Pantai Pandan Tapanuli Tengah – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pandan Tapanuli Tengah

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Pandan salah satu pantai pasir putih yang menawan di Tapanuli Tengah dan wajib masuk list destinasi liburan Anda. Pantai eksotis yang masih asri dan menyajikan panorama sunset yang cantik.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Bagi masyarakat yang ada di Tapanuli Tengah, destinasi wisata Pantai Pandan sudah tidak asing lagi di telinga. Pantai ini sering lagi dipilih sebagai tempat untuk mengisi waktu saat musim liburan tiba. Tak heran apabila wisata bahari tersebut sangat populer. Pantai ini pun dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

Saat berkunjung ke Pantai Pandan, mata akan disuguhkan dengan hamparan air laut yang membentang sangat luas. Tidak hanya pada hari libur saja, pantai ini juga ramai dikunjungi pada hari biasa. Bahkan, tak jarang juga tampak pengunjung yang berasal dari luar kota maupun luar negeri sedang menikmati pesona pantai.

Air laut di pantai tersebut memiliki warna yang cukup unik. Warnanya tampak seperti hijau dan kebiru-biruan. Airnya pun jernih dan ditambah dengan pepohonan yang rindang. Suasana di Pantai Pandan sangat sejuk akibat angin sepoi-sepoi dan teduhnya pepohonan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandan

Daya Tarik Pantai Pandan
Image Credit: Twitter.com @yudh1t

1. Hamparan Pasir Putih

Diujung pesisir pantai ini terdapat pasir putih yang sangat indah. Selain putih bersih, pasirnya juga sangat lembut. Jadi pengunjung bisa berjalan-jalan diatas pasir sembari menikmati nuansa pantai yang tropis. Biasanya, pengunjung disana juga bermain bola voli ataupun sepak bola di hamparan pasir putih disana.

2. Ombak Tenang

Ombak di Pantai Pandan bisa terbilang tidak berbahaya sama sekali. Hal itu karena air dan ombak lautnya tenang. Sehingga berbagai macam aktivitas air bisa dilakukan di pantai tersebut. Anak-anak kecil yang bermain di sekitar bibir pantai pun juga aman.

3. Pemandangan Sunset yang Menarik

Ketika sore hari, pengunjung berkesempatan untuk bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam atau sunset di pantai ini. Perpaduan warna orange dan kemerahan dari sunset, membuat suasana di sekitar pantai terlihat seperti lukisan. Suasana tersebut memunculkan rasa tenang dan damai dalam hati.

4. Pantai yang Bersih

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, pasti kebersihan merupakan hal yang sangat berpengaruh. Bayangkan apabila Anda mengunjungi tempat wisata yang kotor atau penuh dengan sampah. Pasti perasaan menjadi enak dan malah menambah rasa penat. Lain halnya apabila Anda berkunjung ke Pantai Pandan. Selain alamnya yang benar-benar mempesona, kebersihan disana juga sangat dijaga.

Daya Tarik dari Pantai Pandan
Image Credit: Twitter.com @pariwisatasumut

5. Banyak Perahu Nelayan

Ombaknya yang tenang tadi membuat perahu bisa beroperasi di perairan pantai ini. Perahu tersebut ditumpangi oleh para nelayan yang sedang mencari ikan. Perahu yang ada disana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi saat sore hari, terlihat perahu yang ditambah dengan pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

6. Flora dan Fauna

Pantai Pandan kaya akan flora dan faunanya yang cantik. Terumbu karang di pantai tersebut juga masih memiliki ekosistem yang asri. Tanaman dan pepohonan di pantai tersebut juga dilestarikan dengan baik. Selain itu, beragam keindahan biota laut yang ada di sana sangat memukau.

7. Pesona Bukit

Ketika berada di pantai cantik ini, saat memandang hamparan air laut, akan tampak ada bukit yang cukup tinggi di sebelah kanan pantai. Tentu adanya bukit ini sangat unik karena tidak semua pantai di Tapanuli Tengah terdapat bukit yang tinggi. Bahkan, beberapa pengunjung datang ke tempat ini karena penasaran dengan bukit yang ada disana.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Pandan

Alamat Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.com @astrahondacare

Pantai Pandan yang indah ini berada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Lokasi tepatnya ada di Jalan Sisingamangaraja, Desa Pandan, Kecamatan Pandan. Tempat wisata ini bisa diakses dengan mudah oleh wisatawan. Infrastruktur yang tersedia untuk mengakses tempat wisata tersebut sudah sangat mendukung.

Rute yang ditempuh untuk menuju lokasi tersebut juga bisa diakses melalui jalur udara maupun darat. Dari Kota Medan, penerbangan setiap hari dimiliki oleh Bandara Kualanamu. Dengan menggunakan maskapai Wings Air menuju ke Bandara Pinangsori Sibolga.

Apabila Anda memilih jalur darat, setiap hari ada travel minibus dan bus umum dengan jurusan Medan-Sibolga yang beroperasi. Apabila menggunakan bus besar, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Medan ke Sibolga kurang lebih 10 jam. Menggunakan jalur darat memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang karena rute yang dilalui lebih sulit.

Selain dari Medan, pengunjung bisa menuju ke Kabupaten Tapanuli Tengah dari Kota Padang. Caranya dengan menumpangi mobil travel dengan jurusan Padang-Padangsidempuan. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju Sibolga menggunakan bus umum. Lelahnya perjalanan Anda, akan terbayar oleh keindahan panorama Pantai Pandan Tapanuli Tengah.

Bagi pengunjung yang akan menghabiskan waktu di pantai yang tersohor ini sepertinya patut bersenang hati. Pasalnya semua pengunjung baik lokal maupun asing tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Biaya yang perlu dibayarkan hanya untuk tarif parkir kendaraan saja. Itu biasanya juga sangat murah, yaitu 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, serta 4 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Tarif berkunjung ke pantai pasir putih tersebut masih diterapkan hingga sekarang ini. Bisa dibilang kalo biaya yang keluar hanya untuk parkir kendaraan dan menyewa tikar saja. Namun, bisa saja Anda tidak membawa kendaraan pribadi maupun tidak menyewa tikar. Itu berarti bahwa liburan Anda ke Pantai Pandan sepenuhnya gratis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pandan

Aktivitas di Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.com @hutagaol.parholong

1. Hunting Foto

Datang ke Pantai Pandan memang disarankan untuk membawa kamera agar tidak melewatkan momen seru saat berlibur. Pengunjung dapat memuaskan keinginan untuk berfoto karena banyak spot-spot foto yang bagus.

Air laut yang bening berpadu dengan langit jingga yang menawan sangat cocok untuk menghasilkan foto yang instragamable. Selain itu, pengunjung juga bisa memotret pemandangan kapal-kapal yang ada di atas laut.

2. Berenang

Siapkan baju renang Anda apabila mengunjungi pantai ini. Airnya yang jernih membuat pengunjung semakin betah berlama-lama berada dia air. Keindahan bawah laut juga akan semakin tampak mempesona. Ombak yang tidak besar membuat aktivitas renang bisa dilakukan dengan nyaman.

3. Menikmati Kuliner

Pengunjung akan disuguhkan dengan sensasi menyantap kuliner khas lokal yang dijual di area Pantai Pandan. Hasil lautnya yang melimpah, membuat seafood disini yang paling populer. Apalagi nikmatnya menyantap seafood dan segelas air kelapa sambil memandangi matahari yang hampir tenggelam merupakan kenikmatan yang tiada tara.

Aktivitas di Pantai Pandan Tapten
Image Credit: Google Maps (Farid Harahap)

4. Berburu Souvenir

Saat sudah selesai melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai, jangan terburu-buru untuk pulang. Luangkan waktu sedikit untuk membeli souvenir khas disini. Misalnya saja seperti baju pantai, kalung, dan gelang. Harganya cukup murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah untuk satu itemnya.

5. Bermain Jet Ski

Permainan jet ski sangat menarik untuk dicoba oleh pengunjung. Ini bukan hanya permainan biasa, melainkan juga termasuk dalam olahraga air. Jet ski juga sedang menjadi tren dikalangan anak muda. Aktivitas ini hampir sama dengan mengendarai motor diatas air laut.

6. Diving

Bagi pecinta diving, Anda bisa mengunjungi Pantai Pandan yang ada di Tapanuli Tengah. Kegiatan menyelam di dasar air merupakan salah satu kegitan favorit masyarakat di sekitar pantai tersebut. Penyelam juga akan dibekali dengan peralatan selam lengkap yang sudah disediakan disana.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pandan

Penginapan Murah di Pantai Pandan
Image Credit: Booking.com

1. Rome Residence

Rome Residence termasuk kedalam penginapan yang murah. Selain murah, tapi juga dekat dengan Pantai Pandan dengan jarak 1,59 km. Beberapa tipe kamar ditawarkan oleh Rome Residence. Tipe kamar Family Suite dengan harga paling mahal yaitu 903 ribuan untuk satu malam. Tipe Executive Room ditarif sebesar 301 ribu per malam.

Kemudian, untuk tipe Deluxe Room dipatok dengan harga 271 ribu untuk satu malam. Namun, bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Dapat memilih tipe Superior Room atau Standard AC yang hanya mematok harga sebesar 240 ribu per malam.

Fasilitas yang akan didapat saat menginap di Rome Residence cukup memadai. Seperti area piknik, sarapan berbiaya, teras, ruang keluarga, AC, akses internet gratis, area parkir kendaraan, layanan kamar, resepsionis dan keamanan 24 jam.

2. Pandan Carita Hotel

Pilihan penginapan yang terdekat lain adalah Pandan Carita Hotel. Pengunjung bisa pergi ke kawasan pantai hanya dengan berjalan kaki. Hal itu karena lokasi hotel berhadapan langsung dengan Pantai Pandan. Disini, pelanggan sudah bisa menikmati hotel yang bagus dengan harga yang tidak menguras kantong.

Tipe kamar yang tersedia juga beragam, mulai dari yang standar sampai yang paling mewah. Harganya juga menyesuaikan tipe kamar, yaitu kisaran 150 ribu sampai 350 ribu untuk satu malam. Fasilitasnya juga beragam seperti area parkir kendaraan yang luas, kipas angin, restauran, shower, air panas, taman, AC, dan sebagainya.

3. Pia Hotel Pandan Beach Resort

Pia Hotel Pandan Beach Resort hanya berjarak kurang lebih 122 meter dari Pantai Pandan. Tersedia empat tipe kamar yang ditawarkan yakni Standard Single, Executive, Junior Suite Room, dan Presiden Suite.

Harganya mulai dari 465 ribu hingga 1,9 juta untuk satu malam. Dengan harga tersebut sudah bisa menikmati fasilitas berupa kamar mandi dalam, kulkas, microwave, dapur kecil, brankas, hairdryer, DVD player, TV kabel, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandan Tapanuli Tengah

Fasilitas Pantai Pandan
Image Credit: Google Maps (Aisyah Borreg)

Fasilitas umum yang tentunya sangat penting saat mengunjungi tempat wisata yaitu toilet. Pantai Pandan menyediakan toilet sebagai salah satu sarana. Toilet disana juga terawat dan dijaga kebersihannya. Jadi, pengunjung sudah tidak perlu repot-repot untuk mencari toilet diluar kawasan pantai.

Gazebo juga disediakan di pantai tersebut. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air laut yang eksotis sembari duduk santai di gazebo. Gazebo yang disediakan juga bisa dimanfaatkan untuk berteduh dikali matahari sedang terik.

Rumah makan atau warung juga ada banyak tersedia di sekitar pantai. Pengunjung tidak perlu susah-susah membawa bekal dari rumah. Makanan yang dijual juga enak dan murah. Penjualnya pun merupakan warga yang tinggal di sekitar pantai ini.

Beberapa informasi mengenai Pantai Pandan di Tapanuli Tengah yang telah disebutkan diatas, pasti membuat Anda penasaran. Nah, tunggu apalagi, saat musim liburan tiba jangan lupa untuk berkunjung ke pantai tersebut untuk bisa menikmati panorama dan keindahan yang dijadikan. Dijamin pengunjung akan terpukau sekaligus kagum apabila sudah sampai di Pantai Pandan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending