Nusa Penida Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Nusa Penida Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Nusa Penida salah satu pulau wisata di Bali yang menawarkan beragam tempat menarik. Pulau dengan pemandangan bahari yang memukau dan menjadi tujuan wisata hits.

Biaya Wisata: Mulai Rp 75.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Cek Lokasi

Di Indonesia, ada banyak destinasi wisata yang menjadi primadona baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara. Lokasi yang menjadi primadona wisatawan tentu saja Bali. Pulau Dewata ini memiliki banyak sekali destinasi wisata menakjubkan. Salah satu destinasi terfavorit yakni Nusa Penida.

Pulau eksotis di Bali ini beberapa tahun terakhir menjadi primadona untuk dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan alam yang unik dan memukau memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengunjung paling padat di pulau seribu pesona ini biasanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus dimana bertepatan dengan liburan sekolah.

Jika berencana liburan ke Nusa Penida, tentu Anda harus mengetahui berbagai informasi terkait lokasi wisata ini. Berikut ini ulasan lengkap destinasi wisata menarik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Nusa Penida Bali

Image Credit: Instagram.com @balianwater

Bagi Anda yang sudah pernah berlibur ke pulau ini pasti tahu bahwa destinasi wisata ini sebenarnya dibagi menjadi tiga daerah yaitu barat, timur, dan selatan. Masing-masing daerah memiliki daya tarik tersendiri.

Lokasi-lokasi wisata di Nusa Penida Barat jauh lebih dulu dikenal dari pada bagian yang lain. Lokasi yang menarik dan akses yang mudah menjadi pertimbangan tersendiri untuk pengunjung. Tidak heran lokasi ini lebih ramai dibanding daerah lainnya.

1. Pura Goa Giri Putri

Jalan masuk kedalam Pura Goa Giri Putri ini sangat kecil. Luas jalan berkisar 80 cm sehingga wisatawan yang masuk kedalam harus menunduk. Namun, setelah sampai didalam goa akan dijumpai area ruangan yang luas. Didalam ruangan tersebut terdapat Pura yang biasa digunakan umat Hindu untuk sembahyang. Ruangan yang luas pada goa bisa menampung hingga 5.000 orang.

BACA:  Gili Air Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Bukit Atuh

Bukit Atuh biasa dikenal sebagai Raja Lima sebab kemiripannya dengan Raja Ampat di Papua Barat. Dilihat dari jauh bukit ini akan terlihat gugusan karang yang mempesona. Terdapat pula pasir putih yang lembut.

Wisatawan juga dapat menikmati mata air di pinggir laut yang tidak terasa asin dan juga tidak pernah kering. Selain lokasi tersebut, masih banyak lagi lokasi wisata lainnya di Nusa Penida seperti Pantai Berlian dan Manta Bay yang menarik untuk diving.

3. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong berlokasi sekitar 500 meter saja dari Pasir Uwug. Jadi, kalau Anda sudah puas menikmati keindahan Pasir Uwug, Anda bisa langsung menjadikan Angel’s Billabong sebagai destinasi selanjutnya.

Anda akan mendapati tebing dengan kolam alami yang menghadap langsung ke laut, ya itulah bentuk Angel’s Billabong. Bila ombak sedang tidak besar, beberapa wisatawan akan menggunakan kesempatan ini untuk berenang disana.

Daya Tarik Nusa Penida Bali
Image Credit: Twitter.com @carolinevaniaa

4. Pantai Crystal Bay

Pantai Crystal Bay merupakan pantai eksotis bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan karang dan ikan-ikan bawah laut. Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai lokasi penutup perjalananmu seharian. Pemandangan yang indah di sore hari akan membuat pikiranmu lebih rileks dan siap menikmati perjalanan selanjutnya.

Lokasi Nusa Penida Timur lebih sepi di banding dengan bagian Barat. Oleh sebab itu, lokasi ini cocok untuk wisatawan yang tidak begitu menyukai keramaian.

5. Bukit dan Pantai Kelingking

Jika Anda berada diatas bukit ini, Anda akan mendapati pemandangan yang menakjubkan. Dibawah Bukit Kelingking terdapat pantai yang putih dan bersih yang memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Namun, jalan menuju bukit ini cukup curam dan berbahaya.

6. Pasih Uwuh (Broken Beach)

Pasih Uwuh berasal dari kata Pasih (pantai) dan Uwug (rusak) yang memiliki arti pantai yang rusak. Meski demikian, Anda tidak akan menemukan pantai di lokasi ini. Justru Anda akan disuguhi dataran yang luas dengan lubang raksasa di tengah.

Jika Anda perhatikan, lokasi ini memang layak disebut dengan tanah yang rusak dengan pemandangan yang memukau. Anda juga bisa menikmati sunset di lokasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Nusa Penida

Rute Nusa Penida
Image Credit: Facebook.com @hellonusapenida

Pulau cantik ini terletak di Provinsi Bali, tepatnya disebelah tenggara dan dipisah oleh selat Badung. Oleh sebab itu, jika ingin ke Nusa Penida rute terbaik dan termurah adalah melalui jalur laut. Di dekat pulau ini, terdapat pulau kecil lain yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan. Berikut adalah rute menuju ke pulau ini :

1. Jalur Sanur

Jalur Sanur bisa ditempuh menggunakan kapal, baik kapal cepat maupun kapal nelayan yang tersedia menawarkan tujuan ke Nusa Penida.

2. Jalur Tanjung Benoa

Jalur ini bisa ditempuh menggunakan day cruise yang beroperasi yaitu kapal Quicksilver.

BACA:  Pantai Sanur Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Pelabuhan Padang Bay

Jalur ini cocok ditempuh bagi Anda yang sengaja membawa kendaraan pribadi. Di jalur ini menuju Nusa Penida Anda bisa naik kapal Ferry.

4. Pelabuhan di Pantai Kusumba Klungkung

Jalur ini ke lokasi pulau bisa ditempuh dengan perahu sampan yang sudah disediakan khusus untuk transportasi unik bagi wisatawan.

Biaya Wisata ke Wisata Nusa Penida Bali

Biaya ke Nusa Penida
Image Credit: Google Maps (Rockbelz)

Penyebrangan dari Sanur ke Nusa Penida menggunakan kapal cepat memerlukan biaya berkisar antara 75 ribu hingga 100 ribu dalam sekali jalan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket kapal cepat berada di kisaran harga 150 ribu hingga 200 ribu sekali jalan.

Tiba di pelabuhan Banyar Nyuh biasanya wisatawan akan ditawari sewa kendaraan seperti motor dan mobil. Wisatawan lokal akan ditawari biaya sewa motor dengan kisaran 75 ribu sekali jalan dalam sehari. Sedangkan sewa mobil dibandrol dengan harga 500 ribu per harinya. Jika membutuhkan pemandu dalam mengemudi harga sewa akan bertambah 300 ribu per hari.

Wisatawan yang hendak menikmati Nusa Penida dalam sehari saja disarankan mengunjungi lokasi wisata yang berdekatan. Contoh lokasi yang berdekatan adalah Raja Lima, Pantai Atuh, dan Pantai Diamond. Harga tiket masuk ke lokasi wisata juga tidak mahal. Cukup merogoh kocek 5 ribu untuk membeli tiket masuk per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Nusa Penida

Aktivitas di Nusa Penida
Image Credit: Facebook.com @travelzoo.uk

1. Bermain Watersport

Nusa Penida menyediakan fasilitas untuk watersport seperti banana boat, parasailing, jet sky, flying fish, dan masih banyak lagi. Anda bisa menyewa fasilitas-fasilitas tersebut dengan harga yang beragam.

2. Berselancar

Ombak di pantai yang terdapat di pulau ini cukup besar sehingga cocok digunakan untuk surving. Bahkan pulau cantik ini kerap digunakan sebagai lokasi perlombaan selancar kelas internasional. Tidak heran jika Bagi yang belum bisa berselancar juga tersedia instruktur yang siap membantu.

3. Berburu Sunset

Berburu sunset menjadi kegiatan wajib. Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Nusa Penida tanpa berburu sunset. Mengingat lokasi ini merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam.

4. Menyelam di Perairan Pulau

Lokasi yang masih alami membuat perairan bawah laut pulau termasuk tempat yang favorit untuk dijadikan lokasi snorkeling dan diving. Disini Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang luar biasa. Beragam biota laut masih cukup terjaga keberadaannya.

Aktivitas di Nusa Penida Bali
Image Credit: Instagram.com @snorkelingnusapenida

5. Jalan-Jalan di Hutan Mangrove

Destinasi yang menarik untuk jadikan tujuan jalan-jalan di pulau ini adalah hutan mangrovenya. Hutan mangrove berfungsi untuk mengatasi abrasi air laut.

6. Melihat Budidaya Rumput Laut

Nusa Penida memiliki masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada hasil laut, termasuk rumput laut. Wisatawan bisa melihat secara langsung bagaimana masyarakat mengolah rumput laut menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.

7. Naik ke Bukit Teletubies

Bukit teletubies merupakan perbukitan yang lokasinya mirip seperti yang terdapat dalam film kartun teletubies. Seluruhnya berisi pemandangan perbukitan yang hijau dan luas. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk wisatawan.

BACA:  Pulau Weh Sabang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

8. Tur Kapal di Nusa Penida

Tur kapal bukan hanya bisa digunakan untuk berkeliling di pulau ini, tetapi bisa digunakan juga untuk melihat-lihat lokasi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang jarak lokasinya berdekatan dengan pulau wisata ini.

Penginapan Murah di Sekitar Nusa Penida

Penginapan di Nusa Penida
Image Credit: Booking.com

Nusa Penida yang merupakan destinasi primadona wisatawan tentu memiliki fasilitas penginapan berupa hotel. Harga sewa hotelpun beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan per hari. Namun, harga sewa sebanding dengan fasilitas yang akan diperoleh. Semakin tinggi harga sewa maka fasilitas penginapan juga semakin lengkap.

1. Mereren Vilage

Ada beberapa penginapan di area wisata ini yang menyediakan fasilitas lengkap, salah satunya yaitu Mereren Village. Penginapan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget berlebih.

Penginapan tersebut menyediakan fasilitas berupa AC, kolam renang, restoran, wifi, parkir luas dibandrol harga berkisar 1,5 juta per hari. Harga yang dipatok tentu sangat sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. Semabu Hills Hotel

Bagi yang berbudget menengah, Anda bisa jadikan Semabu Hills sebagai tempat istirahat yang tepat. Harga permalamnya mulai dari Rp 874.000 saja.

Hotel bintang 3 ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, wifi, breakfast, bar dan lain-lain.

3. Hostel Bukit Sangcure Penida

Selanjutnya, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, penginapan dengan harga terjangkau disediakan oleh Hostel Bukit Sangcure Penida bisa dijadikan pilihan tepat.

Penginapan ini hanya menawarkan harga sewa kurang dari 100 ribu dalam sehari. Fasilitas yang diperoleh wisatawan dari penginapan ini berupa AC, parkir, dan wifi.

Fasilitas yang tersedia di Nusa Penida Bali

Fasilitas di Nusa Penida Bali
Image Credit: Instagram.com @mochammadisaratman

1. Pelabuhan

Jalur laut merupakan pintu utama masuk ke area wisata. Nusa Penida menyediakan 4 pelabuhan sebagai jalur transportasi untuk wisatawan yaitu Pelabuhan Buyuk, Toya Pakeh, Banjar Nyuh, dan Sampalan.

2. Transportasi

Pengelola pariwisata di pulau cantik ini telah menyediakan fasilitas berupa pick up yang sudah di modifikasi. Pick up ini bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling bersama rombongan.

3. Restoran dan Cafe

Restoran yang direkomendasikan disini adalah Poh Manis Restaurant yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Makanan yang tersedia diantaranya ialah makanan laut dan steak.

4. Penyewaan Motor

Belum puas berkeliling Nusa Penida? Anda bisa meningkatkan sensasi traveling Anda berkeliling di pulau eksotis ini dengan mengendarai sepeda motor. Harga sewa motor di daerah Toyapakeh dibandrol mulai dari 80 ribu hingga 120 ribu.

Nusa Penida Bali memang memiliki pesona luar biasa yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Suguhan alam yang eksotis, akses yang menantang, fasilitas yang tersedia, harga yang terjangkau serta keramahan warga akan menjadi hal berkesan bagi wisatawan dan membuat siapapun ingin kembali.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending