Curug Malela Bandung – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Malela Bandung - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Curug Malela salah satu wisata alam eksotis di Bandung Barat yang dikenal dengan julukan The Little Niagara. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan lokasi camping yang menarik.

Harga Tiket: Rp 5.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Bandung dengan alamnya merupakan perpaduan indah yang memikat hati. Berbagai tempat wisata ada di sana, salah satu yang paling populer saat ini adalah Curug Malela. Keberadaannya menjadi banyak dikenal setelah Gubernur Jawa barat turut serta mempromosikannya dalam sebuah tulisan di akun sosial medianya yaitu instagram.

Curug Malela sendiri merupakan sebuah air terjun terbesar yang ada di Jawa Barat khususnya Bandung. Keindahan alam dan segala bentuk fasilitas penunjang yang mapan menjadi nilai lebihnya. Banyak yang memberikan sebutan The Little Niagara karena bentuknya yang lebar dan tinggi dengan air deras.

Saat berkunjung wisatawan dapat menikmati banyak sekali kemegahan alam di sekelilingnya. Mulai dari kegiatan menarik hingga fasilitas yang mumpuni, bisa juga ditemukan di sana. Jika Anda penasaran terkait pesonanya secara lebih jauh, berikut ulasan atas gambaran singkat dari keadaannya di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Malela

Daya Tarik Curug Malela
Image Credit: Instagram.com @ilhamahmad8873

1. Keberadaan 5 Jalur Aliran Air Terjun

Daya tarik utama yang banyak memikat pengunjung untuk datang adalah aliran air terjunnya yang membentuk 5 jalur dengan cantik. Dari kelimanya semua memiliki aliran air yang cukup deras dengan debit yang cukup banyak ditampung dalam kolam dan aliran sungai yang berada di bawahnya. Terlihat begitu segar dengan alirannya yang mengisyaratkan kekuasaan Tuhan yang tiada batas.

Setiap dari jalur aliran tersebut memiliki lebar masing-masing sekitar 50 meter. Sedangkan dengan ketinggiannya berbeda, ada yang menjulang setinggi 50 meter, namun ada pula yang 70 meter. Aliran dengan debut yang begitu deras menjadikan setiap pengunjung untuk tetap menjauh dari lokasi tersebut, dan dianjurkan untuk menikmati dari arah jembatan atau lokasi pandang yang telah disediakan.

2. Sumber Aliran Air Langsung dari Pegunungan

Selain dengan adanya 5 jalur aliran air di bagian curugnya, terdapat pula keindahan lain yang menjadi daya tariknya yaitu sumber air berasal dari pegunungan Kendeng. Dimana lokasi dari tempat dimaksudkan berada tidak jauh dari perbukitan yang berada di sekitarnya. Kualitas airnya tentu sangat jernih dan bersih, serta aman dikonsumsi, namun jangan melakukan itu karena dilarang dan berbahaya.

Karena kemurnian akan air yang berasal dari pegunungan Kendeng tersebut, saat siang hari Anda akan melihat pemandangan gerombolan monyet yang sedang meminum air pada aliran curug. Jika monyet tersebut mendekat, Anda bisa memberikan makanan yang tentunya bisa dimakan oleh hewan tersebut. Karena bisanya monyet tersebut turun selain untuk minum juga mencari makanan untuk dikonsumsi.

3. Pemandangan Asri dan Sejuk di Mata

Daya tarik Curug Malela ini tentunya sudah tidak perlu disebutkan lagi, karena lokasinya yang berada di pedalaman dan dekat dengan perbukitan serta rimbunan pepohonan hijau, tentu pemandangan yang disajikan asri. Setiap mata yang memandang akan merasa damai dan tenang berada di sekitarnya. Tidak ada polusi yang mengganggu ataupun kebisingan seperti di daerah perkotaan saat ini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Karawang yang Paling Hits
Daya Tarik Curug Malela Bandung
Image Credit: Instagram.com @vbbgram

Pohon hijau tumbuh di sekelilingnya, gemericik dari derasnya air yang mengalir menambah tenang dan nyaman untuk dinikmati. Penataan yang sangat rapi juga menjadi salah satu faktor untuk menjaga pesona dimilikinya. Anda tidak akan rela untuk melewatkan setiap ujung dan sudut dari pemandangan yang disajikan di sana, karena pesonanya benar-benar tiada duanya.

4. Memiliki Camping Ground

Karena aliran airnya tidak bisa digunakan untuk mandi dan berendam tentu agak sedikit mengecewakan. Namun, ini juga untuk keselamatan pengunjung terkait dengan debit air yang begitu deras. Untuk mengobati hal tersebut, disediakan sebuah camp ground yang bisa disewa dan juga dimanfaatkan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malam dengan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Terkait dengan tarifnya bisa ditanyakan langsung kepada pihak pengelola. Anda bisa menyewa bersama dengan rekan kantor ataupun keluarga tersayang saat liburan telah tiba. Membawa segala perlengkapan dari rumah adalah solusi utama. Jangan lupa menyediakan persediaan makanan agar bisa menikmatinya dalam suasana outdoor menyatu dengan alam.

5. Fasilitas Lengkap

Selain kondisi alamnya yang begitu indah dan menyegarkan setiap mata yang memandang, fasilitasnya juga lengkap. Banyak sekali area yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu di sana, mulai dari yang disebutkan di atas hingga beberapa sarana penunjang lainnya seperti toilet dan sebagainya.

Semua tersedia dengan sangat rapi dan juga lengkap, perawatan juga diupayakan untuk menjaga kualitas sarana prasarananya. Tidak heran jika kemudian ini menjadi salah satu daya tarik yang dimilikinya. Bahkan seiring dengan bertambahnya jumlah pengunjung yang datang, perbaikan dan juga pembangunan dilakukan. Terlebih saat pandemik, semua disesuaikan dengan ketentuan keamanan yang berlaku.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Malela

Alamat Curug Malela
Image Credit: Instagram.com @rivaldi_penzol

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuat Anda lebih mudah untuk mencapainya. Berbagai macam kendaraan bisa digunakan termasuk transportasi umum seperti bus sudah tersedia dengan jalur dan tujuan Curug Malela. Alamat lengkapnya berada di sebuah daerah yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bandung Barat yaitu tepatnya di desa Cicadas.

Terdapat dua rute yang bisa Anda lalui, yaitu dari arah Cimahi dan juga Kota Bandung. Jika dimulai dari Kota Bandung maka Anda harus mengendarai kendaraan pribadi menuju arah terminal Ciroyom. Dari sana lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Bunijaya, untuk mencapainya bisa menggunakan jalur Ciroyom.

Dimana Anda akan melalui beberapa akses setelahnya yaitu daerah Cililin, kemudian kearah Sindang Kerta, dan berakhir ke Gunung Halu sebelum akhirnya melanjutkan ke Daerah Bunijaya mencapai Cicadas. Melalui rute ini perjalanan yang diperlukan sekitar 2 jam saja. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati jika menggunakan kendaraan pribadi. Karena pada saat musim hujan licin dan cukup berbahaya.

Rute kedua yang bisa digunakan yaitu dimulai dari arah Cimahi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih sekitar 3 jam. Akses pertama yang harus dilalui yaitu menuju daerah cihampelas dengan melalui daerah Batujajar. Kemudian bisa dilanjutkan menuju ke arah Cililin. Selanjutnya arahkan kendaraan Anda menuju wilayah Sindang Kerta.

Sesampainya di daerah Sindang Kerta, lanjutkan perjalanan menuju ke Gunung Halu. Jika sudah tiba di sekitar sana, maka selanjutnya bisa dilakukan dengan berjalan lurus saja mengikuti arahan petunjuk jalan yang ada, karena lokasi sudah semakin dekat. Jika bingung tanyakan orang sekitar yang dijumpai di jalan.

Untuk menuju ke Lokasi Curug Malela tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi namun juga bisa menggunakan jasa transportasi bus. Dimana Anda harus terlebih dahulu menuju ke terminal Ciroyom dengan jurusan Ciroyom-Bunijaya. Pilih yang jenis elf ataupun bus mini lainnya untuk digunakan. Tarif sesuai dengan kebijakan peraturan daerah yang berlaku.

BACA:  Pantai Cibangban Sukabumi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Jangan lupa untuk mengambil arah pemberhentian di Bunijaya. Setelah sampai lokasi tersebut, lanjutkan dengan menggunakan jasa ojek motor menuju arah Cicadas. Curug Malela sudah dekat dan bisa dilanjutkan menuju pusat utamanya dengan berjalan kaki setelahnya. Saat menempuh perjalanan ini jangan lupa untuk tetap waspada karena aksesnya cukup terjal dan berbahaya untuk dilalui.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Malela Bandung

Harga Tiket Curug Malela Bandung
Image Credit: Instagram.com @wisata_oke

Terkait dengan informasi biaya masuk atau tiket yang diterapkan disana terbilang sangat murah dan ramah di kantong pelancong. Pengelola mengatakan bahwa jika ingin menikmati semua fasilitas yang ada, Anda hanya diharuskan membayar sebesar Rp 5.500,- saja per orang.

Sedangkan untuk parkir motor hanya menambah sejumlah Rp 1.000,- saja, jika kendaraan roda empat atau mobil parkirnya Rp 3.000,-. Namun jika Anda ingin menikmati kuliner yang dijajahkan di sana tentunya tidak termasuk di dalam biaya tiket masuk yang dibayarkan tadi.

Pastikan untuk menyediakan anggaran lebih agar benar-benar menikmati liburan bersama keluarga ataupun rekan di Curug Malela. Buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Malela

Aktivitas di Curug Malela
Image Credit: Instagram.com @shutterstock

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama dan paling utama yang bisa dilakukan ketika berada di wisata curug terkenal ini adalah mengabadikannya dalam satu jepretan terbaik dari kamera Anda. Jika Anda melewatkan kesempatan ini tentu akan sangat disayangkan sekali. Pasalnya keindahan yang ditawarkan sangat menakjubkan, sehingga akan lebih berkesan lagi jika bisa membawa memori tersebut ke dalam foto.

Anda bisa menjadikannya background koleksi foto Instagram ataupun sosial media lainnya. Memperindah timeline dan juga menawarkan keindahannya kepada rekan dunia maya yang belum sempat melakukan kunjungannya. Banyak sekali spot yang bisa dipilih, mulai dari bagian air terjun dan juga kolamnya, kemudian tamannya, dan juga masih banyak lagi bagian lain yang bisa diabadikan.

2. Kulineran

Lapar setelah perjalanan jauh, waktunya menikmati santapan lezat yang dijajahkan di sekitar daerah Curug. Banyak sekali orang yang menjual makanan di sana, bahkan saat ini sudah dirapikan dalam tatanan yang rapi, sehingga pengunjung bisa dengan nyaman menikmati hidangan yang telah dipesannya. Pilihannya juga bermacam-macam bisa disesuaikan dengan selera.

Bayangkan menikmati hidangan di tengah alam terbuka dengan pemandangan indah dari air terjun yang mengalir deras, tentu akan memberikan rasa dan kesan berbeda. Terkait dengan harga yang diberikan tidak terlalu mahal, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jika khawatir pilih saja makanan yang paling sederhana untuk dimakan, karena esensinya adalah pemandangan dari tempat wisatanya.

3. Bermalam atau Camping

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berkunjung di wisata Curug Malela ini adalah berkemah. Dimana Anda bisa membangun tenda Anda? tentunya bukan di area air terjunnya karena sangat berbahaya dengan aliran air begitu derasnya. Bahkan untuk berendam dan mandi di kolamnya saja tidak dianjurkan, apalagi bermalam di sana. Untuk itulah terdapat camp ground yang dibuat khusus untuk tujuan ini.

Jika Anda tertarik untuk bermalam dan menghabiskan malam dengan keindahan dan kesejukan alam terbuka, bisa kemudian menyewa groundnya. Anda bisa membawa peralatan dari rumah, atau menyewanya. Jangan lupa untuk tetap menaati peraturan yang berlaku di sana. Karena alam yang indah dan asri juga perlu dijaga, terutama ketika membawa sampah rumah tangga, buang di tempatnya.

BACA:  10 Wisata Pantai di Cirebon yang Paling Hits

4. Bersepeda

Jika Anda ingin menelusuri setiap sudut keindahan yang ada dengan menggunakan sepeda, tentu sangat bisa dilakukan. Pasalnya di sana terdapat sebuah jalur yang khusus dibuat bagi pesepeda. Perlengkapan bisa disiapkan dari rumah masing-masing. Tetap hati-hati karena aksesnya juga lumayan terjal untuk dilalui.

Seru sekali untuk dibayangkan, bisa berkeliling menggunakan sepeda dengan pemandangan alam hijau yang asri. Selain itu kualitas udaranya juga sangat bersih dibanding ketika mengendarainya pada daerah padat penduduk atau pusat kota. Tentu ini juga bisa mengurangi stress yang bersemayam dalam pikiran setelah melakukan rutinitas yang sangat melelahkan.

5. Bersantai di Kursi Taman

Jika jembatan atau ruang pandang yang disediakan sudah penuh pengunjung, Anda bisa memilih alternatif kegiatan dengan bersantai sejenak di area tamannya. Memandangi setiap sisi keindahan yang ada sembari menghirup udara bersih dan juga sejuk akan memberikan relaksasi. Tentunya setelah lelah berjalan dan mengabadikan setiap momen duduk santai adalah pilihan yang tepat.

Di taman juga ditanami oleh tumbuhan hias yang menambah indah pandangan Anda. Kursi-kursi yang disediakan juga sangat nyaman untuk digunakan. Anda akan benar-benar menikmati liburan tersebut, melihat orang-orang lalu lalang, meregangkan otot yang sudah mulai lelah, betapa menyenangkan untuk dilakukan.

6. Berjalan-Jalan Santai

Jika Anda bosan berdiri dan memandangi Curug Malela dari jembatan, atau sudah cukup untuk beristirahat sejenak di taman, bisa kemudian dilanjutkan dengan berjalan santai mengeksplor spot-spot yang ada. Anda bisa berjalan santai sembari melihat dengan jelas pemandangan hijau dari pepohonan yang ada. Tanpa takut panas, polusi ataupun apa saja yang biasanya Anda jumpai di jalanan kota.

Nikmati setiap detik dan menit yang berjalan, tanpa melewatkan satupun bagian. Menjelajahi area-area yang ada di sekitarnya, mulai dari camp ground, hingga ke tempat-tempat lain yang menjajahkan makanan. Hirup udaranya, nikmati pemandangannya, begitulah cara yang bisa dilakukan. Tenangkan pikiran Anda, dan lepaskan semua beban yang menumpuk, saatnya mengganti dengan semangat baru.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Malela Bandung

Fasilitas di Curug Malela Bandung
Image Credit: Flora-pasaribu.blogspot.com

Terkait dengan fasilitas yang disediakan di sana sangatlah lengkap. Anda bisa menemukan area parkir yang sangat luas dan tentunya aman untuk memarkirkan kendaraan. Saat merasa ingin ke kamar kecil dan melakukan rutinitas alami, tersedia juga sebuah toilet yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu sarana penunjang dikhususkan bagi pengunjung yang datang ke sana.

Selain itu, jika saat tiba di sana telah memasuki waktu untuk menunaikan ibadah wajib yaitu sholat bagi yang beragama islam, bisa juga dilakukan karena terdapat sebuah musholla bersih dan nyaman. Jika ingin mengisi tenaga dengan makanan berat di sana juga terdapat sebuah warung yang menjajahkan berbagai jenis olahan siap santap, memang sangat sederhana tapi kesannya tidak akan terbeli.

Terkait dengan perawatan yang diupayakan oleh pihak pengelola melalui pengembangan sarana prasarananya sudah cukup mengalami perubahan setelah dipromosikan oleh Gubernur dan banyak mendapat kunjungan. Walaupun akses menuju ke arah mata air atau air terjunnya masih cukup terjal, namun itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Gambaran akan keindahan yang dimiliki oleh Curug Malela menjadi satu daya tarik bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk tempat liburan. Namun, meskipun pemandangan dari air terjun terlihat begitu segar dan sangat menggiurkan untuk berendam, Anda disarankan untuk menahan keinginan tersebut karena berbahaya. Ingat tetap taati protokol kesehatan saat melakukan kunjungan ya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending