6 Pulau Cantik di Bali yang Populer & Bikin Betah

Pulau Cantik Bali

Inilah Deretan Wisata Pulau Tercantik di Pulau Dewata Bali. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Eksplor Ketika Berlibur ke Bali.

Ada banyak sekali tempat wisata menarik terbaru yang wajib dijelajahi saat Anda sedang berkunjung ke Bali. Destinasi yang sejak dulu menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara saat berlibur ke Bali salah satunya yaitu wisata pantai. Sebenarnya tidak hanya pantainya saja yang menarik, Anda dapat berkunjung ke deretan pulau kecil nan indah di Pulau Dewata.

Saat berada di Pulau Seri Pura, berikut deretan pulau cantik di Bali yang populer dan bisa bikin betah saat menikmati pesona alamnya.

1. Pulau Penyu

Pulau Penyu
Image Credit: Google Maps (Sharayu Bhasme)

Apakah Anda sudah pernah mendengar Pulau Penyu di Bali? Dengan mendengar namanya saja, Anda mungkin sudah mempunyai gambaran mengenai apa saja yang ada di pulau ini. Pulau yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Daya tarik utama dari Pulau Penyu ini yaitu dijadikannya sebagai sarana penangkaran penyu.

Ada berbagai cara yang pemerintah lakukan untuk melindungi hewan-hewan langka yang ada di Indonesia. Salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah yaitu penyu hijau. Di sini Anda akan disuguhkan para penyu yang tinggal di penangkaran. Selain ditangkarkan, 50 persen penyu hijau anakan yang sudah berumur satu bulan akan dilepaskan ke laut bebas.

Di tempat ini Anda bisa secara langsung melihat budidaya anak penyu atau tukik, pengeraman telur penyu, dan juga penyu dewasa yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Terdapat beberapa aktivitas yang mungkin bisa Anda lakukan selama di tempat ini seperti, berfoto, memberi makan penyu, bahkan pengunjung dapat menggendong penyu yang ada di pulau ini.

Untuk menuju ke tujuan Pulau Penyu, Anda akan membutuhkan waktu 20 menitan dari arah Kuta dengan glass bottom boat. Glass bottom boat ini bukan jenis kapal biasa. Jika Anda naik bersama dengan anak-anak tentunya akan menyenangkan. Dengan begitu dapat menambah keseruan yang ada. Sekalipun tak membutuhkan waktu lama, tapi perjalanan ini akan tetap menyenangkan.

Sebab dari kapal ini Mereka dapat melihat berbagai macam ikan hias, terumbu karang yang ada di dasar laut karena adanya kaca di bawah kapal. Di masing-masing kapal biasanya menyediakan roti untuk memberi makan ikan. Kapal ini sangat cocok untuk mengenalkan berbagai macam kekayaan yang ada di laut kepada anak-anak.

Lokasi: Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

2. Nusa Penida

Nusa Penida
Image Credit: Twitter.com @freedivenusa

Pulau yang tak kalah cantik yaitu Pulau Nusa Penida yang berada di Kabupaten Klungkung. Pulau Nusa Penida ini terletak di tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Disini Anda akan menemukan pemandangan alam yang unik. Jika berada di Nusa Penida, Anda tidak akan menemukan club atau bar pantai seperti yang ada di kawasan Seminyak.

Namun, tidak perlu khawatir karena pulau ini tetap menawarkan keunikan alamnya tersendiri. Disini wisatawan dapat menikmati pantai dengan pasir putih, pemandangan tebing tinggi, hingga keindahan bawah lautnya yang menawan. Selain itu masih banyak lagi daya tarik dari Nusa Penida ini yang bisa dijelajahi oleh wisatawan.

Seperti pantai pasir putihnya, terdapat pemandangan luar biasa yang tersembunyi dibalik terjalnya tebing. Ketika berkunjung di sini Anda dapat menemukan pantai berpasir putih dengan nuansa alami. Bukit Atuh yang populer di kalangan wisatawan karena mirip dengan Raja Ampat sehingga kerap disebut Raja Lima.

Angel’s Billabong yang merupakan muara akhir dari sungai sebelum sampai ke lautan lepas. Jika Anda menyukai kegiatan olahraga air seperti diving, maka cobalah untuk berenang dan bermain di Manta Bay. Daya tarik terakhir yang dapat Anda nikmati di Nusa Penida yaitu Teletubbies Hill. Di sana dapat menikmati hamparan rumput hijau yang sangat luas.

Lokasi: Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

3. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan
Image Credit: Facebook.com @travelbook.de

Salah satu destinasi wisata yang populer di Bali baru-baru ini adalah Nusa Lembongan. Tempat ini perlahan-lahan menjadi tujuan wisata favorit wisatawan. Karena di pulau ini akan disuguhkan tempat wisata alam yang masih sangat alami dan bebas dari kebisingan kota. Pulau ini berada di Kabupaten Klungkung yang terletak di tenggara Pulau Bali.

Keindahan yang dapat Anda nikmati di Pulau Nusa Lembongan ini antara lain seperti pantai pasir putih, hutan bakau yang rimbun dengan tumbuhan hijau, serta juga pemandangan yang indah di bawah laut. Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang menarik, disini juga disediakan fasilitas pariwisata yang sangat memadai.

Di pulau ini Anda tidak boleh melewatkan aktivitas yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung. Seperti berfoto di jembatan kuning, snorkeling, menjelajah pulau menggunakan motor, mengunjungi Devil’s Tear, liburan ke Dream Beach, liburan ke Pantai Jungut Batu, berenang di Mushroom Bay, dan yang terakhir Anda dapat mengunjungi Mangrove Forest.

Lokasi: Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

4. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Twitter.com @restu610

Pulau kecil di Bali yang satu ini merupakan salah satu pulau yang memiliki pemandangan eksotis. Jika Anda berangkat dari Banyuwangi Jawa Timur, Pulau ini akan lebih mudah untuk dijangkau. Lokasi tepatnya yaitu berada di Taman Nasional Bali Barat. Sesuai dengan namanya, pulau ini memang dihuni oleh menjangan atau rusa.

Salah satu daya tarik utama dari Pulau Menjangan ini adalah pemandangan alamnya yang bisa dilihat dari bawah laut. Selain itu, pulau ini juga tidak berpenghuni sehingga keasliannya masih sangat terasa. Bahkan, tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik bagi wisatawan untuk melakukan diving karena memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona.

Saat Anda baru tiba di tempat ini, Anda bisa melihat kawasan pasir putih yang indah menghampar luas. Tidak hanya itu, pemandangan air lautnya yang berwarna biru hijau bergradasi membuat penglihatan menjadi sangat sejuk. Gradasi pada air laut ini disebabkan dasar laut yang memiliki banyak plankton tumbuh dengan subur.

Selain plankton yang ada di dasar laut, terdapat terumbu karang yang masih tumbuh dengan alami dan menjadi habitat bagi ikan kecil yang berwarna-warni. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menikmati aktivitas di bawah laut seperti scuba dan snorkeling.

Banyak sekali tempat snorkeling yang bisa dipilih di Pulau Menjangan ini, salah satunya dermaga dan pantai. Anda bisa berenang hingga puas bersama berbagai jenis ikan dan juga terumbu karang yang sangat indah. Namun, salah satu spot terbaik untuk snorkeling yaitu di dekat tebing, disini Anda akan melihat keindahan bawah laut yang sangat apik.

Lokasi: Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

5. Pulau Serangan

Pulau Serangan
Image Credit: Google Maps (Agus Aqm)

Jika Anda ingin mencari pulau kecil yang cantik namun mudah diakses dari Denpasar, Pulau Serangan ini bisa dijadikan pilihan. Pulau ini terletak di Serangan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Anda tidak perlu naik kapal untuk menjangkau pulau ini seperti pada pulau lainnya. Cukup melewati jembatan hasil reklamasi dengan kendaraan motor maupun mobil.

Objek wisata di Pulau Serangan memiliki pesona keindahan tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sangat sayang rasanya jika Anda berkunjung ke Bali namun tidak mampir ke objek wisata Pulau Serangan ini. Pulau ini memiliki area yang cukup luas dan dihuni oleh penduduk lokal Bali.

Anda bisa menjangkaunya lewat darat melalui jembatan yang menghubungkan antara Bali dan Pulau Serangan ini. Sayangnya, jembatan ini hanya bisa dilalui saat air laut sedang surut. Jika air sedang pasang, maka jembatan tersebut tidak bisa dilewati. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengabadikan keindahan serta deburan ombaknya yang tinggi.

Pulau ini juga memiliki hutan bakau, namun sayangnya kelestariannya sudah sedikit terganggu. Penduduk lokal dan para pecinta alam saling tolong-menolong menanam bibit bakau yang baru. Bagaimanapun hutan bakau memiliki peran yang sangat signifikan untuk menjaga kelestarian alam.

Lokasi: Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

6. Pulau Nusa Dharma

Pulau Nusa Dharma
Image Credit: Google Maps (Russia For You)

Sama dengan Pulau Serangan, pulau cantik yang satu ini bisa Anda jangkau dengan jalur darat. Namanya memang sedikit kurang populer jika dibanding dengan pulau-pulau lainnya. Pulau Nusa Dharma berada di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata ini selalu ramai wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Pulau ini mempunyai pesona keindahan yang unik untuk dikunjungi. Berwisata di pulau ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda. Daya tarik disini adalah Anda tidak hanya dapat menikmati sunrise di pagi hari, namun juga dapat menikmati panorama sunset saat sore hari. Ini karena adanya sebuah hamparan luas yang ditumbuhi rerumputan hijau dan pepohonan yang rimbun.

Rerumputan di kawasan ini sangat rapi karena selalu dirawat oleh petugas. Serta tersedianya jogging track yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan, bersepeda serta berolahraga hingga keliling menyusuri Pulau Nusa Dharma ini. Kawasan pulau ini sangat cocok untuk melihat keindahan dan keeksotisan pantai yang punya suasana tenang dengan pasir pantai berwarna putih berkilau.

Lokasi: Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

Berwisata memang hal yang diperlukan saat kita lelah bekerja atau bersekolah. Mengunjungi tempat-tempat yang cantik dan menyegarkan dapat dijadikan pilihan. Pembahasan diatas merupakan rekomendasi pulau cantik yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Bali. Dengan membacanya saja, sudah terbayang akan keindahan alamnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending