Pulau Buaya Sorong, Pesona Pulau Indah Nan Alami yang Memikat Hati

Pulau Buaya Sorong, Pesona Pulau Indah Nan Alami yang Memikat Hati
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kepulauan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Buaya masuk dalam wilayah Sorong namun ada pada pulau yang terpisah. Nama pulau ini diambil karena bentuknya tampak seperti buaya jika dilihat dari atas. Akan tetapi, tidak seseram namanya, pulau cantik ini menawarkan berbagai wisata bahari yang sangat menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi.

Dengan menyajikan keindahan pantai khas timur Indonesia, kawasan pulau memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Air lautnya bersih dan tenang sehingga cukup aman untuk melakukan berbagai aktivitas di bibir pantai. Fasilitas wahana liburan juga disediakan, membuat pulau ini menjadi wisata favorit jika berada di Sorong.

Di hamparan pantai ini juga dikelilingi dengan pohon-pohon kelapa yang membuat membuat hawa di sekitar lebih sejuk dan segar. Pemukiman di Pulau Buaya juga tidak banyak sehingga lingkungan masih terjaga dan tidak banyak polusi. Kawasan ini sangat cocok sebagai tempat untuk berlibur bersama kawan maupun keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Buaya

Daya Tarik Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps Thobagus Salam

Bukan lagi sebagai tempat singgah sebelum ke Raja Ampat, Sorong juga memiliki destinasi wisata yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Buaya memiliki beragam daya tarik sehingga saat ini mulai populer menjadi tujuan destinasi menarik di Sorong.

1. Wisata Bahari yang Alami

Pulau ini memang tidak sepopuler dan seramai dibandingkan pulau di Raja Ampat, namun menawarkan wisata bahari yang akan memanjakan mata. Pulau ini sangat tenang, sangat cocok untuk refresing dan menghilangkan penat dari kegiatan sehari-hari di kota. Dengan tidak banyak campur tangan dari manusia, pulau ini juga masih sangat alami dan lingkungan sekitar juga sangat asri.

Anda juga akan bosan. Di pulau ini, Anda tidak hanya akan ditawarkan dengan pemandangan yang indah saja. Ada berbagai macam kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan. Beragam fasilitas dan wahana telah tersedia. Anda dapat mencobanya sembari merasakan keindahan alam sekitar.

2. Dihuni Penduduk Asli

Pulau Buaya memiliki banyak kawasan hutan dengan dominasi pohon kelapa, namun tetap ada pemukiman penduduk yang dapat ditemukan. Uniknya, pulau ini dihuni oleh penduduk asli yaitu Suku Buton dan Biak yang hidup berdampingan. Mayoritas penduduk pulau ini menjadi nelayan dan berkebun. Penduduk asli menjadi daya tarik dengan segala aktivitas lokal mereka.

3. Nama Pulau Buaya

Banyak orang mengira jika pulau ini seperti Pulau Komodo, di mana namanya diambil dari hewan yang banyak hidup di dalamnya. Padahal, tidak ada buaya yang hidup di pulau ini. Pemberian nama pulau berdasarkan bentuk pulaunya yang sangat mirip dengan buaya mulai dari kepala, badan, dan ekornya. Terlihat jelas dari atas, atau jika diamati dari Pulau Doom maupun Kota Sorong.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps Evev JT

Pulau Buaya Sorong berada di pulau yang terpisah, namun masih dalam satu wilayah dari Kota Sorong, Papua Barat. Jika ingin menuju ke sana, maka Anda dapat menuju Pelabuhan Sorong lalu menyebrang ke pulau menggunakan perahu yang dapat Anda sewa. Perahu merupakan satu-satunya transportasi yang dapat digunakan untuk menuju pulau ini.

Perjalanan laut yang Anda tempuh kurang lebih 45 menit. Banyak dari pengunjung yang mabuk laut selama perjalanan. Oleh karena itu, disarankan kepada Anda untuk berjaga-jaga membawa obat yang dapat mengatasi mabuk perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya ke Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps Evev JT

Untuk menuju Pulau Buaya Sorong Anda perlu menyewa perahu untuk menyebrang. Harga sewa perahu ini berkisar Rp300.000. Namun bagi Anda yang pandai menawar, Anda dapat bernegosiasi dengan pemilik perahu untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika Anda ingin menginap, Anda juga harus menyediakan budget untuk menyewa kamar di kawasan pulau ini. Harga untuk per malam bervariasi tergantung dengan pemilik penginapan dan fasilitas yang ditawarkan. Anda dapat mengira-ngira harga penginapan dengan budget yang memang Anda miliki.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Buaya

Aktivitas di Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps Triantoro _PBG

Ada banyak sekali kegiatan menarik yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Pulau Buaya Sorong. Kegiatan yang menyenangkan membuat para pengunjung betah untuk berada di pulau yang memisahkan diri dari Kota Sorong ini. Berikut beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda coba jika berkunjung.

1. Menikmati Pemandangan

Pulau yang sepi ini memang sangat cocok menjadi tempat untuk menenangkan diri. Dengan keindahan alamnya yang masih asri dan tidak banyak dirusak oleh tangan manusia, Anda dapat datang ke pulau ini untuk berkeliling dan menikmati pemandangan yang ada. Bermain air di pantai pasir putih dengan lautnya yang jernih juga menyegarkan.

Sunset di pulau ini juga sangat indah. Jika Anda datang pada sore hari, Anda dapat menikmati matahari terbenam dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Beberapa tempat juga dapat menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen. Sehingga menikmati pemandangan saja di pulau ini tetap tidak akan menimbulkan rasa bosan.

2. Banana dan Donut Boat

Berbagai fasilitas dan wahana telah tersedia di Pulau Buaya untuk membuat liburan Anda menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah aktivitas air banana boat. Jika Anda datang bersama keluarga atau teman, maka Anda dapat bersama-sama mencoba kegiatan air yang dapat memacu adrenalin ini. Anda akan merasakan kepuasan setelah melawan ombak dengan kecepatan tinggi.

Jika bosan dengan banana boat, Anda juga dapat mencoba donut boat. Memang hampir sama dengan banana boat, namun memiliki bentuk yang berbeda yaitu bulat seperti donat. Sensasi yang ditawarkan juga berbeda, terutama sensasi sedikit melayang dari atas air saat ada angin kencang, atau sensasi terpental di atas ombak.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan saat mencoba wahana-wahana ini. Telah disediakan pengaman seperti pelambung untuk setiap pengunjung yang mencoba wahana ini. Dengan begitu, pengunjung yang tidak sengaja jatuh dari wahana tidak akan tenggelam.

Image Credit: Google Maps ma id

3. Mengendarai ATV

Anda dapat menyusuri pantai menggunakan ATV di destinasi pulau ini. Penyewaan ATV sudah banyak tersedia di sepanjang pantai, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Dengan menggunakan ATV, Anda dapat menyusuri pantai yang landai ini sambil merasakan angin laut yang sepoi-sepoi serta deburan ombak. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan untuk dilakukan.

4. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Pulau Buaya dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk melakukan aktivitas ini. Dengan sebagian penduduknya yang menjadi nelayan, perairan di pulau ini memang memiliki banyak ikan yang dapat ditangkap. Karena itu, jika berkunjung, jangan lupa untuk membawa alat pancing.

Setelah mendapat ikan, Anda juga bisa langsung membakarnya di pinggir pantai. Beberapa pengunjung bahkan membawa panggangan untuk menikmati hasil tangkapan ikan. Kegiatan ini akan jauh lebih menyenangkan jika dilakukan bersama kawan-kawan atau keluarga.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps Fahmi Lapadi

1. Marnin’s Place Boracay

Penginapan ini berada tidak jauh dari lokasi pulau. Hanya 41 menir saja. Termasuk hotel bintang 3 yang menawarkan beragam fasilitas yang memadai untuk Anda seperti akses internet, tempat makan, balkon, dan lain sebagainya. Penginapan ini banyak menjadi rekomendasi pengunjung meski perjalanan menuju kawasan pulau cukup jauh.

2. Senangin Resort dan Café

Penginapan ini sangat dengan dengan wisata di Pulau Buaya, dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja selama beberapa menit perjalanan. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap seperti AC, WiFi gratis, TV, penghangat ruangan, kamar mandi, bahkan juga layanan pembersihan kamar harian. Di penginapan ini juga tersedia restoran bagi pengunjung.

3. Feliness Resort Boracay

Penginapan ini merupakan hotel bintang 3 yang memiliki 16 bilik penginapan dengan akses internet gratis. Lokasinya kurang lebih 41 menit dari lokasi pulau. Selain kamar yang nyaman, penginapan ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang memadai termasuk juga bar mini, kolam renang terbuka, dan restoran. Tidak heran jika penginapan ini cukup banyak menjadi rekomendasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Kawasan Pulau Buaya
Image Credit: Google Maps heri heri

Pulau Buaya menawarkan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung yang datang. Fasilitas seperti perahu yang menjadi transportasi utama menuju pulau ini akan sangat mudah untuk ditemukan. Tersedia juga berbagai fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, tempat berteduh, café, dan tempat ibadah.

Selain itu tersedia juga penginapan jika Anda ingin bermalam. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas memadai serta tempat beristirahat yang sangat nyaman. Harga yang ditawarkan beragam, namun Anda dapat memilih yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Fasilitas lainnya berupa wahana hiburan. Berbagai wahana ini membuat kegiatan liburan di pulau eksotis Sorong menjadi sangat menyenangkan. Banana boat, donut boat, ATV, dan beberapa wahana lain dapat Anda coba bersama rekan atau keluarga jika berlibur di pulau ini.

Pulau Buaya di Sorong memang tidak seramai Raja Ampat, namun tetap dapat menjadi destinasi wisata bahari yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan lingkungan alam yang masih alami dan asri, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di pulau ini. Dengan begitu, liburan Anda menjadi tidak membosankan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending