Nusa Lembongan Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Nusa Lembongan Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Nusa Lembongan salah satu pulau kecil nan eksotis di Bali yang berada dekat dari Nusa Ceningan. Wisata bahari yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan menarik dieksplor saat liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 275.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali mempunyai berbagai tempat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahannya tidak hanya terletak pada pulau utamanya, namun juga pulau di sekitarnya. Salah satu dari sekian tempat tersebut adalah Nusa Lembongan.

Keberadaan destinasi wisata yang satu ini sangat dekat dengan Nusa Penida Bali. Tempatnya terletak di samping persis Pulau Ceningan. Bahkan kedua pulau tersebut disatukan oleh sebuah jembatan eksotis dengan warna yang begitu mencolok.

Terdapat berbagai alasan mengapa tempat wisata tersebut ramai didatangi pengunjung. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, ada beberapa tempat di pulau ini yang mampu membuat takjub siapapun yang melawat. Seperti halnya destinasi Bali yang lain, pulau tersebut menyimpan berbagai lokasi eksotis kelas dunia.

Daya Tarik yang Dimiliki Nusa Lembongan Bali

Daya Tarik Nusa Lembongan
Image Credit: Facebook.com @baliguide

1. Eksotisme Pantai-Pantainya

Mengunjungi pulau indah ini, maka wisatawan dapat melawat ke beberapa pantai sekaligus. Terdapat lebih dari satu pantai yang ada di sana. Pengunjung tentu akan merasakan sebuah pengalaman berbeda ketika singgah ke destinasi tersebut.

Salah satu dari sekian pantai yang ada di pulau ini yaitu Pantai Jungut Batu. Hamparan pasirnya berwarna putih kekuningan yang menjadikan tempat tersebut nampak begitu eksotis. Teksturnya pun juga lembut sehingga cocok untuk dinikmati oleh para wisatawan yang hadir.

Nama tempat tersebut mencerminkan keadaan yang ada di sana. Pantai tersebut memiliki banyak batuan karang. Hal ini membuat destinasi tersebut kurang begitu cocok untuk berenang. Namun, keindahan pantainya tentu sangat disayangkan jika tidak dinikmati ketika singgah di sana.

Jika Anda mencari lokasi yang pas untuk berenang, maka dapat berkunjung ke Mushroom Bay. Letaknya berada di sebuah teluk, hamparan pasir putih pantainya membuat takjub bagi siapa saja yang memandang. Air laut di sekitarnya pun nampak begitu jernih dan ombaknya terlihat cukup tenang.

BACA:  22 Wisata Pantai di Bali yang Paling Hits

Batas pantainya adalah sebuah tebing bukit yang juga terdapat beberapa rumah singgah di atasnya. Dikenal sebagai teluk jamur, objek yang ada di sana nampak begitu padat. Pasalnya, tempat tersebut bukan hanya sekadar pantai namun juga sebuah dermaga untuk fastboat.

Mengunjungi teluk tersebut akan membuat liburan terasa begitu indah. Wisatawan dapat dengan leluasa berenang di sekitar pantainya. Kemurnian air dan ombaknya yang tidak besar, membuatnya aman untuk melakukan kegiatan tersebut. Beberapa aktivitas seperti snorkeling juga dapat dilakukan di teluk ini.

Selain kedua pantai tersebut, Nusa Lembongan juga memiliki bentangan pantai yang lain. Tempat tersebut sering disebut dengan Dream Beach. Inilah pantai yang paling populer di pulau mungil ini. Hamparan pasirnya berwarna putih dan kondisinya begitu bersih.

Kebersihan tempat ini memang yang paling diperhatikan oleh pengelola agar objek wisata tersebut terawat dan terjaga dengan baik. Hal inilah yang menjadikan berwisata di sana menjadi nyaman. Air lautnya pun juga nampak begitu jernih sehingga membuatnya berpadu dengan sempurna dengan bentangan pasir pantai.

Keberadaannya ada di sebuah teluk sehingga membuat panoramanya terlihat semakin eksotis. Mengunjungi pantai ini hampir dilakukan oleh semua orang yang hendak melakukan tur ke Pulau Lembongan tersebut. Tempat tersebut dikelilingi oleh beberapa tebing renda, membuatnya seolah nampak tersembunyi.

2. Pesona Asri Hutan Mangrove

Pulau Lembongan ini tidak hanya menyimpan hamparan pantai saja, namun juga terdapat kenampakan alam yang lain. Salah satunya yaitu pepohonan bakau yang ada di sebuah daerah yang cukup terpencil di pulau ini. Lokasinya berada di dekat sebuah pantai pada bagian ujung pulau.

Wisatawan dapat menikmati kegiatan seru di Nusa Lembongan dengan mendayung sampan-sampan tradisional. Tersedia beberapa kanal untuk mengakses lebih jauh hutan bakau ini. Pemandangan di sana terlihat begitu alami dan menyegarkan mata. Pada bagian ujung hutan ini akan nampak keindahan laut. Pengunjung juga dapat melihat Gunung Agung Bali dari kejauhan.

Daya Tarik Nusa Lembongan Bali
Image Credit: Facebook.com @velyz.someone

3. Wisata Unik Goa Gala-Gala

Sekali lagi, pulau yang berada tidak jauh dari Bali ini terdapat sebuah objek wisata yang tidak kalah menarik. Tempat tersebut berbentuk beberapa terowongongan yang ada di bawah tanah dengan kedalaman kurang lebih 7 meter. Tempat tersebut sebenarnya adalah sebuah rumah yang sengaja dibangun bawah tanah.

4. Pemandangan Indah Devil’s Tear

Destinasi wisata yang ada di pinggir laut tersebut menawarkan sebuah pemandangan alam yang tidak biasa. Terdapat berbagai tebing yang cukup terjal berada di sana. Suasananya cukup riuh karena ombak-ombak dari lautan menerjang keras tebing yang ada. Air laut pun tersembur hingga ke atas.

Objek wisata yang satu ini banyak yang menganggapnya mirip dengan tempat wisata Water Blow yang ada di Nusa Dua Bali. Hal tersebut tidak mengherankan karena hamparan tebing yang diterjang oleh ombak laut membuatnya begitu mirip. Semburan air laut tersebut juga menghasilkan pelangi ketika cahaya matahari menyinarinya.

BACA:  Pulau Mandeh Pesisir Selatan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Waktu terbaik yang disarankan untuk berlawat ke objek tersebut yakni ketika momen tergelincirnya matahari. Pada saat itu, pemandangan yang disajikan akan membuat latar belakang foto menjadi semakin indah. Penampakan tersebut akan berkombinasi dengan air laut yang terpental ke atas.

5. Penampakan Klasik Yellow Bridge

Jembatan ini sempat runtuh dan dibangun kembali pada tahun 2016 silam dengan sebutan baru yakni “Jembatan Cinta”. Lokasi tersebut menjadi titik untuk berfoto paling populer yang ada di pulau ini. Bentuk dan warnanya menjadikan sebuah nuansa yang klasik. Pemandangan yang disajikan pun begitu menakjubkan.

Kenampakan yang ada di sana juga bertambah indah karena memiliki latar belakang berupa pepohonan hijau serta lautan biru yang mempesona. Jembatan inilah yang menyatukan Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan. Jarak kedua pulau tersebut sangat dekat sehingga tidak membuat jembatan ini terlalu panjang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Nusa Lembongan

Alamat Nusa Lembongan
Image Credit: Google Maps (Nikolai Bastrakov)

Pulau wisata ini berada di Selat Badung. Jaraknya begitu dekat dengan Pulau Ceningan di sampingnya. Lokasinya berada kurang lebih 2 kilometer dari bagian barat laut destinasi Nusa Penida yang terkenal. Sedangkan letaknya terhadap Pulau Bali yaitu sejauh 11 kilometer pada sisi tenggaranya.

Pulau yang termasuk bagian dari Kabupaten Klungkung ini memiliki panjang sekitar 4.6 kilometer dan lebih kurang lebih 1 hingga 1.5 kilometer. Ada beberapa akses untuk sampai ke sana, namun tentu saja dengan menggunakan transportasi laut. Banyak pelabuhan di Pulau Bali menyediakan kapal menuju ke sana.

Namun, letak objek tersebut berada dekat dengan bagian selatan Bali. Oleh karenanya, terdapat 2 titik yang cocok untuk menjadi awal penyebrangan menuju ke sana yaitu Pelabuhan Serangan dan Sanur.

Biaya Wisata ke Wisata Nusa Lembongan

Biaya ke Nusa Lembongan
Image Credit: Twitter.com @ilhmynhzri

Untuk menuju pulau tersebut tentu harus mengeluarkan sejumlah biaya menaiki fastboat. Dari Serangan menuju ke sana membutuhkan biaya Rp 275.000 per orang. Biaya tersebut bertambah menjadi Rp 400.000 jika melakukan trip mengeliling pulau. Jika Anda menggunakan kapal yang lebih mewah maka harga tersebut akan menjadi berlipat-lipat.

Sedangkan biaya menuju ke sana dari Pelabuhan Sanur dapat lebih murah lagi, namun tetap tergantung dari kualitas dan jenis armada yang dinaiki. Ada kapal di sana yang memiliki tiket seharga kurang lebih Rp 75.000 saja tiap orang. Jika menggunakan fastboat dari sana maka harus membayar biaya sekitar dua kali lipatnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Nusa Lembongan

Aktivitas di Nusa Lembongan
Image Credit: Instagram.com @kylejodrellphoto

1. Menjelajahi Keindahan Pulau

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang wajib ketika berada di sana. Pulau yang tidak begitu luas ini dapat dijelajahi setiap inci dari pesonanya. Terdapat beberapa tempat yang cocok untuk dieksplor lebih dekat lagi oleh siapa saja yang datang ke sana. Pengunjung tidak hanya akan menikmati pantai, namun juga beberapa destinasi lain yang ada.

BACA:  Pantai Dreamland Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Menikmati Lautan Sekitar dengan Scuba Diving

Wisatawan yang berlibur ke pulau eksotis ini tidak hanya dapat menjelajahi daratannya saja, namun juga lautan yang ada di sana. Terdapat beberapa titik yang cocok untuk melakukan aktivitas yang satu ini, salah satunya berada di Pantai Jungut Batu. Tersedia pula beberapa penyewaan alat-alat diving.

3. Berenang Ria Menikmati Kesegaran Air Laut

Beberapa tempat cocok untuk berenang di area pulau Nusa Lembongan, salah satunya Teluk Jamur. Tempat yang memiliki nama asli Pantai Tanjung Sanghyang ini memiliki bentangan alam yang cocok untuk berenang wisatawan. Selain tempat tersebut, Dream Beach dapat menjadi salah satu lokasi yang pas untuk menikmati air laut.

4. Snorkeling

Wisatawan juga dapat menikmati kenampakan bawah air dengan melakukan aktivitas tersebut. Beberapa titik menyediakan peralatan snorkeling diantaranya yaitu pantai jungut dan hutan bakau. Dengan melakukan snorkeling di sana, pengunjung dapat menemukan ikan yang jarang ada di tempat lain diantaranya ikan mola-mola dan manta rays.

5. Berfoto-Foto

Tentu hal ini dapat dilakukan hampir di semua sisi pulau ini. Beberapa rekomendasi tempat yang diharuskan untuk berfoto yaitu jembatan kuning dan devil’s tear.

Penginapan Murah di Sekitar Nusa Lembongan

Penginapan di Nusa Lembongan
Image Credit: Booking.com

1. Paus Putih Hotel Nusa Lembongan

Tempat penginapan ini terbilang murah dengan berbagai fasilitas yang disediakannya. Beberapa diantaranya yaitu AC, wifi, kolam renang, restoran, tempat parkir, hingga ruang depan yang dapat digunakan untuk tamu pengunjung.

2. The Beach Huts

Hotel minimalis ini dapat disewa dengan harga murah setiap kamarnya. Pengunjung juga dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti AC dan wifi. Letaknya pun juga berada di salah satu destinasi favorit di pulau tersebut yakni Pantai Jungut Batu.

3. The Garden Shacks at Sandy Bay

Lokasinya yang strategis berdekatan dengan beberapa destinasi seperti Devil’s Tear, Sanday Bay, dan Dream Beach. Penginapan mewah ini menawarkan fasilitas lengkap kepada pengunjung. Beberapa diantaranya yaitu AC, wifi, hingga kolam renang.

4. Cassava Bungalow

Wisma kelas menengah ini terletak berdekatan dengan Sandy Bay. Pengunjung dapat menggunakan beberapa hal yang ditawarkan seperti AC, wifi, kolam renang, hingga restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Nusa Lembongan Bali

Fasilitas di Nusa Lembongan
Image Credit: Instagram.com @indianakenanga

Mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia. Pengelola menyediakan beberapa hal seperti penyewaan berbagai alat untuk snorkeling maupun scuba diving, adanya sejumlah restoran, hingga penginapan. Pada banyak objek juga tersedia toilet dan tempat untuk duduk menikmati pemandangan alam di pulau.

Nusa Lembongan Bali memiliki beberapa hal yang dapat membuat liburan menjadi menyenangkan. Banyak tempat di sana begitu cocok untuk menjadi pilihan berwisata Anda. Pengelola pun juga menawarkan berbagai hal untuk dapat dinikmati pengunjung ketika singgah ke pulau menawan tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending