Curug Batu Templek, Air Terjun Eksotis yang Super Jernih di Bandung

Curug Batu Templek, Air Terjun Eksotis yang Super Jernih di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Kampung Sentakdulang, Cikored, Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bandung, merupakan kota yang tidak habis dari terkenalnya objek wisata yang menarik publik. Seperti Curug Batu Templek yang menjadi aset kekayaan alam yang dimiliki kota ini. Keindahan yang unik dengan bebatuan cadas yang tebing dan sangatlah eksotis.

Destinasi cantik ini dapat menjadi opsi berlibur Anda. Air terjun yang tersaji begitu asri bak layaknya syurga yang tersembunyi. Kegiatan yang lain seperti bersepeda maupun berolahraga dapat Anda lakukan di lokasi cantik ini.

Selain itu, sangking indahnya pesona yang ditawarkan, lokasi curug cantik ini tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara juga pernah berkunjung. Dalam memburu poto yang instagramble, mudah sekali didapatkan bila datang ke lokasi.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Batu Templek

Daya Tarik Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps owen yoga

1. Keindahan Curug

Curug Batu Templek memiliki ketinggian curug mencapai 52 meter, merupakan keindahan yang ditawarkan di curug cantik ini. Tentunya dengan ketinggian tersebut terdapat pesona yang menakjubkan. Apalagi bila kondisi air yang bersih dan tentunya jernih.

Jika dilihat dari jauh, air terjun terlihat begitu cantik, apalagi bila melihat lebih dekat. Aliran curug yang terpecah dengan beberapa aliran kian menambah pesona yang ditawarkan menjadi panorama yang eksotis. Berada di lokasi air terjun yang hits ini Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa.

Keindahan curug juga dilengkapi dengan pepohonan sekitar area. Yang merupakan tambahan dalam efek hijau yang tersaji. Berpoto di lokasi cantik ini akan sangat menjanjikan poto-poto yang kece dan kekinian.

2. Kondisi Bebatuan

Daya tarik yang dimiliki oleh Curug Batu Templek cantik ini yaitu batu yang berwarna kekuningan. Panorama bebatuan yang tersusun menawan dengan warna alaminya. Keindahan yang terpancar dari kekuningan warna batu yang tebing ini menjadi daya tarik yang unik.

Konon, keadaan batu yang berwarna kekuningan ini memiliki kisah tersendiri pada zamannya. Terbentuk dari peristiwa lampau cekungan Bandung zaman kuno. Bebatuan ini dikabarkan sudah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Batu yang berbentuk tipis yang menyerupai lempengan, makanya objek wisata cantik ini diberi nama batu Templek. Keadaan ini terkesan alami yang digunakan dalam bangunan rumah-rumah yang menyatu dengan dinding atau ditempeli. Sebab warna kekuningan ini layaknya konsep perumahan mini.

3. Tebing yang Eksotis

Keindahan yang tersaji di Curug Batu Templek tidak hanya dari pemandangan alam maupun kondisi batuannya saja. Terdapat tebing yang eksotis bagi pecinta petualang terutama pemanjat tebing. Tebing yang tersaji memiliki beberapa ukuran yang berbeda.

Undakan yang dimiliki pun bervariasi ukurannya. Maka tak heran banyak pemanjat tebing yang datang dengan motif menjajal destinasi ini untuk beradu adrenalin. Berbagai macam ukuran yang ditawarkan, tetap saja kondisi tebing ini terlihat cantik.

Daya Tarik di Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Rd. Muhammad Luthfan Halim

4. Air Terjun Tak Berkolam

Jika dilihat secara sekilas air terjun ini seakan-akan buatan oleh pihak pengelola. Namun, pada realitanya air terjun cantik ini terbentuk secara alami. Meskipun kontur batuan yang tersaji sangat mirip di pekarangan rumah.

Ditambah dengan kondisi di air terjun tidak memiliki kolam layaknya air terjun pada umumnya. Maka tak heran bila ada anggapan air terjun ini merupakan buatan. Air terjun tak berkolam yang aliran airnya langsung turun mengalir ke sungai hulu.

5. Spot Poto untuk Potografi

Sudah menjadi keindahan yang wajib diabadikan dengan poto adalah pesona yang terdapat di Curug Batu Templek cantik ini. Maka sebagian pengunjung merupakan anak-anak muda yang berburu poto. Spot poto yang ditawarkan juga sangat pas untuk potografer.

Daya tarik utama memang terlihat dari terpadunya aliran air dengan batuan tebing yang cantik. Spot poto yang ini sangat bagus dan menarik sebagai latar belakang poto Anda. Swapoto yang tak kalah dengan objek wisata lainnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Alamat Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Dede Marsose

Terletak di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh siapa pun, merupakan kondisi lokasi Curug Batu Templek. Tepatnya berada di desa Cikadung, diperkampungan Cisanggarung, kabupaten Bandung, Kecamatan Cimenyan, Jawa Barat. Tentunya dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Bila posisi Anda di kawasan Pasir Impun yang merupakan daerah yang dekat dengan Terminal Leuwi Panjang. Dari Pasir Impun tersebut ikuti jalanan sejauh 4 kg kemudian melewati daerah jalan Cisanggarung. Nah, lokasi curug cantik ini tepat berada dibawah jalanan tersebut.

Ketika Anda sudah tiba, hanya berjalan beberapa meter menuju titik lokasi. Kondisi jalan setapak yang dihiasi pepohonan bambu. Dan tidak lupa dengan pelangkap aliran sungai yang tersaji siap menemani perjalanan Anda.

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Agung Prastyo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Batu Templek, harga tiket masuk tidak begitu merogoh kantong. Untuk weekend harga tiket masuk mencapai Rp 10.000 per orangnya. Dan untuk weekday harga tiket masuk mencapai Rp 5.000 per orangnya.

Harga tiket yang tertera sudah termasuk biaya parkir. Jam operasi buka pada pukul 05.00 sampai sore pada pukul 18.00 WIB. Tentunya bagi Anda yang ingin menikmati alam dengan kegiatan camping buka 24 jam untuk Anda.

Ragam Aktivitas Seru di Curug Batu Templek

Ragam Aktivitas Seru Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Yusep Rukmana

1. Menikmati Pesona yang Tersaji

Sudah dipastikan Anda akan candu untuk menikmati indahnya pesona alam yang tersaji. Sensasi yang luar biasa seolah menghipnotis para wisatawan. Bagaimana tidak, cantiknya batuan tebing dengan dilengkap aliran air yang eksotis ini benar-benar alami.

Kegiatan menikmati keindahan ini merupakan bentuk tafakur terhadap Kuasa Tuhan dalam penciptaan segala sesuatu. Jangan lupa untuk menikmati pesona alam dengan rasa penuh syukur.

2. Panjat Tebing

Kegiatan yang penuh adrenalin ini begitu sering dilakukan bagi para pecinta panjat tebing. Khususnya bagi pemburu petualangan yang menantang. Hanya saja perlu memilih batun yang tidak teraliri aliran air, agar tidak licin.

Kegiatan panjat tebing di Curug Batu Templek akan membuat rasa yang menegangkan namun begitu membuat tercengang dengan pesona alam yang disajikan. Apalagi bila Anda suka beraktivitas pasif yang eksotis.

3. Bersepeda Santai

Ternyata tidak hanya aktivitas panjat tebing, atau berburu poto saja. Tersedia area bersepeda santai yang dapat Anda manfaatkan untuk bersepeda. Kegiatan tracking yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan sepeda akan lebih menyenangkan.

Udara yang segar dan suasana asri kian menambah aktivitas bersepeda nyaman dan senang. Selain mencuci mata dengan indahnya lama, juga membuat tubuh sehat dengan aktivitas bersepeda ini. Namun, tetap berhati-hati sebab beberapa jalur terbilang menantang dan sedikit sulit.

Ragam Aktivitas Seru di Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Yusep Rukmana

4. Berburu poto

Kegiatan berburu poto memang sudah sering dilakukan saat berkunjung ke objek wisata. Seperti di Curug Batu Templek cantik ini yang sangat pas untuk berpoto. Dari berbagai kegiatan poto yang ada, Anda tidak akan kesulitan mencari titik lokasi yang pas.

Karena setiap lokasi disudutnya adalah tempat yang cocok untuk berpoto. Menjanjikan hasil poto yang kece dan instagramable. Dan tentunya sangat asyik bila Anda kunjungi bersama orang tercinta dan keluarga.

5. Camping di Curug Batu Templek

Tak heran bila sebagian pengunjung memilih bercamping di tempat ini. Sebab pesona yang tersaji tidaklah cukup bila hanya dinikmati dengan beberapa jam saja. Tentunya dengan aktivitas camping ini, pengunjung akan lebih puas menikmati keindahan alamnya.

Area camping yang tersaji begitu luas dengan indahnya hamparan hijau yang sejuk. Keindahan sekitar area yang ditumbuhi pepohonan kian menambah suasana asri. Suara gemercik air yang merdu juga pemicu candu untuk kegiatan camping ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Sucipto Cipto

Layaknya objek wisata alam yang ada, yang memiliki beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Maka lokasi Curug Batu Templek cantik ini juga demikian. Memiliki fasilitas yang cukup memadai dan membuat pengunjung fokus berlibur dengan betah.

Tersedia café mini dengan deskripsi alam terbuka yang berkonsep layaknya di tengah hutan. Kemudian ada area parkir yang luas, toilet, mushola yang jaraknya tidak begitu jauh dari titik lokasi, dan masih banyak lagi.

Tidak lupa pula terdapat warung makanan dan minuman yang dapat Anda manfaatkan saat perut terasa lapar. Fasilitas yang memadai ini sudah sangat menyenangkan apalagi harga tiket yang hanya standar. Akan lebih seru bila Anda mencoba berkunjung.

Curug Batu Templek merupakan objek wisata alam yang begitu kaya dengan keindahan yang sudah ada secara alami. Terletak di Kota Bandung yang sering menarik perhatian media maya. Bila Anda ingin berlibur maka lokasi ini dapat menjadi opsi berlibur Anda.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending