Pulau Kenawa Sumbawa – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Kenawa Sumbawa – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Kenawa salah satu pulau kecil nan indah di Sumbawa Barat, NTB. Surga tersembunyi yang menyuguhkan pesona alam memukau, mulai dari keindahan bukit kecil hingga pantainya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 250.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Panorama alam yang eksotis dari kepulauan NTB (Nusa Tenggara Barat) selalu memiliki pesona yang dapat memikat hati siapapun untuk mengunjunginya. Tahukah anda bahwa terdapat surga kecil yang tersembunyi di sana? benar, Pulau Kenawa. Wilayahnya termasuk kecil dan tidak ada penghuni yang menetap di sana, namun kekayaan baharinya menakjubkan.

Sebagian wilayahnya ditumbuhi oleh ilalang dan juga rerumputan yang hijau saat musim semi tiba dan menguning saat kemarau. Segala keindahan alam yang alami terlukis dengan sempurna melalui lekukan garis laut dan juga birunya air di sana.

Jika Anda mendambakan sebuah perjalanan liburan yang mengesankan, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat tersebut. Segala keindahan dan daya tarik yang menjadi andalannya akan mengobati setiap lelah dalam diri Anda. Mulai anggarkan dana terbaik untuk biaya berwisata ke Pulau Kenawa dari sekarang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kenawa Sumbawa

Daya Tarik Pulau Kenawa Sumbawa
Image Credit: Twitter.com @ojaancok

1. Pesona Perbukitan

Di tengah laut terdapat sebuah bukit kecil yang terlihat cantik dari daratan. Spot ini juga banyak dimanfaatkan sebagai objek mengambil gambar untuk upload di sosial media. Selain itu, titik tersebut juga sangat cocok untuk menjadi lokasi menjemput pesona matahari terbit dan juga terbenam. Pepohonan yang tumbuh di sana terlihat begitu asri dengan warna hijau yang membangun suasana menjadi lebih teduh.

2. Padang Savana

Daya tarik lain yang dimilikinya yaitu hamparan padang savananya, membentang luas di sekitar pesisir laut. Terdapat padang rumput tumbuh sepanjang 1,73 km mengikuti garis pantai. Warnanya kehijauan saat musim hujan tiba. Sedangkan ketika musim kemarau tiba, menjadi kecoklatan tampak kering dan gersang. Spot ini juga cocok untuk bersantai dan berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan.

3. Air Laut yang Jernih

Keindahan laut di Pulau Kenawa menjadi daya tarik yang juga memikat setiap turis untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburannya di sana. Airnya begitu jernih, sehingga mata bisa menelanjangi kehidupan biota bawah lautnya yang beranekaragam. Warnanya biru dengan gradasi warna hijau yang memanjakan mata dan fikiran.

Daya Tarik Pulau Kenawa
Image Credit: Facebook.com @irfandy.iskandar

4. Dermaga Kayu

Dermaga kayu yang panjang membelah sebagian tepi perairannya, menjadi satu spot andalan yang bisa Anda temukan di sana. Dari titik ini Anda bisa menikmati keindahan laut yang ditawarkan sembari melihat ke dalam dasarnya yang dipenuhi oleh bermacam-macam jenis ikan yang lucu dan Indah. Di tempat tersebut Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti berfoto atau sekedar duduk santai.

5. Biota Laut

Berbagai macam jenis biota bawah laut hidup dan berkembang biak di dasar permukaannya. Terumbu karangnya terlihat begitu indah dari atas karena airnya begitu jernih. Anda yang senang dengan kegiatan snorekeling bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai media untuk memuaskan hobi tersebut. Jika bukan seorang profesional, jangan risau karena tetap bisa melihatnya dari atas dermaga kayu.

6. Hamparan Pasir Cokelat

Tempat ini memang tidak memiliki keindahan pasir putih seperti kebanyakan destinasi bahari yang ada di Indonesia. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadikannya tidak menarik untuk dikunjungi. Karena pasir cokelatnya justru memberikan sensasi eksotis yang lebih kental. Keadaanya juga bersih dan jauh dari polusi. Selain itu juga nyaman untuk dilewati karena tekstur yang dimiliki tidak kasar.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Kenawa

Alamat Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Irfan Haris)

Untuk menuju ke lokasi Pula Kenawa, turis harus memulai perjalanannya dengan titik pemberangkatan di pelabuhan Kayangan Lombok. Dari sana Anda bisa menyebrang menggunakan transportasi laut yang telah tersedia. Jarak tempuh yang harus dilalui sekitar kurang lebih dua jam. Anda kemudian akan diantar menuju ke daerah pelabuhan selanjutnya yaitu Pota Tano yang berada di Sumbawa.

Setibanya di tempat tersebut, kemudian perjalanan tetap berlanjut dengan melakukan penyebrangan menuju sebuah dermaga yang berjarak sekitar 200 meter. Letaknya tepat di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano. Dari sana Anda bisa menggunakan jenis transportasi laut berupa kapal kayu yang dikendarai oleh warga sekitar. Lama waktu yang ditempuh untuk titik ini adalah sekitar 20 menit saja.

Setelah sampai di Pulau Kenawa, Anda akan langsung disambut oleh pemandangan menakjubkan tepat di depan mata. Hening, tenang, sejuk, dan berbagai keindahan lain yang terlukis dengan indahnya. Jika Anda tiba saat musim penghujan, maka akan ditemukan pemandangan padang savana yang ditumbuhi rerumputan hijau dan segar. Namun, saat kemarau tiba semua menjadi kekuningan dan gersang.

Satu catatan penting yang harus diingat oleh siapapun yang merencanakan liburan ke tempat ini yaitu untuk mempersiapkan persediaan bekal air yang cukup. Pasalnya pada musim kemarau, Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan minum. Selain itu pastikan untuk menyiapkan fisik yang sehat, agar bisa beradaptasi dengan iklim yang ada di sana.

Terkait dengan anggaran biaya yang perlu disiapkan untuk melakukan kunjungan ke Pulau eksotis di Sumbawa yaitu sekitar Rp 250.000 transportasi pulang perginya.

Sedangkan untuk yang berkaitan dengan konsumsi dan juga penginapan bisa dilihat dari beberapa referensi travel agensi yang terpercaya. Terkait bilangan pastinya tidak terdapat ketentuan minimal, karena Anda sendiri yang mengetahui kebutuhan diperlukan selama di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kenawa

Aktivitas di Pulau Kenawa
Image Credit: Instagram.com @ekkychelloprayata

1. Melihat Sunrise dan Sunset

Di pulau ini terdapat sebuah bukit kecil yang bisa anda naiki saat senja datang dan subuh mulai muncul. Pasalnya dari titik tersebut Anda akan dengan jelas menyaksikan sisi terbaik dari matahari terbenam yang menampakkan warna kekuningannya di langit. Selain itu saat subuh menjelang, suasana dingin ditemani keindahan cahaya dari matahari terbit juga bisa dilihat dengan jelas dari spot tersebut.

2. Snorkling di Perairan Pulau

Kekayaan dasar laut yang tersaji dengan indah menjadikan daya tarik utama yang dimiliki Pulau Kenawa. Keragaman yang ada di dalamnya cocok untuk dijadikan sebagai objek olahraga atau kegiatan air seperti snorekeling.

Terlebih bagi Anda yang sangat hobi sekali menikmati keindahan dasar laut, tentu ini menjadi sebuah kondisi yang tidak boleh terlewatkan. Di sana sudah banyak juga yang menyediakan persewaan alat terkait.

3. Camping

Hamparan dataran dan bukit yang membentang indah dengan titik yang tepat menjadikannya pilihan terbaik untuk berkemah. Selain itu pemandangan yang indah di malam hari dengan panorama alam mengesankan menjadi alasan pelengkap untuk kegiatan tersebut. Anda bisa membawa alat-alat terkait dari rumah atau menyewa di tempat penyewaan yang ada di sana.

4. Mendaki Bukit

Terdapat sebuah bukit kecil yang biasanya dijadikan spot untuk berkemah ataupun menjemput sunrise dan sunset. Anda bisa mendakinya sebagai alternatif kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana. Namun, perlu diketahui juga bahwa Anda juga harus berhati-hati karena kemiringannya mencapai 60 derajat. Selain itu saat musim tertentu aksesnya menjadi sedikit licin untuk dilalui.

Aktivitas di Pulau Kenawa Sumbawa
Image Credit: Twitter.com @mattravelmy

5. Duduk di Dermaga Kayu

Sebagi alternatif pilihan untuk menikmati keindahan yang ada di dasar lautnya, Anda bisa melihatnya dari atas dermaga kayu yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan jika Anda tidak mahir melakukan snorekelling. Selain itu Anda juga bisa bersantai di atasnya dengan menikmati hembusan dan kesegaran air laut jernih dan menenangkan.

6. Berteduh di Gazebo

Di sepanjang pesisir pantainya dibangun sebuah gazebo yang dibuat untuk digunakan oleh pengunjung yang ada di sana. Saat Anda membutuhkan tempat bersantai agar terhindar dari sengatan matahari secara langsung, ini bisa jadi alternatif lokasi pilihan. Kualitas bangunannya bagus dengan kebersihan dan perawatan yang baik dari pihak pengelola.

7. Berfoto

Aktivitas yang satu ini merupakan idaman setiap orang, pasalnya semakin hari kebutuhan update timeline sosial media semakin dibutuhkan. Cocok bagi Anda yang gemar mengabadikan momen liburan melalui sebuah gambar hasil jepretan terbaik dengan latar belakang pantai. Banyak sekali pilihan spot yang bisa dijadikan lokasi untuk latar belakang terbaik.

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Kenawa

Penginapan Dekat Pulau Kenawa
Image Credit: Agoda.com

1. Wales and Waves Beach Resort

Penginapan terdekat yang bisa jadi pilihan yaitu Wales and Waves Beach Resort, dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat wifi, pusat kebugaran, bar, dan juga area parkir gartis. Untuk menginap Anda hanya memerlukan biaya sebesar Rp 681.818,- per malamnya.

2. Sollo-Sollo Home Stay

Penginapan terdekat selanjutnya yaitu Sollo-sollo Home Stay, yang berlokasi di daerah Sumbawa. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, pelayanannya ramah dan tidak ribet. Untuk menginap biaya yang perlu Anda siapkan sebesar Rp 123.967,- saja per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kenawa Sumbawa

Fasilitas di Pulau Kenawa
Image Credit: Google Maps (Adhitiya Indrawijaya)

Sebagai salah satu wilayah yang menjadi wisata unggulan di daerah Sumbawa, tentu pembangunan sarana prasarananya sudah bagus dan lengkap. Toilet, tempat penyewaan, musholla, kamar mandi umum, dermaga, warung, dan fasilitas penunjang lainnya tersedia dengan baik untuk Anda. Kebersihan yang ditawarkan juga sangat bagus, sehingga kealamiannya juga terjaga dengan baik.

Itulah gambaran singkat mengenai Pulau Kenawa di Sumbawa Barat yang bisa jadi informasi untuk rencana liburan Anda. Banyak sekali keindahan dan daya tarik yang ditawarkan, serta kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana. Rencanakan liburan terbaik dengan anggaran dan perhitungan yang matang agar tidak mengganggu aktivitas Anda nantinya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending