Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Pesona Wisata Alam Indah Nan Asri

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Pesona Wisata Alam Indah Nan Asri
Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Durin, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Deli Sedang adalah Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Sebuah aliran air terjun setinggi 75 meter yang berasal dari salah satu sungai yang mengalir di Gunung Sibayak. Mengalir melewati tebing batu yang menjulang tinggi berselimut lumut dan tumbuhan hijau.

Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan air terjun dan alam di sekitarnya yang masih sangat asri. Selain itu, banyak dari wisatawan yang berkunjung karena penasaran dengan keunikannya. Seperti namanya, air terjun ini sangat unik karena memiliki dua aliran air terjun besar yang warnanya berbeda.

Objek wisata ini sangat cocok bagi para pecinta alam dan petualangan. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan, mengharuskan wisatawan berjalan kaki menyusuri hutan dengan berbagai tantangan. Namun, semua rasa lelah selama perjalanan akan hilang saat menjumpai Air Terjun di Sibolangit yang menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Dua Warna

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Twitter.com @indonesiafinder

1. Pemandangan Hijau dan Asri

Tempat wisata ini wajib dikunjungi terutama bagi para traveler yang menyukai pemandangan hijau. Terdiri dari dua aliran air terjun besar dan beberapa air terjun kecil yang mengalir melewati dinding tebing. Lumut hijau dan tumbuhan-tumbuhan kecil di dinding tebing membuat pemandangannya semakin menyegarkan.

Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan rindang membuat tempat wisata ini semakin asri. Mulai dari tempat parkir hingga lokasi air terjun, semuanya masih sangat alami. Tidak ada bangunan-bangunan modern yang merusak keasrian tempat ini.

2. Hutan yang Rindang

Lokasi Air Terjun Dua Warna cukup jauh di dalam hutan. Perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai lokasinya juga membutuhkan cukup banyak tenaga dan perjuangan. Hal ini justru menjadi tantangan tersendiri yang menarik bagi para penyuka adrenalin.

Rindangnya pepohonan di hutan akan menemani perjalanan wisatawan menuju lokasi air terjun. Berada di ketinggian sekitar 1470 mdpl, Anda dapat menikmati udara segar di sepanjang perjalanan menyusuri hutan.

3. Panorama Air Terjun dengan Dua Warna

Daya tarik utama yang menjadikan tempat ini berbeda dari lainnya adalah dua aliran air terjunnya yang berbeda warna. Kebanyakan air terjun di Indonesia hanya satu aliran air terjun atau beberapa aliran air terjun, namun dengan warna air yang sama beningnya.

Sedangkan salah satu objek wisata di kawasan perkemahan Sibolangit ini, satu alirannya berwarna biru jernih dan yang lainnya memiliki warna putih keabu-abuan. Dinding tebing dibaliknya yang diselimuti tumbuhan hijau semakin memperindah pemandangan air terjun unik ini.

Daya Tarik Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook.com @like-medan

4. Air Terjun Belerang

Salah satu aliran Air Terjun Dua Warna Sibolangit yang berwarna putih keabu-abuan mengandung belerang atau sulfur. Adanya kandungan zat tersebut adalah karena lokasi air terjun yang berada di tanah vulkanik, di sekitar Gunung Sibayak.

Selain warnanya yang berbeda, kandungan sulfur juga membuat airnya memiliki suhu yang lebih hangat. Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang biasanya memiliki air yang sangat dingin dan sejuk.

5. Suasana yang Tenang

Selain pemandangan hijau, daya tarik air terjun yang berada di tengah hutan hujan tropis ini adalah suasananya yang tenang. Jauh dari kebisingan kota dan pemukiman sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mendapat kedamaian batin.

Saat perjalanan menyusuri hutan, wisatawan dapat menikmati suasana damai yang jauh dari berbagai hiruk pikuk. Wisatawan hanya akan mendengar suara-suara alam seperti burung dan hewan-hewan yang ada di hutan. Mendekati lokasi air terjun, Anda dapat mendengar suara aliran air yang begitu menenangkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook.com @indonesianphotography

Wisata Air Terjun Dua Warna berada di Desa Durin di kawasan Gunung Sibayak. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di kawasan perkemahan Sibolangit yang terkenal. Kawasan ini dapat ditempuh dari Medan dengan jarak sekitar 60km. Tersedia transportasi umum seperti bis untuk sampai ke kawasan perkemahan.

Namun lebih mudah dan efisien, jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di area parkir, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri hutan. Sebaiknya wisatawan siapkan tenaga dan mental untuk berjalanan kaki sekitar 3 jam menuju lokasi air terjun.

Bagi para pengunjung objek wisata alam Air Terjun Sibolangit dikenai tiket masuk. Setiap wisatawan membayar tiket sebesar Rp 25.000,- untuk dapat masuk menikmati keindahan yang tersaji.

Jika ingin menyewa pemandu wisata, tarifnya sekitar Rp 250.000,-. Jasa pemandu ini sangat dibutuhkan mengingat rute yang akan dilewati berupa hutan yang cukup lebat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Dua Warna

Aktivitas di Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram.com @anezsandyova

1. Menyusuri Hutan

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna memang harus melakukan trekking di hutan terlebih dahulu. Lokasi dari air terjun ini berada di tengah-tengah hutan hujan tropis yang rimbun dan hanya bisa diakses dengan jalan kaki.

Perjalanan menyusuri hutan menuju air terjun membutuhkan waktu antara 2-3 jam. Jika lelah, Anda bisa beristirahat terlebih dulu tentunya waktu sampai ke air terjun akan lebih lama. Wisatawan sebaiknya dalam kondisi sehat dan menyiapkan air minum sebelum melakukan perjalanan ini.

Ada banyak papan petunjuk arah yang akan membantu wisatawan menemukan lokasi air terjun. Namun jika merasa tidak tenang dan khawatir tersesat saat menyusuri hutan, bisa meminta jasa pemandu wisata untuk membantu Anda dan rombongan mencapai air terjun.

2. Menikmati Keindahan Dua Warna Air Terjun

Wisatawan dapat beristirahat sejenak setelah berhasil menaklukan perjalanan yang cukup menguras tenaga menuju air terjun. Anda bisa duduk di tempat yang aman sambil menikmati panorama tak biasa dari air terjun dua warna ini. Anda juga bisa menikmatinya sambil mengisi perut dengan bekal makanan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Para pengunjung atau wisatawan dapat menikmati pemandangan asri di kawasan air terjun. Pohon-pohon yang rindang dan hijau yang begitu menyegarkan mata. Pemandangan tersebut dapat menjadi terapi untuk Anda yang merasa lelah dan penat dengan kesibukan sehari-hari.

3. Bermain Air di Kolam Air Terjun

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi air terjun tanpa bermain airnya. Aliran air terjun ini jatuh ke sebuah kolam besar di bawahnya. Pengunjung diperbolehkan bermain di kolam tersebut dengan tetap berada di jarak aman atau tidak terlalu dekat dengan titik jatuhnya aliran air terjun.

Wisatawan dapat merendam kaki agar lebih rileks setelah berjalan kaki selama berjam-jam. Namun yang perlu diingat oleh wisatawan adalah untuk tidak meminum air yang ada di tempat ini. Hal tersebut adalah untuk keamanan karena airnya mengandung belerang yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Aktivitas Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram.com @ninopratama91

4. Berfoto-foto

Saat menikmati suguhan alam di kawasan wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit, jangan sampai lupa untuk berfoto-foto. Ada banyak keindahan yang menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Wisatawan dapat berfoto-foto di kawasan hutan yang dilalui saat perjalanan menuju atau dari air terjun. Wajib juga untuk mengambil gambar dengan latar belakang air terjun unik ini. Di sekitar air terjun, ada juga batu-batu besar yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi latar foto Anda agar lebih bagus hasilnya.

5. Berkemah

Bagi para petualang sejati yang ingin menikmati alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berkemah atau camping di kawasan wisata ini. Lokasinya memang berada di kompleks perkemahan, sehingga wisatawan dapat mendirikan tenda di kawasan tersebut.

Wisatawan dapat bermalam dan beristirahat di dalam tenda untuk menyiapkan tenaga pada esok hari. Selanjutnya pada pagi hari, perjalanan dapat dilanjutkan menuju lokasi air terjun. Jika Anda bermalam terlebih dulu, Anda bisa lebih siap untuk menaklukan perjalanan menyusuri hutan selama berjam-jam menuju air terjun.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Fasilitas Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook.com @officialsumutkita

Di lokasi air terjun ini memang tidak memiliki banyak fasilitas karena memang masih sangat alami. Tidak ada warung makan maupun penyewaan alat-alat wisata. Jadi para pengunjung sebaiknya membawa bekal sendiri seperti makanan dan air mineral.

Fasilitas parkir untuk pengunjung berada di kawasan perkemahan. Tempat parkir kendaraan ini lokasinya masih cukup jauh dari air terjun. Setelah perjalanan dengan kendaraan, Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan. Tidak ada fasilitas jalan aspal maupun setapak, semuanya benar-benar alami.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin bermalam, dapat menggunakan fasilitas tempat kemah di Bumi Perkemahan Sibolangit. Tersedia tempat lapang yang aman dan memang dikhususkan untuk acara camping atau kemah. Perjalanan menuju air terjun, wisatawan dapat menggunakan fasilitas pemandu wisata yang tersedia.

Itulah pesona keindahan Air Terjun Dua Warna Sibolangit yang juga unik dan berbeda dari lainnya. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang masih sangat asri dan berbagai daya tariknya. Bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata bagi para pecinta alam dan petualangan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending