Pulau Pramuka, Jakarta

Pulau Pramuka, Jakarta

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.
Map: Cek Lokasi

Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat di kawasan Jakarta yang telah dikenal oleh banyak orang. Seperti namanya, di kepulauan tersebut terdapat banyak pulau yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pulau yang ada di kepulauan itu ialah Pulau Pramuka. Terdapat banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan saat berada di pulau tersebut. Mari simak ulasannya secara lebih lengkap mengenai apa saja kegiatan tersebut disini.

Daya Tarik Pulau Pramuka

Daya Tarik Pulau Pramuka
Image Credit: Kepulauanseribu.over-blog.com

Sama halnya dengan pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Saat berada disana Anda dapat mencoba mengunjungi jembatan taman nasional yang merupakan salah satu tempat favorit bagi para wisatawan. Daya tarik lain yang dimiliki oleh Pulau Pramuka adalah sebuah penangkaran satwa berupa penyu.

Tidak hanya orang anak anak saja, anak anak juga akan tertarik untuk berkunjung ke penangkaran penyu di pulau tersebut. Disana Anda dapat mempelajari mengenai bagaimana proses penetasan seekor anak penyu. Tentu saja penangkaran penyu ini memiliki nilai edukasi bagi anak anak yang berkunjung ke tempat itu. Dengan daya tarik ini, Pulau Pramuka juga dapat dikatakan sangat sesuai untuk sebuah liburan keluarga.

Daya Tarik Pulau Pramuka Jakarta
Image Credit: Esteraprillia.com

Di pulau ini Anda dapat berburu beragam foto menarik untuk diunggah di media sosial. Karena pemandangan dan objek wisata yang ada di dalamnya menawarkan banyak spot foto bagi Anda. Dari banyaknya daya tarik pulau ini menjadikan Pulau Pramuka banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya dari Jakarta, terdapat pula wisatawan yang berasal dari daerah lainnya yang datang berkunjung.

Saat berkunjung ke pulau tersebut, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu mempesona. Terdapat banyak terumbu karang dari beragam jenis yang ada di perairan sekitar pulau. Sebelum berganti nama menjadi Pulau Pramuka, dulunya pulau ini bernama Pulau Elang atau Lang. Hal tersebut karena dulunya di pulau ini terdapat banyak burung elang bondol yang juga merupakan lambang dari DKI Jakarta.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Pramuka

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Pramuka
Image Credit: Pinterest.com @rizkiapg

Untuk menunju ke Pulau Pramuka ini juga harus dilalui dengan meniti rute yang ada. Biasanya para wisatawan yang hendak datang ke pulau tersebut akan berangkat dari pelabuhan baru Muara Angke. JIka dilihat dari penampakan pada peta yang ada, Pulau Seribu juga terbilang jauh dari Pulau Jawa jika dibandingkan dengan pulau pulau kecil yang lainnya.

Letak dari pulau tersebut juga berada di bagian Kepulauan Seribu di sebelah utara. Dengan menggunakan kapal Anda dapat berkunjung ke pulau ini. Biasanya juga telah tersedia jadwal keberangkatan tersendiri untuk kapal yang digunakan untuk menuju ke Pulau Pramuka ini. Pulau Pramuka sendiri juga dapat diketahui terletak berdekatan dengan Pulau Panggang.

Saat menuju ke pulau ini, Anda dapat menikmati pesona yang dimiliki oleh Kepulauan Seribu ini. Dapat diketahui pula bahwa Pulau Pramuka adalah pulau yang digunakan sebagai pusat administratif di Kepulauan Seribu. Nama dari Pulau Pramuka ini sendiri digunakan setelah pulau tersebut seringkali digunakan sebagai tempat untuk kegiatan pramuka di tahun 1950 hingga 1970 silam.

Biaya Wisata ke Pulau Pramuka

Biaya Wisata ke Pulau Pramuka
Image Credit: Paradisotraveling.com

Terdapat beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat berlibur ke Pulau Pramuka ini. Seperti misalnya dengan menggunakan paket wisata dari agen perjalanan yang ada. Terdapat banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh dengan berwisata dengan menggunakan paket wisata tersebut. Sementara cara untuk sampai ke pulau ini sendiri ialah dengan menggunakan kapal

Harga tiket dari kapal tersebut tentu beragam sesuai dengan jenis kapal dan juga fasilitas yang ada di dalamnya. Setelah sampai di dermaga, Anda juga akan diminta untuk membayar tiket masuk ke dalam Pulau Pramuka. Harga tiket masuk pada tahun 2018 yang silam ialah di kisaran 5.000 rupiah saja. Tentu angka tersebut terbilang sangat ramah di kantong jika dibandingkan dengan beragam pengalaman menarik yang dapat Anda nikmati di pulau tersebut.

Harga dari tiket masuk dari Pulau Pramuka ini tentu juga akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Sebelum mulai berlibur ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini, sebaiknya juga perhitungkan mengenai biaya lain yang harus Anda keluarkan. Seperti misalnya biaya untuk penginapan, tiket kapal, dan juga biaya untuk menyewa peralatan lain yang Anda gunakan. Contohnya adalah peralatan untuk snorkeling dan scuba diving di pulau tersebut.

Kegiatan Menarik di Pulau Pramuka

Kegiatan Menarik di Pulau Pramuka
Image Credit: Pulauseribu.co.id

Terdapat banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Pramuka ini. Contohnya ialah melihat proses pelepasan penyu ke laut lepas. Di sekitar lokasi dari pulau ini, Anda pun dapat melakukan aktivitas snorkeling dan juga scuba diving. Salah satu spot menarik yang dapat Anda temui saat melakukan snorkelling di area tersebut adalah APL (Area Perlindungan Laut) dan juga Pulau Semak Daun.

Destinasi wisata Pulau Pramuka ini sendiri merupakan salah satu dari pulau paling favorit di Kepulauan Seribu. Kegiatan menyelam di tengah keindahan bawah laut pada pulau tersebut juga sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Tanpa perlu berwisata ke tempat yang jauh dari ibukota, Anda dapat memperoleh pengalaman liburan yang menyenangkan di Pulau Pramuka ini.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, maka kegiatan tersebut adalah salah satu hal lain yang dapat Anda lakukan di pulau ini. Di sekitar area dermaga, Anda bisa menikmati beragam spot untuk digunakan sebagai tempat memancing. Pemandangan yang eksotik pun dapat Anda nikmati sembari melakukan aktivitas memancing. Dengan hal tersebut tentu akan menjadikan kegiatan memancing Anda menjadi lebih berkesan.

Penginapan di Pulau Pramuka

Penginapan di Pulau Pramuka
Image Credit: Pulauseributraveling.com

Di Pulau Pramuka ini terdapat fasilitas berupa penginapan yang dapat Anda nikmati. Dengan menginap di pulau tersebut tentu akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan. Di era modern seperti sekarang ini, Anda juga bisa memesan penginapan tersebut jauh jauh hari sebelumnya. Dengan cara tersebut tentu akan menunjang liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Tipe atau jenis dari penginapan yang ditawarkan juga beragam. Harga yang diberikan untuk wisatawan pun akan berbanding lurus dengan fasilitas penginapan yang Anda terima. Pemilihan tempat menginap tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Jika berlibur bersama dengan keluarga, Anda dapat memilih penginapan dengan ukuran yang lebih besar.

Letak dari penginapan yang ada juga berbeda beda. Terdapat penginapan yang berada di tempat strategis dan berdekatan dengan objek wisata tertentu. Seperti misalnya berdekatan dengan pusat penangkaran penyu. Dengan memilih letak penginapan yang strategis tentu akan membantu Anda untuk mengunjungi tempat wisata di Pulau Pramuka ini dengan lebih mudah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pramuka

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pramuka
Image Credit: Travelpulauseribu.co.id

Fasilitas adalah salah satu hal yang dapat menjadi tolak ukur kenyamanan dari sebuah tempat wisata. Dengan fasilitas yang memadai tentu akan membuat kegiatan berlibur para wisawatan menjadi tidak terganggu. Dari keadaan inilah banyak pihak pengelola tempat wisata yang berlomba lomba untuk memberikan yang terbaik bagi para pengunjung yang datang untuk berlibur.

Di Pulau Pramuka sendiri terdapat beragam fasilitas yang dapat Anda gunakan. Mulai dari fasilitas untuk beribadah maupun untuk kebutuhan lainnya. Seperti misalnya fasilitas berupa mushola dan juga fasilitas penginapan berupa villa yang bertebaran di penjuru pulau. Karena pulau ini sendiri merupakan pusat administratif dari wilayah di Kepulauan Seribu, maka terdapat banyak fasilitas lain yang dapat Anda temui pula disana.

Fasilitas yang dimaksud disini ialah berupa kantor pos, rumah sakit, dermaga, dan juga TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Anda juga bisa menyewa beragam alat untuk kegiatan liburan di pulau tersebut. Seperti misalnya alat alat berupa snorkelling, banana boat, donut boat, kano, kayak, dan lain sebagainya. Bagi Anda pecinta sepeda, disana Anda juga bisa menemui tempat penyewaan sepeda.

Untuk mengisi waktu liburan bersama dengan keluarga, Anda dapat berkunjung ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Beragam kegiatan menarik dapat Anda lakukan di pulau yang dulunya memiliki nama Pulau Elang tersebut. Keindahan alam dan perairan yang ada disana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anda pun dapat mencoba kegiatan snorkeling, scuba diving di perairan yang ada di sekitar pulau.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending