Pulau Rupat Bengkalis – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Rupat Bengkalis – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata Pulau Rupat salah satu pulau terluar Indonesia yang menawan berada di Bengkalis. Surga bahari yang tersembunyi menyuguhkan pemandangan alam dan keeksotisan laut menjadi daya tarik utamanya bagi wisatawan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Bengkalis, Riau; Map: Cek Lokasi

Selain Papua dan Bali, Provinsi Riau juga memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Pulau Rupat Bengkalis menjadi salah satu daerah yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Luas wilayah yang dimilikinya sekitar 1.500 KM persegi.

Tempat ini memiliki banyak pesona tersembunyi yang masih asri dan juga alami. Mulai dari hutan, hamparan pasir putih dan juga pantai-pantai kecil yang masih terjaga kealamiannya. Di sana sebagian penduduk yang tinggal dan menetap memiliki pekerjaan sebagai nelayan.

Jika Anda merencanakan liburan tidak ada salahnya untuk memasukkan Pulau Rupat sebagai salah satu daftar dalam list yang wajib dikunjungi. Tentunya akan banyak sekali keindahan, keunikan, serta hal-hal menarik yang bisa Anda temukan dan nikmati selama liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Rupat

Daya Tarik Pulau Rupat
Image Credit: Facebook.com @youngriaukita

1. Pesona Alam Alami

Pesona Alam pulau ini memang tidak diragukan lagi, keindahannya masih terjaga dan alami. Pemandangan sekitarnya menyuguhkan kedamaian dan suasana yang tenang, cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat menyendiri. Saat malam tiba langit menampakkan keindahannya melalui pancaran cahaya bintang dan bulan yang membelah keindahan laut dengan indah.

2. Hamparan Laut

Hamparan laut luas dengan garis pantai yang menawan dan panjang menawarkan kesan yang tiada duanya. Warnanya yang indah dengan gradasi hijau di bagian pinggir terlukis dengan sempurna. Batu-batu karang kecil yang ditumbuhi pepohonan terlihat seperti pulau yang membelah lautnya. Tentu ini menjadi keistimewaan yang berbeda, kapal-kapal nelayan juga turut menghiasi keindahannya.

3. Pasir Putih

Selayaknya tempat wisata bahari yang lain, Pulau Rupat juga menyuguhkan keindahan dari pasir putihnya yang bersih dan luas. Teksturnya lembut sehingga nyaman dijadikan tempat untuk berjalan-jalan atau melakukan aktivitas lainnya. Saat Anda datang dengan anak-anak, maka kondisi ini bisa dimanfaatkan sebagai media untuk bermain bersama seperti membangun castle pasir.

Daya Tarik dari Pulau Rupat
Image Credit: Google Maps (Dibbyliciouz)

4. Pepohonan Hijau

Di sekeliling tepian laut terdapat sebuah hutan yang memberikan sentuhan asri dan sejuk di mata. Keberadaannya juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berteduh atau bersantai sejenak sembari menikmati gambaran luas dari air laut yang jernih dan cantik. Di tempat ini biasanya dijadikan oleh warga sebagai lokasi untuk berjualan ataupun melakukan aktivitasnya sehari-hari.

5. Destinasi Pantai

Tahukah Anda bahwa di sana terdapat sebuah destinasi pantai yang juga dekat dan bisa di eksplore dalam satu waktu. Keberadaannya juga cukup dikenal seperti pantai Rhu, Ketapang, dan juga Medang. Tentunya semua keindahan dan hal menarik tersajikan saat Anda memutuskan berkunjung dan menikmati setiap sudut tanpa melewatkan satu spot yang ada.

6. Panorama Sunset dan Sunrise

Bagi Anda pecinta alam bahari yang eksotis, tentu pesona sunset dan sunrise sudah menjadi bagian dari setiap rencana liburan yang telah disusun. Di Pulau Rupat Bengkalis, semua bisa Anda dapatkan, bahkan dengan kesan yang lebih menarik. Gambaran lautnya yang menawan dengan gradasi warna yang serasi berpadu biasan cahaya senja dan subuh tentu menjadi perpaduan apik untuk dilihat dan diabadikan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Rupat

Rute Pulau Rupat
Image Credit: Facebook.com @pesonabengkalis

Alamat dari destinasi ini berada di salah satu pulau terbesar yang menjadi bagian administrative dan pusat pemerintahan dari Kabupaten Bengkalis, Riau. Letaknya berbatasan langsung dengan 2 negara yang paling dekat dengan Indonesia yaitu Singapura dan juga Malaysia. Sedangkan bagian bibir pantainya berbatasan dengan Selat Malaka.

Akses yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi tersebut yaitu dengan menggunakan perahu atau kapal carter. Hal ini disebabkan karena satu-satunya jalur yang menghubungkan hanyalah lautan. Biasanya transportasi laut tersebut akan berlabuh hingga ke Wisama Mutiara. Namun, juga tidak menutup kemungkinan untuk melalui Pulau Beting Aceh.

Hal paling penting yang harus disiapkan sebelum perjalanan dimulai adalah fisik yang sehat, perbekalan, dan uang yang cukup karena di sana susah mencari mesin ATM. Selain itu perlu diketahui juga bahwa jadwal keberangkatan Ferry setiap harinya yaitu pada pukul 08.00 hingga 09.00. Sedangkan untuk pemberangkatan kedua pada waktu sekitaran pukul 15.00.

Keberangkatan dimulai dari daerah tanjung Medang menuju ke Dumai. Dengan jarak tempuh yang diambil sekitar satu jam lebih perjalanan laut. Untuk ongkos yang perlu dipersiapkan dan dibayarkan per orangnya sekitar Rp 100.000,-

Biaya Wisata ke Pulau Rupat Bengkalis

Biaya ke Pulau Rupat
Image Credit: Google Maps (A. Soimun)

Jika Anda merencanakan liburan ke Pulau Rupat usahakan untuk melakukan estimasi anggaran biaya. Mulai dari pengeluaran transportasi, makan, hingga penginapan jika diperlukan. Rancangan bisa dimulai dengan kebutuhan saat melakukan perjalanan. Pertama biaya tol menuju Dumai dengan besaran yang telah ditentukan.

Kemudian dilanjutkan dengan transportasi menuju Pelabuhan Sri Tanjung dengan tiket yang harus dibayarkan sebesar Rp 10.000,- per orangnya saat menaiki kapal laut. Setelah itu perjalanan menuju Tanjung Medang dan Batu dengan estimasi anggaran sebesar Rp 105.000 untuk harga tiket kendaraan yang dikenakan pada setiap orang.

Untuk besaran anggaran konsumsi dan juga penginapan bisa diestimasikan sekitar kurang lebih Rp 500.000,- per orang. Itulah gambaran rincian yang bisa dijadikan referensi atau patokan, akan lebih baik jika dilebihkan, untuk meminimalisir kebocoran pengeluaran selama di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Rupat

Aktivitas di Pulau Rupat
Image Credit: Instagram.com @exploriau

1. Naik Kapal Laut

Akses jalan utama berupa laut lepas menjadikan setiap pengunjung merasakan sensasi mengelilingi lautan menggunakan Kapal Laut. Tentunya bagi Anda yang belum pernah mencoba transportasi ini, akan menjadi sebuah hal yang berkesan untuk dikenang dan diceritakan sebagai pengalaman tidak terlupakan. Jadi ini adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana.

2. Mengabadikan Momen dengan Berswafoto

Melakukan liburan di salah satu pulau dengan keindahan alam layaknya Maladives tentu sangat disayangkan jika tidak sempat diabadikan dengan foto. Terlebih kebutuhan update di timeline sosial media menjadi salah satu alasan yang tidak bisa ditolak. Pemandangan dan panorama yang tergambar dengan sempurna menjadi spot terbaik untuk hasil jepretan yang mempesona setiap mata.

3. Bermain Pasir

Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di Pulau Rupat adalah bermain di atas pasir dengan berbagai macam aktivitas menyenangkan. Anda bisa berbaring di atasnya sembari menikmati hamparan luas air laut dan keindahannya atau membangun castel pasir bersama anak. Teksturnya yang halus dan juga masih bersih juga cocok dijadikan tempat untuk berjalan santai di pinggiran bibir pantai.

4. Bermalam di Tenda

Hamparan dataran yang luas memberikan ruang bagi Anda yang ingin bermalam di pinggir laut dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Menikmati malam sambil membakar ikan tentu akan menjadi pelengkap yang tepat. Anda bisa membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan dari rumah atau menyewanya dari penyewaan terdekat di sana, tentu kemudian perlu anggaran tambahan.

5. Mengunjungi Beberapa Pantai kecil

Keberadaan beberapa pantai kecil yang dekat dengan lokasi tentu memungkinkan bagi Anda untuk juga mengeksplore nya. Tidak ada salahnya untuk mengunjunginya selagi berada dalam satu lokasi. Daftar wisata bahari tersebut diantaranya pantai Rhu, Ketapang, dan juga Medang. Tentu waktu liburan Anda akan menjadi lengkap dengan menambahkan daftar kunjungan ke tempat tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Rupat

Penginapan di Pulau Rupat
Image Credit: Pegipegi.com

1. Grand Zuri Duri Hotel

Bagi Anda yang menginginkan sensasi menginap seperti di Negara tetangga Grand Zuri Dur Hotel merupakan pilihan yang tepat. Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap dengan tingkat kebersihan dan pemeliharaan yang baik oleh pihak pengelola. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tempat parkir dibuat luas dan dapat dengan baik menampungnya. Harga menginap semalam dimulai dengan Rp 330.000,-

2. House of Nila

Lokasinya sangat strategis dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari beberapa titik area. penting, seperti beberapa bandara internasional terdekat. Hotel Ero Ersada, menawarkan banyak fasilitas penunjang dengan kualitas pelayanan yang ramah. Satu kamar terdiri dari dua kasur ukuran queen, yang muat untuk 4 orang dewasa. Untuk menginap diperlukan biaya per kamar Rp 100.000, satu malamnya.

3. Homestay Bunda Puja

Homestay Bunda Puja, memiliki penawaran kamar dengan fasilitas luas ruang 10 meter persegi dengan satu kasur single untuk satu orang dewasa. Namun di sana juga ada ruangan untuk 2 orang yang tentunya harganya berbeda yaitu sekitar Rp 123.384 per malamnya. Sedangkan tipe pertama dipatok dengan biaya sebesar Rp 101.610,- saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Rupat Bengkalis

Fasilitas di Pulau Rupat Bengkalis
Image Credit: Instagram.com @explorer.beting.aceh

Sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus, Pulau Rupat telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung yang disediakan kepada pengunjung. Perahu, rumah makan, penginapan, dan beberapa fasilitas publik lainnya yaitu toilet dan juga tempat untuk beribadah tersedia dengan bersih. Sarana prasarananya dibangun dengan baik dan dirawat dengan maksimal oleh pihak pengelola.

Itulah gambaran singkat mengenai keindahan dan berbagai hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Rupat, Bengkalis. Tentunya hal yang paling penting sebelum melaksanakan perjalanan adalah menganggarkan segala bentuk kebutuhan. Agar nantinya tidak jadi kebocoran pengeluaran, yang berakibat pada kehabisan uang tunai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending