Air Terjun Tukad Cepung, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Bangli

Air Terjun Tukad Cepung, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Bangli
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIT, Alamat: Jl. Tembuku, Tembuku, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Bali; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Bangli kembali menawarkan keindahan alam yang mengesankan tanpa harus mengunggulkan destinasi bahari Pulau Dewata. Dikenal jauh dari lokasi lautan, tempat ini rupanya punya aneka keunikan alam yang tak kalah menggoda. Seperti Air Terjun Tukad Cepung, di mana Anda akan dibawa menyusuri sungai demi mendapatkan pesona sejatinya.

Terletak di Dusun Penida Kelod, sebenarnya air terjun menawan itu mudah diakses meskipun akan memakan waktu agak lama dibanding perjalanan biasa. Pasalnya, Anda diharuskan berjalan kaki dari tepi jalan umum melewati aliran sungai dan tebing-tebing kukuh.

Pesona destinasi cantik tersebut mulai terlihat bila Anda menemukan dua buah tebing yang berdiri saling bersisian. Bentuknya seperti gapura yang menjulang tinggi dan artistik, padahal eksistensinya ada tanpa bantuan manusia. Menyusuri aliran sungai di balik tebing, Anda lalu akan menjumpai air terjun yang membentang indah, tersembunyi dari keramaian kota.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Tukad Cepung

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Google Maps Anthony Cross

1. Mengalir di Dalam Gua

Air Terjun Tukad Cepung memberikan keunikan yang susah ditolak oleh para pegiat petualangan alam. Anda akan melihat aliran air melewati sebuah gua berukuran kecil, kemudian terus meluncur ke daerah lebih rendah.

Aliran air yang terjadi di dalam gua membuat arusnya cenderung lebih sedang dan ukuran kolamnya agak tinggi. Orang dapat bermain dengan puas tanpa menyadari bahwa waktu telah lama berlalu. Air terjun setinggi 15 meter itu memang tidak begitu deras, jadi menawarkan momen pemandian yang lebih intens kepada pengunjung.

Kepungan gua yang tersusun dari tebing-tebing kukuh juga membuat suara aliran airnya lebih kencang setelah memasuki mulut gua. Sementara itu, saat masih berada di luar gua maka suaranya tidak terdengar terlalu jelas.

Barangkali Anda perlu memperbesar volume suara ketika memutuskan mandi di dalam gua. Ini tentu akan jadi pengalaman seru sembari menikmati air dingin dan hawa sejuk yang nantinya mengepung tubuh Anda.

2. Destinasi yang Asri

Suasana serba hijau juga tidak terlepas dari pemandangan alam yang bisa Anda lihat sepanjang perjalanan dari tepi jalan hingga ke pusat air terjun. Alamnya betul-betul asri dengan rumput liar masih tersebar di berbagai sisi.

Air Terjun Tukad Cepung memberikan kesan natural yang mendebarkan. Anda bahkan dapat mendengar suara-suara serangga hutan seolah saling bersahutan seperti nyanyian alam. Untuk mereka para pecinta tantangan, pergi ke sini akan terasa memuaskan.

Tentunya Anda harus berhati-hati sewaktu melalui bantaran sungai sebab kontur jalanannya tergolong licin. Bebatuan yang terus-menerus ditimpa air membuat permukaan batu dan pinggir sungai menjadi licin.

3. Menarik dari Banyak Sisi

Jenis fotografi alam selalu menyajikan pemandangan menarik di berbagai sudut bumi. Saat Anda mampir ke sini, berburu foto sangat didukung berkat eksotisme alamnya yang sulit diabaikan. Melihat dari sudut mana pun, Anda akan menyadari betapa air terjun unik ini patut diabadikan sepanjang masa.

Saat melihat di mulut gua, sisi tebing yang berwarna kehitaman, pada tirai air yang jatuh ke tanah, atau kilau matahari yang terkumpul dan memantul di satu titik. Foto-foto Anda dijamin tampak estetis, bahkan jika tak punya keahlian memotret yang keren.

Lumut di Air Terjun Tukad Cepung yang menempel pada berbagai batuan juga terlihat menarik. Itu menghadirkan kesan agak kumuh namun juga memikat pada waktu bersamaan. Terkadang, bebatuan yang sudah dilapisi lumut itu bisa juga dijadikan sebagai tempat bersandar atau sekadar latar belakang saat hendak mengambil gambar.

Keluar dari mulut gua, air yang mengalir dengan debit sedang turut memikat mata. Kejernihannya, riak-riak air, bahkan daun-daun gugur saat terbawa arus. Jika membawa kamera anti air, Anda dimungkinkan untuk mendapatkan spot yang lebih semarak demi menambah koleksi foto.

Lebih jauh lagi, saat di pintu masuk menuju ke pusat air terjun, ada pemuda-pemuda lokal yang memakai pakaian adat Bali. Mereka biasanya bertugas menyambut pelancong dan memberikan pengarahan ke mana Anda harus pergi. Barangkali sambutan spesial ini dapat dipilih pula sebagai objek foto human interest.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat AIr Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Google Maps Ivan Khoe

Memutuskan liburan ke Kabupaten Bangli akan membawa Anda pada petualangan alam liar yang menyembunyikan pesona pemandian eksotis. Persisnya di Kecamatan Tembuku, Jalan Tembuku, Bali, Anda dapat bepergian ke Air Terjun Tukad Cepung yang menakjubkan.

Bepergian ke sana tidak begitu sulit sebab kontur jalanan sudah cukup baik meski Anda harus berjalan kaki menuju ke dasar lembah. Menyusuri hutan Dusun Penida Kelod, setiap pelancong akan merasa melewati lanskap yang mengesankan.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tukad Cepung

Harga Tiket Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Google Maps Prianto Puji Anggriawan

Pilihlah jadwal kedatangan Anda ke Tukad Cepung di antara antara jam 06.00 sampai 18.00 WITA. Jika ingin menikmati cahaya sunset di dalam gua, sebaiknya pertimbangkan untuk pergi saat telah lewat tengah hari agar tak terlalu lama menunggu.

Belum ada retribusi yang ditetapkan atas air terjun cantik ini, namun Anda bisa mengeluarkan biaya tambahan jika menyewa jasa pemandu. Adapun tarifnya dapat dinegosiasikan dengan yang bersangkutan langsung, ini bisa sangat beragam sesuai kesepakatan bersama.

Aktivitas yang Seru di Air Terjun Tukad Cepung

Aktivitas Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Twitter ᗷᗩGᑌS 07

1. Mandi di Kolam Alami

Kolam alami yang terbentuk di dalam gua milik Air Terjun Tukad Cepung merupakan pilihan bagus untuk menyegarkan badan. Hawa dingin akan terasa mengepung tubuh Anda saat mulai melangkahkan kaki memasuki perairan.

Ditemani kesunyian yang khas dengan suara serangga di sekitar sini, pengalaman saat mandi bisa lebih maksimal. Pergilah tanpa rasa ragu di mana sebelumnya pastikan dahulu bahwa Anda membawa pakaian ganti.

Meski fasilitas di sekitar Tukad Cepung masih terbatas, tapi ada tempat untuk sekadar berganti pakaian. Pasalnya, jika sehabis mandi tidak segera menukar pakaian, dikhawatirkan itu bisa membuat Anda kesulitan sekembalinya dari sini.

2. Berfoto-Foto

Menambah koleksi foto juga termasuk kegiatan yang pastinya tidak boleh dilupakan oleh setiap pelancong. Banyaknya sudut estetis di kawasan ini akan memberikan beragam hasil bidikan secara memukau.

Air Terjun Tukad Cepung kian hari kian diminati salah satunya karena banyak spot untuk berfoto ria. Terkadang, turis asing dari luar negeri bahkan datang ke sini untuk menghabiskan waktu mereka sambil mengagumi sekeping kecantikan alam Indonesia.

Berfoto juga bisa menambah rasa percaya diri atau koleksi konten yang dapat diunggah ke media sosial. Bagi Anda dengan kesenangan memamerkan aktivitas jalan-jalan, memilih lokasi destinasi pemandian ini merupakan suatu keputusan yang bagus.

3. Merekam video

Membuat video dokumenter juga menghadirkan kreasi yang lebih luas bagi perjalanan Anda. Alih-alih sekadar menyimpanya dalam bentuk foto digital atau cetak, ada baiknya mempertimbangkan kegiatan perekaman.

Tak melulu harus dibekali oleh kamera yang canggih, sekarang ini ada banyak ponsel sudah mampu merekam hingga resolusi 4K. Anda dapat memanfaatkan perangkat tersebut kemudian menghasilkan video yang luar biasa.

Apalagi, jika datang bersama kawan terdekat, Anda pasti tidak ingin melewatkan momennya begitu saja, bukan? Ajaklah mereka membuat video bersama di mana filenya dapat dijadikan sebagai memori berkesan pada masa-masa yang akan datang.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Tukad Ceoung
Image Credit: Facebook Didi Suprapta

Perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung akan membawa Anda pada pengalaman kuliner yang menakjubkan. Tidak selalu harus ada di dekat pusat jatuhnya air, menu-menu tersebut bisa Anda temukan sebelum berhenti di Dusun Penida Kelod. Sejumlah warga lokal menawarkan dagangan mereka di pinggir-pinggir jalan sehingga Anda bisa berhenti dan membelinya.

Sementara itu, di lokasi air terjunnya sendiri tak ada yang berjualan dan ini sebenarnya menghadirkan kesan spesial tersendiri. Minimnya fasilitas di pusar air terjun cantik itu justru mempertahankan kesan asri khas alam liar Bali.

Adapun bila ingin ke toilet, Anda dapat menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh warga lokal, biasanya ada di lokasi perkampungan. Bagi Anda yang baru pertama kali mampir ke sini dan khawatir akan tersesat, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa jasa pemandu.

Ada pemuda-pemuda setempat yang bersedia memfasilitasi bantuan tersebut dengan negosiasi. Benar bahwa memakai jasa pemandu akan menambah daftar pengeluaran, tapi ini merupakan tindakan preventif demi mencegah insiden tak diharapkan.

Air Terjun Tukad Cepung memang menawan, tapi agaknya masih perlu dikembangkan agar lebih berkesan. Tidak hanya soal keindahan alam yang memang tak diragukan lagi, melainkan fasilitas di sekitar sini. Peran pemerintah daerah dapat membantu masyarakat mewujudkan peluang peningkatan ekonomi ke arah yang lebih baik lewat destinasi cantik ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending