Pulau Moyo Sumbawa – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Moyo Sumbawa

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Moyo salah satu pulau kecil nan eksotis di Sumbawa yang menyajikan pesona alam menakjubkan, mulai dari pantai pasir putih, air terjun hingga hutan tropis yang kaya pesona.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Nusa Tenggara menyimpan berbagai keindahan yang ada di dalamnya. Kepuluan di bagian tengah Indonesia ini memiliki banyak tempat yang layak untuk menjadi pilihan berwisata Anda. Salah satu dari beberapa destinasi tersebut adalah Pulau Moyo yang berada di dekat Pulau Sumbawa.

Pulau yang satu ini memiliki beberapa objek wisata yang dapat dinikmati oleh siapapun yang menyinggahinya. Tidak sedikit dari tempat-tempat tersebut memiliki pesona wisata berkelas dunia. Mulai dari wisata baharinya yang tentu saja membuat takjub siapapun yang melihatnya, hingga bentangan alam yang ada di dalam pulau tersebut dapat dikunjungi.

Banyak juga kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di Pulau Moyo. Pengunjung tidak akan kehabisan cara untuk dapat menikmati keindahan dan keesotisannya yang menakjubkan. Letaknya yang cukup jauh dari keramaian kota tidak membuat fasilitas di sana kurang. Banyak hal disediakan untuk digunakan oleh wisatawan yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Moyo

Daya Tarik Pulau Moyo
Image Credit: Twitter.com @thelangkah

1. Eksotisme Pantai Tanjung Pasir

Dengan garis pantai yang panjang, pulau ini memiliki beberapa pantai yang layak untuk dikunjungi. Hampir semua destinasi tersebut memiliki panorama bawah laut yang mempesona. Salah satu dari pantai yang ada di sana yaitu Pantai Tanjung Pasir. Objek wisata tersebut memiliki hamparan pasir berwarna putih terluas yang ada di pulau ini.

BACA:  Pulau Kenawa Sumbawa - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Air laut di sekitarnya pun nampak begitu bening. Birunya air di sekitarnya seolah menarik wisatawan untuk berenang menikmati kesegarannya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kenampakan bawah laut dengan menyelam kedalamnya. Banyak hal dapat dinikmati di sana seperti deretan terumbu karang cantik dan hewan laut yang hidup.

2. Keelokan Pantai yang Berpadu dengan Bebatuan Besar

Dari sekian banyak pantai yang ada di Pulau Moyo, terdapat satu yang memiliki keunikan yang menjadi ciri khasnya tersendiri. Ialah Pantai Poto Jarum yang berada di sisi terpencil pulau. Meskipun begitu, pantai tersebut layak untuk dikunjungi karena menampilkan sebuah pemandangan indah yang berbeda dari tempat serupa lainnya.

Lautan di sana berwarna biru toska dengan tampilan jernih hingga dapat melihat dasarnya dengan mata telanjang. Ombaknya tenang berpadu dengan semilir angin yang menghempas membuat nyaman berada di sana. Untuk mencapainya dapat menggunakan perahu motor selama 1 jam dari Pantai Tanjung Pasir.

3. Pesona Hutan Tropis Sekitar Pantai

Pantai Ai Manis memiliki pemandangan yang begitu luas memajang kenampakan laut lepasnya. Hal ini dikarenakan bentuknya yang memanjang dengan bebatuan karang di dasar laut sekitarnya. Dengan bentangan hutan tropis di sekitarnya, membuatnya mirip dengan Pantai Raja Sua yang berada dekat dengan Pantai Tanjung Pasir.

4. Nuansa Asri Pantai Brang Sedo

Pantai tersebut terletak di samping vegetasi tumbuhan yang ada di Pulau Moyo yang terletak sebelah utara Sumbawa itu. Air sekitarnya juga nampak jernih dengan ombak yang tenang membuatnya nyaman untuk ditempati. Objek tersebut menjadi pilihan wisatawan yang ingin bermalam dengan berkemah.

Daya Tarik dari Pulau Moyo
Image Credit: Facebook.com (Anton A. Sumadri)

5. Takat Sagele yang Unik nan Indah

Jika wisatawan berkunjung ke pulau mungil ini pada saat musim kemarau, maka dapat menemukan sebuah gundukan pasir putih yang terdapat di atas karang. Tumpukan pasir tersebut nampak unik dan indah untuk dipandang. Tempat tersebut merupakan salah satu fenomena yang menjadi daya tarik tersendiri pulau ini.

Terletak di atas karang yang dikelilingi oleh air laut yang nampak masih begitu murni, objek yang satu ini akan membuat pengalaman berlibur di sana menjadi semakin menyenangkan. Pasalnya, pengunjung dapat lebih dekat menikmati pemandangan laut sekitar pulau beserta ikan-ikan yang nampak berenang di bawah permukaan air.

6. Air Terjun Mata Jitu

Objek yang satu ini memiliki sebutan Queen Waterfall karena pernah disinggahi oleh mendiang Lady Diana dari Kerajaan Inggris tersebut. Airnya yang jernih nan sejuk berpadu dengan hutan sekelilingnya yang nampak begitu asri membuat suasana di sana terasa begitu teduh dan nyaman.

BACA:  Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Air terjun ini terbentuk dari susunan berundak 7 kolam. Bentuk unik tersebut membuatnya nampak seperti air terjun yang ada pada cerita dongeng. Gradasi warnanya hijau muda hingga tua membuatnya nampak begitu menakjubkan ditambah dengan stalagmit di sekitarnya.

7. Oase Indah di Jantung Pulau

Tepat di tengah pulau tersebut terdapat sebuah air terjun bernama Diwu Mbai. Kesejukan airnya seolah seperti oase di tengah cuaca Pulau Moyo yang cukup panas. Sekitarnya merupakan hutan dengan pepohonan tinggi berumur puluhan tahun. Terdapat ayunan yang terikat pada salah satu pohon di dekat air terjun itu.

8. Air Terjun Sengalo yang Tersembunyi

Objek wisata bak permata di pulau tersebut tidak banyak diketahui orang. Air terjun yang memiliki kolam berendam luas tersebut berada cukup jauh di tengah pulau. Pengunjung harus melewati pantai menuju Desa Sebotok dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan motor lalu berjalan kaki sekitar setengah jam untuk sampai ke sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Moyo

Alamat Pulau Moyo
Image Credit:  Twitter.com @pesonaid_travel

Pulau ini berada di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya berada berjarak sekitar 2.5 kilometer bagian utara Pulau Sumbawa. Untuk mencapainya dapat menggunakan fastboat ataupun perahu nelayan lokal yang ada di Pulau Sumbawa.

Pengunjung juga dapat menggunakan perahu umum yang memang sebagai jembatan menuju pulau tersebut. Beberapa titik di Sumbawa dapat menjadi tempat keberangkatan menuju ke sana. Diantaranya yaitu Muara Kali, Ai Bari, dan yang paling sering digunakan yaitu Labuan Badas. Sedangkan tempat tujuannya yaitu Labuan Aji di Pulau Moyo.

Muara Kali dapat diakses dengan mudah karena berada di area perkotaan. Tempat tersebut berada di Labuan Sumbawa, termasuk tengah Sumbawa. Letaknya berada di hilir Sungai Brang Biji sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya.

Sedangkan Labuan Badas ada di sebelah baratnya dengan jarak 7.2 kilometer. Pelabuhan Badas dapat ditempuh sekitar beberapa puluh menit saja dari Muara Kali maupun pusat Kabupaten Sumbawa.

Biaya Wisata ke Pulau Moyo Sumbawa

Biaya ke Pulau Moyo
Image Credit: Instagram.com @harryhermanan

Pengunjung tidak perlu membayar ketika berada di pulau wisata tersebut. Namun, ketika menaiki fastboat ataupun perahu menuju ke sana tentu harus membayar sejumlah biaya. Jika menggunakan perahu nelayan lokal, maka wisatawan harus membayar puluhan hingga ratusan ribu rupiah sekali perjalanan dengan waktu satu hingga dua jam lamanya.

Namun, jika ingin lebih cepat maka dapat menggunakan fastboat dengan tarif ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika menyewa satu armadanya. Lama perjalanannya hanya ditempuh beberapa puluh menit saja. Sementara itu, wisatawan juga dapat menggunakan kapal dari Labuan Badas dengan biaya kurang lebih seratus ribu rupiah.

BACA:  Pulau Lae Lae Makassar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Moyo

Aktivitas di Pulau Moyo
Image Credit: Instagram.com @fakih467

1. Menikmati Pantai Berpasir Putih

Pulau dengan panjang garis pantai mencapai sekitar 88 kilometer ini memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Pantai yang ada di sana berwarna putih yang dikelilingi lautan yang jernih dengan ombak tenang serta vegetasi alam yang nampak hijau. Menikmatinya tentu menjadi aktivitas yang perlu dilakukan ketika berada di pulau tersebut.

2. Menjelajahi Lautan di Sekelilingnya

Pengunjung dapat melakukan aktivitas yang satu ini karena laut di sana relatif aman untuk dinikmati. Wisatawan dapat berenang bebas di sekitar pantai-pantai yang ada di sana. Selain itu, dengan airnya yang nampak bening, Anda dapat menyelam ke dalamnya. Kegiatan snorkeling bisa dilakukan karena terdapat penyewaan alat untuk melakukannya.

3. Melihat-Lihat Satwa Langka

Di Pulau Moyo terdapat beberapa satwa yang tergolong langka seperti burung koakkao hingga rusa timor. Letaknya berada di Kawasan Konservasi Taman Buru.

4. Berfoto-Foto

Kegiatan yang satu ini tentu menjadi kewajiban saat di sana. Banyak spot yang cocok digunakan sebagai lokasi mengabadikan momen liburan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Moyo

Penginapan di Pulau Moyo
Image Credit: Booking.com

1. Maleo Moyo Hotel & Dive Resort

Wisma tersebut membuka kamar mulai dari harga yang murah hingga menengah. Fasilitas yang ditawarkan terbilang lengkap seperti area parkir, AC, hingga Restoran.

2. Blue emOcean Resort

Penginapan kelas menengah ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya. Beberapa diantaranya yaitu wifi, AC, kolam renang, hingga restoran.

3. Sunset Moyo Bungalow

Tempat ini dapat disewa dengan harga yang menengah dengan fasilitas yang diberikan seperti AC, wifi, hingga area parkir.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Moyo Sumbawa

Fasilitas di Pulau Moyo
Image Credit: Twitter.com @amrazing

Berbagai sarana di pulau tersebut banyak yang tidak terlihat begitu bagus. Beberapa jalan nampak memiliki beberapa lubang dan rusak. Namun, tetap dapat dilewati dengan nyaman oleh pengunjung yang singgah. Tersedia lokasi penyewaan berwisata seperti snorkeling di sekitar pantai. Fasilitas seperti toilet dan tempat untuk beribadah juga tersedia di sana.

Sumbawa memang memiliki berbagai objek wisata yang masih kurang diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal banyak diantaranya yang memiliki keistimewaan sehingga layak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Pulau Moyo. Singgah ke Sumbawa tidak akan terasa lengkap jika tidak melawat ke pulau tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending