Air Terjun Kuning, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bangli

Air Terjun Kuning, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bangli
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00-17.30 WITA, Alamat: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli, Bali; Map: Cek Lokasi

Air terjun Kuning merupakan salah satu destinasi wisata alternatif bagi anda yang sedang mencari sebuah lokasi wisata baru di Pulau Bali yang masih belum terjamah. Karena masuk kategori wisata yang belum terjamah dan belum terlalu populer maka anda akan menemukan alam yang benar-benar indah dan mempesona.

Namun, anda juga harus menyiapkan tenaga ekstra untuk sampai lokasi wisata cantik ini karena akses jalannya hanya bisa dilalui dengan cara berjalan kaki dari pemukiman warga terdekat yaitu Dusun Kuning sejauh 500 meter.

Lokasi wisata air terjun cantik ini juga akan sangat cocok bagi mereka yang suka dengan alam dan gemar menjelajah hutan.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Kuning

Daya Tarik Air Terjun Kuning
Image Credit: Google Maps Jacobo Hernández

1. Air Terjun

Daya tarik utama dari Air Terjun Kuning sudah pasti adalah air terjun itu sendiri. Keindahan dari air terjun cantik ini terletak pada 2 aliran air setinggi 25 meter dari sebuah tebing batu yang membuat mereka terlihat seperti kembar. Aliran air tersebut berasal dari mata air di tengah hutan sehingga membuatnya sangat terasa sejuk dan segar.

2. Kolam Alami

Tepat di bawah aliran air terjun menawan tersebut terdapat sebuah kolam alami yang menjadi lokasi bermain air atau berenang populer bagi wisatawan. Di sekeliling kolam alami ini juga ada beberapa bebatuan besar yang dapat anda gunakan untuk duduk atau melompat ke dalam air dari atasnya.

Daya Tarik di Air Terjun Kuning
Image Credit: Google Maps agas maha astra

3. Sungai

Namanya air terjun jelas akan sangat berkaitan erat dengan sungai, dimana anda juga dapat menemukan hal tersebut di lokasi wisata asal Kabupaten Bangli tersebut. Aliran sungai ini berasal langsung dari kolam alami yang ada di bawah titik jatuhnya air sehingga bisa dibilang sungai ini masih satu objek dengan Air Terjun Kuning.

Hal tersebut membuat aliran airnya terasa sangat sejuk dan segar. Lokasi sungai ini bisa digunakan sebagai salah satu spot foto menarik karena dari sisi sungai cantik ini anda dapat melihat air terjun setinggi 25 meter dengan sangat jelas.

4. Hutan

Beralih ke daya tarik lainnya yang dimiliki oleh destinasi wisata alam tersembunyi ini yaitu hutan. Tidak bisa dipungkiri jika hutan yang ada di sekitar Air Terjun Kuning menakjubkan ini turut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan statusnya yang masih sangat alami membuat anda dapat menemukan banyak sekali tumbuhan didalamnya.

Bahkan ada beberapa pohon besar yang tumbuh dengan begitu subur karena memiliki asupan air yang terpenuhi dari aliran sungai dan kolam alami yang ada di dalam kawasan wisata menawan ini. Anda juga akan merasakan udara yang sangat segar dan sejuk meskipun saat siang hari yang bisanya akan sangat terasa panas.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kuning Bangli
Image Credit: Google Maps agas maha astra

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata menakjubkan ini bisa mencapainya dari Kota Denpasar sejauh 36 km dan memakan waktu perjalanan selama 1 jam 2 menit. Hal ini karena Air Terjun Kuning berada di Provinsi Bali, Dusun Kuning, Kabupaten Bangli, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli.

Perjalanan bisa dimulai dari Jl. Diponegoro menuju pertigaan Jl. Serma Kawi lalu belok kanan dan tetap di jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan Jl. P. B. Sudirman kemudian belok kiri. Silahkan terus di Jl. P. B. Sudirman sampai tiba di perempatan Jl. Raya Puputan lalu belok kanan dan terus lurus sampai menemukan bundaran.

Dari bundaran anda harus mengambil jalur keluar kedua untuk melewati Jl. Hang Tuah dan tetap di Jl. Hang Tuah sampai tiba di pertigaan Jl. Bypass Ngurah Rai lalu belok kiri dan tetap di jalan tersebut sampai menemukan jalur putar balik dekat Duta Orchid Garden. Silahkan putar balik di jalur tersebut kemudian belok kiri masuk ke Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Terus ikuti Jl. Prof Dr. Ida Bagus Mantra sampai anda menemukan pertigaan arah ke Banjar Siyut kemudian belok kiri dan tetap di jalan tersebut sampai menemukan perempatan setelah Indomaret Pagesangan. Dari sini anda harus belok kanan untuk masuk ke Jl. Sidan – Astina Timur dan terus sampai masuk ke pertigaan Jl. DR. Lr. Soekarno.

Dari pertigaan tersebut silahkan belok kiri kemudian tetap di jalan ini sampai tiba di perempatan dekat Puskesmas Bangli lalu belok kanan. Setelah belok kanan terus lurus sampai masuk ke Jl. Air Terjun Dedari dan menemukan perempatan dekat Cafe Dreaming Bali lalu belok kiri.

Anda harus mengikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan dekat sebuah toko pakaian bernama Sri Uma Collection kemudian belok kanan. Silahkan ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan tempat parkir Air Terjun Kuning. Setelah memarkirkan kendaraan perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kuning

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kuning
Image Credit: Google Maps agas maha astra

Sampai saat ini belum ada penetapan harga tiket masuk untuk wisatawan yang berkunjung ke air terjun cantik asal Dusun Kuning tersebut. Hal ini bisa membuat anda memasuki kawasan wisata alam tersebut secara gratis, namun jika anda ingin menyumbang maka silahkan masukan sumbangan anda ke dalam sebuah kotak yang ada di pos jaga.

Air Terjun Kuning diketahui buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.30 WITA. Jam operasional tersebut hanya berlaku bagi wisatawan yang ingin bermain air atau menikmati pemandangan alam saja, sedangkan bagi wisatawan yang ingin camping bisa melewati jam tersebut namun harus meminta izin kepada petugas terlebih dahulu.

Ragam Aktivitas Seru di Air Terjun Kuning

Ragam Aktivitas Seru Air Terjun Kuning
Image Credit: Google Maps Made Buktiana

1. Menjelajahi Hutan

Setiap wisatawan yang ingin mencapai lokasi air terjun setinggi 25 meter tersebut diharuskan untuk berjalan menjelajahi sebuah hutan sejauh 500 meter, oleh karena itu siapkan badan dan perlengkapan sebaik mungkin. Selama perjalanan anda juga akan menemukan banyak sekali tumbuhan dan hewan liar yang hidup di dalamnya.

2. Bermain Air atau Berenang

Begitu tiba di lokasi Air Terjun Kuning kebanyakan orang pasti langsung bermain air atau minimal membasuh muka karena capek melakukan perjalanan melewati hutan sebelumnya. Di samping kegiatan bermain air atau membasuh muka, anda juga bisa berenang di sebuah kolam alami yang ada di bawah titik jatuhnya air.

3. Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Karena alam di lokasi wisata menawan ini sangat menakjubkan membuat banyak wisatawan suka menikmatinya sambil duduk santai diatas batu atau dibawah pohon. Kegiatan ini juga sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang memiliki banyak beban pikiran atau masalah, karena alam yang tenang dan damai akan menjadi obat penenang terbaik.

Ragam Aktivitas Seru di Air Terjun Kuning
Image Credit: Google Maps gus cahyadi

4. Berfoto

Sepertinya akan terasa sangat kurang jika anda tidak menyempatkan diri untuk berfoto di Air Terjun Kuning. Hal ini karena pemandangan alam di lokasi wisata menakjubkan tersebut akan sangat sempurna jika dijadikan sebagai latar belakang foto. Selain itu anda juga bisa berfoto sambil bermain air atau berenang untuk mengenang momen liburan kali ini.

5. Camping

Bagi anda yang hobi melakukan camping maka destinasi wisata asal Kabupaten Bangli ini merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda dan bermalam di alam bebas. Hal ini karena lokasi tersebut memiliki alam yang masih sangat terjaga dan sumber air yang mencukupi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Kuning.
Image Credit: Google Maps Сергей Тринченко

Untuk fasilitas yang tersedia di Air Terjun Kuning dapat dikatakan sangat kurang. Hal ini wajar saja karena letaknya yang berada di kawasan pedesaan dan jauh dari pusat kota. Selain itu nama dari lokasi wisata alam tersebut juga tidak terlalu populer jadi jangan kaget jika anda tidak menemukan fasilitas umum sama sekali.

Fasilitas yang dapat anda jumpai di lokasi air terjun cantik ini adalah sebuah pos jaga, jalan setapak, dan area parkir kendaraan yang hanya berupa sebuah lahan kosong. Selain itu tidak ada fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi atau toilet umum.

Padahal salah satu kegiatan yang populer di air terjun menakjubkan ini adalah bermain air atau berenang. Hal ini membuat anda harus mencari semak-semak untuk mengganti pakaian.

Air Terjun Kuning memang sebuah tempat wisata dengan alam yang sangat cantik. Namun anda juga harus menyiapkan diri, bekal, dan peralatan yang diperlukan sebaik mungkin sebelum melakukan liburan ke destinasi wisata asal Kabupaten Bangli tersebut.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending