkan tidak jarang pelancong dari luar negeri yang menjadikan pulau ini menjadi tujuan destinasi mereka ketika berlibur ke Indonesia, tepatnya di sekitar Jakarta.

Perlu Anda ketahui bahwa masyarakat di sekitar lokasi wisata akan menyambut Anda dengan ramah. Sikap tersebut mereka terapkan tanpa membedakan asal pengunjung, baik dari lokal maupun mancanegara. Liburan di Pulau Semak Daun pasti akan memberikan pengalaman yang cukup berkesan. Sebab, suasana di tempat ini akan memberikan Anda kesegaran dan ketenangan yang tak semua tempat ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Semak Daun

Daya Tarik Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @seanesiatrip

1. Suasana yang Tenang

Ketika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan merasakan ketenangan dari segala hiruk pikuk yang ada di tengah perkotaan. Apalagi adanya pasir yang terhampar dengan warnanya yang putih bersih, menjadikan tempat ini semakin menarik untuk menjadi pilihan berlibur. Air lautnya tampak biru kehijauan, seakan mengundang wisatawan untuk bermain air ataupun berendam.

Perlu Anda ketahui, tanah yang ada di Pulau Semak Daun tergolong subur, sehingga sangat sesuai untuk dijadikan lahan penanaman berbagai jenis tumbuhan. Perairannya pun cukup lancar, Anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan air tawar, sebab di pulau ini tersedia sumber air tawar yang cukup.

BACA:  Pulau Panjang Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Tempat yang Bersih

Lokasi wisata ini masih tergolong bersih. Hal tersebut tidak mengherankan, sebab daerah ini belum ditempati oleh banyak orang. Sehingga belum ada polusi yang menjadikan lingkungan tercemar. Di samping itu, pihak pengelola juga selalu memperhatikan kebersihan dari tempat wisata ini, sehingga siapapun yang berkunjung akan merasa nyaman.

Sebagian besar area di tempat ini ditumbuhi dengan berbagai jenis pohon, semak, serta banyak tumbuhan liar yang menjalar. Adanya berbagai jenis tanaman itulah yang menyebabkan udara di sekitar masih alami dan terasa segar. Apalagi ditambah dengan perawatan yang baik yang menjadikan tempat ini tampak begitu bersih dan enak dipandang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @rustamaji

3. Sunset yang Indah

Selain panorama lautnya yang begitu memukau, Pulau Semak Daun juga dikenal menjadi spot yang pas untuk menikmati momen sunset. Bagi wisatawan yang berasal dari daerah sekitar dapat mengestimasi waktu perjalanan menuju tempat ini, sehingga dapat ikut menikmati momen tersebut.

Sedangkan wisatawan yang berasal dari luar daerah tak perlu khawatir, sebab mereka dapat mendirikan tenda di malam harinya untuk camping di tempat ini. Pengunjung juga dapat membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh mereka ketika angin malam mulai berhembus.

4. Tempat Penangkaran Penyu

Destinasi wisata yang satu ini juga merupakan tempat untuk penangkaran penyu, khususnya jenis penyu sisik. Spesies ini tergolong terbatas di wilayah Indonesia. Lokasi ini merupakan satu diantara tiga lokasi penangkaran penyu yang lain di wilayah Kepulauan Seribu.

Wisatawan yang berkunjung dapat mendatangi lokasi tersebut untuk melihat bagaimana kehidupan penyu di sini. Pengunjung juga dapat sekaligus belajar bagaimana bentuk dan karakteristik dari penyu sisik. Sehingga liburan kali ini juga bisa menjadi kesempatan untuk memperkaya wawasan terkait dengan binatang.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Semak Daun

Biaya Wisata Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @JagaLaut

Pulau Semak Daun terletak di dekat Jakarta, yakni termasuk dalam rentetan pulau di Kepulauan Seribu. Sehingga, bagi Anda yang bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya tak perlu risau jika ingin menikmati sensasi wisata alam tanpa harus menempuh jarak yang sangat jauh. Apabila Anda tidak memakai alat transportasi sendiri, maka Anda dapat menaiki alat transportasi umum, misalnya bus umum.

Untuk sampai di destinasi wisata ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Marina Ancol yang dilanjutkan menuju Pulau Pramuka. Perjalanan tersebut akan memakan waktu 3 sampai 4 jam. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga sampai di tempat tujuan dengan waktu tempuh 40 sampai 60 menit.

BACA:  Pulau Macan Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Perjalanan dari Pulau Pramuka hingga sampai di Pulau Semak Daun membutuhkan transportasi berupa perahu yang berukuran kecil. Biaya yang dibutuhkan untuk penyewaan kapal ini cukup memakan biaya, yakni sekitar Rp 600.000 sampai Rp 800.000. Biaya tersebut menyesuaikan dengan besar kecilnya muatan perahu.

Bagi wisatawan yang berkunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp 35.000. Akan tetapi, jika Anda memerlukan perlengkapan listrik tertentu, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya sewa kepada pihak penjaga pantai. Biaya tersebut bergantung pada jenis dan jumlah perlengkapan yang akan Anda gunakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Semak Daun

Image Credit: Twitter.com @AnnieNugraha

1. Snorkeling

Bagi Anda yang tertarik dengan aktivitas di bawah laut, Anda dapat melakukan aktivitas wisata yang satu ini. Anda dapat menikmati keindahan pemandangan di bawah permukaan laut dengan melakukan snorkeling. Aktivitas ini sangat pas untuk dilakukan di tempat ini, sebab air di pulau ini yang tampak jernih, sehingga ekosistem yang ada dapat terlihat jelas.

2. Menikmati Keindahan Sunset

Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahan matahari yang sedang tenggelam di peraduannya. Aktivitas ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung tempat ini, karena keindahannya mampu membuat siapapun terpesona.

3. Camping

Pulau ini dikenal menjadi tempat yang cocok untuk dipilih sebagai lokasi camping. Sehingga bagi Anda yang suka dengan aktivitas ini, Anda bisa mencobanya di tempat ini. Anda dapat bermalam di kawasan ini bersama dengan keluarga ataupun teman-teman Anda. Kegiatan ini menjadi satu-satunya pilihan jika Anda ingin menginap, sebab di Pulau Semak Daun tidak tersedia penginapan.

Namun, bagi Anda yang ingin berkemah harus menyiapkan sendiri segala perlengkapan yang akan digunakan untuk camping. Mendirikan tenda di tepian pantai pasti akan terasa begitu menyenangkan. Apalagi ditemani suara deburan ombak yang tampak begitu segar, membuat pengalaman camping Anda semakin berkesan.

Aktivitas Menarik di Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @rustamaji

4. Memancing Ikan di Dermaga

Ketika Anda berada di pulau ini pada malam hari, Anda mungkin akan merasa sedikit bosan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memancing ikan di sekitar dermaga. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bintang di langit dari dermaga. Bahkan tak jarang yang menjadikan dermaga ini sebagai latar untuk mengambil beberapa foto.

BACA:  Pulau Pramuka Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Berjalan-Jalan di Pinggir Pantai

Pengunjung yang ingin menikmati suasana di pulau ini dapat melakukannya dengan berjalan-jalan di sekeliling pulau. Anda dapat melakukan kegiatan ini di waktu sore sembari menanti eloknya matahari yang terbenam.

Ketika berkeliling, Anda tak perlu risau tersasar, karena ukuran pulau yang tergolong kecil. Sensasi lembutnya pasir pantai akan lebih terasa ketika Anda berjalan dengan kaki telanjang. Sehingga Anda dapat lebih maksimal menikmati liburan Anda di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Semak Daun Jakarta

Fasilitas Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @traveloka

1. Listrik

Listrik yang tersedia di tempat ini belum seperti yang ada di tempat lain. Sehingga bagi Anda yang menginginkan untuk menggunakan fasilitas tertentu yang menggunakan daya listrik harus memesan dan menyewanya dari pihak pengelola wisata.

2. Lahan Parkir

Bagi pengunjung yang memakai alat transportasi sendiri dapat memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah tersedia. Area yang dijadikan tempat parkir ini cukup luas, sehingga memadai untuk menitipkan kendaraan milik para wisatawan.

3. Rest Area

Pulau Semak Daun juga dilengkapi dengan adanya rest area. Sehingga, bagi wisatawan yang datang dapat mengistirahatkan badan mereka di sekitar sini setelah menempuh perjalanan hingga sampai pulau ini. mereka dapat beristirahat sembari menikmati kesejukan udara di sekitar dan menikmati perbekalan mereka ataupun membelinya di sekitar.

4. Kamar Mandi

Pengunjung yang datang tak perlu risau akan kondisi air yang tersedia di fasilitas ini. Sebab, pihak pengelola telah memastikan bahwa air yang ada merupakan air yang bersih. Adanya lingkungan yang sudah terawat dengan baik, maka Anda sebagai wisatawan patut untuk ikut serta menjaga kebersihan, misalnya dengan tidak membuang sampah dengan sembarangan.

5. Warung

Meskipun pulau ini belum dihuni oleh banyak orang, di sekitarnya sudah didirikan beberapa warung yang menyediakan berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh wisatawan yang berkunjung. Beberapa yang tersedia diantaranya minuman kemasan, camilan, ataupun makanan yang bisa mengatasi ketika perut terasa lapar.

Itulah pesona Pulau Semak Daun yang cukup memukau para wisatawan untuk berkunjung. Alamnya yang masih asri dan tampak begitu indah mampu membuat siapapun yang datang merasa betah untuk menghabiskan waktunya di tempat ini. Untuk itu, jika Anda berkunjung ke pulau tersebut, Anda juga harus turut menjaga keasrian lingkungan agar daya tarik tempat ini selalu terjaga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending