10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Pulau Nusa Tenggara Barat

Inilah Rekomendasi Pulau Cantik di Pulau Nusa Tenggara Barat (NTB). Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Menarik Dijelajahi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan gugusan pulau yang sangat cantik dan menarik untuk diekspor. Begitu pula dengan Indonesia bagian timur, tepatnya NTB yang memiliki sederet pulau terindah yang tak boleh Anda lewatkan. Berlibur di tempat ini tentu akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan dan suguhan pesona alam yang luar biasa. Berikut deretan pulau eksotis di Nusa Tenggara Barat yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pulau Lombok

Pulau Lombok
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Diklaim sebagai pulau primer di daerah Nusa Tenggara Barat yang mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Pasalnya pulau satu ini dianugerahi keindahan alam yang luar biasa, sehingga jadi destinasi liburan terbaik. Anda juga dapat menyepi dari hiruk pikuknya perkotaan sejenak dengan pulau Lombok yang cukup tenang.

Pulau ini memiliki destinasi wisata utama yang menarik untuk diekspor, yaitu kawasan pantai. Pantai di area ini menyuguhkan air yang jernih berwarna biru dengan ombak yang tak terlalu besar. Akan tetapi ada beberapa pantai yang diklaim sebagai Kutanya Lombok, karena cukup ramai dikunjungi dan cocok sebagai lokasi water sport.

Tak hanya unggul di sektor wisata bahari, Lombok juga memiliki salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Rinjani memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga mampu memikat banyak pendaki dan pecinta alam di negeri ini. Bagi pendaki Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan kondisi alam di Rinjani sehingga sangat tertarik untuk menaklukkannya.

Lokasi: Lombok, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur.

2. Pulau Bima

Pulau Bima
Image Credit: Instagram.com @arsip_alam

Pulau yang cantik di Nusa Tenggara Barat satu ini diklaim menjadi salah satu pulau yang besar. Anda bisa menikmati kondisi alam Bima karena suguhannya yang cukup asri. Tak hanya itu, wisatawan yang dari kota atau provinsi besar dapat melepas penat di pulau ini. hal tersebut dikarenakan suasananya yang tenang, sunyi, dan jauh dari keramaian.

Tak lengkap tentu bila tidak membahas seputar kondisi alam yang disuguhkan di pulau ini. Para wisatawan yang datang dapat mengunjungi beberapa pantai yang masih asri dan cukup sepi. Di lokasi tersebut, pengunjung seakan memiliki pulau pribadi yang dinikmati beberapa orang saja, sehingga Anda bisa menghilangkan stress dan mendapat suntikan energi baru.

Lokasi: Kec. Mpunda, Kota Bima.

3. Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa
Image Credit: Kemdikbud.go.id

Mengulik NTB tentu tak lengkap bila tidak membahas Pulau Sumbawa yang diklaim sebagai pulau terbesar kedua. Memiliki luas lahan sekitar 15 ribu km persegi, sehingga sangat cocok bagi yang ingin menjelajahinya. Uniknya pulau ini memiliki salah satu kawasan yang dicatat sebagai pulau terpadat di dunia, yaitu pulau Bungin dengan jumlah kepadatan 1500 jiwa per km.

Selain memiliki keunikan seputar penduduk, pulau Sumbawa juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati destinasi wisata bahari yang sangat beragam serta panorama yang tak biasa. Air laut yang disuguhkan serta pesisir pantai yang indah jadi salah satu lanskap yang tidak akan ditemui di berbagai kawasan pantai manapun.

Tak hanya unggul di wisata bahari, pulau terbesar kedua di NTB ini juga memiliki gunung aktif yang indah. Gunung Tambora diklaim masih aktif dan berdiri kokoh di pulau Sumbawa. Anda bisa mendakinya untuk menikmati sensasi pendakian di Nusa Tenggara Barat yang cukup menantang. Wisata satu ini tentu tak boleh dilewatkan oleh para pecinta gunung.

Lokasi: Ongko, Kec. Empang, Kab. Sumbawa.

4. Pulau Gili Trawangan

Pulau Gili Trawangan
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Membahas Indonesia bagian timur tentu tak boleh lepas dari Gili Trawangan yang sangat cantik nan eksotis. Wisata ini telah dikenal oleh banyak orang bahkan hingga ke luar negeri, sehingga tak heran lokasi ini dikunjungi banyak turis mancanegara. Bagi yang ingin pergi ke pulau ini, Anda cukup mengunjungi lepas pantai Senggigi yang ada di Lombok.

Dikarenakan lokasinya yang berada di lepas pantai Senggigi, maka setiap pengunjung yang ingin menikmati pulau ini harus menyeberang. Anda cukup membeli tiket yang dibanderol sekitar 10 ribu rupiah untuk sampai ke pulau yang sangat cantik ini. Setelah itu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai yang dilengkapi ayunan ikonik ini.

Gili Trawangan jadi salah satu destinasi wisata bahari di Lombok yang tak boleh dilewatkan, baik untuk turis domestik maupun mancanegara. Akan tetapi, pengunjung justru melihat lebih banyak turis mancanegara yang menghabiskan waktu di tempat ini. oleh sebab itu, pulau satu ini sering kali dijadikan sebagai venue untuk menyelenggarakan event yang sangat berkelas.

Lokasi: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

5. Pulau Gili Air

Pulau Gili Air
Image Credit: Instagram.com @co_co_ho

Lokasinya tak jauh bahkan bisa dibilang bersebelahan dengan Gili Trawangan, tetapi pulau ini memiliki atmosfer yang jauh berbeda. Anda tak akan melihat berbagai atraksi atau event di lokasi ini, bahkan keramaian pun tak akan tampak di sekitarnya. Itulah sebabnya, Gili Air jadi salah satu pulau yang cocok untuk Anda yang mencari ketenangan.

Suasananya yang jauh lebih tenang banyak dicari oleh masyarakat perkotaan yang lelah dengan rutinitasnya. Anda bisa menyepi sambil menikmati panorama yang disuguhkan oleh alam NTB yang bisa diabadikan dengan kamera terbaik yang dimiliki. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki resort mewah yang dapat dipesan sebagai tempat menginap dan melepas lelah.

Lokasi: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

6. Pulau Gili Meno

Pulau Gili Meno
Image Credit: Facebook.com @thelombokisland

Menjadi salah satu pulau yang bisa Anda kunjungi dari laut lepas Pulau Senggigi yang ada di Lombok. Melihat alamat lengkapnya maka dapat dipastikan bahwa pulau ini berada di area yang berdekatan dengan dua gili sebelumnya. Anda cukup membeli tiket penyeberangan dengan harga sekitar 8 ribu rupiah untuk sampai ke tempat indah ini.

Pulau satu ini memang cukup asing di telinga masyarakat, sehingga tergolong kurang terjamah oleh wisatawan. Pengunjung yang melancong ke Gili Meno dapat menikmati area yang sangat asri ini seperti pulau pribadi. Dengan begitu snorkeling dan diving dapat Anda lakukan dengan sangat leluasa, karena wilayah perairannya yang luas dan sepi pengunjung.

Lokasi: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

7. Pulau Gili Nanggu

Gili Nanggu
Image Credit: Instagram.com @agnes_worek

Salah satu destinasi wisata yang belum terlalu terjamah oleh wisatawan, yaitu Gili Nanggu. Pulau kecil ini berada di lepas pantai Cemare yang ada di pulau Lombok dengan transportasi penyeberangan yang cukup mahal. Anda harus menyewa perahu untuk sampai ke tempat ini, dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 200 hingga 450 ribu rupiah.

Akan tetapi, biaya tersebut bukan suatu masalah untuk menikmati pulau tak berpenghuni yang masih sangat asri. Dipastikan para pengunjung tak akan merasa kecewa karena area tersebut memiliki air laut yang masih jernih. Anda dapat snorkeling dan diving untuk melihat secara langsung biota laut yang terdiri atas berbagai spesies serta tampak sangat cantik.

Lokasi: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat.

8. Pulau Gili Kedis

Pulau Gili Kedis
Image Credit: Twitter.com @apwtour

Pulau kecil selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke pulau Lombok, yaitu Gili Kedis. Gili satu ini berada di lokasi yang berdekatan dengan Gili Nanggu, sehingga alat transportasi yang dipakai pun tak jauh berbeda. Biaya yang dikeluarkan memang cukup tinggi, tetapi akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan untuk para wisatawan.

Anda akan menikmati pulau kecil tak berpenghuni ini dengan sangat leluasa, karena tak banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Tak heran, wisatawan menjadikan pulau kecil ini sebagai spot snorkeling favorit di NTB. Anda dapat melihat berbagai keindahan biota laut di bawah air laut yang jernih dengan sangat leluasa, karena tidak banyak orang yang melakukan hal serupa.

Lokasi: Sekotong Tengah, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat.

9. Pulau Gili Tongkang

Pulau Gili Tongkang
Image Credit: Instagram.com @gitaondan

Salah satu pulau yang tak kalah menarik untuk dieksplor di NTB, yaitu Gili Tongkang. Lokasi pulau kecil ini berada di lepas pantai Pelabuhan Tawun yang cukup terkenal di Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil tersebut berada di tak jauh dari pulau Lombok, sehingga bisa Anda tempuh dengan perahu yang disewa sekitar 200 hingga 450 ribu rupiah.

Pulau dengan air laut yang jernih ini menawarkan aktivitas yang sangat menantang. Para wisatawan dapat menikmati sensasi diving yang tak terlupakan karena biota lautnya bervariasi. Selain itu Anda juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling di area perairan, sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pulau secara lebih leluasa.

Lokasi: Sekotong Tengah, Kec. Sekotong, Kab. Lombok barat.

10. Pulau Gili Layar

Pulau Gili Layar
Image Credit: Instagram.com @adriana_rahardjo

Beranjak ke pulau terindah terakhir di Nusa Tenggara Barat yang tak boleh dilewatkan. Pulau kecil ini diberi nama Gili Layar dengan lokasinya yang ada di lepas pantai Pelabuhan Nambung. Dari pantai tersebut, Anda harus menyeberang dengan perahu yang disewakan seharga 200 hingga 450 ribu rupiah yang mampu menampung beberapa penumpang.

Daya tarik utama yang ditawarkan untuk wisatawan, yaitu keindahan alam di pulau ini yang mampu memanjakan mata. Tak hanya itu, keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut juga mampu menarik minat pengunjung. Itulah alasan wisatawan berbondong bondong ke Gili Layar, meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Lokasi: Pelangan, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat.

Gugusan pulau yang ada di Indonesia bagian timur memang terkenal dengan keindahan pantainya. Begitu pula dengan Nusa Tenggara Barat yang memiliki sederet pulau eksotis dengan kekayaan biota lautnya dan keindahan bawah lautnya yang menawan. Para pengunjung dipastikan tak akan kecewa setelah harus menempuh jarak yang jauh, karena wisata bahari dan agungnya gunung aktif bisa dinikmati dengan leluasa.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending